Olahan Ayam Praktis Untuk Anak Kos

Olahan Ayam Praktis Untuk Anak Kos
Olahan Ayam Praktis Untuk Anak Kos
Olahan Ayam Praktis Untuk Anak Kos

Olahan Ayam Praktis Sangat Di Rekomendasikan Untuk Anak Kos Karena Sangat Simple Dengan Bahan Yang Murah Dan Mudah Di Temukan Di Pasar. Masakan dengan olahan ayam sekarang sudah semakin bervariasi menjadi berbagai jenis santapan yang lezat. Tidak heran lagi bahwa daging ayam menjadi makanan favorit yang di minati oleh semua kalangan baik orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu harga daging ayam juga tergolong murah dan mudah untuk di temukan saat berbelanja di pasar. Daging ayam juga sangat mudah untuk di olah menjadi santapan yang enak. Santapan dengan daging ayam tersebut banyak di sajikan baik di acara spesial maupun acara yang santai. Contoh olahannya seperti ayam bakar, gulai ayam, bakso ayam, steak ayam, ayam goreng crispy, ayam katsu, dan lain sebagainya. Jajanan kaki lima pun banyak yang menjual makanan atau jajanan yang berbahan dasar ayam seperti bakso ayam.

Olahan ayam di rasa sangat praktis dan anti ribet untuk di masak oleh anak kos. Selain itu uang yang di keluarkan untuk memasak olahan ayam juga tidak terlalu banyak sehingga kamu dapat menghemat pengeluaran. Hal ini di karenakan bahan-bahannya yang lumayan murah di pasar. Kemudian durasi memasaknya hanya sebentar sehingga tidak akan mengganggu aktivitas kita yang padat. Resep olahan ayam ini sangat “sat set sat set” untuk anak kos dengan segudang aktivitas yang menyibukkan. Selain itu masakan olahan ayam ini dapat di masak pagi-pagi sebelum berangkat ke kampus ataupun ke kantor. Masakan ini juga cocok untuk di jadikan bekal ke kampus ataupun ke kantor. Maka dari itu tidak ada lagi kata telat makan karena sudah membawa bekal dari rumah. Selain itu makanan yang kita masak tentunya lebih higienis dan sehat loh! Memasak makanan sendiri dapat membantu kita menjaga pola makan dan hidup lebih sehat.

Berikut beberapa Olahan Ayam Praktis yang dapat kamu masak di kos.

1. Olahan Ayam Teriyaki Praktis

Olahan Ayam Teriyaki Praktis ini sangat mudah di buat dan rasanya tidak kalah lezat dengan buatan restoran. Bahan-bahan yang di perlukan juga tidak ribet seperti stengah kilogram daging ayam, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabai, gula, serta garam. Pelengkap lain yang di butuhkan adalah kecap manis dan saus tiram. Cincang kasar bawang bombay dan bawang putih terlebih dahulu. Kemudian panaskan minyak goreng dan tumis bawang putih dan bawang bombay yang telah di cincang tadi. Masukkan daging ayam ke dalam tumisan tadi dan aduk hingga merata. Masukkan juga saus tiram, kecap manis, lada, gula, garam serta air mineral. Tunggu sampai air meresap ke dalam daging ayam. Jika sudah meresap, matikan kompor dan sajikan makanan di piring dengan nasi hangat. Sungguh mudah dan lezat bukan?

2. Ayam Goreng Ketumbar

Ayam goreng ketumbar memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dengan ayam goreng pada umumnya. Hal ini di karenakan aroma ketumbar yang khas pada ayam goreng tersebut. Cara memasaknya sangat mudah dengan menghaluskan bumbu terlebih dahulu dengan blender atau di ulek. Bumbu yang di haluskan antara lain kunyit, bawang putih, ketumbar, gula, garam serta kaldu ayam. Tumis bumbu halus hingga wangi dan di aduk sampai merata. Tuangkan juga sedikit air dan tunggu sampai air mendidih. Kemudian masukkan daging ayam satu per satu ke dalam bumbu yang sudah di masak tadi. Lalu tutup wajan dan ungkep daging ayam sekitar 20 menit. Jika sudah 20 menit, angkat daging ayam lalu tiriskan. Lalu goreng ayam ketumbar tersebut dengan minyak panas sampai berwarna kuning kecoklatan. Ayam Goreng Ketumbar siap di hidangkan dengan nasi panas.

