Mie Instant Ternyata Tidak Bahaya Bagi Kesehatan

mie instant
mie instant
Mie Instant Ternyata Tidak Bahaya Bagi Kesehatan

Mie Instant Ternyata Tidak Bahaya Bagi Kesehatan Tubuh Jika Di Imbangi Dengan Olahraga Yang Tepat Dan Sesuai. Siapa yang tak suka dengan fast food satu ini. Tentunya fast food menjadi makanan favorite di semua kalangan terutama para anak kost.

Fast food menjadi favorite dan sangat di gemari oleh semua kalangan lantaran rasanya yang nikmat. Seperti namanya, fast food yang berarti bahwa makanan ini cepat di sajikan. Kedua kenikmatan ini pastinya menjadi perpaduan yang sangat pas.

Mie instant merupakan makanan andalan pada saat lapar dan juga menjadi solusi untuk kamu yang mager masak. Rasanya yang nikmat dan cara penyajian yang sangat mudah membuat makanan ini di gemari. Selain itu harganya terjangkau menjadi alasan makanan ini banyak di gemari.

Pada saat ini, begitu banyak brand yang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Banyak brand mie instant yang membuat pergerakan dengan melakukan inovasi rasa sehingga tidak membosankan. Beragam varian rasa dari makanan fast food ini yang dapat kamu temukan seperti ayam geprek, sotoi hingga rendang. Pastinya dengan penambahan varian tersebut dapat membuat makanan ini menjadi terasa lebih nikmat.

Banyak rumor yang mengatakan bahwa mie instant tidak baik untuk kesehatan. Faktanya makanan ini tidak memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh asalkan di konsumsi sesuai dengan porsinya. Tentunya mengkonsumsi fast food terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Nyatanya, mie instant tidak membahayakan tubuh jika di imbangi dengan olahraga yang tepat. Bermunculan isu bahwa mengkonsumsi makanan ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti usus buntu. Sehingga banyak orang tua yang melarang anaknya untuk mengkonsumsi makanan ini.

Padahal, semua makanan akan berdampak tidak baik jika di konsumsi secara berlebihan. Begitu pula mie instant, jika di konsumsi dengan porsi yang sesuai tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Apalagi jika di imbangi dengan olahraga yang sesuai.

Kandungan Dalam Sebungkus Mie Instant

Faktanya mengkonsumsi mie instant tidak menyebabkan berbagai penyakit asalkan di imbangi dengan pola hidup sehat. Konsumsi yang tidak berlebihan dan olahraga yang cukup membuat makanan cepat saji ini aman di konsumsi baik orang dewasa maupun anak-anak.

Di lansir dari Asosiasi Industri dan Kementerian Perindustrian, penjualan mie instant mengalami kenaikan pada setiap tahunnya. Tercatat makanan ini terjual 16,5 miliar bungkus pada tahun 2012 dan menjadi 18 miliar bungkus pada tahun 2013.

Tentunya siapa di sini yang tak suka dengan fast food satu ini. Rasanya yang nikmat membuat fast food ini di gemari oleh semua kalangan. Selain itu adanya berbagai varian rasa membuat makanan ini menjadi semakin menarik. Pastinya kamu penasaran dengan apa yang akan masuk ke tubuh dengan kamu mengkonsumsi satu bungkus makanan cepat saji ini. Berikut ini merupakan kandungan dalam sebungkus mie instant.

Rasanya yang nikmat membuat makanan cepat saji ini menjadi makanan favorit semua orang. Tak banyak tahu kandungan dalam sebungkus makanan cepat saji ini. Mie instant sendiri terbuat dari tepung terigu yang di goreng sehingga memberikan wujud keras dan pastinya aman untuk kesehatan tubuh.

Dalam sebungkus fast food ini juga mengandung gluten yang menyebabkan makanan ini terasa kenyal.

Di ketahui bahwa dalam sebungkus mie terdapat kalori sebesar 300-420 kal. Di lengkapi dengan kandungan karbohidrat dan lemak sehingga membuat makanan cepat saji ini dapat membuat perutmu kenyang. Selain itu, dalam sebungkus mie instant juga terdapat vitamin dan mineral protein sebesar 4 gr.

