Macam-Macam Espresso Yang Barista Wajib Tahu

macam-macam espresso
macam-macam espresso
Macam-Macam Espresso Yang Barista Wajib Tahu

Macam-Macam Espresso Yang Barista Wajib Tahu, Jangan Sampai Keliru Dan Cermati Perbedaan Dari Setiap Jenisnya. Tak banyak yang tahu apa saja turunan dari espresso ini. Sebagai barista, tentu kamu harus tahu dan mengerti perbedaannya. 

Para penikmat kopi tentunya paham akan cita rasa kopi yang pas. Yang mana tak hanya pahit saja, faktanya kopi memiliki cita rasa lain yaitu asam dan manis. Seorang barista handal akan dapat menyajikan kopi dengan perpaduan ketiga rasa yang pas. 

Kopi sendiri memiliki beberapa jenis yang pastinya memiliki cita rasa yang berbeda pula. Untuk itu, seorang barista harus bisa membedakan jenis biji kopi. Setiap jenis biji kopi memiliki ciri khas masing-masing yang mana nantinya akan mempengaruhi cita rasa yang di hasilkan atau espresso. 

Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi cita rasa espresso salah satunya adalah cara menyeduh. Cara menyeduh yang berbeda dapat menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Ada espresso yang dominan asam, manis, atau pahit tergantung dengan cara seduhnya. 

Selain itu gramasi juga sangat mempengaruhi hasil espresso. Oleh karena itu ada macam-macam espresso yang barista wajib tahu. Terdapat banyak turunan dari ekstrak biji kopi ini. Setiap turunan memiliki rasa dan ciri khas masing-masing. Setiap turunan espresso juga memiliki cara seduh yang berbeda-beda. Jumlah ml espresso yang di keluarkan tentu berbeda pula. 

Sebagai penikmat kopi pastinya dapat membedakan di antaranya. Nah sebagai seorang barista juga harus pandai dalam menyeduh biji kopi yang sesuai. Cermati perbedaan di antaranya jenis-jenis turunan tersebut. Pelajari teknik dan cara seduh yang baik agar menghasilkan cita rasa kopi yang sesuai. Tak banyak tahu macam-macam turunan espresso ini. Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini akan membahas tentang macam-macam espresso yang wajib di kuasai oleh seorang barista.

Jenis Kopi Espresso Based Yang Populer Di Kalangan Coffee Shop

Jenis kopi espresso based yang populer di kalangan coffee shop di antaranya adalah americano, caffe latte, cappuccino, dan mochachino. Untuk kamu yang bukan pecinta kopi pasti bingung apa perbedaan dari jenis kopi di atas. Padahal keempat jenis minuman tersebut sama-sama berbahan dasar kopi. Berikut ini penjelasannya agar kamu nggak salah pesen saat pergi ke coffee shop. 

Americano

Americano adalah salah satu minuman kopi yang paling sering di temui di coffee shop. Jenis kopi ini merupakan salah satu turunan dari espresso yang di tambahkan dengan air. Jadi komposisi dari americano adalah espresso dan air saja. Americano dapat di nikmati secara panas maupun dingin. 

Caffe Latte

Minuman kopi yang populer di kalangan anak muda adalah caffe latte. Caffe latte menjadi idola dari para anak muda pada saat mengunjungi coffe shop. Tak sedikit dari mereka yang mengincar latte art yang cantik. Caffe latte terdiri dari espresso yang di campur dengan susu dan sedikit foam. Basic dari caffe latte adalah panas, namun seiring jalannya permintaan caffe latte dapat di sajikan secara dingin. 

Cappuccino

Minuman yang tak kalah populer adalah capucino. Bahan dasar capucino hampir sama dengan caffe latte yaitu espresso dan susu. Namun cappucino memiliki foam yang lebih tebal di bandingkan dengan caffe latte. Tak heran jika kamu menyeruput segelas cappucino maka akan tertinggal sedikit foam di mulutmu. 

