Tripod Murah Untuk Fotografer dan Videografer

Tripod Murah Untuk Fotografer dan Videografer
Tripod Murah Untuk Fotografer dan Videografer
Tripod Murah Untuk Fotografer dan Videografer

Tripod Murah Menjadi Opsi Pilihan Nomor Satu Ketika Memilih Gear Pendukung Produksi Konten Foto Maupun Video. Tentu saja, selain kamera dan lensa gear utama pendukung produksi konten ialah tripod. Tripod umumnya di gunakan sebagai penopang kamera ataupun lighting. Terdapat perbedaan antara tripod kamera dan lighting, seperti material yang di gunakan hingga rentang tinggi minimum dan maksimum. Pada tripod kamera juga terdapat perbedaan antara tripod fotografi maupun videografi. Seperti, head yang digunakan pada tripod fotografi umumnya menggunakan tipe ballhead yang dapat mengunci setiap perubahan orientasi angel. Sedangkan pada tripod videografi, head yang di gunakan umumnya memiliki tipe fluidhead yang dapat bergerak mulus sehingga video tidak patah atau bergidik ketika melakukan angel rotasi kamera. Tentu saja, fungsi utama dari tirpod ialah untuk menstabilkan kamera sehingga hasil yang di dapat tidak shaky karena goyang. Selain itu, fungsi tripod sebagai penopang di tujukan untuk positioning dalam komposisi subjek yang di ambil agar terus konsisten.

Hal ini sangat membantu seperti ketika projek foto produk. Tentu setup yang di lakukan selain mengatur tata produk, angel, tinggi maupun rendah, dan komposisi juga di atur dalam hal ini menggunakan tripod untuk mempermudah. Kegunaan Ballhead pada tripod kamera ialah untuk mengunci angel karena terdapat knob untuk mengunci posisi yang di inginkan. Serta pada kaki tripod juga terdapat pengunci ketinggian, sehingga pengaturan tinggi atau rendahnya dapat di atur sesuai keinginan. Pada tripod videografi, umumnya memiliki pegangan pada bagian head yang juga dapat di putar untuk menyesuaikan angel atas atau bawah. Namun, untuk tripod videografi dengan tipe head seperti fluidhead ini lebih sering di gunakan bagi fotografer maupun videografer dan tak ada masalah untuk itu.

Kami mengklasifikasikan beberapa produk tripod murah dari beberapa brand yang cukup terkenal di kalangan fotografi maupun videografi Indonesia berdasarkan value for money.

Tripod Murah untuk Kamera Fotografi

Penggunaan tripod akan mempertajam hasil foto karena kamera dalam posisi diam dan stabil. Penggunaan tripod juga dapat membantu positioning untuk angel yang sulit jika memegang kamera secara handheld.

Takara Rover 66 (Rp 650.000,-)

Takara selalu menjadi brand pertama dalam pencarian produk pendukung produksi fotografi. Pada seri Takara Rover 66 ini, material tripod menggunakan aluminium untuk gagang, kaki dan ballhead. Tinggi minimum Tripod Murah ini berada pada 56cm, sedangkan untuk tinggi maksimumnya pada 160cm dan pada saat dalam keadaan terlipat tripod ini memiliki panjang 41cm.

Mode kunci pada kaki tripod ini bertipe kunci flip yang di sukai kebanyakan fotografer. Tripod ini juga dapat di ubah menjadi monopod. Kaki tripod yang sudah di lengkapi dengan karet anti selip pada kondisi basah, serta dapat di lepas untuk di ganti dengan kaki spike yang dapat di gunakan dalam kondisi tanah. Tripod ini juga mampu di setting untuk mode low angel jika di perlukan serta menggunakan arca swiss untuk mounting kamera ke ballhead.

KNF Concept Tripod BI234M (Rp 700.000,-)

Tripod ini memiliki spesifikasi yang hampir sama seperti Takara Rover 66, namun perbedaanya terletak pada material yang di gunakan. Pada tripod ini, material yang di gunakan yaitu campuran magnesium dan aluminium yang membuat ketahanan tripod ini sangat baik ketika di gunakan dalam kondisi outdoor. Kemudian, terdapat waterpass pada ballhead tripod ini yang dapat mengukur apakah posisi kamera sudah rata atau datar. Terdapat pengait pada bagian bawah tripod untuk menggantung beban tambahan agar tripod lebih stabil.

