Manual Brew Menjadi Daya Tarik Coffe Shop Jogja

Manual Brew
Manual Brew
Manual Brew Menjadi Daya Tarik Coffe Shop Jogja

Manual Brew Menjadi Daya Tarik Coffe Shop Modern Di Jogja. Baru – baru ini, banyak coffe shop yang berkembang sangat pesat di Kota Jogja. Maraknya coffe shop modern yang terus bermunculan di Jogja membuat kota ini menjadi lebih hidup dan ramai. Banyaknya anak muda dan mahasiswa yang berada di kota ini menjadi target pasar atau sasaran dari coffe shop ini.

Tentunya munculnya coffe shop modern menggunakan mesin ini tak mengalahkan teknik pembuatan kopi dengan manual brew. Faktanya, teknik ini tetap menjadi incaran para penikmat kopi. Coffe shop yang mempunyai manual brew memiliki daya tarik tersendiri dari para pecinta kopi.

Manual brew sendiri adalah teknik menyeduh kopi secara tanpa menggunakan mesin espresso. Tanpa menggunakan mesin, teknik seduh kopi ini menggunakan bubuk kopi yang sudah di giling, kertas filter, dan air panas yang sudah di tentukan suhu nya. Umumnya teknik ini dapat menghasilkan kopi hitam tanpa ampas. Tentunya dengan ketajaman rasa yang berbeda di bandingkan dengan espresso mesin.

Tak Banyak Yang Tahu Daya Tarik Manual Brew

Pastinya manual brewing kopi ini memiliki keunggulan tersendiri. Teknik seduh kopi ini dapat menjadi alternatif untuk para pecinta kopi untuk menikmati rasa kopi yang unik dan berbeda dibandingkan dengan espresso hasil mesin. Keunikan saat menyeduh kopi dengan teknik ini adalah kamu bisa mengontrol rasio kopi, suhu air, dan waktu penyeduhan. Kamu juga dapat menentukan rasa hasil seduhan kopi seperti apa yang kamu inginkan. Tentunya, dengan mengkombinasikan alat dan bahan saat menyeduh, kamu bisa mendapatkan rasa yang berbeda.

Keunikan lain dari teknik seduhan ini adalah pelanggan dapat memilih biji kopi dan metode mana yang di inginkan untuk menyeduh kopi tersebut. Biji kopi dan metode yang berbeda tentunya akan menghasilkan rasa yang berbeda pula. Untuk lebih lanjutnya mari kita bahas jenis – jenis manual brew.

Jenis Kopi Dengan Manual Brew

Kopi Tubruk

Kopi tubruk adalah salah satu teknik manual brewing coffe yang paling simpel. Hanya dengan menyiram bubuk kopi dengan air panas tanpa alat yang spesifik. Namun soal rasa tidak di ragukan lagi.

V60

V60 memiliki hasil seduhan yang cenderung ringan dan tidak pekat. Tidak memiliki crema dengan rasa asam dan aroma yang di hasilkan sangat maksimal. Pembuat V60 ini lumayan ribet karena menggunakan dripper, termometer, dan kertas filter.

Japanese

Japanese sama dengan V60. Proses pembuatannya hampir sama dengan V60. Hanya saja japanese di sajikan dingin sedangkan V60 di sajikan secara panas.

Chemex

Chemex akan menghasilkan hasil seduhannya kopi yang pekat dan kaya rasa.

Vietnam Drip

Vietnam drip merupakan hasil ekstark kopi yang di campur dengan susu kental manis. Umumnya vietnam drip di sajikan panas. Namun beberapa orang menyajikan minuman ini dengan di tambah es batu.

French Press

Untuk menyeduh kopi degan french press, kopi perlu di diamkan beberapa saat. Lalu ditekan hingga ampas kopi tertekan ke dasar. French press akan menghasilkan hasil seduhan kopi yang bold dan oily.

Aeropress

Aeropress adalah cara penyeduhan kopi dengan menekan plunger. Hasil seduhan di dapatkan melalui air panas yang menekan bubuk kopi dan melewati saringan.

Cold Brew

Cara seduh kopi cold brew adalah dengan merendam bubuk kopi pada sebuah wadah tertutup. Rendaman ini di simpan di lemari es kurang lebih 8 – 20 jam sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Faktanya, semakin lama perendaman akan semakin pekat rasa kopi yang di hasilkan.