3. Ayam Kecap

Olahan Ayam Praktis untuk anak kos selanjutnya adalah Ayam Kecap. Ayam kecap memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang juicy karena meresapnya kecap ke dalam daging ayam. Bahan-bahan yang harus di sediakan ialah dada ayam yang di potong-potong, bawang putih yang di cincang, bawang bombay, gula serta garam. Sedangkan bahan pelengkap lain yang di butuhkan adalah kecap asin, kecap manis, dan juga saus tiram. Pertama-tama goreng dahulu potongan daging ayam sesuai dengan selera. Kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih yang telah di cincang. Lalu tuangkan juga sedikit air, tambahkan kecap asin, kecap manis, saus tiram, gula serta garam. Kalau rasanya sudah pas, masukkan ayam yang sudah di goreng dan aduk-aduk hingga merata sampai kecapnya meresap. Jika sudah meresap, Ayam Kecap siap di hidangkan.

4. Ayam Katsu

Masakan ayam katsu ini berasal dari Jepang dan memiliki banyak peminat di Indonesia. Kamu dapat membuat ayam katsu sendiri dari rumah dan rasanya tidak jauh beda dari yang di restoran favoritmu loh! Cara pembuatan ayam katsu juga mudah yaitu menggunakan dada ayam fillet, tepung terigu, sebuah telur, susu UHT, gula, garam, kaldu serta perasan air jeruk nipis. Tepung panir juga tak kalah penting untuk membuat Ayam Katsu ini.

Potong dada ayam menjadi 2 bagian serta tepuk-tepuk sedikit daging ayam agar menjadi lebih empuk. Lalu balurkan perasan jeruk nipis serta taburkan lada dan garam pada kedua sisi daging ayam. Campurkan garam, lada, kaldu bubuk dan tepung terigu lalu balurkan daging ayam ke dalamnya dan di tekan-tekan agar menempel. Kemudian ambil wadah lain dan pecahkan telur dan tuang susu UHT dan aduk rata sebagai adonan basah. Masukkan daging ayam ke dalam adonan basah terlebih dahulu lalu balurkan ayam dengan tepung panir sambil di tekan-tekan. Simpan ayam katsu terlebih dahulu di dalam kulkas selama 30 menit. Setelah 30 menit, goreng ayam katsu di minyak panas sampai berwarna golden brown. Tiriskan dan sajikan Ayam Katsu dengan kuah curry agar lebih lezat.

5. Ayam Yakiniku

Bahan-bahan untuk membuat ayam yakiniku dapat kita temukan di supermarket terdekat. Bahan-bahannya yaitu ayam filet, paprika hijau dan merah, bawang putih, bawang merah, jahe, garam, gula serta maizena. Sediakan juga bahan untuk marinasi yaitu saus tiram, saus tomat, kecap asin, kecap manis, serta lada. Campurkan semua bahan marinasi dan aduk rata. Kemudian masukkan ayam ke dalam bumbu marinasi dan aduk kembali. Tunggu dan simpan di kulkas selama 30 menit. Lalu tumis jahe dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam yang sudah di marinasi beserta bumbunya lalu aduk hingga merata. Kemudian masukkan air, gula, garam lalu tunggu hingga matang dan masukkan larutan maizena. Terakhir masukkan bawang bombay dan juga paprika lalu di aduk kembali. Ayam Yakiniku siap di sajikan dengan nasi yang hangat.

Itu dia beberapa resep Olahan Ayam Praktis yang dapat kamu masak di kos dengan budget yang hemat. Yuk terapkan pola hidup sehat dengan makan yang teratur dengan masakan sendiri ya. Semoga jadi semakin semangat dengan rajin memasak Olahan Ayam Praktis.

Back To Top