Tripod Beike Q999H (Rp 760.000,-)

Tripod ini menggunakan material aluminium alloy dengan berat sekitar 1,6 Kg. Fitur unggulan yang menarik daripada dua tripod di atas ialah tripod ini dapat di set ke mode flat lay. Fitur ini sangat menarik karena dapat melakukan pengambilan gambar dari posisi tepat di atas objek atau subjek foto yang umumnya susah di lakukan tanpa tripod.

Tripod Kamera Videografi

Bagi videografer penggunaan Tripod Kamera Videografi tak hanya berfungsi untuk menstabilkan posisi, namun berguna dalam menopang rig kamera itu sendiri. Pasalnya, beberapa kamera cinema atau kamera video menggunakanan komponen alat tambahan untuk mendukung proses produksi. Kemudian, kamera akan di sematkan rig untuk menopang komponen alat tersebut. Hal ini menjadikan bobot kamera lebih berat sehingga apabila melakukan pengambilan footage secara handheld akan memberi kesulitan bagi kameramen videografi. Berikut beberapa tripod videografi yang kami rangkum pada artikel ini.

Takara Rover 66V (Rp 860.000,-)

Perbedaan tripod ini dengan Takara di atas terletak pada penggunaan head di tripodnya. Takara Rover 66V menggunakan fluidhead yang tentu saja mendukung pengalaman dalam mengambil footage video. Beban maksimum yang dapat di topang tripod ini yaitu sebesar 5Kg. Tentu beban sebesar itu masih di rasa cukup untuk mengakomodir aktivitas bagi beberapa videografer. Untuk fitur lain, masih sama seperti Takara Rover 66 yang dapat di ubah menjadi monopod, tinggi minimum dan maksimum, dan lain lain.

Beike V900 Aluminium Alloy (Rp 1.650.000,-)

Selanjutnya dari brand Beike yang tak usah di ragukan lagi dengan kualitas produknya. Beike V900 memiliki 3 kolom untuk masing masing kaki yang membuatnya semakin kokoh. Tipe quick release pada fluidhead memberikan kemudahan untuk lepas pasang rig kamera ke tripod. Dimensi tripod ini cukup besar, namun dengan material aluminium alloy yang di gunakan membuat bobot tripod ini hanya 3.7Kg.

Tak tanggung tanggung, beban maksimal yang dapat di topang oleh tripod ini sebesar 10Kg. Untuk harga di bawah 2 jutaan, tripod ini tak bisa di katakan murah atau mahal. Dengan kegiatan produksi yang proper, tentu tripod ini menjadi pilihan yang baik untuk di gunakan mengingat fitur yang di milikinya.

Mengapa Masih Ada yang Beranggapan Semua Tripod Itu Sama

Pernyataan seperti semua tripod itu sama karena sama sama sebagai tepat untuk menopang kamera, berfungsi menstabilkan footage, dll. Itu sepenuhnya tak salah, kembali lagi ke para pengguna kamera yang mengidealkan tripod seperti apa yang cocok dalam kegiatan produksi.

Namun, Mengapa Masih Ada yang Beranggapan Semua Tripod Itu Sama dikarenakan proses produksi konten yang tidak terlalu proper. Maksudnya, hanya dengan tripod kamera proses produksi konten fotografi maupun videografi dapat tetap di lakukan. Sehingga pernyataan seperti di atas tidak sepenuhnya salah.

Beberapa tripod yang kami rangkum di atas juga termasuk ke ranah tripod menengah. Yang mana merupakan pilihan yang cukup aman bagi para pemula yang ingin memiliki tripod kualitas professional namun dengan harga yang lebih murah. Dan juga para professional yang ingin menambah jajaran tripod “lightweigth” yang lebih gampang di gunakan untuk rig kamera yang tak terlalu berat. Dan itulah informasi yang dapat kami berikan kepada Anda para fotografer maupun videografer sebagai pertimbangan untuk memilih Tripod Murah.

Back To Top