Stunting Yang Berakibat Bahaya Bagi Balita

Stunting

 

Stunting
Stunting Yang Berakibat Bahaya Bagi Balita

Stunting Yang Berakibat Bahaya Bagi Balita Yang Kekurangan Gizi Dan Tentu Akan Berefek Fatal Hingga Perlu Perhatian Khusus. Seperti yang harus di ketahui hal ini sangat perlu di perhatikan dan di waspadai bagi kamu sebagai orang tua. Dan akan di bahas tentang bahayanya kekurangan gizi jika sebagian dari anda menganggap sepele hal ini. Oleh karena itu sebelum lebih jauh membahas hal ini. Perlu juga anda ketahui stunting merupakan salah satu kejadian kornis kekurangan gizi yang di sebabkan oleh balita atau anak anak dalam waktu rentan yang cukup lama. kejadian kekurangan gizi di alami oleh bayi atau anak sejak dalam kandungan ibu, hal ini juga perlu di perhatikan oleh ibu hamil pada saat mengandung karena dapat membahayakan kandungan dan dapat menyebabkan anak kekurangan gizi. kekurangan gizi juga bisa di sebabkan oleh kurangnya asupan protein dari ibu sehingga anak di yang di kandungan tidak mendapatkan asupan gizi yang baik.

Stunting juga dapat di sebabkan oleh faktor genetik (keturunan) yang di tularkan dari orang tua kepada anaknya. Faktor terjadinya kekurangan mulai terjadi sejak bayi ada di dalam kandungan ibu. Oleh karena itu kekurangan gizi pada usia dini dapat menyebabkan angka kematian. Terkhusus pada bayi dan anak semakin tinggi sehingga banyak bayi usia 2 tahun sudah meninggal. Kekurangan gizi juga dapat di sebabkan oleh beberapa faktor seperti ibu yang ibu yang tidak menjaga pola makan.

Kemudian faktor lain nya juga bisa terjadi karena kurangnya asupan zat gizi dari ibu. dan juga bisa terjadi karena suami yang merokok di depan istrinya sehingga istrinya mual-mual, oleh karena itu perlu di perhatikan untuk para suami untuk tidak merokok. dan ada juga beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Stunting seperti, usia, jenis kelamin, tinggi badan, panjang badan,dan berat badan pada janin yang ada di dalam kandungan.

Di Kategorikan Stunting Jika Terdapat Hal Ini

Mungkin sebagian dari kamu belum mengetahui tentang kategori kekurangan gizi ini. Untuk itu akan di bahas tentang bagaimana Di Kategorikan Stunting Jika Terdapat Hal Ini.

Di kategorikan stunting karena terdapat tentang balita yang kekurangan gizi bisa di lihat dari usia 100 hari pertama pada balita, dari situ efek efek dari kekurangan gizi sudah terlihat, seperti kurang nya gizi rata rata pada pada balita. Stunting dan kekurangan gizi juga bisa terjadi karena ada kaitan nya dengan angka kemiskinan. Selain kemiskinan, tingkat pendidikan sangat berpengaruh pada permasalahan gizi. Oleh karena itu prevalensi ekonomi dari suatu keluarga sangat penting karena bisa menjadi salah satu permasalahan stunting. Kekurangan gizi juga tidak di seluruh wilayah Indonesia ada beberapa wilayah indonesia yang angka stunting nya tinggi seperti kalimantan, sulawesi, nusa tenggara, dan papua. Hampir di tersebut tingkat prevalensi stunting nya sangat tinggi. Ada beberapa wilayah yang angka prevalensi kekurangan gizi nya rendah seperti Sumatra selatan dan bali.

Oleh karena itu upaya yang dapat di tingkatkan agar prevalensi kekurangan gizi di beberapa wilayah yang angka prevalensinya tinggi dapat di lakukan dengan cara mengurangi asupan asupan yang tidak penting. oleh karena itu Ada beberapa penyebab stunting pada anak di akibatkan oleh banyak sekali faktor yang terjadi pada pertumbuhan dan perkembangan anak, namun ada tiga faktor penyebab utama nya yaitu kurangnya asupan yang bergizi pada masa kehamilan balita, kebutuhan gizi yang tidak tercukup,dan faktor lainnya. Bisa juga terjadi karena kurangnya pemahaman ibu tentang gizi pada saat sebelum hamil, setelah hamil dan setelah melahirkan. Oleh karena itu, kekurangan gizi ditangani dengan memberikan pola asuh yang tepat pada anak, cakupan serta kualitas kesehatan, serta lingkungan yang segar. Cara pencegahannya yaitu dengan memantau 1000 hari pertama kehidupan anak secara optimal.

