Ekonomi Pertanian Indonesia Bisa Maju, Jika Mau Berinovasi

Ekonomi Pertanian
Ekonomi Pertanian
Ekonomi Pertanian Indonesia Bisa Maju, Jika Mau Berinovasi

Ekonomi Pertanian Indonesia Masih Tertinggal Jauh Oleh Negara Lain, Karena Kurangnya Inovasi Dari Petani Dalam Sistem Pertanian Indonesia.. Pertanian menjadi salah satu Sektor penting untuk pertumbuhan Ekonomi Indonesia saat ini. Karena Kita ketahui begitu luasnya lahan yang ada di  Indonesia saat ini. Kemudian juga negara kita memiliki lahan dan tanah yang memiliki sumber nutrisi yang sangat besar. 

Salah satu yang harus di Berdayakan di Tanah air saat ini adalah Kelompok Tani. Karena Kelompok tani bisa memberikan inovasi dan mengubah sistem Ekonomi Pertanian Indonesia. Karena kita tahu banyak Para petani yang masih belum paham dengan teknologi dan masih terlalu ‘Tradisional’ Dalam bercocok tanam di indonesia.

Keberhasilan pada pengembangan Ekonomi Pertanian Indonesia tentu merupakan kerja keras dari para petani yang ada di Indonesia. Petani saat ini hanya perlu edukasi yang lebih agar mereka mampu terbuka pikiran dalam hal yang baru dalam pertanian.

Maka dari itu perlu melakukan inovasi baru terhadap petani yang ada di Indonesia. Karena kita ketahui negara lain maju karena bisa mengimbangi perkembangan teknologi yang ada saat ini. Mereka mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi yang modern saat ini. Sehingga berhasil menciptakan banyak model gaya pertanian untuk bercocok tanam. 

Yang kita ketahui bertani hanya sekedar menanam di atas tanah dan di luar ruangan. Tapi dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi kini bertani bisa di dalam ruangan dan tidak menggunakan tanah. Bahkan hasil dan jumlah yang di dapatkan jauh lebih besar daripada kita menanam di Luar ruangan seperti di lahan pertanian.

Maka dari itu perlu bagi Pemerintah sekitar untuk peduli terhadap petani Indonesia saat ini. Memberikan mereka Fasilitas dan edukasi agar dapat melakukan perubahan gaya bercocok tanam yang lebih modern. Tentunya ini juga akan mempengaruhi sektor ekonomi pertanian di Indonesia. Bisa menjadi lebih maju dan berkembang seperti Negara Lain saat ini.

Sistem Pertanian Indonesia Saat Ini

Petani Indonesia harus bisa lebih banyak mencari tentang perkembangan pertanian saat ini. Agar semakin banyak pemahaman dan inovasi dalam bertani di Indonesia. Karena Sistem pertanian di Indonesia sangat beragam dan bergantung pada faktor cuaca, Iklim, Budaya dan lokasi geografis. Inilah beberapa Sistem Pertanian Indonesia Saat Ini yang masih di gunakan sampai sekarang:

Pertama, Pertanian Subsisten, Adalah sistem pertanian yang masih di terapkan di Indonesia sampai saat ini. Yang mana para petani hanya bercocok tanam dan kemudian hasilnya untuk kebutuhan hidup mereka sendiri dan keluarga mereka. Dan biasanya tanaman yang mereka tanam itu berupa Umbi-umbian, Sayuran, Padi dan Jagung.

Kedua, Pertanian Komersial, Sistem pertanian ini tergolong sudah modern. Karena petani biasanya menanam tanaman tahunan biasa di sebut tanaman perkebunan untuk di ekspor. Seperti Tanaman Kelapa Sawit, Teh, Kopi dan karet.

Keempat, Pertanian Lahan Basah, Indonesia di kenal sebagai pertanian lahan basah. Terutama untuk menanam Padi. Sawah merupakan pemandangan umum yang sering kita liat di Indonesia khususnya di pulau Jawa.

Kelima, Pertanian Organik, sistem pertanian ini sangat bertujuan untuk bisa menjaga lingkungan. Juga untuk memenuhi kebutuhan konsumen khususnya konsumen yang peduli dengan makanan dan sayuran yang sehat. Pada sistem Organik ini biasanya petani menghindari penggunaan bahan kimia. Karena berbahaya untuk kelangsungan hidup jangka panjang. Selain itu juga untuk menjaga lingkungan agar tanah yang di tanami tidak tercemar oleh bahan kimia yang berlebih.

Dari beberapa sistem di Atas sudah bisa kita simpulkan bahwa Indonesia sangat luas dalam hal pertanian. Hanya perlu pengembangan Inovasi baru yang perlu di lakukan kepada petani. Tentunya Peran penting dari pemerintah sangat di harapkan oleh para petani. Agar mereka merasa di perhatikan dan semakin semangat dalam mencari inovasi baru dalam bertani.

