Susah Tidur Tanda Tubuh Kamu Kekurangan Magnesium

susah tidur
susah tidur
Susah Tidur Tanda Tubuh Kamu Kekurangan Magnesium

 

Susah Tidur Tanda Tubuh Kamu Kekurangan Magnesium Sehingga Proses Kerja Tubuh Tidak Berjalan Dengan Baik. Pastinya tak sedikit orang yang mengalami hal ini. Kesulitan untuk tidur pada malam hari tentunya di alami oleh sebagian orang terutama anak muda. Padahal tubuh perlu istirahat setelah melakukan aktivitas seharian.

Aktivitas sehari-hari yang menguras tenaga membuat tubuh menjadi lelah. Istirahat sangat di perlukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidur menjadi kebutuhan dari tubuh agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Dengan istirahat tubuh akan mengembalikan tenaga kembali.

Gangguan tidur pastinya dapat menurunkan kualitas hidup. Tubuh yang seharusnya bugar pada pagi hari menjadi lesu karena kurangnya istirahat yang baik pada malam hari. Tentunya hal ini akan mengganggu aktivitasmu jika terjadi secara terus-menerus.

Jika mengalami kesulitan untuk terlelap di malam hari, kamu harus mencoba mengenali tubuhmu. Apa yang salah atau kurang dari tubuhmu. Jika tubuh tidak melakukan metabolisme seperti pada umumnya, pastinya ada yang tidak beres dari dalam tubuhmu. Namun tak perlu khawatir, artikel ini akan membantu kamu menemukan jawabannya.

Tak sedikit orang mengalami kesulitan untuk terlelap di malam hari. Aktivitas seharian penuh yang menyebabkan tubuh lelah masih saja tidak dapat membuat tubuh tertidur pada malam hari. Oleh karena itu kamu harus mengulik lebih dalam mengenai kebutuhan tubuhmu.

Susah tidur dapat di sebabkan karena tubuh kekurangan magnesium. Magnesium tidak dapat di hasilkan sendiri oleh tubuh. Magnesium bisa di dapatkan melalui makanan dan suplemen kesehatan. Maka untuk kamu yang kesulitan untuk terlelap di malam hari di sarankan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Magnesium merupakan salah satu ion yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Di lansir dari sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen magnesium 320-720 mg selama 8 minggu lebih cepat tidur di bandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi suplemen magnesium. Hal ini terbukti bahwa magnesium dapat mengatasi permasalahan susah tidur.

Manfaat Magnesium Untuk Mengatasi Kesulitan Tidur

Magnesium merupakan mineral yang sangat di butuhkan tubuh dalam jumlah yang lumayan banyak. Kebutuhan magnesium setiap orang pastinya berbeda-beda karena memiliki aktivitas yang berbeda. Di lansir dari internet, rata-rata kebutuhan harian magnesium pada tubuh orang dewasa adalah sebesar 300-400 mg per harinya.

Kekurangan atau kelebihan magnesium tentunya akan berdampak bagi proses metabolisme tubuh seseorang. Dalam tubuh magnesium dapat berfungsi untuk memproduksi energi dan mengatur reaksi kimia dalam tubuh. Oleh karena itu, magnesium dapat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan gangguan tidur.

Untuk mengatasi permasalahan gangguan tidur, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Magnesium dapat membantu otak dan tubuh menjadi rileks. Dengan otak dan tubuh yang rileks maka tubuh akan mudah untuk terlelap pada malam hari.

Reaksi kimia dari magnesium dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang berfungsi untuk mengatur berbagai aktivitas tubuh pada saat terlelap atau istirahat. Magnesium juga bermanfaat dalam memicu neurotransmitter yang dapat memberi sinyal ke semua organ tubuh melalui sistem saraf dan otak. Senyawa di dalamnya merupakan senyawa yang dapat membantu mengatur hormon melatonin. Yang mana hormon melatonin berfungsi untuk mengatur siklus bangun dan tidur dari tubuh seseorang.

