Kualitas Tidur Yang Baik Sesuai Dengan Aturan

Kualitas Tidur Yang Baik Sesuai Dengan Aturan
Kualitas Tidur Yang Baik Sesuai Dengan Aturan
Kualitas Tidur Yang Baik Sesuai Dengan Aturan

Kualitas Tidur Yang Baik Sesuai Dengan Aturan karena tidur Itu Penting Bagi Kesehatan. Jika kamu tidur kurang dari delapan jam setiap malamnya, walaupun pada hari biasa dan akhir pekan berarti kamu menjadi salah satu orang yang mengalami tidur kronis. Mungkin kamu tidak tau betapa mengantuk dan tidak efektifnya kamu atau betapa dinamisnya kamu seandainya Kualitas Tidur kamu cukup. Menurut para ahli tidur, jika kamu ingin sepenuhnya terjaga dalam suasana hati yang baik, tajam mental, kreatif dan cerdas sepanjang hari. Mungkin kamu perlu tidur paling tidak sepertiga dari hidup kamu. Mengingat rata-rata usia kita itu berarti komitmen untuk tidur selama dua puluh empat tahun artinya kamu butuh Kualitas Tidur yang baik.

Seandainya betul bahwa kita menghabiskan sepertiga usia kita untuk tidur, kita hendaknya mengetahui apa yang terjadi. Otak dalam keadaan tidur sangat aktif pada waktu yang berbeda-beda sepanjang malam. Otak kita melakukan berbagai fungsi perawatan Fisiologis, Neurologis dan Biokimia. Tugas-tugas tersebut penting untuk berbagai macam hal. Dari memelihara hidup itu sendiri sampai menata kembali dan meningkatkan daya pikir serta daya ingat. Hal ini memungkinkan kita mampu mengingat masa lalu, menata masa kini dan mengantisipasi masa depan. Kualitas Tidur jika di beri waktu yang cukup dan lingkungan yang tepat akan menghasilkan tenaga yang luar biasa. Tidur memulihkan, memanjakan dan memberi energi kepada tubuh dan otak kita.

Sepertiga hidup kamu yang seharusnya di lewati dengan tidur, berpengaruh besar terhadap dua pertiga bagian lainnya. Jika kita kekurangan tidur, kesehatan dan potensi siang hari kita pun menurun secara signifikan atau malah rusak. Dengan tidur yang cukup dan aktivitas otak yang menyertainya, dunia kita sendiri menjadi sangat tentram. Karena tidur itu sesuatu yang enak di lakukan dan dapat memulihkan banyak tenaga yang sudah habis terkuras saat beraktivitas.

Aturan Utama Tentang Kualitas Tidur Yang baik

Ada Aturan Utama Tentang Kualitas Tidur Yang Baik yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut:

1.Tidur Dengan Cukup Setiap Malam

Identifikasi jumlah tidur yang kamu butuhkan dengan konsisten sepanjang hari, dan tidurlah selama itu. Tidur yang cukup akan secara alami mengubah suasana hati kita dan kemampuan kita untuk berpikir aktif dan kreatif. Tidur yang cukup juga memperbaiki ingatan, persepsi dan kordinasi gerakan motorik yang sangat penting untuk aktivitas fisik. Mungkin untuk pertama kali kamu akan merasakan bagaimana rasanya terjaga sepenuhnya. Kinerja kamu yang meningkat akan mengejutkan dan itu tidak memerlukan waktu lama. Kamu akan dapat melihat dan merasakan hasilnya dalam beberapa minggu. Mulailah dengan memilih waktu tidur yang sesuai dengan waktu kamu untuk dapat tertidur dengan mudah. Tidurlah sedikitnya delapan jam penuh sebelum bangun. Tetaplah tidur pada jam tersebut pada hari-hari berikutnya dan catatlah waktu kamu bangun. Mulailah tidur tiga puluh menit lebih awal daripada biasanya untuk minggu berikutnya.

