Mobil Mitsubishi Terbaik Selama Lima Dekade

Mobil Mitsubishi Terbaik Selama Lima Dekade
Mobil Mitsubishi Terbaik Selama Lima Dekade
Mobil Mitsubishi Terbaik Selama Lima Dekade

Mobil Mitsubishi Terbaik Selama Lima Dekade, Mitsubishi Motors Telah Menghasilkan Berbagai Mobil Legendaris Di Eranya. Tahun 2023 ini Mitsubishi Motors Corporation telah merayakan hari ulang tahunnya yang ke-53. Meski dalam sejarah, perusahaan asli Mobil Mitsubishi ini bisa di katakan lebih jauh lagi. Mereka memulai membangun karirnya sebagai perusahaan di bidang perkapalan oleh Iwasaki Yatarō pada tahun 1870. MMC di dirikan pada tanggal 22 April tahun 1970, oleh Mitsubishi Heavy Industries. Kemudian divisi otomotifnya di ubah menjadi MMC pad awal operasinya berjalan. Mitsubishi Heavy Industries kemudian memindahkan sebagian perusahaannya ke MMC. Berbagai produk di luncurkan oleh Mitsubishi, beberapa di antaranya menjadi ikonik di sepanjang masa.

“Berdasarkan dari fakta sejarah tersebut, MMC memulai kembali lembaran baru sebagai perusahaan yang memproduksi otomotif. Sebuah kendaraan Mitsubishi Motors yang tetap eksis sampai sekarang ini dan mereknya sudah di percayai di seluruh dunia. Dalam waktu yang lebih dari 50 tahun, Mitsubishi Motors sudah menciptakan berbagai kendaraan roda empat yang legendaris dan juga kendaraan roda empat yang berteknologi tinggi di eranya,” kata Ryoichi Inaba, yaitu seorang Director of Product Strategy Division di PT Mitsubishi Motor Krama Yudha yang berada di Indonesia. Maka tidak heran bila Mobil Mitsubishi sangat laris di pasar Indonesia, dengan harga yang masih masuk akal, dan model yang sporty, kendaraan ini menjadi favorit di kalangan muda dan juga pejabat.

Mobil Mitsubishi Terbaik Selama Lima Dekade

Berikut ini merupakan Mobil Mitsubishi Terbaik Selama Lima Dekade terakhir dan telah menjadi mobil penuh sejarah bagi perusahaan Mitsubishi Motors, yaitu:

  • Dekade 1970-an

Tak banyak yang mengetahui bila Mitsubishi Motors pernah terjung ke dalam ajang balapan Formula. Padahal di era 1970-an tersebut, Mitsubishi telah ikut serta dalam pertandingan balapan perdana di Japan Grand Prix dengan menggunakan mobil Colt F2000. Pada waktu itu, pertandingan balapan Formula begitu kompetitif di Jepang. Kemudian Mitsubishi Colt F2000 yang menggunakan teknologi pesawat terbang pada mesin F2000 berhasil memenangkan pertandingan dan meraih juara sampai lima kali. Era inilah yang mengawali sejarah di mulainya mobil Mitsubishi di pertandingan balapan hingga saat ini. Tak hanya di balapan Formula saja, tetapi juga di pertandingan balapan reli lewat Mitsubishi Galant dan juga balapan Lancer 1600GSR yang telah berhasil meraih juara di pertandingan Southern Cross Rally dan juga WRC Safari Rally.

  • Dekade 1980-an

Pada era ini, Mitsubishi Motors sudah mulai menciptakan kendaraan bergender Sport Utility Vehicle. Pada awalnya perusahaan Mitsubishi Motors sendiri telah memiliki kesepakatan bersama pabrikan di Amerika yaitu Willys. Tetapi, kesepakatan ini menjadikan perusahaan Mitsubishi Motors tak bisa melakukan ekspor mobil beroda empat. Sedangkan keinginan untuk kendaraan ini terus meningkat. Akhirnya dari sinilah, perusahaan tersebu menciptakan SUV yang sangat legendaris yaitu mobil Pajero dengan memiliki empat roda yang di ciptakan sendiri oleh mereka. Awalnya seri Pajero ini di luncurkan dengan konsep bodi yang pendek dengan memiliki 3 pintu dan atapnya kanvas juga metal. Barulah pada tahun 1983, lahirlah Pajero berbadan panjang dan kemudian di terima dengan baik oleh para konsumen Mitsubishi. Kekuatan dari Mitsubishi Pajero pun di tes di pertandingan balap reli Paris Dakar yang merupakan pertandingan mobil paling berat di dunia. Pada tahun 1985, mobil Pajero berhasil memenangkan juara dunia di pertandingan Paris-Dakar sebanyak 12 kali. 