Kasus Kekurangan Gizi Yang Terjadi Di Indonesia

Perlu juga anda ketahui tentang pentingnya gizi apalagi anda adalah seorang ibu yang memiliki balita. Terlebih dengan informasi mengenai Kasus Kekurangan Gizi Yang Terjadi Di Indonesia. Agar lebih bisa berhati-hati untuk balita anda agar lebih aman dari kasus yang juga membahayakan ini. Kasus kekurangan gizi di indonesia sangat banyak dari 34 provinsi yang ada di Indonesia prevalensi tingkat kekurangan gizi paling tinggi di peroleh pada provinsi nusa tenggara timur dengan prevensi persen nya 35,3%, sedangkan pada sulawesi prevensi persen nya 53%, jadi pada kedua prevalensi data tersebut Cuma selisih 3%. Sedangkan pada provinsi yang tingkat prevalensi nya sangat rendah di peroleh pada provinsi bali dengan prevalensi persen nya sekitar 8%. Dan tingkat prevalensi terendah kedua di dapatkan pada provinsi DKI jakarta dengan persen prevalensi 14,8%.

Oleh karena itu, selisih persen prevalensi kedua provinsi tersebut sekitar 6,8%. Maka dari itu pemerintah membuat aksi penyelesaian permasalahan dari kekurangan gizi tersebut ada beberapa aksi antara lain aksi yang pertama yaitu pemerintah melakukan identifikasi persebaran stunting dalam pelaksanaan integrasi intervensi gizi. yang kedua yang di lakukan yaitu pemerintah menyusun rencana kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan status gizi. yang ketiga yang di lakukan yaitu dengan menyelenggarakan remuk stunting pada tingkat kota ataupun kabupaten. yang keempat yaitu pemerintah memberikan keputusan hukum bagi kabupaten atau kota untuk menjalankan peran dan kewenangannya dalam menjalankan peran kekurangan status gizi. yang ke lima yaitu memastikan ketersediaan nya dan fungsi nya dalam membantu keadaan kekurangan gizi.

Dan aksi yang keenam adalah pemerintah dapat meningkatkan pengolahan data pada balita atau anak yang terkena kekurangan gizi. Selain di lakukannya aksi aksi ini juga pemerintah juga melakukan pencegahan dan pemberantasan untuk mencegah terjadinya stunting seperti melakukan edukasi tentang pola makan hidup sehat serta melakukan edukasi lingkungan sehat.

Rekomendasi Makanan Yang Bergizi Untuk Balita

Mungkin sebagian dari orang tua yang belum mengetahui  gizi-gizi yang baik untuk anak. Di lansir dari artikel ini membahas tentang gizi yang baik ada beberapa rekomendasi makanan yang bergizi. Seperti memberikan makanan yang 4 sehat 5 sempurna, sayur dan buah. dan juga memberi makan kepada anak secara teratur dan tepat waktu, dengan begitu jadwal makan kepada anak menjadi teratur dan bisa membuat kondisi gizi pada anak semakin baik sehingga anak bisa bertumbuh dan berkembang secara sehat. Contoh makanan yang bergizi yang dapat ibu berikan kepada anaknya seperti;

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur karena banyak sekali mengandung protein yang tinggi.
  2. Omega 3 dan Omega 6, mempunyai banyak sekali manfaat bagi pertumbuhan anak
  3. Protein yang tinggi,karena protein salah satu sumber energi bagi anak-anak, walaupun anak sudah mengkonsumsi karbohidrat yang cukup banyak akan tetapi mengkonsumsi protein juga sangat penting.
  4. Zat besi, berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh.

 

Maka ini merupakan rekomendasi yang cocok bagi kamu yang ingin tahu rekomendasi gizi pada anak. Dan ini menjadikan kamu lebih mengetahui  lebih sedikitnya tentang Stunting.

Back To Top