Latihan Kardio Cocok Untuk Penurun Berat Badan

Latihan
Latihan
Latihan Kardio Cocok Untuk Penurun Berat Badan

Latihan Kardio Cocok Untuk Penurun Berat Badan Bagi Kalian Yang Ingin Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal Dan Hidup Sehat. Kardio merupakan jenis olahraga yang bersifat memperbanyak gerakan dengan durasi tertentu. Kardio memang di kenal sebagai pembakar lemak dan kalori secara cepat. Untuk itulah olahraga Kardio memang sering di lakukan dan di pilih sebagai olahraga penurun berat badan. Tidak hanya itu saja, olahraga kardio juga bermanfaat untuk menyehatkan kondisi paru-paru dan jantung. Jika kondisi ke dua organ tersebut sehat maka aliran peredaran darah juga akan ikut lancar.

Latihan kardio memiliki banyak jenis olahraga. Bahkan dari semua jenis kardio ada yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Contoh olahraga kardio seperti lari, bersepeda, lompat tali, jumping jack, naik turun tangga, jalan kaki, squat jump dan masih banyak lagi. Karenanya jika kalian melakukan olahraga dari jenis tersebut dengan durasi waktu yang cukup lama. Maka akan membakar kalori yang ada pada tubuh kalian dan dapat dengan cepat menurunkan berat badan.

Latihan kardio juga salah satu jenis olahraga yang tidak memerlukan banyak biaya. Karena merupakan jenis aktivitas yang hanya mengandalkan fisik tubuh. Kalian bisa melakukan lari dan menghirup udara segar di luar ruangan ataupun berjalan-jalan santai. Bagi kalian yang hobi olahraga permainan seperti badminton, basket, sepakbola, renang, tenis dan lain sebagainya, Itu juga salah satu yang termasuk gerakan dari kardio. Di mana tubuh kita bergerak sampai batas waktu tertentu hingga mengeluarkan keringat.

Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga kardio yaitu pada pagi dan sore hari. Karena jika pagi hari kondisi udara di sekitar kita masih penuh akan oksigen dan baik untuk kesehatan paru-paru. Dan jika kalian melakukan kardio pada sore hari, kalian akan memiliki kondisi puncak pada fisik kalian. Sehingga olahraga yang kalian lakukan akan lebih panjang durasi dan kekuatannya.

Jenis Latihan Kardio Di Rumah Dan Murah

Jenis Latihan Kardio Di Rumah Dan Murah bisa kalian lakukan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Kalian bisa melakukannya dengan gerakan-gerakan kardio yang efektif menguras keringat. Seperti latihan jumping jack, squat, ataupun lompat tali dan masih banyak lagi.

Gerakan jumping jack bisa kalian lakukan dengan melakukannya secara berulang. Dengan melompat dan melebarkan kaki di ke dua sisi serta tangan yang bergerak seperti kupu-kupu. Lalu kembali menutup bukaan pada kaki dan tangan kembali seperti semula ketika mendarat di lantai. Lakukan gerakan seperti itu berulang-ulang hingga batas waktu yang kalian tentukan.

Atau kalian bisa melakukan squat dengan posisi setengah jongkok dengan posisi kuda-kuda. Kaki pada ke dua sisi sejajar dan posisi tangan berada di leher untuk menyeimbangkan badan. Lalu lakukan gerakan naik ke atas dan ke bawah dari posisi berdiri ke jongkok dan sebaliknya. Kalian bisa melakukan gerakan ini semampunya untuk melatih kardio. Manfaat dari latihan ini juga dapat membuat bokong menjadi lebih kencang.

Namun bagi kalian yang tidak ingin merasa bosan berada di dalam rumah. Kalian bisa melakukan kardio dengan berlari di sekitar rumah kalian. Atau hanya dengan berjalan-jalan di sekeliling rumah untuk melatih otot kardio kalian agar memiliki kondisi yang sehat dan stabil.

