Lensa Fix Murah Rekomendasi Terbaik Akhir Tahun

Lensa Fix Murah Rekomendasi Terbaik Akhir Tahun
Lensa Fix Murah Rekomendasi Terbaik Akhir Tahun
Lensa Fix Murah Rekomendasi Terbaik Akhir Tahun

Lensa fix murah dengan aperture yang lebar mungkin menjadi pilihan utama bagi Anda yang saat ini sedang mendalami dunia fotografi. Tak hanya dalam sisi fotografi saja, videografi dengan konten vlog maupun review produk sekarang banyak memanfaatkan efek bokeh untuk estetika. Sehingga dapat mengisolasi objek sekitar sehingga hanya berfokus pada objek utama saja. Artikel ini akan membahas beberapa Lensa Fix Murah Rekomendasi Terbaik Akhir Tahun bagi Anda. Lensa fix murah menjadi pilihan awal beberapa pengguna setelah membeli kamera. Beberapa entry – level kamera memang telah di lengkapi lensa kit pada paket pembeliannya. Namun tak jarang beberapa pengguna tetap memilih lensa fix sebagai lensa utama mereka meskipun mereka sudah memiliki lensa kit. Hal ini terjadi karena tren foto bokeh dengan background blur menjadi hal yang sangat di minati di kalangan fotografer. Lensa fix yang beredar merupakan lensa dengan fixed focal length yang berarti focal length tidak dapat di ubah.

Meskipun focal length pada lensa fix tidak dapat di ubah, lensa berjenis ini menawarkan beragam pilihan focal length. Mulai dari jarak fokal terpendek di 12mm, 25mm, 35mm, 50mm, 70mm, hingga 200mm keatas pada jarak fokal terpanjang. Bagi para street photography, lensa fix favorit yang umum digunkana yaitu pada focal length 50mm dan 70mm. Jarak fokal yang sempit mengharuskan fotografer membuat jarak yang jauh dari objek foto. Bagi fotografi wedding atau pernikahan, focal length 25mm dan 35mm menjadi favorit fotografer. Jarak fokal ini menawarkan jarak fokal yang lebar atau wide. Kemudian, bagi para reviewer produk atau jasa foto produk, lensa dengan bukaan 35mm dan 50mm di rasa cukup untuk meng-handle projek. Jarak fokal ini terlalu sempit dan jauh dari objek sehingga fotografer dapat mengatur komposisi dengan baik. Untuk lensa fix telefoto dengan jarak focal diatas 85mm, menjadikan lensa fix ini hanya dapat digunakan dalam birding photography.

Prime Lens sebagai Investasi Jangka Panjang

Prime Lens sejatinya adalah sebutan lain untuk lensa fix, namun dengan harga yang lebih mahal serta menawarkan bukaan aperture yang lebih lebar. Lensa fix sering di gunakan untuk oleh professional seperti lensa dari Sony dengan label G Master sering lalu – lalang kita jumpai. Karena hal ini, prime lens sering di kaitkan dengan lensa yang mahal alih – alih lensa utama dari gear yang di gunakan oleh seorang fotografer. Bagi kalangan pemula, prime lens sering digunakan sebagai lensa utama seorang fotografi, hal ini karena prime lens yang di miliki bisa saja lensa fix murah yang di beli setelah ia membeli kamera dengan atau tanpa lensa kit.

Sering kita dengar kalimat dalam dunia fotografi,”Investasi di Lensa lebih menguntungkan daripada investasi di body kamera”. Lensa disini lebih merujuk kepada lensa fix sebagai investasi dalam dunia fotografi. Mengapa tidak, satu body kamera dapat menggunakan berbagai lensa. Dengan berbagai pilihan focal length hingga variasi bukaan aperture menjadi alasan mengapa Prime Lens sebagai Investasi Jangka Panjang.

Tipe – tipe Lensa Fix

Lensa dengan tipe fixed dapat dengan mudah di miliki saat ini. Tipe – tipe Lensa Fix dapat di bagi kedalam beberapa kategori sehingga harga yang di tawarkan bervariasi di sesuaikan denga spesifikasi yang di berikan. Dalam hal ini, terdapat 2 jenis lensa fix yang saat ini beredar di pasaran. Yaitu lensa dengan tipe fixed focal length dan lensa dengan tipe fixed aperture. Lensa tipe fixed aperture umumnya disebut lensa zoom. Karena lensa ini di desain dengan jarak fokal yang dapat di atur wide atau zoom namun dengan aperture atau bukaan lensa yang fix. Pada tipe lensa fix ini yaitu tipe fixed aperture, lensa ini hadir dengan harga yang relatif mahal baik unit baru maupun bekas.

