Keindahan Danau Toba Yang Harus Kamu Kunjungi

Keindahan Danau Toba Yang Harus Kamu Kunjungi
Keindahan Danau Toba Yang Harus Kamu Kunjungi
Keindahan Danau Toba Yang Harus Kamu Kunjungi

Keindahan Danau Toba Wajib Masuk Ke Daftar Destinasi Wisata Kamu Karena Akan Membuat Kamu Terpukau Dengan Pemandangannya. Danau Toba adalah kebangaan Indonesia terutama masyarakat Sumatera Utara. Pasalnya Danau Toba merupakan danau terluas dan terbesar di Asia Tenggara dengan luas mencapai 1.256 km persegi dengan lebar 30 km. Panjang danau ini juga mencapai 100 km dan kedalamannya mencapai 569 km. Kemudian danau ini di kelilingi oleh tujuh kabupaten yang berada di Sumatera Utara. Tujuh kabupaten tersebut ialah Kabupaten Toba, Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, Simalungun, Karo, dan Tapanuli Utara. Selain itu, Danau Toba termasuk ke dalam salah satu danau kawah terbesar dan terdalam di dunia. Pemerintah juga menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat di prioritaskan.

Di ketahui Danau Toba merupakan danau vulkanik yang di sebabkan oleh aktivitas vulkanisme gunung berapi yang biasa di sebut dengan Gunung Toba. Gunung Toba juga di sebut-sebut sebagai gunung berapi terkuat yang ada dalam sejarah. Adapun 3 letusan yang membentuk Danau Toba terjadi sekitar 500.000, 800.000, sampai 74.000 tahun yang lalu. Daerah Gunung Toba di kenal memiliki banyak fenomena geologis yang terkenal unik serta terdapat kekayaan budaya yang sangat bernilai tinggi yang di tetapkan standar oleh UNESCO. Oleh karena itu pada tanggal 31 Agustus 2023 lalu, Google menampilkan doodle Danau Toba.

Selain itu di Danau Toba juga terdapat banyak destinasi wisata yang harus kita kunjungi karena banyaknya kekayaan alam yang di tawarkan di kawasan danau ini. Turis lokal maupun mancanegara beramai-ramai mengunjungi Danau Toba sebagai destinasi wisata yang tak akan terlupakan. Selain danau, terdapat juga bukit serta air terjun yang sangat indah di kawasan Danau Toba. Kemudian terdapat juga kawasan kota dengan kekayaan budaya yang terdapat di dalamnya.

Penasaran kan? Yuk simak beberapa Keindahan Danau Toba yang harus masuk list destinasi wisata kamu!

1. Keindahan Danau Toba Di Paropo

Paropo merupakan sebuah desa yang terletak di tepian danau toba yaitu di Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. Destinasi wisata di Desa Paropo ini di sebut-sebut mirip dengan Ranu Kumbolo yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hal ini di karenakan terdapat pemandangan gunung dan danau yang sangat indah di Paropo. Banyak wisatawan yang camping di Paropo untuk menikmati pemandangan yang bagus di sana. Desa Paropo pun menyediakan camping ground di tempat yang pas untuk melihat pemandangan gunung dan Keindahan Danau Toba Di Paropo.

2. Gunung Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit terletak di Pangururan Pulau Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Terdapat 3 kecamatan yang mengelilingi Gunung Pusuk Buhit yaitu Harian Boho, Sianjur Simula-mula dan Pangururan. Pusuk Buhit merupakan gunung yang di nilai sakral bagi penduduk setempat karena di yakini sebagai tempat lahirnya suku Batak pertama kali. Konon katanya di Gunung Pusuk Buhit inilah Raja Batak pertama kali di turunkan dari kayangan. Maka dari itu Gunung ini menjadi gunung yang sangat sakral dan banyak penduduk yang berdoa di Gunung Pusuk Buhit ini.

Kemudian Gunung Pusuk Buhit juga terletak di kaldera gunung berapi super Toba yang berada di Pulau Samosir dengan ketinggian 1.900 meter dari permukaan laut. Kita dapat melihat pemandangan indah yang di suguhkan saat berada di Gunung Pusuk Buhit ini. Pesona pemandangan Danau Toba dapat kita saksikan dengan suasana yang sejuk dari atas puncak tertinggi di kawasan Danau Toba ini.

