Macbook Air 2023 Benarkah Se-Ringan Itu?

Macbook Air 2023 Benarkah Se-Ringan Itu?
Macbook Air 2023 Benarkah Se-Ringan Itu?
Macbook Air 2023 Benarkah Se-Ringan Itu?

Macbook Air kembali melanjutkan generasi terbarunya dengan perilisan laptop tipis namun powerfull pada Juni 2023 yang lalu. Laptop dari brand Apple yang favorit digunakan oleh kalangan muda kini lebih menarik dari pendahulunya. Jika di bandingkan dengan Macbook Air M2 yang rilis pada September 2022, dapat di lihat perbedaan pada rentang layar kedua laptop ini. Laptop keluaran tahun 2022 memiliki rentang layar 13.6 inci sedangkan Macbook Air 2023 m2 dengan rentang layar 15.3 inci. Perbedaan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap seberapa besar baterai yang di bawa pada kedua laptop ini. Dan jika Mac air m2 ini bandingkan kembali dengan Mac Air M1 2020, kedua Macbook Air M2 tahun 2022 dan 2023 kembali menggunakan magsafe sebagai port pengsian daya. Mac Air M1 2020 nyatanya masih menggunakan port type-C sebagai port untuk transfer file sekaligus pengisian daya. Ketiadaan magsafe 2 ini sudah berlangsung sejak 2018 dan di mulai pada Macbook Air 2018.

Dengan bentang layar yang lebih lebar, serta pengaruh terhadap komponen seperti baterai yang di bawa. Macbook Air 2023 Benarkah Se-Ringan Itu? Tentu saja ringan yang kami maksud ialah sebagaimana effortless-nya laptop ini ketika bekerja. Jika secara harfiah laptop ini di pertanyakan beratnya, tentu laptop ini tidak ringan sama sekali seperti yang Anda bayangkan. Sudah sejak lama diketahui, bahwa laptop keluaran Apple ini menggunakan material aluminium maupun polikarbonat sebagai bahan body laptop yang di buat oleh brand ini. Yang mana bahan dengan material tersebut lebih kuat dari bahan plastik keras yang pada umumnya di pakai pada beberapa laptop. Karena itu meskipun laptop yang di keluarkan oleh brand ini di desain dengan dimensi setipis mungkin, tetap memberikan kesan premium serta solid ketika Anda memegang laptop ini. Pada artikel ini kami akan menginformasikan kepada Anda, seberapa “ringan” Macbook Air 2023 M2 ini jika di gunakan pada kondisi kerjaan santai hingga pekerjaan berat.

Spesifikasi Macbook Air 2023

Jika membahas elektronik maupun perkembangan perangkat digital, spesifikasi tak akan lepas dari pembahasan. Karena hal ini menjadi pertimbangan apakah perangkat digital maupun elektronik tersebut mengalami perkembangan atau tidak. Maka dari itu, pembahasan untuk Spesifikasi Laptop Macbook Air 2023 kami siapkan untuk Anda.

Hal yang pertama kali kami sampaikan terkait Spesifikasi Laptop ini ialah layar 15.3 inci-nya. Permasalahan umum para pengguna Mac sebenarnya terletak pada dimensi layar. Meskipun Macbook Air pada umumnya memiliki layar 13 inci yang lumayan cukup untuk produktifitas sehari – hari. Layar tersebut masi di rasa kurang memadai bagi beberapa pengguna, dan Macbook Air 2023 menjawab permasalahan ini.

Dampak positif dari layar yang semakin besar ialah dimensi panjang dan lebar dari body laptop. Body laptop ini menjadi lebih panjang, lebar serta mengalami penambahan bobot akibat dari dimensi layar yang bertambah. Jika di bandingkan dengan Mac Air 2022, panjang laptop ini bertambah dari 30.41 cm menjadi 34.04 cm. Lebar pada Mac Air generasi sebelumnya 21.5 cm menjadi 23.76 cm pada generasi ini. Kemudian bobot, laptop generasi sebelumnya memiliki berat 1.24 kg dan menjadi 1.51 kg pada Macbook Air 2023.

