Skill Wajib Yang Harus Di Miliki Oleh Barista

skill barista
skill barista
Skill Wajib Yang Harus Di Miliki Oleh Barista

Skill Wajib Yang Harus Di Miliki Oleh Barista Untuk Menciptakan Kopi Dengan Rasa Yang Nikmat. Sebagai seorang barista tentunya tak hanya menyajikan minuman kopi saja. Namun seorang barista harus dapat menyajikan minuman kopi dengan rasa yang nikmat. Beberapa jenis kopi memiliki karakteristik tersendiri yang menjadi ciri khas kopi tersebut. Tentunya menjadi barista tak hanya menyajikan kopi saja namun juga harus dapat menciptakan rasa kopi yang nikmat.

Rasa kopi yang nikmat di dapatkan dari berbagai faktor. Antara lain dari biji kopi tersebut, dari pengolahan biji kopi, dan dari cara penyeduhan yang tepat. Cara menyeduh kopi yang tepat pastinya akan menghasilkan rasa kopi yang seimbang. Faktanya tak banyak barista yang tahu mengenai hal ini. Tak sedikit barista yang menyajikan kopi dengan asal-asalan. 

Pentingnya seorang barista mengetahui dan mengenal karakter kopi agar dapat menyajikan kopi dengan rasa yang seimbang. Yang mana kita ketahui kopi memiliki rasa yang lain. Tak hanya pahit saja, faktanya kopi memiliki rasa lain yaitu asam dan manis. 

Pastinya para pecinta kopi dapat merasakan perbedaan dari setiap cara penyeduhan kopi. Setiap cara penyeduhan yang berbeda akan menciptakan cita rasa yang berbeda juga. Oleh karena itu, seorang barista harus mengetahui cara menyeduh kopi yang benar. Seorang barista harus memiliki basic skill dalam menyeduh kopi agar dapat menciptakan kopi dengan rasa yang seimbang. 

Beberapa pelanggan pecinta kopi juga kadang akan meminta barista untuk lebih mengeluarkan rasa asam atau rasa manis pada kopi di bandingkan dengan rasa pahit. Pada kasus ini, barista di tuntut harus dapat menguasai basic skill penyeduhan kopi yang benar agar dapat memunculkan cita rasa pada kopi. 

Tak sedikit juga roastery yang menambahkan varian rasa pada biji kopi olahannya. Banyak kopi yang memiliki beragam varian rasa seperti fruity. Nah untuk mendapatkan rasa seimbang tentunya barista harus memiliki basic skill dalam menyeduh kopi.

Basic Skill Dalam Penyeduhan Kopi

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, seorang barista harus mengetahui karakter jenis kopi yang akan di gunakan. Seorang barista harus mengerti jenis biji kopi, pengolahan, dan cara penyeduhan kopi yang benar. Ketiga faktor tersebut tentunya akan mempengaruhi cita rasa kopi yang di hasilkan. Oleh karena itu seorang barista harus memiliki basic skill dalam penyeduhan kopi.

Basic skill yang wajib di miliki oleh barista adalah mengetahui jenis dan karakteristik biji kopi yang di gunakan. Secara umum, ada 2 jenis biji kopi yang biasa di gunakan yaitu biji kopi jenis robusta dan arabika. Kopi jenis arabika di kenal dengan cita rasa yang lebih asam di bandingkan dengan jenis kopi robusta. Kopi arabika juga memiliki rasa yang lebih asam sedangkan jenis kopi robusta memiliki rasa yang lebih manis. 

Selain dari jenis kopinya, seorang barista juga harus mengetahui tingkatan roasting pada biji kopi. Tingkat roasting pada biji kopi tentunya akan mempengaruhi cita rasa yang akan di hasilkan. Terdapat 3 tingkat roasting biji kopi yaitu light, medium, dan dark roast. Pastinya ketiga tingkat roasting ini memiliki karakteristik yang berbeda. 