2. Buat Jadwal Tidur Yang Teratur

Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, dan bangunlah tanpa alarm pada waktu yang sama setiap pagi termasuk akhir pekan. Itu artinya selama tujuh hari dalam seminggu, 365 hari setiap tahun. Disiplin itu penting untuk mengatur dan menstabilkan waktu tidur kamu. Dalam enam minggu, waktu yang kamu habiskan untuk tidur akan mulai menyesuaikan diri dengan fase mengantuk jam biologios kamu. sebaliknya waktu yang kamu habiskan untuk tidak tidur akan sesuai dengan waktu ketika kamu merasa sangat segar. Memenuhi jadwal yang teratur akan membuat kamu jauh lebih segar daripada tidur dengan waktu yang sama tetapi pada jam dan hari yang berbeda. Jika kamu benar-benar terlambat tidur pada suatu malam, tetaplah bangun pada jam yang biasanya pada pagi harinya. untuk mengganti tidur yang hilang, kamu dapat mempertimbangkan tidur siang.

Melakukan Tidur Yang Berkelanjutan

Agar tidur dapat memanjakan kamu, kamu harus Melakukan Tidur Yang Berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan. Tidur malam yang terganggu tidak menyegarkan dan akan menyebabkan kamu mengantuk pada siang hari. Minimal waktu tidur manusia adalah delapan jam sehari, namun enam jam pun lebih baik daripada begadang di malam hari.  Enam jam tidur nyenyak dan berkelanjutan sering lebih menyegarkan dari pada enam jam tidur nyenyak dan terputus-putus. Membatasi waktu tidur kamu sampai pada batas yang kamu butuhkan, dan tidak lebih lama akan membuat tidur lebih nyenyak. Jangan berulang-ulang bangun lalu tidur lagi selama beberapa jam.

Sebagai orang yang tidak tidur nyenyak, kita sering terbangun pada malam hari, akibat kurangnya tidur ini, membuat kita terkantuk-kantuk pada siang hari. Hal ini akan membuat kita sulit tidur pada malam hari berikutnya. Lingkaran gangguan ini merusak jadwal tidur normal kita dan menyebabkan insomnia. Memenuhi jadwal waktu tidur yang teratur dan menghindari tidur siang akan membantu setiap orang, muda atau tua, untuk memperoleh tidur malam yang lebih panjang dan nyenyak.

Mengganti Waktu Tidur Yang Hilang

Karena Masyarakat kita adalah masyarakat dua puluh empat jam yang selalu sibuk, mungkin sekali kamu kekurangan tidur dari waktu ke waktu. Tenggat waktu kerja, perjalanan jauh, kewajiban keluarga dan acara sosial bisa membuat hari semakin panjang dan malam semakin pendek. Berjaga hinga larut malam sesekali tidak akan banyak mengurangi kesiagaan kamu. Namun perlu di ingat, mengurangi tidur satu atau dua jam selama tujuh malam, akibatnya sama dengan terjaga selama dua puluh empat jam. Segeralah Mengganti Waktu Tidur Yang Hilang agar hutang tidur kamu tidak semakin menumpuk.

Kita tidak dapat mengganti seluruh waktu tidur yang hilang sekaligus, jika kehilangan tidur dua malam, kita tidak bisa menggantinya lebih lama pada malam selanjutnya. Kita mungkin mengalami tidur gelombang lambat yang jauh lebih lama beberapa malam berikutnya. Hal ini karena siklus tidur jaga kita bergantung pada kebutuhan tidur dan mekanisme pengaturan waktu internal yang sudah mantap, yaitu jam biologis kita, yang di program untuk membangunkan kita pada jam-jam tertentu.

Jika kita ingin tidur lebih lama untuk membayar hutang tidur, kita dapat melakukannya dengan mulai tidur lebih awal daripada biasanya. Kalau tidak, waktu terjaga kita akan berubah. Ini mungkin dapat membuat kita sulit tidur pada waktu biasanya pada malam berikutnya. Kita tidak dapat mengganti kehilangan tidur yang sangat banyak dalam satu minggu pada hari Sabtu dan Minggu. Kadang-kadang , tidur siang akan membantu kita membayar hutang tidur kita. Meskipun demikian, jika kita tidur siang terlalu lama, atau jika kita tidak tidur siang terlalu lama, atau jika kita tidak tidur siang setiap hari, mungkin kita akan mengganggu jadwal tidur jaga kita sendiri dan akhirnya kita tidak dapat tidur nyenyak pada malam harinya dan mengganggu Kualitas Tidur.

Back To Top