Melatih Ketangkasan Anak Dengan Olahraga Di Rumah

Melatih Ketangkasan Anak Dengan Olahraga Di Rumah
Melatih Ketangkasan Anak Dengan Olahraga Di Rumah
Melatih Ketangkasan Anak Dengan Olahraga Di Rumah

Melatih Ketangkasan Anak Dengan Olahraga Di Rumah Akan Membuat Anak Menjadi Semangat Bergerak Dan Juga Sehat. Olahraga memiliki banyak manfat baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi sehat dan bugar serta mencegah datangnya berbagai penyakit. Kegiatan olahraga pun bisa di lakukan di mana saja dan kapanpun baik di tempat khusus maupun di rumah saja. Perlu di ketahui juga bahwa olahraga pada anak-anak juga sangat penting bagi proses tumbuh dan kembangnya. Olahraga akan bermanfaat untuk melatih otot, syaraf, hingga keseimbangan tubuh pada anak. Hal ini juga akan melatih ketangkasan anak sehingga anak menjadi lebih fokus serta mendukung poses tumbuh kembang anak.

Di ketahui bahwa balita serta anak-anak dengan umur 2 sampai 5 tahun akan mulai paham dengan banyak gerakan dasar. Namun, untuk melakukan olahraga yang terstruktur seperti bulu tangkis, sepak bola dan lain-lain, anak-anak dengan usia 2-5 tahun di nilai masih terlalu muda. Sebagai langkah awal, orang tua bisa melakukan permainan bebas yang tidak terstruktur seperti menari, berlari, berenang, serta gerakan melempar dan menangkap. Tetapi jika anak sudah berkeinginan untuk mencoba olahraga yang lebih terstruktur, orang tua dapat mengajarkan anak untuk melakukannya. Namun, tetap pastikan apakah lingkungan olahraga tersebut cocok untuk anak.

Oleh karena itu, olahraga harus di ajarkan sedari dini kepada anak agar anak menjadi semakin semangat bergerak dan tidak malas bergerak. Jika anak malas bergerak, di khawatirkan gampang terserang penyakit dan tampak lemas setiap saat. Kegiatan agar anak semangat bergerak dapat di lakukan dengan cara berolahraga. Olahraga pun juga dapat di lakukan dari rumah saja tanpa harus ke tempat khusus. Dengan olahraga di rumah, orang tua akan senantiasa memantau anak dari dekat. Selain itu, anak akan menjadi lebih aktif dan produktif dengan melakukan kegiatan olahraga di rumah yang bermanfaat bagi tahapan tumbuh kembangnya.

Berikut beberapa olahraga dasar di rumah untuk Melatih Ketangkasan Anak.

Berlari Dan Berjalan Untuk Melatih Ketangkasan

Langkah awal untuk memulai olahraga di rumah yang pertama kali bagi anak-anak adalah berjalan dan berlari. Kegiatan ini merupakan aktivitas dasar yang bisa di lakukan di mana saja dan kapan saja. Hal ini di karenakan manfaat dari Berlari Dan Berjalan Untuk Melatih Ketangkasan anak. Anak akan menjadi semangat untuk bergerak dengan mulai berjalan dan berlari-larian kecil. Kegiatan ini tentunya akan melatih saraf motorik anak sehingga anak dapat mulai bergerak aktif dan tidak kaku dalam bergerak.

Olahraga ini dapat di lakukan dengan mengajak anak untuk berjalan di pagi hari saat udara masih sangat segar. Ajak anak untuk berkeliling di sekitar rumah maupun komplek ataupun ke taman terdekat dari rumah. Dengan begitu anak akan semangat untuk berolahraga serta senang dengan suasana pagi yang masih segar.

Melompat

Aktivitas Melompat sangat di anjurkan untuk di lakukan oleh balita hingga anak-anak dengan usia 2 sampai 5 tahun. Hal ini di karenakan saat melompat, otak kanan dan kiri akan berkoordinasi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, gerakan melompat juga dapat menguatkan otot dan persendian pada anak. Massa tulang dan otot juga turut meningkat karena gerakan melompat. Oleh karena itu aktivitas melompat menjadi sangat penting dan selalu di masukkan ke dalam rangkaian setiap olahraga yang kita lakukan.