3. Air Terjun Efrata

Salah satu objek wisata di Danau Toba lainnya adalah Air Terjun Efrata. Air terjun ini terletak di Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Jika kamu ingin ke air terjun ini, kamu harus berjalan kaki sejauh sekitar 100 meter dari lokasi parkir. Air Terjun Efrata mencapai tinggi 20 meter dengan bukit di sekelilingnya yang semakin menambah keindahan. Pengunjung akan terpukau dengan indahnya pemandangan yang di suguhkan oleh Air Terjun Efrata serta alam sekitarnya dengan udara yang sejuk.

4. Bukit Gajah Bobok

Bukit ini menjadi salah satu destinasi wisata para pengunjung yang ingin camping dan menikmati pemandangan dari atas bukit. Gajah Bobok menjadi bukit dengan track yang mudah di lewati sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula. Nama Bukit Gajah Bobok di ambil dari bentuk bukit yang seolah-olah seperti gajah yang sedang tertidur. Bukit Gajah Bobok terletak di Pangambatan, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Di ketahui bahwa pengunjung tidak perlu membayar untuk mengunjungi bukit ini. Kemudian panorama alam yang terdapat di Bukit Gajah Bobok sangat indah dan sejuk. Apalagi jika di malam hari, langit yang di lihat dari atas bukit akan penuh dengan bintang-bintang yang cantik.

5. Bukit Holbung

Selain Bukit Gajah Bobok, terdapat juga Bukit Holbung yang pemandangannya tidak kalah dengan Bukit Gajah Bobok. Bukit ini terletak di Dolok Raja, Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Nama Bukit Holbung semakin terkenal karena di jadikan latar dari beberapa adegan di film “Ngeri Ngeri Sedap”. Keindahan alam di Bukit Holbung terpampang nyata pada film tersebut sehingga para penonton penasaran dan berbondong-bondong untuk berwisata ke bukit ini. Salah satu keunikan dari Bukit Holbung yaitu kontur tanahnya yang bergelombang. Oleh karena itu di berbagai media sosial, banyak yang menyebut Bukit Holbung sebagai Bukit Teletubbies. Selain keindahan pemandangannya, bukit ini juga memiliki jalur yang landai dan tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk pendakian yang ringan. Kamu juga dapat melihat sunset yang indah dari atas Bukit Holbung loh.

6. Desa Wisata Tomok

Tidak hanya kekayaan alam saja yang di suguhkan oleh Danau Toba tetapi kekayaan budaya juga terdapat di dalamnya. Kekayaan budaya di kawasan Danau Toba dapat kita temukan di Desa Wisata Tomok yang berada di wilayah pesisir bagian timur Pulau Samosir, Sumatera Utara. Di desa ini kamu dapat mengunjungi Museum Batak serta mengunjungi Pemakaman Raja-Raja Kuno. Terdapat juga rumah adat Batak yaitu Rumah Bolon yang masih terjaga kelestariannya secara turun temurun. Dinding dari rumah adat tersebut di penuhi dengan warna merah, hitam, dan putih dengan ornamen khas budaya Batak.

Kemudian terdapat juga beberapa peninggalan sejarah pada zaman megalitikum dan purba di desa ini sehingga Desa Tomok cukup terkenal di kalangan wisatawan. Selanjutnya kita juga dapat menemui Patung Sigale-gale, Patung Gajah, Batukursi Tomok, HKBP Resort Tomok, dan gereja-gereja sederhana di daerah Tomok. Terdapat juga beberapa resort di Tuk Tuk Siadong yang memudahkan kita untuk bermalam di Desa Tomok. Selain belajar budaya Batak, kita juga dapat membeli cinderamata khas Batak dengan harga yang miring dan unik-unik loh!

Itu dia beberapa Keindahan Danau Toba yang harus masuk ke dalam list destinasi wisata kamu! Semoga wishlist kamu tercapai untuk mengunjungi Keindahan Danau Toba.

Back To Top