Mengatasi Tumit Pecah Dengan Tips Berikut Ini

Mengatasi Tumit Pecah Dengan Tips Berikut Ini
Mengatasi Tumit Pecah Dengan Tips Berikut Ini
Mengatasi Tumit Pecah Dengan Tips Berikut Ini

Mengatasi Tumit Pecah Dengan Beberapa Tips Berikut Ini Agar Tumit Menjadi Lebih Terawat Dan Tidak Pecah-Pecah. Tumit kaki pecah-pecah dapat membuat rasa percaya diri kita menjadi menurun. Hal ini di karenakan penampilan kita akan menjadi kurang bagus. Penampilan ini akan terlihat saat kita memakai sepatu ataupun sendal dengan bagian tumit yang terbuka. Oleh karena itulah penampilan kita akan terganggu dengan adanya tumit kaki yang pecah-pecah. Biasanya kaki pecah-pecah terjadi di karenakan kulit di sekitar area kaki sangat kering. Hal inilah yang dapat membuat kulit di sekitar kaki menjadi mudah pecah-pecah dan retak. Situasi ini bukan hanya mengganggu penampilan kita namun juga bisa menimbulkan rasa perih pada telapak kaki khususnya tumit kaki. Kondisi ini sangat mengganggu sekaligus menyakitkan bagi kita yang mengalaminya. Tentunya hal ini sangat menyebalkan. Rasa ketidaknyamanan ini dapat muncul di karenakan rasa sakit saat berjalan tanpa memakai alas kaki.

Permasalahan yang timbul pada telapak kaki ini bisa di alami oleh siapa saja. Namun kondisi ini biasanya sering terjadi pada perempuan. Pada dasarnya penyebab tumit yang pecah-pecah adalah hilangnya kondisi kelembapan kulit pada kaki. Hal ini mengakibatkan kulit kaki menjadi kering dan lama kelamaan mudah retak. Kemudian seperti yang kita ketahui bahwa penyebab kulit kering di antaranya yaitu efek samping penggunaan sepatu seperti terlalu pengap. Selain itu kondisi penggunaan sepatu yang terlalu panas dan lembap pun sangat berpengaruh.

Tidak hanya itu, faktor usia serta penyakit tertentu seperti diabetes juga dapat mempengaruhi kondisi tumit kaki yang pecah-pecah. Lalu masalah gizi dan efek samping obat-obatan ataupun produk kosmetik yang di biarkan tanpa perawatan yang tepat juga dapat berpengaruh.

Namun jangan khawatir karena sekarang sudah banyak solusi dan tips yang dapat di lakukan untuk Mengatasi Tumit Pecah-pecah. Berikut merupakan tips untuk Mengatasi Tumit Pecah yang dapat kita lakukan.

1. Mengatasi Tumit Pecah Dengan Pakai Krim Kaki

Tips pertama yang dapat kita lakukan adalah Mengatasi Tumit Pecah Dengan Pakai Krim Kaki. Krim kaki pelembap yang kita pakai di anjurkan mengandung dimethicone. Hal ini di karenakan kandungan dimethicone di percaya sangat efektif untuk melembapkan kulit kering. Kita dapat mengoleskan krim dengan kandungan ini ke tumit yang pecah-pecah. Oleskan setiap sehabis mandi untuk mengoptimalkan penyerapan krim kaki tersebut.

2. Bersihkan Kaki Dengan Sabun Berbahan Lembut

Kita di sarankan untuk membersihkan atau merendamkan kaki selama 20 menit dengan menggunakan sabun. Lalu gosokkan kaki yang pecah-pecah dengan menggunakan batu apung secara lembut dan perlahan. Kemudian keringkan tumit kaki dengan handuk yang lembut.

Cara ini di nilai efektif dalam membantu mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah. Namun pastikan sabun yang kita pakai untuk merendam kaki merupakan sabun yang berbahan lembut atau gente. Hindari sabun yang mengandung bahan kimia keras karena akan membuat kulit menjadi semakin kering. Oleh karena itu Bersihkan Kaki Dengan Sabun Berbahan Lembut.

3. Cukupi Asupan Cairan Tubuh

Kondisi di mana kurangnya asupan cairan tubuh dapat membuat mulut serta tenggorokan menjadi terasa kering. Hal ini ternyata berpengaruh juga pada kulit kaki. Oleh karena itu sangat penting untuk Cukupi Asupan Cairan Tubuh dengan cara mengonsumsi 2 liter air putih atau setara dengan 8 gelas setiap hari. Permasalahan kulit kaki yang kering di percaya akan semakin membaik bila kulit kita terhidrasi dengan baik.

