Pergaulan Bebas Mengakibatkan Remaja Hilang Kendali

Pergaulan Bebas
Pergaulan Bebas
Pergaulan Bebas Mengakibatkan Remaja Hilang Kendali

Pergaulan Bebas Mengakibatkan Remaja Kehilangan Kendali Sehingga Dapat Merusak Masa Depan Pada Remaja Sehingga Terbengkalai. Perlu  di perhatikan bagi anak muda yang labil. Apa lagi di zaman sekarang banyak hal-hal yang semakin bebas di dapatkan. Karena seperti yang kita ketahui zaman sekarang pergaulan yang tidak sehat mudah terjadi  anak anak mudah jaman sekarang sangat muda terpengaruh akan hal ini. Oleh karena itu, salah memilih teman juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Pergaulan Bebas juga sering kali kita dengar di lingkungan sekitar kita. Dan juga di berita media sosial anak muda yang labil pemikiran nya serta emosional nya sangat rentan berpengaruh.Terlebih munculnya rasa penasaran dan rasa ingin mengetahui apa saja tentang kenakalan remaja yang ada, bisa jadi juga karena ajakan dari teman,dan kurang nya pemahaman dari anak tersbut sehingga dia muda mengiyakan ajak dari teman nya.

Pergaulan Bebas juga merupakan salah satu kebutuhan yang ada pada kehidupan makhluk sosial yang setiap harinya. Oleh sebab itu, pergaulan-pergaulan yang ada pada remaja semakin bebas akan tetapi harus mematuhi norma-norma yang ada. Pergaulan juga adalah salah satu hukum yang melanggar HAM dan Norma-Norma yang ada seperti:

Norma Agama

Aturan Hukum

Etika Budaya

Petaruan Kehidupan Bermasyarakat

Adapun secara medis pergaulan yang tidak benar itu tidak teratur dan tidak terbatas karena aturan dan norma setiap kehidupan seseorang tentu berbeda. Dan tentunya dapat menimbulkan akses ini. Remaja baik itu akan membangun bangsa ini bukan malah merusak bangsa, setiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda-beda. Remaja yang baik juga akan memikirkan gimana untuk kedepannya tidak memikir dalam waktu jangka yang pendek, ia akan memikirkan tentang orang-orang di sekitarnya dan memikirkan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu remaja-remaja harus mendapatkan perhatian yang khusus dari dirinya sendiri, dari orang tuanya maupun dari masyarakat sekitarnya.

Tips Yang Dapat Di Lakukan Untuk Menghindari Pergaulan Bebas

Maka dari ini kami juga akan memberiukan solusi terhindar dari negatifnya pergaulan kenakalan remaja. Untuk itu simak Tips Yang Dapat Di Lakukan Untuk Menghindari Pergaulan Bebas. Agar kalian lebih bisa menjaga diri dan menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Karena tentu di balik liarnya dunia di luar akan ada sebuah efek yang membuat anda nantinya menyesal.

Untuk itu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari negatifnya efek dari liar bergaul yaitu :

  1. Mendekatkan Diri Kepada Agama. Dengan mendalami ilmu penegtahuan tentang agama akan menghindarkan seseorang dari hal-hal yang di larang agama. Sehingga, seseorang yang ingin berbuat buruk berpikir terlebih dahulu sebelum melakukannya.
  2. Selektif Dalam Memilih Teman. Sebelum memilih teman sebaiknya kita melihat dulu karakteristik seseorang, misalnya sama siapa dia berteman sebelumnya, Kita juga harus memilih teman yang membawa kita ke hal-hal yang positif bukan ke hal-hal yang negatif. Guna untuk menambah wawasan (Relasi).
  3. Berpendirian Kokoh. Pendirian yang kokoh bisa membuat seseorang tidak mudah terbawa arus, seseorang juga lebih mudah menolak ajakan dari pelaku yang menyimpang. Jadi, apabila ada yang mengajak, seseorang tersebut akan menolaknya dengan tegas.
  4. Selalu ingat dengan Perkataan Orang Tua. Apabila ingin melakukan sesuatu selalu ingat dengan nasehat orang tua. Orang tua sudah susah payah untuk membesarkan, merawat dan mendidik.  Oleh karena itu pergaulan bebas Jangan sampai menjadi menjadi penghancur harapan orang tua.
  5. Perbanyak Melakukan Kegiatan Yang positif. Seperti sering berolahraga, melakukan aktivitas yang produktif, serta ikut serta dalam kegiatan organisasi kampus maupun sekolah. Sehingga, dengan begitu tentu saja bisa menghindari pergaulan-pergaulan yang tidak baik serta ajakan dari teman.
  6. Mengetahui Lebih Awal Bahaya Akan Pergaulan Bebas. Seperti mencari tahu tentang pergaulan bebas dan mengetahui edukasi apa saja yang ada di dalam pergaulan bebas. Bahaya yang di dapatkan apa saja.