Kandungan magnesium juga dapat meningkatkan reseptor GABA yang berfungsi untuk menurunkan aktivitas saraf. Hal ini dapat membantu otak dan tubuh menjadi rileks. Oleh karena itu, tubuh yang kekurangan magnesium akan mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Nah itu tadi merupakan manfaat magnesium untuk mengatasi kesulitan tidur

Berbagai peran magnesium yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu tubuh tidak boleh kekurangan mineral magnesium karena dapat menurunkan kinerja fungsi dalam tubuh.

Tak Hanya Itu Saja, Ini Manfaat Lain Magnesium Bagi Tubuh

Banyak manfaat dari magnesium yang dapat di berikan untuk tubuh. Selain dapat mengatasi gangguan tidur, faktanya magnesium memiliki manfaat lain yang sangat berperan bagi tubuh. Tak hanya itu saja, ini manfaat lain magnesium bagi tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu fungsi dari mineral ini adalah menjaga kesehatan tulang. Magnesium dapat berperan dalam pembentukan sel tulang baru dan dapat membantu menjaga kepadatan tulang pada tubuh. Hal ini telah di buktikan melalui penelitian yang menyatakan bahwa kebutuhan magnesium yang tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit tulang dan pengeroposan tulang.

Mencegah Kepala Migrain

Fungsi lain dari magnesium adalah dapat mencegah kepala migrain. Penelitian menyebutkan bahwa mineral magnesium ini dapat menurunkan kadar senyawa penyebab nyeri di kepala. Hal ini membuat magnesium dapat mencegah kepala migrain. Jika kepala sering pusing mungkin kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. 

Mencegah Diabetes

Magnesium juga dapat berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit diabetes. Kandungan dalam magnesium mampu mengontrol hormon insulin yang ada dalam tubuh sehingga dapat menjaga gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, dengan tercukupinya magnesium di dalam tubuh dapat mengurangi risiko penyakit diabetes. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari magnesium adalah menjaga kesehatan jantung karena magnesium dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kandungan senyawa magnesium dapat menurunkan risiko penyakit aritmia dan serangan jantung.

Tentunya sangat banyak manfaat mineral magnesium ini. Jangan sampai tubuh kekurangan magnesium. Untuk menjaga tubuh agar kebutuhan magnesium tercukupi, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium atau mengonsumsi suplemen magnesium. Berikut makanan yang mengandung magnesium.

Makanan Yang Mengandung Magnesium

Makanan yang mengandung magnesium di antaranya adalah 

  • Bayam, sayuran ini mengandung mineral magnesium yang cukup tinggi. Bayam dapat di olah menjadi sayur atau jus yang dapat kamu minum. Jika kamu kekurangan mineral magnesium, bayam cocok untuk di konsumsi untuk memenuhi kebutuhan magnesium pada tubuh. 
  • Kacang-kacangan menjadi salah satu pilihan makanan yang mengandung magnesium. Kacang-kacangan yang mengandung magnesium di antaranya adalah kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond. Kamu dapat mengolah kacang-kacangan ini menjadi camilan untuk mengatasi permasalahan gangguan tidur.
  • Alpukat, menjadi pilihan favorite untuk menambah unsur mineral magnesium dalam tubuh. Selain rasanya yang nikmat, buah ini memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi. Satu buah alpukat mengandung 58 mg magnesium yang mana jumlah ini dapat memenuhi 16% kebutuhan magnesium per hari dalam tubuh. Alpukat dapat di nikmati secara langsung dengan menambahkan susu atau di olah menjadi minuman jus buah.
  • Gandum utuh merupakan sumber magnesium yang banyak di gunakan. Kamu dapat menggunakan gandum utuh untuk membuat kue sebagai pengganti tepung. Tentunya roti gandum juga memiliki sumber magnesium yang di perlukan tubuh. Kamu dapat mengganti roti tawar menjadi roti gandum sebagai menu sarapan sehat kamu.
  • Dark Chocolate, bahan pangan ini mengandung 64 mg magnesium setiap satu takar coklat hitam. Dark chocolate yang mengandung magnesium tinggi adalah dark chocolate dengan kandungan cocoa minimal 70%. Konsumsi coklat 30-60 gram per hari dapat memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh. Oleh karena itu chocolate di percaya dapat meningkatkan kualitas tidurmu. 
Back To Top