Latihan yang telah di sebutkan di atas tidak memakan biaya sama sekali jika kalian hanya menginginkan gerak pada tubuh kalian. Hanya saja bagi sebagian orang masih merasa tidak merasa percaya diri untuk melakukannya dan malu jika dilihat orang. Tetapi bagi kalian yang lebih memilih melakukan kardio berlari, bersepeda ataupun berjalan di dalam ruangan. Kalian bisa mengeluarkan biaya untuk alat tersebut seperti treadmil dan sepeda statis. Kalian hanya perlu melakukan latihan tersebut di dalam ruangan tanpa perlu di lihat oleh banyak orang. Ataupun malu akan tatapan orang jika kalian beraktivitas di luar ruangan. 

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami dapat di bantu juga dengan olahraga kardio. Selain diet dengan pola makan yang sehat kalian juga bisa melakukan olahraga kardio. Hal ini untuk mendukung kesuksesan kalian jika ingin mencapai berat badan yang ideal. Selain itu memilih makan makanan yang sehat dan serat yang cukup juga sangat di anjurkan untuk diet yang sehat. Bukan berarti tidak makan sama sekali sehingga dapat menyebabkan kalian kekurangan nutrisi. Makan makanan yang sehat untuk diet dan menunda lapar bisa kalian coba dengan makanan yang kaya akan serat. Seperti oatmeal, kacang-kacangan, dan sayuran.

Oatmeal merupakan makanan yang berasal dari biji oats yang di percaya memiliki kandungan nutrisi paling tinggi di antara biji-bijian. Selain itu makanan oats juga kaya akan serat yang bisa menunda lapar hingga 6 jam lamanya dan aman bagi lambung. Oatmeal sendiri merupakan makanan yang mudah untuk di sajikan. Kalian bisa menyeduh oatmeal hanya dengan menambahkan air atau susu panas ke bubuk oats lalu di aduk dan siap di santap. Namun kalian juga bisa menambahkan topping oatmeal dengan chocochips dan sebagainya.

Kalian juga perlu makan sayur-sayuran sebagai diet sehat untuk mencukupi nutrisi harian kalian. Bagi kalian yang tidak suka akan sayuran maka kalian dapat menggantinya dengan buah-buahan.

Bedanya Weight Training Dan Latihan Kardio

Bagi kalian yang masih bingung untuk membedakan antara Bedanya Latihan Weight Training Dan Latihan Kardio. Kalian bisa membedakannya jika angkat beban atau weight training merupakan olahraga anaerobik. Di mana aktivitas dari olahraga weight training memerlukan waktu yang intens untuk membangun fisik. Serta dilakukan dengan waktu yang cukup singkat. Weight training atau angkat beban lebih mengandalkan kontraksi dengan otot daripada udara untuk di hirup. Maka dari situlah di namakan olahraga anaerobik atau olahraga tanpa memerlukan asupan udara yang lebih.

Sedangkan kardio di gunakan untuk kontraksi yang lebih ringan namun dengan durasi yang panjang. Dengan tujuan untuk menyehatkan kondisi dan kebugaran tubuh. Kardio yang paling sering di lakukan orang yaitu olahraga berlari. Karena tujuan dari kardio memang untuk memompa darah ke jantung dan paru-paru mencapai kondisi yang maksimal. Sehingga banyak yang mengatakan bahwa olahraga kardio merupakan olahraga yang menyehatkan jantung dan paru-paru.

Selain itu olahraga kardio lebih bervariasi dan seru di bandingkan dengan weight training atau angkat beban. Karena banyak jenis permainan dari olahraga yang terdapat gerakan kardio. Jika kalian melakukan aktivitas berenang maka kalian akan secara otomatis melakukan olahraga kardio. Dan jika kalian bersepeda maka kalian juga akan secara otomatis melakukan gerakan olahraga kardio. Tentunya perbedaan dari waktu juga cukup jauh dari keduanya. Jika weight training memerlukan waktu yang relatif singkat. Maka Latihan dari olahraga kardio memerlukan waktu ataupun durasi yang lama untuk mencapai titik klimaks.

Back To Top