Dekade 1990 – 2000

Berikut ini merupakan Mobil Mitsubishi terbaik selama lima Dekade 1990 – 2000 terakhir dan telah menjadi mobil penuh sejarah bagi perusahaan Mitsubishi Motors, yaitu:

  • Dekade 1990-an

Pada era 1990-an tersebut, perusahaan Mitsubishi Motors menciptakan banyak kendaraan yang cukup terkenal. Mulai dari mobil seri sport coupe, salah satunya Mitsubishi Eclipse yang di produksi memiliki setir kiri untuk di jual di Amerika. Selanjutnya seri Mitsubishi GTO yang beroda empat. Tak ketinggalan, pada era 1990-an tersebut juga perusahaan Mitsubishi menciptakan seri reli yang menggemparkan ajang balapan WRC yaitu Lancer Evolution. Mobil sedan berempat pintu ini di produksi menjadi kendaraan umum sebagai syarat agar bisa ikut dalam pertandingan reli WRC. Hingga mencapai akhir tahun 1990-an, sudah tercatat ada 6 generasi mobil seri Lancer Evolution yang di produksi oleh MMC hingga kini. 

  • Dekade 2000-an

Memasuki era milenium atau era tahun 2000-an, perusahaan Mitsubishi Motors masih membuat mobil sedan seri Lancer Evolution sampai Evo X yang di jadikan edisi utamanya. Namun di balik itu semua, perusahaan Mitsubishi Motors juga telah menciptakan beberapa kendaraan umum yang di jual di banyak negara. Seperti mobil untuk keluarga atau jenis seri MPV milik Mitsubishi Grandis yang sudah sempat di jual di Indonesia. Grandis ini adalah seri MPV lanjutan dari seri Mitsubishi Chariot yang di luncurkan pada era tahun 1990-an.

Walaupun pernah sukses, tetapi seri ini kalah bersaing dengan seri segmen Low MPV. Selanjutnya di era 2000-an tersebut juga perusahaan Mitsubishi Motors mulai menciptakan kendaraan Mitsubishi Triton gen ke duanya di negara Thailand. Mitsubishi Triton generasi kedua ini juga di jual di Indonesia. Selanjutnya lahirlah seri dari SUV Mitsubishi Pajero Sport yang menggabungkan basis dari mobil Triton. Semenjak itu seri Mitsubishi Pajero Sport gen ke 2 ini pun berhasil menjadi mobil SUV utama perusahaan Mitsubishi Motors di Indonesia.

Dekade 2010-an

Pada Dekade 2010-an, ini adalah era penting bagi MMC di mana merek Mitsubishi Motors telah berhasil mencatat banyak sejarah terutama di pasar kendaraan penumpang keluarga. Sebab di era ini, perusahaan Mitsubishi Motors sudah berhasil menciptakan seri Mitsubishi Xpander dan juga Xpander Cross. Mobil Mitsubishi Xpander merupakan mobil seri compact MPV 7 seater. Yang di produksi di Indonesia dan juga di desain oleh Mitsubishi Motors. Konsep awalnya merupakan seri XM COncept yang di perlihatkan pertama kali pada The 24th Gaikindo Indonesia International AUto Show pada bulan Agustus tahun 2016.

Di kenalkan secara resmi di Jakarta pada tanggal 24 Juli tahun 2017. Sebelum akhirnya meluncurkan debutnya secara resmi di 25th GIIAS 2017 tanggal 10 Agustus. Mobil Mitsubishi Xpander menjadi kendaraan yang sangat fenomenal di Indonesia dan juga berbagai negara ASEAN lainnya. Mitsubishi Xpander juga tercatat di jual di Myanmar, Filipina, Peru, Vietnam, Bolovia. Thailand, Nepal, Mesir, Brunei, Sri lanka, Kamboja, Malaysia, dan Bangladesh. Bukan hanya laris manis, seri Mitsubishi Xpander juga menjadi seri yang paling banyak terjual oleh perusahaan Mitsubishi Motors paling tinggi dalam sejarah. Bahkan pada bulan Februari tahun 2019, ia memiliki seri Livina yang berada di bawah naungan Nissan.

Selain daripada itu di era ini juga, perusahaan Mitsubishi Motors menciptakan mobil yang ramah lingkungan. Menggunakan SUV pertama di dunia, yaitu seri Outlander PHEV. Mobil jenis plug-in hybrid ini juga menerima sambutan yang baik di Eropa. Selanjutnya, lahir juga seri crossover pertama milik perusahaan Mitsubishi Motors yaitu seri Eclipse Cross yang mempunyai teknologi begitu canggih dari Mitsubishi. Baik seri Outlander PHEV dan mobil Eclipse Cross menerima sambutan yang sangat baik di masyarakat Indonesia. Itulah mengapa perusahaan tersebut menjadi sukses hingga kini. Karena kendaraan hebat yang di ciptakannya yaitu Mobil Mitsubishi.

Back To Top