Penderita Asam Urat Wajib Hindari Makanan dan Minuman Ini

Penderita Asam Urat
Penderita Asam Urat
Penderita Asam Urat Wajib Hindari Makanan dan Minuman Ini

Penderita Asam Urat Harus Bisa Memilih Makanan Dan Minuman Yang Baik Untuk Mengurangi Radang Pada Sendi Yang Di Alami. Asam Urat Merupakan suatu Radang pada sendi yang bisa menyerang siapa saja. Kalau dalam Ahli Medis penyakit ini di sebut hiperurisemia. Hal ini di sebabkan meningkatnya kadar asam urat pada tubuh sehingga bisa melebihi batas yang normal.

Semua sendi yang ada di tubuh kita sangat beresiko terkena penyakit asam urat, tapi yang paling sering adalah seperti Jari Tangan, Jari Kaki, Pergelangan Kaki dan Lutut. Umumnya Penderita Asam Urat sering menyerang pria, terkhusus pria yang sudah lebih dari 30 tahun. Kalau Pada wanita muncul asam urat apabila wanita tersebut terkena menopause.

Penyakit Asam urat ini bisa menyerang secara Tiba-tiba dengan gejala awal seperti terasa panas seperti terbakar ada ibu jari serta Sendi yang selalu nyeri, Sulit bergerak, Kemerahan, hingga bengkak. Biasanya Penderita Asam Urat sering makan dan minum yang sembarangan sehingga terjadi asam urat. Salah satu makanan yang dapat memberikan sebab asam urat yaitu seperti makanan zat purin tinggi, biasa terdapat pada jeroan dan daging merah.

Melalui Everyday Health telah melansir, Bahwa Purin merupakan senyawa yang terdapat secara alami pada beberapa makanan. Jika sudah terima asupan purin, tubuh pasti akan menghasilkan limbah asam urat. Untuk mencari kepastian bisa kita melakukan Diagnosis Penyakit asam urat. Biasanya pemeriksaan diagnosis Asam urat adalah dengan Cek darah, ini untuk mengukur kadar kreatinin dan asam urat dalam darah. Orang yang menderita asam urat pasti memiliki kreatinin sampai 7 mg/dL. 

Kemudian Tes Urine, Untuk mendiagnosis kadar asam urat bisa dengan cek urine yang di keluarkan pasien dalam waktu 24 jam terakhir. Lalu Cek Cairan Sendi, dengan mengambil cairan sinovial pada sendi yang sakit, kemudian di bawa untuk di cek lewat mikroskop.

Makanan dan Minuman Yang Harus Di Hindari Oleh Penderita Asam Urat

Ada beberapa pilihan Makanan dan Minuman Yang Harus di Hindari Oleh Penderita Asa Urat agar tidak terlalu parah sakit yang di alami. beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Daging Merah

Daging domba, sapi dan Babi termasuk pada golongan makanan yang wajib di hindari oleh penderita asam urat. Karena daging merah banyak mengandung zat purin yang terlalu tinggi. Jika ingin memakan daging alternatif lain anda bisa makan atau konsumsi daging dari unggas Putih.

Beberapa Jenis Sayuran

Sayuran adalah makanan yang harusnya menyehatkan dan memiliki banyak nutrisi untuk tubuh manusia. Tapi, perlu di ketahui tidak semua sayuran juga baik untuk beberapa orang pengidap Asam urat. Sayuran yang bisa di hindari adalah Bayam, Bunga kol, Kacang polong, Asparagus dan Jamur. Sayuran yang sehat yang bisa anda konsumsi adalah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Fruktosa

Fruktosa ini sama dengan sayuran, buah-buahan yang sangat di kenal baik untuk kesehatan tubuh. Namun, fruktosa yang selalu menjadi pemanis alami pada buah-buahan juga harus di hindari oleh. Seperti mengkonsumsi Apel, Anggur, Pir, plum, kurma dan persik harus di Hindari bagi pengidap asam urat. Jauhi juga minuman yang banyak mengandung fruktosa tinggi sirup jagung. Untuk yang lebih sehat bisa konsumsi air putih atau air mineral yang tanpa ada pemanis tambahannya.