Mochachino

Mochachino merupakan salah satu turunan kopi yang sudah di padupadankan dengan bahan lain. Minuman ini terdiri dari espresso, chocolate, gula, dan susu. Mochaccino dapat di sajikan secara panas maupun dingin. Untuk kamu yang pengen ngopi tapi manis, kamu dapat memilih mochachino sebagai minumanmu. 

Macam-Macam Espresso Yang Jarang Di Ketahui

Kini maraknya coffee shop di kota-kota besar menyajikan menu minuman kopi. Namun minuman kopi yang di jual adalah kopi-kopi yang tentunya populer di kalangan anak muda. Beberapa coffee shop hanya menjual kopi sebagai teman untuk berbincang dengan kerabat atau sebagai teman untuk menyelesaikan pekerjaan. Tak jarang di temui beberapa kedai kopi yang lebih mengedepankan tempat di bandingkan rasa. 

Berikut ini macam-macam espresso yang jarang di ketahui orang namun barista wajib tahu. 

Espresso

Espresso menjadi bahan dasar dari semua minuman kopi. Jenis kopi ini menghasilkan 25-30 ml esprsso per shotnya. Pada setiap espresso menghasilkan crema yang berwarna coklat di atasnya. 

Doppio

Doppio merupakan turunan dari espresso. Jika kamu ingin menikmati kopi yang lebih strong kamu bisa memilih doppio sebagai opsi. Jika espresso menghasilkan 30 ml maka doppio menghasilkan 60 ml atau bisa di bilang double shot espresso.

Long Black

Hampir sama dengan americano, long black merupakan perpaduan espresso dengan air. Hanya saja yang membedakan adalah cara menyajikannya. Jika membuat americano espresso di tuang terlebih dahulu sebelum air, sedangkan long black air terlebih dahulu baru espresso di atasnya. 

Flat White

Mirip dengan caffe latte, flat white merupakan kopi susu. Hanya saja flat white merupakan pencampuran kopi dan susu saja tanpa adanya foam. 

Piccolo

Piccolo juga hampir sama dengan caffe latte, hanya saja ukuran gelasnya lebih kecil sehingga jumlah espresso dan susunya juga lebih sedikit. Jika caffe latte biasanya 30 ml piccolo hanya 15 ml. 

Espresso Based Dengan Perpaduan Bahan Lain Yang Tak Kalah Menarik

Selain produk-produk di atas, masih terdapat menu espresso based dengan perpaduan bahan lain yang tak kalah menarik. Kini kamu bisa memadukan bahan lain untuk menikmati secangkir kopi. Nah pastinya menu ini akan sangat cocok untuk kamu yang pengen ngopi tapi nggak terlalu strong.

Yang pertama adalah affogato. Affogato merupakan turunan dari espresso yang di mix dengan gelato atau eskrim. Jadi kamu bisa menikmati espresso dan es krim vanila.  Minuman ini akan menghasilkan perpaduan rasa kopi yang kuat dengan manisnya es krim vanila. Hmm sudah bisa di banyangkan betapa enaknya jenis turunan espresso satu ini.

Biasanya affogato di pesan sebagai hidangan penutup mulut setelah makan. Cara menikmati afogato sendiri adalah dengan menyiramkan espresso ke atas es krim vanila kemudian nikmati dengan menggunakan sendok kecil.

Turunan espresso yang lain adalah macchiato. Macchiato merupakan perpaduan espresso dengan foam susu. Segelas kecil macchiato berisikan espresso single atau double shot yang di atasnya terdapat foam susu. Foam ini akan menyamarkan rasa pahit dari espresso. 

Nah setelah membaca artikel ini pastinya kamu menjadi tahu perbedaan dari setiap jenis turunan espresso ini. Kamu jadi tahu komposisi bahan yang di gunakan dalam membuat kopi favoritmu. Jadi jangan salah pilih kopi saat berkunjung di sebuah coffee shop. 

Tentunya setiap jenis memiliki cita rasa dan ciri khas rasa kopi yang berbeda. Apalagi di tambah dengan komposisi lain yang pastinya mempengaruhi rasa kopi yang di sajikan setiap macam-macam espresso.

Back To Top