Merawat Kulit Kering Dengan Beberapa Tips Berikut Ini

Merawat Kulit Kering Dengan Beberapa Tips Berikut Ini
Merawat Kulit Kering Dengan Beberapa Tips Berikut Ini
Merawat Kulit Kering Dengan Beberapa Tips Berikut Ini

Merawat Kulit Kering Dengan Beberapa Tips Ampuh Berikut Ini Dapat Membuat Kulit Kita Tampak Lebih Sehat Dan Terawat. Salah satu langkah penting untuk membuat kulit wajah kita tetap sehat dan kencang yaitu dengan melakukan perawatan kulit wajah. Perawatan kulit wajah dapat kita lakukan dengan berbagai cara baik dengan rutin menggunakan skincare maupun perawatan ke klinik kecantikan. Dengan rutin merawat wajah, kita akan terhindar dari banyak masalah kulit. Maka dari itu di anjurkan sejak usia dini untuk merawat kulit agar senantiasa terlihat terawat dan sehat jika sudah memasuki usia 30-an. Untungnya di era sekarang sudah banyak yang sadar akan kesehatan kulit dan mulai rutin merawat wajah dengan hal yang kecil terlebih dahulu. Misalnya yaitu dengan memakai skincare pada malam dan pagi hari serta menerapkan tips-tips untuk menghindari masalah kulit wajah.

Permasalahan kulit wajah memang sangat beragam. Salah satunya adalah permasalahan kulit wajah yang kering ataupun berminyak. Untuk kulit kering, kemungkinan kulit kehilangan cairan akibat hal yang tertentu sehingga kulit akan tampak lebih kering. Ciri-ciri kulit kering dapat berupa wajah yang mengelupas, gatal, terasa kasar serta pecah-pecah. Oleh karena itu perawatan kulit di nilai sangat penting di lakukan untuk menurunkan risiko kita mengalami dry skin.

Kemudian kulit wajah yang kering juga dapat memicu masalah kulit lainnya. Misalnya seperti kulit akan rentan terhadap kuman, memicu rasa gatal, serta mudah mengalami lecet dan luka. Kemudian dry skin juga dapat mengganggu penampilan kita karena garis-garis kulit akan terlihat lebih jelas sehingga kita menjadi terkesan tua.

Selain itu faktor penyebab kulit yang kering juga beragam seperti faktor usia, radikal bebas, sinar matahari, hormonal serta bahan kimia yang terdapat di dalam kosmetik. Berikut beberapa tips Merawat Kulit Kering sehingga kulit kamu akan tampak lebih sehat dan terawat.

1. Melakukan Eksfoliasi

Faktanya kulit akan terus melakukan regenerasi sel dan melepaskan sel kulit mati. Ternyata hal ini akan memicu kulit yang kering dan kusam jika sel kulit mati sudah menumpuk di wajah. Oleh karena itu Merawat Kulit Kering Dengan Melakukan Eksfoliasi sangat penting untuk di lakukan. Dengan melakukan eksfoliasi dapat membantu mengangkat serta membersihkan sel kulit mati pada wajah sehingga wajah terasa lebih bersih dan sehat. Kemudian eksfoliasi wajah juga terbagi menjadi dua jenis yaitu chemical exfoliator dan mechanical exfoliator. Eksfoliasi wajah pun dapat dengan mudah kita lakukan pada malam hari dengan masker wajah eksfoliasi maupun serum eksfoliasi yang memiliki kandungan aktif di dalamnya.

2. Menghindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Ternyata paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama bisa mengakibatkan kulit kita kehilangan minyak alami di dalamnya. Kemudian ke-elastisitasan kulit kita juga dapat berkurang karena paparan sinar matahari langsung. Hal ini lah yang memicu wajah kita menjadi tampak kusam, kering serta perlahan timbul kerutan halus. Terdapat beberapa penelitian yang juga mengatakan bahwa paparan sinar matahari secara langsung juga bisa menimbulkan kulit gatal-gatal serta kering. Kondisi ini juga dapat menjadi gejala dari dermatitis aktinik kronis.

