Cara Untuk Berhenti Merokok Dan Memulai Hidup Sehat

Cara Untuk Berhenti
Cara Untuk Berhenti
Cara Untuk Berhenti Merokok Dan Memulai Hidup Sehat

Cara Untuk Berhenti Merokok Dan Memulai Hidup Sehat Pada Usia Yang Terus Bertambah Sangat Penting Untuk Kehidupan Di Masa Tua.. Karena pada dasarnya kita semua  sangat ingin memiliki tubuh yang sehat tanpa rokok. Hingga saat ini Indonesia merupakan salah satu pemilik jumlah perokok terbanyak di dunia. Walaupun bahaya bagi para perokok sudah banyak di himbau. Bahkan dalam kemasan rokok itu sendiri juga sudah di peringatkan. Namun masih tetap saja para perokok yang adiktif belum bisa meninggalkan dan menemukan Cara Untuk  Berhenti dari kebiasaan tersebut.

Faktanya menurut laporan Statista Consumer Insight dalam satu dekade. Jumlah perokok di Indonesia meningkat dalam periode yang sama. Ada 112 juta para perokok yang ada di  Indonesia pada tahun 2021. Dan memprediksi akan bertambah jumlahnya menjadi 123 juta perokok pada tahun 2030.

Menurut laporan dari World Health Organization. Dari 1.3 milyar pengguna tembakau dunia dan lebih dari 80% nya tinggal di negara berpenghasilan rendah sampai menengah. Dan pengguna tembakau dapat membunuh dari 8 juta lebih orang per tahun. Termasuk kematian akibat paparan asap rokok.

Padahal sebagian besar negara lain menurut Statista memprediksi akan mengalami penurunan jumlah perokok sekitar dua sampai empat juta perokok pada tahun 2021 sampai 2030

Kebiasaan merokok sudah menjadi gaya hidup masyarakat di Indonesia umumnya bagi para pria. Padahal bahaya bagi perokok tidak hanya dapat beresiko kepada mereka saja. Namun dapat juga beresiko pada perokok pasif yang terpapar asap rokok secara langsung. Dimana terdapat orang-orang yang di sayangi di sekitar mereka.

Untuk para perokok yang saat ini telah menjadi candu dan sulit untuk melepaskan kebiasaan buruk tersebut. Tentunya tidak perlu terlalu khawatir dengan hal itu. Walaupun dilakukan secara perlahan untuk tidak ketergantungan dan dapat benar-benar berhenti merokok.

Berikut akan kita bahas beberapa tips Cara Untuk Berhenti merokok bagi yang ingin memulai hidup tanpa rokok. 

Cara Untuk Berhenti Merokok

Membulatkan tekad untuk stop rokok

Tips yang pertama kali yaitu anda harus punya niat untuk berhenti merokok. Sebelum lanjut untuk memulai cara Cara Untuk Berhenti Merokok. Dari memiliki tekad ini anda bisa mulai meyakinkan diri sendiri untuk yakin bahwa anda bisa berhenti merokok. Walaupun terasa sulit dan aneh jika meninggalkan gaya hidup yang biasa di lakukan. Untuk itulah niat yang kuat tidak akan membuat anda goyah dari godaan untuk merokok seberat apapun rintangannya.

Mengurangi lingkungan perokok

Tidak dapat di pungkiri lagi sebagian besar dari para perokok di Indonesia mengenal rokok dari lingkungannya. Sudah hal yang biasa jika di temui anak- anak di bawah umur sudah mulai merokok apalagi di kota-kota besar. Lingkungan anak sekolah SMA yang awalnya hanya ingin tahu dan mulai mencoba atau hanya sekedar ikut teman sekolah.

Hal inilah yang menjadi bibit para perokok di usia dewasa nanti. Apapun tempatnya pasti ada tempat dimana para perokok kumpul dan menjadi hal biasa di publik. Namun tidak di himbaukan untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Untuk itulah anda perlu mengurangi interaksi dari lingkungan perokok baik itu di dunia kerja maupun di rumah.