Makanan Laut (Seafood)

Seafood memang makanan yang sangat lezat dan sangat rugi jika kita tidak memakannya. Tapi sejumlah makanan seafood juga memiliki kandungan zat purin tinggi. Salah satunya Ikan, ikan yang harus di jauhi dari pengidap asam urat seperti Ikan Kod, ikan teri, makarel, remis, sarden, scallop, tout dan telur ikan. Kemudian ada ikan yang baik untuk orang yang sakit asam urat, yaitu bisa konsumsi ikan salmon. Seperti yang di katakan oleh Sandon ” Salmon merupakan makanan laut yang sangat baik bagi penderita Asam Urat” Ujarnya.

Bir

Bir menjadi salah satu minuman Haram untuk pengidap penyakit asam urat. Karena, Ragi pada bir ini bisa menyebabkan reaksi dan menaikkan kadar asam urat semakin tinggi di dalam tubuh. Selain zat purin tinggi, Bir juga akan memperlambat pembuangan asam urat lewat urine.

Faktor Kenapa Penyakit Ini Bisa Kambuh

Terdapat banyak Faktor Kenapa Penyakit Ini Bisa Kambuh yang dapat membuat peningkatan kadar asam urat dalam darah tinggi. Seperti pola makan, orang yang terkena penyakit asam urat harus bisa menjaga pola makan dan memilih makanan yang tidak memberikan dampak negatif pada asam urat. Hindari makan daging merah, minum yang manis, Alkohol dan jenis makanan yang banyak mengandung purin. 

Kemudian Berat badan yang lebih, ini juga salah satu faktor yang menyebabkan asam urat bisa kambuh. Jika badan semakin berat maka tubuh juga memproduksi banyak asam urat. Dan ginjal jadi lebih susah untuk menghilangkan asam urat dari tubuh.

Riwayat medis, Jika seseorang mempunyai riwayat medis yang belum sembuh, tentu ini juga menjadi pemicu asam urat. Seperti Diabetes, darah tinggi, Obesitas, ginjal dan penyakit jantung. 

Mengkonsumsi obat juga dapat memberikan peningkatan pada kadar asam urat. Contohnya banyak obat yang di gunakan sebagai pengontrol hipertensi. Kemudian Riwayat keluarga yang mengidap asam urat juga menjadi faktor kamu bisa terkena penyakit yang sama.

Usia dan jenis kelamin, ini juga faktor penyebab banyak seseorang terkena asam urat. Menurut survei bahwa yang sering terkena penyakit asam urat ini adalah pria di bandingkan wanita. Pria bisa lebih cepat terkena asam urat yaitu mulai usia 30 tahun hingga 50 tahun. Sedangkan wanita bisa terjadi setelah mereka manopause. Kemudian orang yang baru saja selesai operasi juga rentan bisa terkena penyakit asam urat.

Untuk bisa mengatasi asam urat ini hendaknya anda bisa mengurangi apa yang di larang oleh dokter. Juga menjaga pola makan yang teratur agar hidup anda juga jadi lebih baik dan semakin sehat.

Tips Untuk mencegah Penyakit Ini

Jika tubuh sudah rentan terhadap penyakit yang sering terjadi, maka anda perlu melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Kini ada beberapa Tips Untuk Mencegah Penyakit Ini yang mungkin anda alami saat ini.

Banyak Cara untuk bisa membantu menurunkan Asam Urat, dan ini sudah menjadi gaya hidup dokter yang mungkin bisa anda coba.

Banyak mengkonsumsi Air, Air yang di maksud adalah air mineral yang berfungsi untuk membantu ginjal jadi lebih baik bekerja dan menghindari terjadinya Dehidrasi. Kemudian Selalu rutin melakukan Olahraga agar berat badan anda terjaga dan selalu sehat. Karena Berat badan yang berlebih atau sampai obesitas, sangat mudah sekali terserang Asam urat. Maka dari itu perlu anda menjaga kesehatan tubuh anda dengan banyak berolahraga. 

Hindari penggunaan Obat tertentu, Contohnya obat yang memiliki sifat Imunosupresan dan diuretik. Selanjutnya Membatasi Konsumsi Minuman dan makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi. Seperti yang sudah di jelaskan di atas yaitu Daging merah, minuman manis fruktosa dan beralkohol.

Yang perlu anda konsumsi adalah harus banyak makan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Agar tubuh jadi lebih kuat, tahan oleh penyakit dan terhindar menjadi Penderita Asam Urat.

Back To Top