Inovasi Baru Harus Di Lakukan Untuk Meningkatkan Ekonomi Pertanian Indonesia

Saat ini Pertanian Indonesia sangat berperan dalam Perekonomian Indonesia. Jika menghitung pendapatan Nasional dari pertanian yang ada di Indonesia ini sudah menurun. Dimana pada tahun (1975) sumbangan sektor pertanian Indonesia pendapatan Nasional bekisar 30.2% turun menjadi 14.44% pada tahun (2012). Ini membuktikan Inovasi Baru Harus Di Lakukan Untuk Meningkatkan Ekonomi Pertanian Indonesia. Bagaimana Cara untuk mendapatkan inovasi baru untuk pertanian Indonesia?

Ada banyak Inovasi yang seharusnya bisa di kembangkan untuk pertanian Indonesia. Mari kita simak Penjelasan Di bawah Ini:

  1. Teknologi Pertanian Cerdas, Hal ini sangat membantu untuk petani Indonesia dalam pengelolaan pertanian mereka. Teknologi yang di gunakan dalam hal ini adalah seperti Drone, Sensor dan Teknologi data untuk memperoleh data dalam membantu petani. Untuk mengambil keputusan terhadap cuaca dan sensor tanah dengan akurat.
  2. Pertanian Vertikal, Mungkin ini menjadi faktor penting bagi pertanian indonesia untuk bisa meningkatkan ekonomi. Karena membantu untuk mengurangi resiko dari perubahan cuaca dan membuat tanaman tumbuh jadi lebih efisien. 
  3. Pertanian Berbasis Robot, Robot yang dimaksud di sini ialah untuk membantu dalam melakukan kegiatan penanaman, pemeliharaan kemudian sampai tahap pemanenan. Tentu ini sangat mempermudah dan pekerjaan jadi lebih cepat dan efisien di bandingkan kerja dengan manual.
  4. Pertanian Hidroponik dan Aquaponik, Ini juga termasuk inovasi yang membuahkan hasil sangat besar. Karena dengan sistem ini menghasilkan tanaman yang lebih sehat karena pengolahan dan pemeliharaannya terbilang organik dan minim bahan kimia. Lalu hasil panen juga termasuk besar ketika menggunakan Hidroponik ataupun Akuaponik ini. 

Itulah beberapa Inovasi yang harus di kembangkan dan di lakukan untuk pertanian Indonesia saat ini untuk membantu meningkatkan pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Juga memberikan nilai petani di Indonesia semakin jaya dan lebih di akui.

Masa depan Pertanian Indonesia

Pertanian Indonesia cukup cerah jika melihat masih banyaknya lahan yang tersedia di Indonesia saat ini. Selain itu harga bahan pangan saat ini sangat mempengaruhi Masa Depan Pertanian Indonesia. Untuk itu harus bisa memberikan perimbangan dalam budidaya pertanian yang di lakukan di Indonesia. Agar nilai harga pangan di pasar nasional dan Internasional tetap Stabil.

Masa depan pertanian Indonesia sangat berperan besar pada petani muda. Karena saat ini banyak sudah lulusan dari bidang pertanian dari perguruan tinggi Swasta maupun Negeri. Tentu ini menjadi modal besar untuk pertanian Indonesia kedepannya. Bagaimana para petani muda ini harus bisa memberikan ide dan inovasi terbaru terhadap pertanian di Indonesia.

Tentunya memberikan banyak edukasi kepada para petani yang masih menggunakan Sistem yang tradisional seperti yang ada di Pedesaan. Peran penting bagi anak muda sarjana pertanian khususnya, yang sudah berpengalaman dan memiliki materi lebih banyak.

 Sangat berbeda dengan petani di desa, karena petani desa hanya berpatokan pada ekonomi mereka sendiri. Dan mereka juga bertanam di lahan mereka masing-masing untuk keberlangsungan hidup selanjutnya. 

Masa Depan Pertanian Indonesia sangat terancam kurangnya minat dari generasi muda untuk bisa terjun ke bidang pertanian. Bayangkan saja jika petani Indonesia tidak lagi mau bertani karena faktor usia atau faktor kurangnya fasilitas dari pemerintah. Kita bisa menjadi Negara kelaparan, dan pasti kemiskinan ada di Mana-mana. Maka dari itu peran petani mudah khususnya yang sudah menyandang Sarjana pertanian harus mampu memberikan perubahan pola pikir kepada petani yang ada di desa. Demi untuk meningkatkan sebuah Ekonomi Pertanian.

Back To Top