Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru
Tips Membuat Resolusi Tahun Baru
Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2024 Agar Menjadi Lebih Tersusun Dan Menjadi Arahan Agar Hidup Jadi Lebih Baik. Apa itu Resolusi? Menurut Kamus Cambridge, resolusi tahun baru adalah janji yang kita buat kepada diri kita sendiri dalam mengawali sesuatu yang baik. Kemudian kita di haruskan untuk berhenti dari kebiasaan buruk. Hal ini di anjurkan untuk di mulai sejak awal hari pertama tahun baru. Resolusi pun di sebut juga dengan membuat cita-cita ataupun keinginan yang akan di rencanakan baik tertulis dan tidak tertulis.

Apakah membuat resolusi penting bagi semua orang? Membuat resolusi tahun baru sebenarnya cukup penting untuk di lakukan semua orang. Hal ini di karenakan resolusi dapat membuat semua individu memiliki pedoman dalam hidup dengan impian ataupun tujuan mereka yang ingin di capai.

Pada umumnya di momen tahun baru merupakan momen yang tepat untuk merenungkan diri sejenak atas apa yang telah di lakukan di tahun sebelumnya. Maka dari itu kita akan berniat untuk membuat rencana untuk masa depan di tahun yang akan datang. Kemudian membuat resolusi tahun baru merupakan kegiatan yang baik untuk mulai merencanakan tujuan serta cita-cita yang ingin kita raih di tahun yang akan datang. Akan tetapi biasanya resolusi yang kita buat tidak berjalan dengan baik karena tidak konsisten. Terkadang resolusi akan terlupakan dan kita semakin merasa sulit resolusi di wujudkan.

Oleh karena itu kita harus memulai dengan melakukan perubahan kebiasaan kecil terlebih dahulu. Langkah-langkah kecil inilah yang kita yakini akan membawa kita meraih pencapaian yang lebih besar. Mari memperbaiki diri dan mencapai tujuan kita dengan jalan terbaik di tahun yang akan datang. Apapun hal yang terjadi di tahun lalu kita jadikan pelajaran agar kita dapat membuat tujuan yang lebih baik kedepannya dengan belajar dari masa lalu.

Berikut merupakan beberapa Tips Membuat Resolusi tahun baru.

1. Tips Membuat Resolusi Mulailah Dengan Bersyukur

Tips Membuat Resolusi Mulailah Dengan Bersyukur merupakan tips pertama yang harus kita lakukan terlebih dahulu. Kita dapat menunjukkan rasa syukur atas kehidupan yang kita lalui pada tahun sebelumnya. Apapun yang kita lalui baik yang baik maupun yang buruk dapat kita banggakan karena kita berhasil melewatinya. Hal ini di percaya akan membuat resolusi awal tahun menjadi lebih mudah untuk seterusnya.

Bersyukur akan membuat kita mengapresiasi kebaikan yang selama ini pernah kita terima dan pernah kita lakukan. Hal ini akan dapat di lakukan dengan mencari waktu dan tempat yang damai untuk ketenangan sejenak. Kita dapat merenung sejenak dan berefleksi mengenai hal-hal yang dapat kita syukuri di tahun lalu. Kemudian kita juga dapat merefleksikan dan memikirkan hal yang kita lihat sebagai sebuah pencapaian. Contohnya jika tahun lalu kita pernah mengalami masalahan dalam kesehatan mental serta fisik, tahun ini dan seterusnya kita harus dalam keadaan waras dan sehat.

2. Meningkatkan Fokus Dan Motivasi

Tips selanjutnya adalah dengan Meningkatkan Fokus dan Motivasi. Yakinlah bahwa resolusi tahun baru yang akan kita buat dapat memberikan motivasi yang kuat jika kita konsisten dalam mencapainya. Hal ini di karenakan kita memiliki tujuan yang jelas sehingga dapat lebih termotivasi untuk terus mencapai tujuan kita dengan kerja nyata. Tidak hanya itu, motivasi dapat meningkatkan fokus kita karena kita akan memandang lebih jelas terhadap tujuan kita.

