Seven Summit Indonesia Yang Wajib Masuk Wishlist

Seven
Seven
Seven Summit Indonesia Yang Wajib Masuk Wishlist

Seven Summit Indonesia Yang Wajib Masuk Wishlist Para Pendaki Gunung Maupun Traveler Yang Ingin Menjelajah Puncak Di Indonesia. Bukanlah merupakan tujuh puncak tertinggi yang berurutan dari yang paling tinggi hingga urutan ke tujuh. Melainkan tujuh top mdpl yang tersebar pada masing-masing pulau besar yang ada di Indonesia. Seperti Jawa, Sumatera, NTT, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Papua. Entah apa yang membuat para pendaki menjadikan pulau-pulau tersebut menjadi top dengan tujuh puncak di Indonesia. 

Namun bagi jiwa-jiwa muda yang ingin menjelajah Indonesia dengan mendaki gunung. Maka dapat di pastikan mempunyai mimpi untuk ingin mencapai tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Walaupun di rasa cukup sulit dan memerlukan banyak waktu dan juga biaya. Dari para jiwa muda setidaknya dapat melakukan satu pendakian dari Seven summit tersebut.

Karena menjadi hal wajib bagi para pendaki muda untuk menjadi bekal cerita pengalaman di masa tua. Maka pasti minimal salah satu dari tujuh gunung tersebut akan di taklukan. Seperti kalian yang berada di pulau Sumatera, maka kalian dapat mendaki puncak gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini merupakan puncak gunung berapi sekaligus tertinggi ke dua setelah puncak Cartenz yang berada di Papua. Dan juga merupakan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Gunung ini berada di Taman Nasional Kerinci Seblat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Jambi. Di mana ini merupakan taman nasional terbesar yang ada di Indonesia.

Begitu juga para pendaki yang ada di seberang pulau-pulau besar yang dekat dengan The Seven Summit Of Indonesia. Kalian bisa memilih destinasi terdekat terlebih dahulu sebelum menuju ke tahap selanjutnya. Karena akan memudahkan kalian untuk mendapatkan pengalaman serta teman seperjalanan dalam mendaki gunung.

Meskipun beberapa puncak 7 Summit Of Indonesia bukan merupakan puncak gunung. Tetapi kalian juga harus tetap memperhatikan keselamatan pendakian. Karena tujuan utama dari mendaki bukanlah puncak, melainkan kembali dengan selamat.

The Seven Summit Of Indonesia 

Bagi kalian yang belum mengetahui The Seven Summit Of Indonesia. Berikut merupakan daftar lengkap top mdpl yang masuk ke dalam kategorinya.

Carstensz Pyramid 4.884 Mdpl

Cartenz Pyramid dengan puncak jayawijaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Yang berada pada pulau Papua yang masuk ke dalam kawasan pegunungan sudirman. Cartenz pyramid juga merupakan puncak tertinggi yang masuk ke dalam 7 summit dunia.

Gunung Kerinci 3.805 Mdpl

Gunung yang terletak di Pulau Sumatera dengan puncak tertinggi ke dua. Telah di sebutkan di atas bahwasannya gunung ini merupakan salah satu gunung yang terletak di taman nasional terbesar. Karenanya vegetasi yang ada di gunung ini masih sangat terjaga dan hutan lebat. Maka perlu kewaspadaan saat mendaki gunung ini karena masih banyak hewan buas.

Gunung Rinjani 3.726 Mdpl

Siapa yang tidak tahu gunung yang terletak di pulau NTT ini. Dan merupakan salah satu gunung yang di klaim terindah yang ada di Indonesia. Karena gunung ini memiliki danau yang indah di atasnya.

Gunung Semeru 3.676 Mdpl

Merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, tepatnya di provinsi Jawa Timur yang berdiri pada perbatasan kabupaten malang dan lumajang. Saat ini gunung semeru masih aktif dan belum dapat di daki untuk sementara waktu.

Gunung Latimojong 3.430 Mdpl

Gunung tertinggi yang berada di Pulau Sulawesi ini bukan merupakan puncak gunung berapi. Melainkan puncak dengan beberapa pegunungan dan puncak tertingginya bernama Rante Mario. Gunung ini berada di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan.

