Merk Mesin Kopi, Perbedaan, Dan Fungsinya

merk mesin kopi
merk mesin kopi
Merk Mesin Kopi, Perbedaan, Dan Fungsinya

Merk Mesin Kopi, Perbedaan, Dan Fungsinya Yang Harus Di Ketahui Oleh Seorang Barista Agar Menghasilkan Cita Rasa Kopi Yang Pas. Dalam membuat segelas kopi pasti membutuhkan peralatan dan skill yang memadai. Sebuah coffe shop harus memiliki alat-alat penunjang dalam membuat kopi untuk menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

Seiring perkembangan teknologi maka berkembang juga alat yang dapat meringankan pekerjaan dalam membuat secangkir kopi yang nikmat. Banyak alat yang memberikan kemudahan seorang baista dalam menyajikan minuman kopi. 

Dalam menyajikan segelas kopi tentu melewati sebuah proses yang cukup panjang. Setelah di panen, biji kopi diolah dan di keringkan. Kemudian biji kopi di roasting untuk menghasilkan aroma kopi yang nikmat. Setelah itu baru biji kopi dapat di jual di kedai-kedai kopi. Namun tak sedikit kedai kopi yang melakukan roasting biji kopi sendiri. 

Tak hanya sampai di situ, untuk mendapatkan secangkir kopi, biji kopi yang telah matang di roasting harus di haluskan terlebih dahulu. Setelah di haluskan, di tambahkan air lalu di press untuk menghasilkan espresso. Nah pada proses ini lah banyak bermunculan mesin kopi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Maka tak heran jika saat ini mulai bermunculan merk mesin kopi.

Jika dahulu menggunakan grinder manual yang harus menggunakan tangan untuk menghaluskan kopi, kini sudah ada alat grinder dengan memanfaatkan teknolog listrik. Tak hanya sampai situ saja, banyak juga alat kopi yang dapat di gunakan untuk mensteam susu.

Baru-baru ini maraknya coffe shop membuat mesin-mesin kopi dengan merk baru bermunculan. Bahkan mesin kopi menjadi ajang perlombaan bagi antar coffe shop. Tak jarang di temui beberapa coffe shop menggunakan mesin kopi yang mahal untuk menarik pelanggan datang. Namun pastinya mesin kopi yang mahal memiliki kualitas yang bagus pula. Berikut ini merupakan merk mesin kopi yang sering di jumpai di beberapa coffe shop.

Merk Mesin Kopi Yang Populer Di Jumpai Di Coffe Shop

Merk mesin kopi yang populer di jumpai di coffe shop di antaranya adalah la marzocco, simonelli dan masih banyak lagi. Tentunya setiap merk mesin kopi ini memiliki harga dan benefit yang berbeda. Berikut ini mesin-mesin kopi yang banyak di temui di beberapa coffe shop. 

La Marzocco Linea Mini

Mesin kopi ini banyak di jumpai di beberapa coffe shop. Merk ini memiliki harga yang cukup tinggi dan membutuhkan daya yang tinggi pula. Untuk mengoperasikan alat ini membutuhkan daya sebesar 1820 watt. 

Tak jarang di jumpai coffe shop menggunakan mesin ini karena benefit yang di berikan. Fitur yang lengkap menjadi daya tarik dari mesin ini. Merk mesin ini dapat memadatkan kopi, mengeluarkan espresso, mensteam susu, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, desainnya yang simple membuat mesin ini menjadi mudah di bersihkan. Banyak coffe shop yang memilih mesin ini karena fiturnya lengkap dan juga banyak pilihan warna di antaranya adalah silver, hitam, merah, kuning, dan biru. 

Nuova Simonelli Appia II V2

Mesin pembuat kopi satu ini membutuhkan daya 3000 watt untuk mengoperasikannya. Memiliki ukuran yang cukup besar membuat mesin ini terlihat gagah untuk coffe shopmu.

Keunggulan dari mesin ini adalah dapat menghasilkan espresso yang baik karena alat ini memiliki fitur untuk melindungi crema. Selain itu alat ini juga mempunyai infusion yang baik dan juga pembersih otomatis. Oleh karena itu, mesin ini cocok di gunakan untuk coffe shop yang ramai pengunjung. Terdapat 3 pilihan warna yaitu merah, hitam, dan putih. 