Pada anak balita hingga anak-anak dengan usia 2 sampai 5 tahun, biasanya mereka sering melompat kecil saat berjalan. Cobalah untuk mengajak balita melompat kecil dengan mengikuti irama lagu atapun dengan meletakkan mainan untuk di lompati oleh anak. Gerakan melompat bisa juga di lakukan dengan menaruh mainan anak lebih tinggi darinya sehingga ia akan berusaha untuk melompat kecil. Kemudian untuk anak dengan usia sekolah dan remaja, melompat bisa di lakukan dengan menggunakan tali skipping. Olahraga ini akan memaksimalkan peran berbagai otot pada tubuh dan gerakan menjadi lebih leluasa.

Bersepeda

Olahraga Bersepeda merupakan jenis olahraga yang sangat di sukai baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Hal ini di karenakan bersepeda dapat memberi manfaat menjaga kebugaran jantung, memperkuat otot kaki, koordinasi, fleksibilitas serta keseimbangan. Lalu di ketahui juga bahwa bersepeda juga baik untuk metabolisme tubuh sehingga akan membantu berat badan tetap stabil. Selain manfaat untuk kesehatan, bersepeda juga dapat memberikan manfaat dari segi sosial. Manfaat tersebut akan di dapat dari usaha anak yang tampak dalam belajar bersepeda walaupun ia jatuh berkali-kali. Hal ini dapat mencerminkan sikap kesadaran lingkungan, disiplin, dan juga penghargaan pada diri sendiri.

Jika anak menginginkan sepeda, mulailah untuk mengajari anak bersepeda dan pantau terus saat ia belajar bersepeda. Bersepeda akan terasa sangat menyenangkan dan menarik bagi anak. Walaupun terjatuh beberapa kali saat belajar bersepeda, berikanlah semangat kepada anak agar ia semakin bersemangat dalam belajar bersepeda.

Berenang

Jenis olahraga Berenang juga sangat di sukai oleh banyak orang terutama anak-anak. Faktanya, renang dapat di ajarkan kepada anak sejak masih bayi. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan kepada anak bagaimana cara bertahan di dalam air. Berenang juga memiliki banyak manfaat seperti melatih kerja paru-paru dengan baik sehingga sangat cocok di lakukan untuk anak yang menderita penyakit asma.

Jika anak suka bermain air, orang tua dapat mengajak anak untuk belajar berenang sedari dini. Ajaklah anak untuk bermain terlebih dahulu kemudian ajarkan anak secara perlahan tentang cara bertahan di dalam air dengan cara yang mudah. Selain baik untuk paru-paru, berenang juga dapat melatih kerja otot tubuh serta mengatur stamina anak.

Berenang juga tidak harus pergi ke kolam renang yang luas dan bisa di lakukan di rumah. Caranya yaitu dengan menggunakan kolam anak yang terbuat dari ban. Kemudian isilah air ke dalam kolam buatan tersebut dan ajak anak untuk berenang di dalamnya. Sungguh praktis bukan?

Bergelantungan Di Fasilitas Permainan

Bergelantungan Di Fasilitas Permainan ternyata sangat baik untuk melatih kekuatan genggaman otot pada telapak tangan dan juga jari anak. Oleh karena itu orang tua dapat mengajak anak untuk bermain ke fasilitas permainan di sekitar area perumahan ataupun taman anak-anak terdekat. Pasalnya sudah banyak taman yang memiliki tiang gelantungan yang di khususkan untuk anak-anak bermain.

Selain itu, bermain di fasilitas permainan anak-anak juga dapat melatih ketangkasan anak loh. Anak akan menjadi lebih aktif dan produktif dengan bergelantungan di fasilitas permainan. Kita juga akan melihat raut wajah anak yang sangat senang ketika bermain di fasilitas permainan tersebut. Namun pastikan untuk selalu mengawasi anak ketika bergelantungan di permainan agar anak bisa berhati-hati dan tidak terjatuh saat bermain.

Itu dia beberapa olahraga yang dapat di lakukan untuk Melatih Ketangkasan Anak di rumah. Lakukanlah dengan rutin beberapa olahraga yang telah di jabarkan di atas untuk Melatih Ketangkasan Anak.

Back To Top