Puncak Binaiya 3.027

Gunung ini merupakan jenis pegunungan karst. Gunung yang berada pada Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah masih memiliki ekosistem yang lengkap. Dari ekosistem rawa, hutan hujan, sampai hutan ekosistem pantai dapat kalian temukan.

Puncak Bukit Raya 2.278 Mdpl

Puncak tertinggi Indonesia terakhir yang berada di Pulau Kalimantan tepatnya berada pada perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Gunung ini di klaim ke dua termahal setelah Cartenz karena berada di wilayah terpencil.

Persiapan Yang Wajib Dalam Pendakian

Persiapan Yang Wajib Dalam Pendakian yang perlu kalian ketahui bukan hanya tentang alat ataupun logistik. Hal pertama yang harus kalian siapkan dalam memulai pendakian adalah niat yang kuat. Serta kecintaan kalian terhadap alam yang ada di Indonesia. Sehingga dapat menimbulkan mental yang nantinya akan membantu kalian dalam bersemangat mendaki untuk sampai ke puncak. 

Mental yang kuat akan sangat penting dalam melakukan pendakian. Karena nantinya yang akan mempengaruhi pikiran kalian adalah kesehatan mental. Perlunya menyiapkan bekal perjalanan dengan teman yang suportif dan saling memahami satu sama lain. Agar tidak menyebabkan emosi yang mengganggu kesehatan mental dan menguras energi.

Persiapan fisik untuk memulai pendakian perlu kalian perhatikan. Agar dapat dengan mudah melewati segala macam kondisi alam dan cuaca. Kesiapan fisik juga menjadi hal yang seharusnya menjadi nomor satu agar tidak mudah lelah dan keselamatan kalian lebih terjamin

Selain itu persiapan materi juga perlu di perhatikan dalam setiap perjalanan bukan hanya dalam hal pendakian. Kesiapan budget kalian dalam pendakian juga menentukan keselamatan nantinya. Dari mulai memilih makanan yang sehat serta transportasi yang mendukung.

Tidak lupa dengan persiapan alat dan bekal untuk di bawa sendiri. Mulai dari baju ganti, alat mandi, alat makan sampai perlengkapan gadget untuk mengabadikan momen kalian di puncak. Sehingga kalian tidak akan merepotkan orang lain untuk membantu kalian nantinya.

Seven Summit Terindah Dengan Danau

Bagi kalian yang ingin mendaki gunung dengan danau yang dapat kalian jumpai di saat perjalanan mendaki. Gunung Rinjani, Gunung Kerinci dan Gunung Semeru merupakan tiga dari kategori Seven Summit Terindah Dengan Danau. Kalian dapat menikmati pemandangan danau di jalur pendakian pada saat perjalanan menuju puncak.

Danau Gunung Tujuh

Danau ini berada pada ketinggian 1.950 Mdpl di bawah kaki gunung kerinci. Air pada danau gunung tujuh sangat dingin dan memiliki suasana yang sangat menyegarkan karena memiliki vegetasi hutan alami dan lebat. Perlu di ketahui bahwa danau ini juga masuk ke dalam situs warisan dunia yaitu UNESCO.

Danau Segara Anak

Danau segara anak merupakan danau yang berada di atas gunung rinjani dengan ketinggian mencapai 2.000 Mdpl. Dari danau ini kalian dapat melihat pemandangan yang memukau. Danau ini juga memiliki air yang sangat segar dan memiliki ikan yang hidup dalam habitat di danau gunung. Sehingga kalian dapat melakukan aktivitas memancing hingga mandi pada danau ini.

Danau Ranu Kumbolo

Ranu kumbolo merupakan danau yang terletak di atas gunung semeru dengan ketinggian 2.400 Mdpl. Ranu kumbolo sudah sangat terkenal di dalam maupun luar negeri. Sehingga membuat para wisatawan beramai-ramai ingin merasakan langsung keindahan dari danau ini. 

Itulah beberapa kategori puncak beserta keindahan pada ketinggian di beberapa pulau yang ada di Indonesia dan masuk ke dalam top Seven.

Back To Top