Faktor Utama Hilang Kendali Remaja Saat Ini

Mungkin hal ini harus di perhatikan bagi remaja yang masih mengenal dunia luar. Dan perlu juga di ketahui kepada kamu tentang Faktor Hilang Kendali Remaja Saat Ini.

Telah di jabarkan oleh BeritaUpdate.com, tentang faktor utama yang menjadikan seorang anak tidak bisa mengontrol pergaulannya.

 Tingkat Pendidikan Keluarga

Salah satu yang menjadi faktor utama dari seorang anak yang sesuka hati bergaul. Tanpa memikirkan banyak efek karena kurangnya edukasi. Hingga anak lebih gampang terjerumus ke arah hal yang tidak baik. Contohnya tentang orangtua yang memberi izin pacaran tetapi tidak memberi wawasan.

Ekonomi Keluarga Yang Tidak Baik

Hal ini juga menjadi salah satu alasan seorang remaja yang bebas bergaul. Karena banyak fakta yang bermunculan anak justru akan lebih fokus mencari uang. Hingga kurang kasih sayang terhadap kedua orangtuanya. Terlebih memutuskan pacaran mungkin jalan yang tepat untuk mereka ambil. Sehingga nikah muda banyak terjadi terkait hal ini.

Penyalahgunaan Media Sosial

Ini juga merupakan faktor yang kerap besar terjadi. Apalagi tidak adanya kontrol dari kedua orang tua terkait bebasnya berselancar pada media sosial. Di tambah ada banyak sekali konten yang senonoh yang mengakibatkan hal yang fatal bagi anak muda.

Tidak Harmonisnya Keluarga

Dengan hancurnya keadaan keluarga juga menambah trauma seorang anak. Karena sudah pasti tidak mendapat kasih sayang yang lengkap. Apalagi pada saat remaja orang tua mereka harus terpisah karena beberapa faktor. Hal ini memunculkan seorang anak kesepian. Hingga banyak dari mereka yang brutal di luaran sana tanpa adanya kontrol dari keduanya.

Tetapi faktor di atas bisa saja tidak menjadi alasan remaja yang kurang edukasi dalam bergaul. Semua kembali pada diri sendiri yang seharusnya sudah tau mana hal baik dan buruk. Karena semua faktor yang di atas bisa saja terjadi. Namun tindakan kita bisa di lakukan lebih bijak dan mengerti.

60% Remaja Lakukan Pergaulan Bebas Menurut BKKBN

Dengan telah di uliknya berbagai faktor dan juga tips agar tidak terjadinya pergaulan yang liar. Patut kamu ketahui juga tentang pernyataan 60% Remaja Lakukan Pergaulan Bebas Menurut BKKBN.

Seperti yang sudah di catat oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Bahwa remaja yang berusia baru menginjak 16 hingga 17 tahun. Ada sekitar 60% dari remaja sudah pernah melakukan hal hubungan suami istri. BKKBN juga menjelaskan dari 20% mereka yang berusia 14 sampai 15 tahun. Sedangkan mereka yang berusia 19 sampai 20 tahun 20%.

Karena seperti yang sudah di nyatakan ditsmp.kembinbud.go.id. Hal ini di nyatakan Jumat pada tanggal 4 Oktober 2023 seks bebas pada kategori remaja. Terlebih seks bebas merupakan salah satu jenis tentang liarnya pergaulan. Terlepas dari kegiatan merokok, mengkonsumsi alkohol, narkoba, tawuran, dan melakukan tawuran. Terlebih seks bebas sangat membahayakan dan menghilangkan masa muda remaja yang seharusnya masih bermain bebas. Malah bisa berdampak negatif dan mengakibatkan hamil duluan akibat Pergaulan Bebas.

Back To Top