Untuk lensa fix murah, tipe fixed focal length banyak di minati di kalangan fotografer pemula. Baik harga baru maupun bekas, lensa tipe ini dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Lensa fix tipe ini juga tersedia dengan kemampuan AF maupun MF (Manual Fokus). Tak heran jika harga yang di tawarkan juga berkisar ratus ribuan hingga jutaan rupiah. Meskipun tersedia dengan harga murah, lensa ini dapat bersaing ketat dengan lensa fix lain yang lebih mahal. Pada artikel ini, kami hanya merekomendasikan kepada Anda lensa fix murah dengan tipe fixed focal length yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih prime lens yang cocok bagi Anda.

Rekomendasi Lensa Fix

Rekomendasi Lensa Fix kali ini kami himpun berdasarkan harga yang terjangkau serta ketersediaan lensa di pasaran. Berikut beberapa lensa fix yang mungkin menjadi pertimbangan Anda dalam memilih lensa.

1. Yongnuo 50mm f1.8 (Rp 800.000 – Rp 1.500.000) Bekas/Baru

Merk lensa third-party ini lebih di kenal pada segmentasi kamera DSLR. Lensa ini sangat sering di jumpai pada pengguna yang suka melakukan foto portrait wedding maupun street fotografiLensa fix ini di banderol dengan rentang harga 800 hingga 1,5 jutaan untuk unit baru maupun bekas. Dengan aperture lebar, mampu menangkap cahaya lebih baik jika Anda gunakan pada malam hari.

2. Meike 35mm f1.7 (Rp 750.000 – Rp 850.000) Baru

Lensa yang sering kita jumpai ini merupakan lensa favorit semua kalangan pengguna kamera mirrorless. Hadir untuk berbagai brand kamera, lensa fix third-party ini di banderol dengan sangat murah di bawah satu jutaan. Lensa ini tidak di lengkapi dengan AF, hanya mengandalkan manual focus yang halus dan gampang di gunakan. Focal length favorit serta bukaan aperture yang lebar menjadikan lensa ini sangat laris terjual.

3. TTArtisan 35mm f1.4 (Rp 990.000 – Rp 1.050.000) Baru

Lensa ini bersaing secara langsung dengan brand lensa manual third-party lainnya. Dengan material lensa berbahan metal, menjadikan kamera ini terasa solid ketika di gunakan. Desain retro yang di bawa kamera ini menambah nilai klasik bagi Anda pemilik kamera Fujifilm entry-level.

4. 7Artisan 35mm f1.4 (Rp 990.000) Baru

Lensa manual kali ini termasuk kedalam jajaran lensa manual terlaris di Indonesia bersanding dengan 2 brand lensa third-party di atas. Lensa fix ini tersedia untuk berbagai brand kamera mirrorless. Seperti lensa manual lainnya, ring fokus pada lensa ini berjalan dengan sangat halus. Pengaturan aperture juga terasa clicky atau terasa memiliki step – step pada setiap bukaan aperture. Hal ini berguna ketika Anda menggunakan lensa ini karena dapat mengantisipasi aperture berubah tanpa di sengaja.

Kesimpulan

Beberapa lensa yang kami informasikan di atas termasuk kedalam jajaran lensa fix murah terbaik yang saat ini dapat kami rekomendasikan kepada Anda. Dua versi focal-length favorit yang sering di gunakan fotografer mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda. Namun pada kali ini, kami lebih banyak merekomendasikan lensa dengan focal-length 35mm. Lensa fix dengan jarak fokal 35mm disebut sama layaknya seperti pandangan manusia. Untuk lensa yongnuo, meskipun dibuat untuk body kamera dslr, Anda tetap dapat menggunakan lensa ini dengan bantuan adapter lensa ke body kamera yang sesuai dengan milik Anda. Dengan variasi bukaan aperture, desain, kemampuan autofocus, maupun jarak fokal. Kami berharap artikel kali ini dapat membantu Anda dalam memilih lensa fix.

Back To Top