Chip Apple M2 menjadi pembeda yang mencolok laptop ini dari generasi sebelumnya. Chip terbaru ini tentu berpengaruh terhadap performa laptop ini ketika bekerja. Bagaiamana tidak, CPU 8 core dengan masing – masing 4 core efisiensi dan performance serta GPU 10 core menambah ke-ringan-an laptop ini dalam bekerja. Ditambah baterai lithium – polymer 66 kwH dengan kapasitas lebih besar berkat dimensi yang membesar, screen on time laptop ini di claim Apple mampu bertahan selama 15 – 18 jam. Membawa adaptor pengisian daya 70 watt type-C to Magsafe 3, memberikan nilai tambah pada keandalan laptop ini. Spesifikasi laptop selanjutnya terletak pada resolusi, dengan layar 15 inci resolusi layar laptop ini yaitu 2880 x 1864 dengan kecerahan maksimal 500 nits.

Fitur – fitur Tambahan

Macbook Air 2023 menyematkan notch pada bagian atas layar. Pada notch tersebut tersemat kamera Facetime HD 1080p andalan laptop ringan ini. Touch ID juga tetap di pertahankan oleh Apple kepada produk ini karena beberapa pengguna Mac sebelumnya merasa sistem keamanan biometrik di perlukan sebagai fitur tambahan selain lock-screen password. Touchpad dengan sensor yang mampu membaca tekanan pada touchpad, serta multi-touch gesture juga tetap di pertahankan. Kapasitas penyimpanan dengan tipe SSD pada Mac ini tak usah di ragukan lagi, sangat baik dari segi baca maupun tulis. Ram 8 GB menambah ringan nya laptop ini dalam melakukan pekerjaan berat.

Wifi 6 serta konektifias bluetooth 5.3 versi terbaru saat ini juga melekat sebagai fitur tambahan pendukung pada laptop ini. Sistem audio spasial yang di dukung oleh Dolby Atmos untuk pemutaran musik maupun video pada sistem speaker bawaannya. Fitur – fitur Tambahan yang kami sebutkan di atas termasuk kedalam faktor mengapa laptop ini dapat berjalan dengan ringan.

Kesimpulan

Kesimpulan secara teknis, laptop ini dapat dengan baik meng-handle pekerjaan ringan seperti kegiatan perkuliahan maupun perkantoran. Macbook Air 2023 masih dapat berjalan dengan lancar jika di gunakan dalam pekerjaan seni seperti desain ilustrasi, visual, efek visual, dan sebagainya. Meskipun tidak di rancang untuk bermain game, nyatanya laptop ini tetap kuat menjalankan game yang biasanya menguras tenaga bagi sebuah laptop. Hal ini sering menjadi pertanyaan tentang bagaiaman bisa sebuah Mac dapat menjalankan game.

Mac selalu di desain untuk pekerjaan ringan seperti pada kesimpulan diatas. Secara history, Mac telah di akui sebagai perangkat pendukung produktifitas baik pada kegiatan ringan seperti perkuliahan maupun perkantoran. Produktifitas lain seperti multimedia hingga mendukung para konten kreator dalam bekerja menjadikan laptop ini terkenal keandalannya dalam meng-handle pekerjaan. Meskipun produk Apple lain seperti iMac, Mac Mini maupun Mac Studio dirasa lebih unggul. Namun, tak ada yang bisa menandingi pengalaman mobilisasi laptop dalam hal ini Macbook Air jika di bandingkan dengan produk yang telah di sebutkan tadi.

Secara konsisten, Apple selalu mengalami perbaikan dalam hal gaming. Khususnya pada series Macbook mereka seperti Macbook Air maupun Macbook Pro. Namun trend bermain game saat ini sudah berubah ke game konsol yang lebih menarik perhatian pasar saat ini. Baik Macbook Pro maupun Macbook Air, keduanya dapat menjalankan game konsol maupun game PC Desktop yang terkenal menguras daya. Meskipun game konsol maupun PC memerlukan konfigurasi khusus, dengan chip M2 terbaru dari Apple, SSD yang terkenal dengan kecepatannya yang baik, serta RAM yang memadai. Membuat laptop ini sangat suitable jika melakukan pekerjaan ringan bahkan tanpa seperti tanpa effort laptop ini membantu pekerjaan Anda. Pada sisi sektor produksi konten maupun multimedia, laptop ini tentu masih dapat di andalkan dan masih dalam kategori ringan. Dan itulah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini, pembahasan mengenai Mabook Air 2023.

Back To Top