Light roast merupakan tingkatan roasting biji kopi yang menghasilkan karakteristik kopi yang lembut. Light roast menyangrai biji kopi dengan kurun waktu yang singkat dan dengan temperatur rendah. Biji kopi yang di hasilkan akan berwarna coklat muda dan merupakan tingkatan warna paling muda di antara tingkatan roasting yang lain. 

Medium roast menghasilkan tekstur kopi yang sedikit lebih bold di bandingkan dengan light roast. Biji kopi yang di sangrai dengan medium roast dapat menghadirkan cita rasa dan komposisi rasa kopi yang seimbang. Tak heran level roasting medium roast menjadi favorite para pecinta kopi. 

Dark roast biasanya di gunakan untuk membuat kopi yang di tambahkan dengan susu seperti caffe latte dan cappucino. Dark roast memiliki rasa pahit yang mendominasi namun memiliki aroma yang wangi pada saat di seduh. 

Cara Penyeduhan Kopi Yang Tepat

Cara penyeduhan kopi yang tepat tentunya akan menciptakan rasa kopi yang nikmat. Seperti yang kita ketahui, minuman kopi dapat di sajikan dengan berbagai macam. Caffe latte, cappuccino, americano, bahkan manual brew V60 atau japannese yang merupakan beberapa contoh sajian minuman kopi dengan cara seduh yang berbeda. 

Untuk membuat americano atau kopi espresso based, seorang barista harus dapat melakukan kalibrasi yang tepat. Kalibrasi yang tepat akan membuat cita rasa kopi yang di sajikan akan seimbang. Tak hanya mengeluarkan rasa pahit, namun espresso yang di hasilkan juga harus dapat memunculkan rasa asam dan manis. 

Sedangkan untuk membuat cafe latte atau cappucino, seorang barista harus memiliki skill latte art atau menggambar di atas kopi. Untuk membuat minuman kopi jenis ini espresso akan di campurkan dengan steamed milk yang akan mengeluarkan foam untuk membuat latte art. Tentunya tak mudah untuk membuat latte art pada minuman kopi ini.

Tak hanya itu, kopi juga dapat di sajikan dengan cara manual brew. Dalam penyeduhan manual brew seorang barista harus mengetahui karakteristik jenis kopi yang di gunakan. Seorang barista harus mengetahui grind size dan suhu air yang cocok di gunakan untuk menyeduh kopi. Perpaduan yang tepat tentunya akan menciptakan rasa kopi yang pas. 

Skill Lain Yang Harus Di Miliki Oleh Barista

Tak hanya skill mengenai kopi saja, tentunya seorang barista harus mempunyai skill lain yang dapat menunjang profesinya. Seorang barista harus memiliki skill komunikasi yang bagus. Barista di tuntut ramah melayani customer dan membantu customer dalam memilih menu yang mereka inginkan. 

Skill komunikasi yang bagus juga di perlukan seorang barista untuk menjelaskan mengenai karakteristik kopi akan ia sajikan untuk customer. Tak hanya itu, tentunya seorang barista harus dapat merawat mesin kopi yang setiap hari ia gunakan. Merawat mesin kopi tentunya akan menunjang rasa kopi yang di hasilkan.

Selain skill di atas, masih banyak skill yang harus di miliki oleh seorang barista. Seorang barista harus dapat bekerja sama dengan tim. Tentunya tak hanya membuat kopi saja, barista juga harus berkolaborasi dan bekerja sama dengan kasir, head bar, hingga manager coffee shop. 

Seorang barista juga harus memiliki skill multitasking. Multitasking di perlukan untuk mengerjakan berbagai tugas dalam satu waktu yang sama. Sebagai seorang barista harus dapat menyajikan berbagai macam pesanan dalam satu waktu. Sehingga barista harus memiliki kemampuan yang beragam.

Tak kalah penting, seorang barista harus dapat menjaga kebersihan baik meja bar maupun tempat coffee shopnya. Oleh karena itu seorang barista harus memiliki skill multitasking yang bagus. 

Ini dia skill lain yang harus di miliki oleh barista.

Back To Top