Kandungan lemak jenuh makanan fast food ini adalah 5-8 gr yang mana mencapai 40% kebutuhan lemak jenuh per hari. Selain itu fast food ini mengandung serat sebanyak 0,9 gr dan natrium sebanyak 861 mg.

Itu dia kandungan yang terdapat di dalam satu bungkus mie isntant. Tak heran jika setelah mengkonsumsi makanan cepat saji ini kamu akan merasa cepat kenyang tapi akan cepat lapar lagi.

Mitos Dan Fakta Konsumsi Mie

Mitos dan fakta konsumsi mie instant dapat kamu temukan di sini. Artikel ini akan membahas mengenai mitos mengkonsumsi mie instant yang banyak beredar di sandingkan dengan fakta sebenarnya. 

Banyak mitos yang mengatakan bahwa mengkonsumsi mie akan menyebabkan penyakit usus buntu. Tentunya mitos ini banyak beredar dan terdengar sampai di telingamu. Namun faktanya makanan ini terbuat dari gandum yang di goreng yang mana dapat dicerna oleh usus sehingga tidak menyebabkan penyakit usus satu ini. 

Mitos mie terbuat dari karet lantaran teksturnya kenyal dan tidak mudah putus. Faktanya makanan cepat saji satu ini mengandung gluten yang dapat membuat tekstur menjadi kenyal. Kandungan gluten ini terdapat pada tepung terigu yang merupakan bahan baku pembuatan mie. 

Selain itu mitos mengenai mie instant yang menggunakan pengawet yang mana dapat membahayakan tubuh. Faktanya memang terdapat pengawet dalam makanan ini namun di pastikan aman karena sudah teruji BPOM. Dalam kemasan mie instant sudah di lengkapi dengan barcode BPOM yang berarti bahwa makanan ini sudah lolos uji.

Pada proses pembuatan mie sendiri menggunakan proses deep frying untuk mengurangi kadar air pada makanan ini. Proses ini dapat mencegah pembusukan oleh karena itu makanan ini menjadi makanan yang awet dan tahan lama.

Banyak mitos yang mengatakan bahwa air rebusan pada mie berwarna kuning sehingga harus di buang dan di ganti yang baru. Namun nyatanya air rebusan mie ini memiliki nilai gizi. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa mie instant mengandung vitamin di dalamnya. Sehingga air rebusannya juga memiliki kandungan yang sama. 

Selain itu, perebusan mie yang mengeluarkan minyak mengandung betakaroten dan tokoferol yang dapat bermanfaat bagi tubuh. 

Cara Aman Konsumsi Mie Instant

Cara aman konsumsi mie instant tentunya dapat kamu lakukan setelah membaca artikel ini. Sebagaimana yang sudah di jelaskan di atas mengenai kandungan dan mitos-mitos yang beredar di luaran tentang makanan cepat saji ini, berikut merupakan cara aman untuk mengkonsumsi makanan cepat saji ini. 

Tak jarang di temui fast food satu ini di sajikan bebarengan dengan nasi. Apalagi nasi menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia. Makan mie instant yang campur dengan nasi dapat menyebabkan tubuh sangat mungkin kelebihan kalori dan natrium. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah yang akan terjadi dalam tubuh. 

Untuk menikmati makanan ini, kamu dapat menambahkan daging, sosis, atau telur. Kamu juga bisa menambahkan sayur mayur seperti wortel, tomat, sawi, dan kol. Dengan menambahkan sayuran ke dalam makanan ini akan membuat tubuh mendapatkan asupan vitamin yang lebih banyak.

Tentunya konsumsi mie instant tidak membahayakan kesehatanmu. Asalkan kamu mengkonsumsi dengan batas wajar dan di imbangi dengan olahraga yang rutin. Dengan membentuk pola hidup sehat pastinya tubuh akan terasa lebih bugar.

Back To Top