Hario Coffe Syphon Technica TCA 2

Memiliki desain elegan berwarn aputih membuat daya tarik tersendiri dari mesin kopi ini. Berbahan material kaca juga membuat mesin ini berbeda dari mesin yang lain. 

Keunggulan dari hario coffe adalah kualitas kopi yang di hasilkan lebih terjamin karena suhu saat membuat epsresso bisa mencapai 95 derajat celcius. 

Fungsi Alat Kopi Yang Harus Kamu Tahu

Untuk membuat kopi memiliki 2 cara yaitu otomatis dan manual. Membuat kopi secara otomatis bisa kamu lakukan dengan menggunakan mesin kopi. Cukup tekan tombol saja kamu sudah bisa menikmati secangkir kopi yang kamu inginkan. 

Sedangkan untuk membuat secangkir kopi secara manual kamu tetap perlu menggunakan bantuan alat dari mesin-mesin kopi. Pastinya untuk mendapatkan secangkir kopi kamu harus mengenal dan mengetahui apa saja alat-alat yang di gunakan untuk membuat kopi beserta dengan fungsinya. Berikut ini merupakan nama dan fungsi alat kopi yang harus kamu tahu dalam membuat kopi. 

Grinder, grinder berfungsi untuk menghaluskan biji kopi. Biji atau beans kopi di haluskan menjadi bubuk agar mudah saat ekstraksi dengan air. Saat ini terdapat grinder manual dengan tangan dan juga grinder elektrik.

Brewer, berfungsi untuk menyeduh kopi menjadi espresso. Terdapat banyak jenis brewer mulai dari yang manual hingga ke mesin kopi. Brewer manual di antaranya adalah moka pot, v60, vietnam drip, french press, aeropress, dan secara otomatis menggunakan mesin kopi.

Timbangan, untuk membuat kopi secara manual tentu membutuhkan timbangan untuk menimbang bubuk kopi yang akan di pakai. Jika menggunakan mesin semi otomatis maka kamu tetap perlu timbangan untuk menimbang bubuk kopi.

Rok presso, merupakan salah satu alat yang di gunakan untuk menghasilkan espresso secara manual. Bubuk kopi di dalam portafilter di masukkan ke alat ini, tambahkan air lalu di press hingga mengeluarkan espresso.

Tips Membeli Mesin Kopi Untuk Rumahan Maupun Coffe Shop

Setelah mengetahui berbagai macam mesin kopi yang ada di pasaran, pastinya kamu tertarik dengan salah satu di antaranya. Namun jangan sampai salah pilih mesin kopi yang cocok untukmu. Berikut ini tips membeli mesin kopi untuk rumahan maupun coffe shop.

Yang pertama yaitu sesuaikan mesin kopi dengan kebutuhanmu. Jika untuk rumahan di sarankan untuk memilih mesin kopi yang simpel. Perhatikan juga cita rasa kopi yang ingin kamu dapatkan. Ada beberapa jenis alat kopi yang dapat menjadi pilihanmu. 

Jika ingin yang praktis maka kamu harus membeli mesin kopi otomatis yang langsung dapat menghasilkan secangkir kopi. Namun pastinya harga mesin ini cukup tinggi. 

Jika kamu ingin menikmati segelas kopi sesuai keinginan kamu dapat membeli rok presso, french press, atau v60. Dengan alat ini kamu bisa menyesuaikan cita rasa kopi yang kamu inginkan dengan mengubah teknik seduhan kopi.

Kedua, perhatikan daya listriknya. Pastinya sebuah mesin kopi membutuhkan daya yang tinggi. Di bandingkan dengan alat manual membutuhkan daya listrik yang cukup rendah sehingga cocok untuk rumahan. 

Untuk coffe shop di sarankan membeli mesin kopi otomatis. Hal ini di karenakan mesin kopi akan bekerja secara terus menerus dan minuman kopi harus segera di sajikan untuk pelanggan. Oleh karena itu banyak coffe shop yang menggunakan beberapa merk mesin kopi.

Back To Top