Kemudian kondisi kaki yang pecah-pecah biasanya juga di sertai dengan kondisi kapalan. Kapalan merupakan mengerasnya jaringan kulit yang dapat mengganggu. Masalah ini dapat di atasi dengan cara mengoleskan obat dengan kandungan asam salisilat. Jika tidak di obati dari sekarang, masalah tumit pecah-pecah dapat menjadi lebih serius saaat kaki menjadi luka hingga terkena infeksi. Jika kaki sudah terinfeksi biasanya dokter akan menganjurkan pemakaian salep obat antibiotek.

4. Oleskan Masker Pisang

Dengan Oleskan Masker Pisang ke telapak kaki ternyata dapat mengatasi permasalahan tumit yang pecah-pecah. Caranya yaitu dengan menghancurkan pisang sehingga potongannya menjadi kecil-kecil. Lalu masukkan ke dalam mangkuk dan masukkan satu sendok madu ke dalamnya. Aduklah dengan baik hingga teksturnya menjadi gel atau pasta. Kemudian oleskan pasta ke seluruh area tumit kaki yang pecah-pecah dan gosok perlahan-lahan. Kemudian diamkan selama 20 sampai 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan langkah tersebut selama beberapa kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal. Hal ini di karenakan pisang dapat menjadi pelembap kulit alami karena pisang mengandung vitamin C, A, serta B6. Vitamin yang terkandung di dalamnya dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan elastisitas kulit tetap terjaga. Madu juga di kenal sangat bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

5. Menggunakan Petroleum Jelly

Menggunakan Petroleum Jelly dapat mengatasi kulit tumit kaki pecah-pecah. Petroleum jelly juga di yakini dapat mengembalikan kelembapan kulit kaki dengan baik. Di sarankan untuk mengoleskan pelembap petroleum jelly sebelum tidur pada malam hari. Kemudian pakailah kaos kaki yang bersih dan juga nyaman setelah kita memakai pelembap ini agar petroleum jelly menyerap dengan sempurna pada tumit kaki.

6. Hindari Mandi Terlalu Lama

Apabila mandi terlalu lama ternyata dapat menyebabkan kelembapan kulit kaki yang berkurang. Maka dari itu kita di anjurkan untuk Hindari Mandi Terlalu Lama dengan membatasi waktu saat mandi. Mandilah dengan waktu sekitar 5-10 menit. Lalu hindari juga mandi dengan menggunakan air panas karena di khawatirkan kulit akan menjadi lebih kering.

7. Menjaga Kelembapan Kulit Kaki

Jangan lupa menggunakan pelembap di area kulit telapak kaki saat kita memakai pelembap di bagian tubuh tertentu. Hal ini bertujuan untuk Menjaga Kelembapan Kulit Kaki. Oleskanlah pelembap di bagian telapak kaki khususnya tumit sehabis mandi sebanyak dua kali sehari.

8. Jaga Suhu Kaki

Kita harus menghindari berjalan tanpa alas kaki ketika berjalan di lantai yang panas. Hal ini di karenakan suhu panas tersebut akan menyerap ke kulit sehingga membuat kulit menjadi kering. Kemudian hal ini juga berlaku ketika suhu udara dingin. Kita di anjurkan untuk tetap menggunakan kaos kaki agar suhu kaki kita tetap stabil. Oleh karena itu dengan Jaga Suhu Kaki dapat membantu mencegah dan mengatasi permasalahan tumit yang pecah-pecah.

9. Memakai Alas Kaki Yang Nyaman

Langkah berikutnya yaitu dengan Memakai Alas Kaki Yang Nyaman untuk di gunakan. Pastikan kita memakai alas kaki seperti sepatu ataupun sandal yang pas saat kita bepergian agar kaki tetap tertopang dengan sangat baik. Kemudian jangan menggunakan sandal jepit terlalu lama. Hal ini di khawatirkan akan membuat kaki menjadi lebih mudah kering dan semakin memungkinkan tumit kaki untuk pecah-pecah.

Itu dia beberapa tips Mengatasi Tumit Pecah yang dapat kita lakukan untuk menghindari tumit kaki yang pecah-pecah. Semoga artikel ini dapat membantu kita dalam Mengatasi Tumit Pecah.

Back To Top