Step Pemakaian Skincare Untuk Pemula

Step Pemakaian Skincare Untuk Pemula
Step Pemakaian Skincare Untuk Pemula
Step Pemakaian Skincare Untuk Pemula

Step Pemakaian Skincare Untuk Pemula Yang Bingung Bagaimana Memulai Penggunaan Skincare Yang Tepat Dan Cocok Di Kulit. Halo ladies, banyak sekali orang-orang yang baru memulai memakai skincare namun belum mengetahui Step Pemakaian Skincare yang baik dan benar. Memiliki produk perawatan kulit yang bagus saja tidak cukup bila penggunaanya tidak di lakukan dengan benar, dan kamu tidak akan mendapat hasil yang efektif. Agar produk skincare kamu efektif, kamu juga perlu mengaplikasikannya dalam urutan yang benar sesuai dengan anjuran danpetunjuk. Selain itu, kamu juga harus memilih produk yang tepat untuk kebutuhan dan permasalahan di kulit wajah kamu. Rutinitas kamu akan bergantung pada jenis kulit kamu, bahan dan formulasi produk kamu, serta waktu. Namun, aturan praktis yang baik adalah mengaplikasikan berdasarkan urutan tekstur, dari yang paling tipis hingga yang paling tebal, karena produk yang tipis tidak akan mampu menembus produk yang lebih tebal.

Pertama, hapus riasan kamu dengan micellar water atau oil cleeansing gel. Coba biarkan pembersih riasan mata khusus selama beberapa menit agar riasan lebih mudah terhapus dan hindari menggosok mata kamu. Ini menjadi Step Pemakaian Skincare yang pertama, karena sebelum kita menggunakan skincare, kita harus terlebih dahulu membersihkan wajah kita dari riasan dan polusi yang menempel. Jika kita tidak membersihkan wajah dengan efektif, pemakaian skincarepun tidak menciptakan hasil yang baik. Wajah yang masih ada residu riasan atau polusi bisa menghambat penggunaan skincare yang kamu lakukan, dan hal itu menjadi sia-sia. Maka dari itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah dalam pemakaian skincare.

Step Pemakaian Skincare

Berikut ini adalah langkah-langkah yang baik dan benar dalam melakukan Step Pemakaian Skincare yang bisa kamu coba mulai hari ini:

  • Menggunakan Micellar Water

Sebelum mencuci wajah, kamu wajib menggunakan micellar water terlebih dahulu sebagai double cleansing. Apalagi jika kamu menggunakan riasan dan juga terkena polusi udara, sabun cuci wajah saja tidak cukup untuk megangkat kotoran yang menempel di wajah. Itu makanya kita wajib melakukan double cleansing menggunakan micellar water agar riasan dan polusi yang menempel di wajah bisa terangkat dengan baik. Micellar water juga bisa menjadi alternatif jika kamu berada di tempat dan keadaan yang tidak memungkinkan untuk mencuci wajah menggunakan sabun. Namun bukan berarti setiap kali memakai micellar water kamu tidak mencuci wajah, ini hanya menjadi alternatif saja dalam keadaan tertentu, kamu tetap harus membilas wajahmu dengan air dan sabun pencuci wajah.

  • Mencuci Wajah

Pagi dan malam, bilas wajah kamu dengan air dan gosokkan sedikit pembersih lembut di antara telapak tangan yang bersih. Pijatkan sabun cuci wajah ke semua sisi wajah dengan gosokan yang lembut. Bilas dengan air dan pijatlah wajah kamu dengan perlahan untuk membantu wajah kamu sampai terasa bersih dan tidak ada kotoran. Keringkan wajah kamu dengan handuk lembut khusus wajah, dan jangan menyatukan handuk wajah dengan handuk badan. Karena handuk badan memiliki bahan yang berbeda dengan handuk wajah, juga handuk badan tidak bisa di gunakan jadi handuk wajah.

  • Memakai Toner

Jika kamu menggunakan toner, gunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum hal lainnya. Tuangkan beberapa tetes toner ke telapak tangan atau kapas dan usap perlahan ke wajah kamu. Jika toner kamu bersifat eksfoliasi, artinya mengangkat sel kulit mati dengan bahan-bahan seperti asam glikolat, gunakan hanya pada malam hari. Formula yang menghidrasi dapat di gunakan dua kali sehari. Jangan gunakan toner eksfoliasi dan retinoid atau eksfoliator lainnya secara bersamaan.