Untuk kamu yang masih bingung, kamu bisa bertanya lebih lanjut ke barista untuk dapat menikmati kopi yang cocok dengan keinginanmu.

Karakter Biji Kopi Yang Cocok Di Seduh Dengan Cara Manual

Kopi yang nikmat adalah kopi yang memiliki rasa yang seimbang. Rasa kopi yang keluar di antaranya ada rasa manis dengan tingkat keasaman dan kepahitan yang sama. Kombinasi ketiga rasa tersebut harus pas sehingga menghasilkan rasa kopi yang seimbang.

Tidak semua jenis kopi akan nikmat jika di seduh dengan metode ini. Biasanya manual brew menggunakan biji kopi single origin. Single origin sendiri adalah biji kopi yang di peroleh dari suatu daerah yang sama. Tentunya hal ini menjadikan kopi memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan varietasnya. Berikut karakter biji kopi yang cocok di seduh degan cara manual

  • Sumatra Gayo, biji kopi berasal dari daerah Aceh dengan karakter kekentalan dan aroma yang sangat kuat. Kopi ini memiliki kadar keasaman yang rendah sehingga menghasilkan rasa yang seimbang.
  • Bali Blue Moon, selain keindahan alamnya, Bali juga di kenal dengan biji kopi nya sangat nikmat. Memiliki karakteristik campuran dark chocolate, vanila, dan sedikit rempah
  • Sumatara Mandheling, pastinya biji ini berasal dari Sumatra yang menjadi favorite para pecinta kopi. Memiliki kekentalan rasa yang begitu tebal membuat kopi ini memiliki karakteristik kopi yang kuat dengan keasaman yang rendah. Single origin ini memiliki aroma khas floral dengan rasa manis di akhir.
  • Java Taman Dadar, memiliki keistimewaan campuran rasa yang unik. Biji kopi ini di produksi di daerag Kayumas, Situbondo.
  • Java Mocha, di hasilkan dari daerah Temanggung, kopi ini memiliki tingkat keasaman rendah dengan rasa pahit yang kuat. Tentunya seperti namanya, kopi ini memiliki aroma mocha.
  • Sulawesi Toraja, berasal dari Toraja kopi ini memiliki kekentalan rasa yang sangat tebal dengan keasaman yang rendah.

Rekomendasi Coffe Shop Jogja Dengan Manual Brew

Bahasa Kopi

Bahasa kopi adalah salah satu coffe shop Jogja yang menyediakan manual brew di Jogja. Terletak di Jl. STM Pembangunan, Mrican, Jogja. Buka pukul 07.00–18.00 WIB dengan harga yang terjangkau yaitu mulai Rp. 10.000.

Kopi Sembilan

Kopi Sembilan membranding coffe shop nya dengan manual brewing coffe. Lokasinya yang strategis di Jl. Pogung, Sinduadi, Sleman membuat coffe shop ini ramai di kunjungi. Tentunya menyeseuaikan namanya, kopi shop ini melayani pelanggan dari pukul 09.00 – 23.00. Coffe shop ini menyediakan berbagai jenis beans single origin untuk manual brewnya dengan harga yang terjangkau.

Ruang Seduh Jogja

Ruang Seduh Jogja menyediakan tempat kopi dengan suasana interior warna putih yang tenang. Lokasi warung kopi ini berada di Kampung Turis Prawirotaman, Jogja. Disini kalian juga dapat belajar cara menyeduh kopi yang nikmat. Warung kopi ini menyediakan berbagai beans daerah Indonesia seperti Kerinci, Gayo, Flores, Malabar dan lainnya.

Klinik Kopi

Klinik Kopi menjadi terkenal setelah menjadi lokasi syuting Ada Apa Dengan Cinta 2. Seperti namanya, di sini kamu  dapat berkonsultasi tentang kopi seperti layaknya pasien. warung kopi ini menjual kopi secara manual. Berlokasi di Jl. Kaliurang Km. 7, Ngabean Kulon, Ngaglik, Sleman. Buka pukul 09.00–16.00 WIB dengan harga yang terjangkau yaitu mulai Rp. 15.000 – Rp 20.000.

Itu dia rekomendasi coffe shop jogja dengan manual brew

Back To Top