3. Sedikit Resolusi Lebih Baik

Tujuan atau resolusi yang kita buat jika terlalu banyak akan merepotkan diri kita sendiri di tahun yang akan datang. Kita akan menjadi kerepotan saat mencoba untuk mencapainya. Maka dari itu buatlah lima hingga 8 tujuan saja yang tersusun secara spesifik serta realistis mengenai hal-hal pasti yang perlu kita lakukan demi mewujudkan tujuan tersebut. Kemudian buatlah kerangka waktu pengerjaan yang biasa di sebut dengan time-frame agar resolusi tahun baru kita menjadi lebih tersusun. Oleh karena itu Sedikit Resolusi Lebih Baik.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ternyata Meningkatkan Kepercayaan Diri merupakan salah satu tips yang membantu dalam membuat resolusi tahun baru. Hal ini di karenakan saat kita melakukan langkah kecil dalam mewujudkan resolusi, motivasi juga dapat kita rasakan terhadap diri kita sendiri. Kita dapat lebih merasa mampu untuk mencapai tujuan yang kita tetapkan sehingga meningkatkan kepercayaan diri kita dalam menggapai tujuan yang lebih besar. Kemudian dengan meningkatkan kepercayaan diri juga akan membantu kita untuk menghadapi hidup kedepannya. Kita akan menghadapinya dengan lebih berani dalam mengambil risiko dan juga dengan sikap yang lebih positif.

5. Menetapkan Prioritas

Menetapkan Priotitas ternyata sangat penting. Hal ini di karenakan tidak semua tujuan memiliki tingkat kepentingan yang sama. Misalnya di tahun yang akan datang kita lebih memprioritaskan pencapaian tujuan akademik, kesehatan ataupun relasi keluarga daripada tujuan lainnya.

6. Mantapkan Dukungan Sosial

Dukungan Sosial ternyata penting dalam mencapai tujuan kita. Kita di anjurkan untuk berbagi cerita bersama keluarga maupun kerabat dekat yang nantinya akan membantu kita dalam mencapai tujuan. Hadirnya keluarga maupun kerabat terdekat dapat menjadi faktor untuk memotivasi kita agar terus maju mencapai mimpi kita. Oleh karena itu jangan lupa untuk Mantapkan Dukungan Sosial.

7. Menulis Tujuan-Tujuan Yang Pernah Di Buat

Kita juga harus Menulis Tujuan-Tujuan Yang Pernah Di Buat. Tulislah tujuan-tujuan tersebut dan taruh di tempat yang mudah untuk di temukan. Pasalnya hal ini akan menjadi pengingat ataupun dapat di revisi kedepannya. Kita dapat merevisi tujuan-tujuan tersebut karena rangkaian kehidupan yang kita susun sering kali tidak dapat kita perkirakan dengan tepat. Kedepannya pasti ada hal-hal yang terjadi di luar kendali dan akan memberikan pengaruh pada tujuan kita tersebut.

8. Jangan Ulangi Resolusi Yang Gagal Di Tahun Sebelumnya

Jangan Ulangi Resolusi Yang Gagal Di Tahun Sebelumnya dan buatlah resolusi yang baru dengan belajar dari resolusi tahun lalu. Telusuri mengapa resolusi di tahun lalu gagal di capai. Jadikan kegagalan dalam resolusi tahun lalu menjadi pelajaran untuk resolusi di tahun yang akan datang. Jika resolusi tersebut tidak berhasil dan sudah ada beberapa tahu, kita dapat mencoba untuk menulis resolusi dengan cara yang lain untuk mencapainya.

9. Jangan Mudah Menyalahkan Diri Sendiri

Terjatuh dan gagal adalah hal yang biasa terjadi dalam menjalani kehidupan. Maka dari itu berpikirlah secara logis dan rasional serta tidak terlalu melibatkan emosi. Kita cukup melihat apa yang sudah gagal ataupun salah dan cobalah untuk memperbaikinya. Pikirkan tentang hasil yang telah kita dapatkan dan berilah hadiah untuk diri kita sendiri ketika tujuan kita berhasil di capai. Oleh karena itu Jangan Mudah Menyalahkan Diri Sendiri.

10. Bantuan Dari Profesional

Apabila kita mengalami kesulitan dalam membuat serta menyusun resolusi untuk memulai tahun yang baru dan bingung bagaimana mencapainya, kita dapat meminta Bantuan Dari Profesional. Contohnya seperti berdiskusi dengan motivator, psikolog, life coach, konselor dan lain-lain.

Itu dia beberapa Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2024 yang dapat membantu kita dalam menulis tujuan kita di tahun yang akan datang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita mengenai tahun yang akan datang dan Tips Membuat Resolusi.

Back To Top