Makanan Khas Natal Dari Berbagai Negara Di Dunia

Makanan Khas Natal Dari Berbagai Negara Di Dunia
Makanan Khas Natal Dari Berbagai Negara Di Dunia
Makanan Khas Natal Dari Berbagai Negara Di Dunia

Makanan Khas Natal Dari Berbagai Penjuru Di Dunia Sangat Beragam Dan Memiliki Rasa Serta Keunikan Tersendiri. Hari Raya Natal merupakan hari yang sangat spesial bagi para umat Nasrani di seluruh dunia. Oleh karena itu setiap menjelang perayaan Natal, umat Nasrani sangat sibuk mempersiapkan perayaan Natal. Persiapan ini di mulai dari membersihkan rumah, menghias pohon natal, serta menyiapkan bahan-bahan makanan untuk memasak. Hal ini di karenakan Natal merupakan hari untuk merayakan kegembiraan serta kasih sayang dengan kumpul bersama keluarga serta kerabat terdekat.

Selain itu, Hari Raya Natal juga merupakan momen di mana meja makan menjadi penuh dengan hidangan yang lezat. Hal ini sudah menjadi tradisi dalam perayaan Natal karena berkumpulnya sanak saudara dan kerabat terdekat dalam merayakan hari ini. Makanan yang di sajikan pun tergantung dengan tradisi makan bersama keluarga besar. Tentunya tradisi makan bersama ketika Natal tidak hanya di miliki di Indonesia namun juga di berbagai negara di dunia. Berbagai negara memiliki hidangan khas Natal yang menjadi ritual untuk di makan bersama menurut tradisi dari negaranya masing-masing. Oleh karena itu memasak aneka hidangan merupakan tradisi para umat Nasrani untuk menyambut datangnya Hari Raya Natal.

Setiap negara di dunia memiliki tradisi kuliner yang unik dan lezat untuk merayakan hari Natal di negaranya. Santapan yang di sajikan pun biasanya sangat beragam mulai dari makanan yang gurih sampai yang manis. Terdapat makanan berat maupun makanan ringan seperti beragam kue kering yang di sajikan ketika perayaan Natal tiba. Contohnya seperti hidangan gurih dari Jerman, hidangan yang manis ala Italiam makanan berat Amerika Serikat sampai cemilan lezat dari Inggris. Menariknya, jenis hidangan yang di sajikan mencerminkan sejarah, budaya, hingga kehangatan khas dari negara tersebut.

Berikut beberapa Makanan Khas Natal dari seluruh dunia yang bisa menjadi inspirasi memasak di Hari Natal.

1. Makanan Khas Natal Klappertart, Indonesia

Makanan Khas Natal Klappertart, Indonesia ternyata merupakan kue tradisional khas Manado. Hidangan kue ini wajib di sajikan saat merayakan hari-hari raya besar seperti Natal. Makanan khas Manado ini terbuat dari bahan dasar susu, tepung terigu, telur, kelapa, serta aroma kayu manis. Di dalam kue ini terdapat irisan daging kelapa dan di atasnya di taburi kismis yang membuat kue ini semakin cantik. Kue tradisional ini sangat lezat karena terdapat rasa gurih dan manis di dalamnya.

2. Kalkun Panggang, Amerika Serikat

Hidangan Kalkun Panggang, Amerika Serikat tidak asing lagi di telinga kita. Pasalnya di film-film Natal yang berlatar di Amerika Serikat selalu terdapat sajian kalkun panggang sebagai hidangan wajib saat perayaan Natal. Kalkun di masak dengan berbagai rempah-rempah kemudian di isi dengan berbagai jamur, sayuran, bawang bombay, saus dan bumbu lainnya sebagai pelengkap. Hidangan kalkun tidak hanya saat Natal saja tetapi juga di sajikan saat hari Thanksgiving. Hal ini di karenakan sajian kalkun yang sebenarnya merupakan tradisi yang bermula pada hari Thanksgiving.

3. Stollen, Jerman

Hidangan khas Natal selanjutnya adalah Stollen, Jerman. Kue Stollen atau biasa di sebut juga dengan Christollen merupakan kue yang menjadi hidangan wajib khas Natal di Jerman. Sejarah adanya kue Stollen sebagai kue tradisi khas Jerman berawal sejak tahun 1400-an. Stollen terbuat dari adonan ragi dengan rasa yang manis. Kemudian kue khas Jerman ini juga memiliki isian kacang, buah kering, marzipan, serta taburan gula halus. Oleh karena itu Stollen memiliki rasa yang manis dan cocok di sajikan saat Natal tiba. Stollen pun menjadi kue yang sangat populer di Jerman karena rasanya yang lezat.