Langkah Selanjutnya

Berikut ini adalah Langkah Selanjutnya yang baik dan benar dalam melakukan Step Pemakaian Skincare yang bisa kamu coba mulai hari ini:

  • Menggunakan Serum

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menggunakan serum yang mengandung antioksidan seperti serum vitamin C yang mencerahkan. Karena serum tersebut melindungi kulit kamu dari radikal bebas yang kamu temui sepanjang hari. Malam hari merupakan saat yang baik untuk memakai serum pelembab dengan kandungan asam hialuronat, yang bisa menjaga kulit wajah kamu agar tidak menjadi kering di waktu malam. Apalagi jika kamu memakai perawatan anti aging atau jerawat yang dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit. Serum juga bisa mengandung exfoliant seperti asam alfahidroksi (AHA) atau asam laktat. Apa pun yang kamu gunakan, selalu ingat: Serum berbahan dasar air harus berada di bawah pelembab; serum berbahan dasar minyak harus di terapkan setelah pelembab.

  • Menggunakan Krim Mata

Kamu bisa menggunakan pelembap biasa pada area bawah mata, namun jika kamu ingin memakai krim mata yang khusus, biasanya kamu wajib melapisinya sebelum menggunakan pelembap. Sebab, krim mata bersifat lebih encer bila di bandingkan dengan pelembap pada wajah. Coba pakailah krim mata dengan menggunakan aplikator roller-ball yang terbuat dari logam ataupu keramik. Kemudian simpan di lemari pendingin untuk mengatasi mata bengkak atau kantung mata pada pagi hari. Memakai krim mata yang melembabkan di malam hari bisa membuat retensi cairan yang menjadikan mata terlihat seperti bengkak pada pagi hari.

  • Menggunakan Spot serum

Sebaiknya gunakan perawatan noda jerawat di malam hari, saat tubuh kamu sedang dalam mode perbaikan. Berhati-hatilah saat melapisi bahan pembasmi jerawat seperti benzoil peroksida atau asam salisilat dengan retinol, karena bisa membuat kulit iritasi. Sebaliknya, pastikan kamu memakain produk yang baik dan cocok untuk bisa menjaga kulit agar tetap tenang dan juga terhidrasi.

Langkah Selanjutnya

Berikut ini adalah Langkah Selanjutnya yang baik dan benar dalam melakukan Step Pemakaian Skincare yang bisa kamu coba mulai hari ini:

  • Menggunakan Pelembab

Pelembab menghidrasi kulit dan mengunci semua lapisan produk lain yang kamu gunakan. Carilah pelembab ringan untuk pagi hari, idealnya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Di malam hari, kamu bisa menggunakan krim malam yang lebih kental. Orang-orang yang mempunyai kulit yang kering mungkin membutuhkan untuk menggunakan krim pada pagi dan malam hari.

  • Menggunakan Retinol

Retinol bisa mengurangi timbulnya bintik hitam, garis halus dan jerawat dengan cara menggantikan sel kulit. Tapi, hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya iritasi, terutama pada jenis kulit yang sensitif. Jika kamu menggunakan retinol, kamu harus tau bahwa retinol akan rusak di bawah matahari, jadi lebih baik untuk menggunakannya pada malam hari. Kandungan ini juga bisa membuat kulit wajah kamu menjadi sangat sensitif bila berpaparan dengan sinar matahari, jadi kamu harus menggunakan sunscreen.

  • Menggunakan Sunscreen

Ini mungkin merupakan langkah terakhir, namun hampir semua dokter kulit akan memberi tahu kamu bahwa perlindungan terhadap sinar matahari adalah bagian terpenting dari setiap rangkaian perawatan kulit. Melindungi kulit dari sinar UV dapat mencegah kanker kulit dan tanda-tanda penuaan. Jika pelembap kamu tidak mengandung SPF, kamu tetap perlu memakai sunscreen. Untuk sunscreen berbahan kimia, tunggu 20 menit sebelum keluar rumah agar tabir surya efektif. Carilah SPF spektrum luas, artinya sunscreen kamu melindungi dari radiasi UVA dan UVB. Inilah langkah terakhir yang bisa kamu coba dalam Step Pemakaian Skincare.

Back To Top