Oleh karena itu dengan Menghindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung dapat mencegah kita mengalami dry skin. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya saat keluar ruangan. Kita juga bisa menggunakan topi agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Menggunakan Sabun Khusus Untuk Kulit Kering

Salah satu tips merawat kulit yang kering yaitu dengan memakai sabun tertentu. Gunakanlah sabun yang khusus di peruntukkan bagi kulit kering. Biasanya sabun untuk kulit kering memiliki label melembapkan atau moisturizing. Lalu sabun dengan kandungan pewarna khusus serta pewangi juga harus di hindari karena di khawatirkan dapat membuat kulit iritasi. Oleh karena itu Menggunakan Sabun Khusus Untuk Kulit Kering sangat efektif untuk mengatasi kulit yang kering.

Selain itu, bersihkanlah wajah minimal dua kali sehari dengan sabun yang khusus untuk kulit kering. Sabun untuk kulit kering biasanya mengandung kadar pH yang cocok bagi kulit wajah dan memiliki ingredients yang di khususkan bagi kulit kering.

4. Menggunakan Skincare Atau Pelembap

Tips selanjutnya yang di nilai ampuh untuk mengatasi kulit kering adalah Menggunakan Skincare Atau Pelembap. Kita dapat menggunakan skincare atau pelembap khusus untuk dry skin. Biasanya skincare atau pelembap khusus ini mengandung formula yang di khususkan bagi kulit yang kering. Kemudian usahakan untuk mencari informasi produk skincare sebelum membelinya. Upayakan untuk membeli skincare yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia. Hal ini sangat penting untuk mencegah munculnya efek samping pada wajah.

Selain itu kita juga dapat menggunakan pelembap sehabis mandi dan mengeringkan tubuh. Pakailah pelembap ke seluruh wajah dan juga tubuh kamu. Tips ini di nilai sangat efektif bagi kita yang memiliki kulit wajah kering yang hampir bersisik. Kemudian pilihlah moisturizer dengan kandungan alami seperti vitamin A dan E serta nutrisi yang penting bagi kulit lainnya. Dengan nutrisi tersebut dapat memperbaiki dan merawat kesehatan kulit.

5. Mencuci Muka Dengan Air Dingin

Jangan sering mencuci wajah dengan menggunakan air dengan suhu hangat. Hal ini di karenakan dapat menghilangkan kelembapan alami pada wajah sehingga kulit kering akan semakin parah. Maka dari tu Mencuci Muka Dengan Air Dingin ataupun air suhu ruang dapat mencegah kulit semakin kering. Mencuci wajah dengan air hangat dapat di lakukan saat membersihkan wajah yang berjerawat atau membersihkan komedo saja.

6. Perawatan Wajah Dengan Bahan-Bahan Alami

Tips berikutnya yaitu kita dapat merawat kulit kering dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini misalnya seperti jojoba oil, madu, minyak zaitun dan kandungan alami lainnya. Caranya yaitu dengan mengoleskan jojoba oil dan minyak zaitun pada wajah lalu pijat lembut wajah dengan gerakan yang melingkar hingga minyak dapat meresap masuk ke dalam kulit dengan sempurna. Kemudian bersihkan wajah.

Untuk bahan madu kamu dapat mengoleskannya pada bagian kulit wajah yang kering. Selanjutnya biarkan kulit wajah mengering selama 10 menit lalu bersihkan. Lakukanlah Perawatan Wajah Dengan Bahan-Bahan Alami untuk mengatasi kulit kering.

7. Minum Air Putih Dan Mengonsumsi Makanan Sehat

Kulit kering ternyata dapat menjadi tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan cairan dan dehidrasi. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit wajah dan membantu menjaga hidrasi. Maka dari itu dengan rutin minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari dapat membantu merawat kulit kering secara alami dan menjaga kulit agar tetap lembap.

Selain itu tips Merawat Kulit Kering selanjutnya adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan dengan kandungan nutrisi yang sehat. Kita harus memenuhi nutrisi kulit dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C, vitamin A, serta vitamin E. Kemudian kita dapat mengurangi konsumsi junk food, daging-dagingan, serta sering mengonsumsi makanan yang pedas. Maka dari itu dengan Minum Air Putih Dan Mengonsumsi Makanan Sehat dapat menjadi cara alami untuk Merawat Kulit Kering.

Itu dia beberapa tips Merawat Kulit Kering yang dapat kita terapkan untuk mengatasi kulit yang kering. Semoga masalah dry skin dapat teratasi dengan berbagai tips di atas untuk Merawat Kulit Kering.

 

 

Back To Top