4. Angsa Atau Bebek Panggang, Denmark

Sajian khas Natal selanjutnya adalah Angsa Atau Bebek Panggang, Denmark. Hidangan ini menjadi sajian khas pada saat perayaan Natal di Denmark. Selain itu, angsa atau bebek panggang dapat juga di sajikan dengan babi panggang dan juga kol merah serta kentang rebus. Kemudian untuk hidangan penutup, orang-orang di Denmark biasanya menyajikan risalamande yang di buat dengan saus beri, whipped cream, kacang almond dan juga vanila.

5. Kue Plum, Inggris

Kue Plum, Inggris merupakan makanan khas Natal yang sebenarnya sudah sering di sajikan di berbagai negara. Namun ternyata kue ini berasal dari Inggris. Makanan ini di ketahui menjadi makanan khas di negara Inggris sampai sekarang dan biasanya di sajikan pada perayaan khusus Natal. Kemudian di dalam kue ini terdapat kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan beberapa bumbu pelengkap lainnya. Lalu di rendam selama beberapa hari ke dalam minuman alkohol seperti rum. Selanjutnya bahan-bahan tersebut pun di buat menjadi adonan kue Plum. Hidangan Natal khas Inggris ini memiliki rasa yang khas dan unik sehingga cocok di sajikan saat perayaan Natal.

6. Panettone, Italia

Hidangan khas Natal selanjutnya ialah Panettone, Italia. Panettone merupakan roti manis khas Italia yang memiliki isian kulit jeruk dan buah kering di dalamnya. Hidangan roti manis ini sebenarnya berasal dari Kota Milan, Italia. Menariknya, roti Panettone memiliki bentuk silinder yang unik. Tekstur dari roti ini juga sangat lembut dan terdapat aroma jeruk yang sangat khas. Masyarakat di Italia biasanya menyajikan hidangan manis ini dari minggu pertama Desember sampai Januari. Roti manis Panettone ini sangat cocok di makan di pagi hari untuk sarapan maupun di malam hari.

7. Daging Ham, Finlandia

Daging Ham, Finlandia merupakan hidangan khas Natal yang populer di negara tersebut. Jenis masakan ini banyak di temui di salah satu negara di Eropa ini. Biasanya daging ham di santap bersama dengan roti dan juga mustard sebagai pelengkap yang semakin membuat daging ham terasa lezat dan gurih.

8. Chiles En Nogada, Meksiko

Chiles En Nogada, Meksiko adalah santapan khas Natal yang sangat populer. Nogada berasal dari bahasa Spanyol yaitu “nogal” yang memiliki arti pohon kenari. Makanan khas Meksiko ini berupa daging yang di masak dengan poblano pepper serta berbagai jenis rempah-rempah lainnya. Santapan ini di sajikan dengan saus dari krim walnut yang di siram di atasnya. Kemudian di taburi juga dengan buah delima di atasnya sebagai hiasan sehingga penampilannya semakin menarik untuk di santap.

9. Kue Jahe

Kue Jahe atau yang biasa kita kenal dengan sebutan gingerbread merupakan cemilan khas Natal yang di hidangkan di berbagai belahan dunia. Jenis kue ini sangat di sukai oleh anak-anak karena bentuknya yang seperti manusia dengan hiasan yang sangat menarik di atasnya. Kue ini telah di modifikasi menjadi berbagai bentuk lain selain manusia seperti bentuk rusa dan juga pohon natal. Kue ini terbuat dari jahe dan sangat cocok di sajikan saat perayaan Natal tiba. Ternyata menurut sebuah laporan, kue jahe sebenarnya di temukan oleh orang Yunani dan Mesir kuno yang menyajikannya pada hari-hari penting.

Beberapa Makanan Khas Natal di atas memang unik dan sangat lezat untuk di santap bersama keluarga saat perayaan Natal. Semoga semakin menambah wawasan kita dan menjadi inspirasi kuliner kita saat Natal mengenai Makanan Khas Natal.

Back To Top