Merubah keinginan merokok menjadi hal lain

Tentunya anda dapat merubah keinginan dari merokok menjadi hal lainnya yang bisa membuat anda stop rokok. Keinginan untuk merokok dapat berubah jika anda dapat memikirkan hal lain yang mungkin anda senangi. Merokok dapat digantikan dengan memakan makanan kesukaan anda ataupun hanya sekedar jajan. Anda juga dapat melupakan keinginan dari merokok dengan hanya jalan-jalan sebentar ataupun dengan berolahraga.

Pahami dampak buruk dari merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit yang sudah tertulis dalam peringatan di bungkus rokok. Bahkan tidak hanya itu, merokok juga dapat memicu penyakit bawaan anda yang dapat muncul sewaktu-waktu. Karena di sebabkan oleh rokok yang melemahkan kondisi fisik tubuh untuk tidak bekerja secara maksimal dan dapat mudah terserang penyakit.

Hidup Sehat Di Mulai Dari Diri Sendiri

Hidup Sehat Di Mulai Dari Diri Sendiri jika ingin menikmati hidup di masa tua. Anda dapat memulainya sendiri tanpa menunggu orang lain. Dari pola hidup sehat yang anda terapkan perlahan akan meninggalkan kebiasaan buruk untuk merokok. Dan akan mendapatkan banyak poin positif dengan hanya memulainya dari kebiasaan kecil yang anda terapkan.

Pola hidup sehat dapat anda lakukan dengan mengatur jam tidur anda. Perlunya mengatur jam tidur dapat meningkatkan umur yang panjang dan wajah yang cerah. Serta rutin untuk berolahraga setiap hari. Pembagian waktu istirahat dan kegiatan setiap harinya perlu anda terapkan agar tetap produktif. Dengan pembagian waktu tidur yang cukup 8 jam sehari dan 2 jam waktu untuk workout atau olahraga. Pastinya akan mengubah hidup anda menjadi lebih baik dan produktif.

Tentunya anda juga perlu untuk memperhatikan kebersihan dan merawat diri. Dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan tidak menunda dalam merawat dan menjaga diri serta lingkungan. Hal ini termasuk dalam kegiatan wajib dan setiap hari yang perlu anda lakukan dan merubah sedikit dari kebiasaan buruk.

Dengan anda memperhatikan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri. Anda akan menjadi pribadi yang sehat dan memiliki energi yang positif. Di samping itu anda juga dapat kemudahan di masa tua yang akan datang dengan menjaga itu semua. 

Mengubah Pola Buruk Menjadi Hidup Sehat

Pada dasarnya kebiasaan-kebiasaan yang kita jalani tergantung dari lingkungan dan pola hidup setiap hari. Dari yang dulu seorang perokok dapat berubah menjadi lebih sehat dan memiliki tubuh yang lebih berisi. Atau dengan yang dulu seorang yang obesitas akan menjadi lebih langsing. Hal ini tergantung dari kita menjalani pola hidup sehari-hari yang menjadi kebiasaan setiap hari. Dan untuk dapat Mengubah Pola Buruk Menjadi Hidup Sehat perlu dilakukan perubahan kecil sedikit demi sedikit.

Sebagai permulaan cobalah untuk mengganti kebiasaan buruk begadang hingga larut malam. Menjadi tidur tepat waktu dan bangun pagi dan mencoba mandi dini hari saat subuh. Karena banyak sekali manfaat dari mandi subuh tersebut. 

Tidak mencoba tidur di waktu selepas subuh dan waktu menjelang matahari terbenam. Karena akan membuat ingatan menjadi mudah untuk lupa dampak dari penurunan daya ingat. Untuk menghindari tidur di waktu tersebut cobalah untuk berolahraga sebentar.

Mengganti memakan makanan junk food sebagai kebiasaan buruk. Menjadi memakan makanan yang sehat dan berserat serta mencukupi kebutuhan nutrisi dalam diri. Dan juga memperbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan air, Manfaat dari meminum air putih yang cukup juga banyak menghindarkan diri dari berbagai penyakit.

Itulah beberapa tips dari pola hidup sehat untuk dapat diterapkan sebagai tips ampuh berhenti merokok. Maka dari itu pentingnya menjaga kebersihan dan menerapkan beberapa pola hidup sehat bagi perokok sebagai cara untuk berhenti.

Back To Top