Kejuaraan Dunia Mobile Legends Sedang Berlangsung

Kejuaraan Dunia Mobile Legends Sedang Berlangsung
Kejuaraan Dunia Mobile Legends Sedang Berlangsung
Kejuaraan Dunia Mobile Legends Sedang Berlangsung

Kejuaraan Dunia Mobile Legends Sedang Berlangsung Memperebutkan Posisi Delapan Besar Pada Selasa 12 Desember 2023. Mobile Legends: Bang Bang ( MLBB ) adalah game mobile multiplayer online battle arena (MOBA) yang di terbitkan dan di kembangkan oleh Moonton, anak perusahaan ByteDance. Di rilis pada tahun 2016, game ini sangat populer; paling populer di Asia Tenggara. Pada intinya, permainan ini menyatukan 2 tim yang terdiri dari 5 orang secara real time dengan penyatuan setidaknya 10 detik dan pertandingan yang tiada batasan waktunya. Menampilkan gameplay arena pertempuran tradisional, pemain harus memperebutkan tiga jalur untuk menghancurkan tower musuh dan mempertahankan tower mereka sendiri. Cara menjadi pemenang dan pecundang di tentukan berdasarkan kemampuan, keterampilan, dan strategi.

Menyusul kesuksesannya, Moonton telah memasuki kancah esports dengan mengadakan beberapa turnamen regional yang di juluki Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) yang berfungsi sebagai kualifikasi Kejuaraan Dunia Mobile Legends. Itu adalah salah satu dari enam game yang di pilih untuk memperebutkan medali pertama kompetisi esports di Asian Games Tenggara 2019 yang di adakan di Filipina. Awalnya bernama Mobile Legends: 5v5 MOBA, rilis awal game ini pada tahun 2016 mendapat kritik karena kemiripannya dengan game MOBA lainnya, League of Legends. Akibatnya, Riot Games mengajukan gugatan terhadap Moonton atas pelanggaran hak cipta pada dua kesempatan terpisah: pada Juli 2017 dan Mei 2022. Pada bulan Juni 2020, game tersebut di larang di India bersama dengan 58 aplikasi Tiongkok lainnya karena masalah keamanan dari pemerintah.

Mobile Legends: Bang Bang World Championship 2023 yang biasa di sebut dengan M5 World Championship dan M5 merupakan edisi kelima yang sedang berlangsung dari Mobile Legends: Bang Bang World Championship, sebuah turnamen Kejuaraan Dunia Esports untuk Game Mobile Mobile Legends: Bang Bang yang di adakan di Filipina.

Kejuaraan Dunia Mobile Legends

Kejuaraan Dunia Mobile Legends atau M5 di umumkan akan di adakan di Metro Manila. Rizal Memorial Coliseum, tempat Grand Final pada 17 Desember. Bersama Moonton, Departemen Pariwisata negara tersebut akan menyelenggarakan acara tersebut. EVM Convention Center (terletak di Kota Quezon ) akan menjadi tuan rumah babak penyisihan grup dan babak sistem gugur pertama M5. Di sisi lain, babak sistem gugur dan grand final terakhir akan di adakan di Rizal Memorial Coliseum di Manila.

Penjualan tiket acara tersebut di mulai pada 25 Oktober. Lolos ke M5 World Championship berasal dari Mobile Legends: Bang Bang Professional League milik negara pesaing atau biasa di kenal dengan sebutan “MPL”. Namun kualifikasi regional di wilayah Amerika Utara, Turki, Myanmar, dan Amerika Latin juga di adakan untuk memperluas jangkauan tim Championship. Dua tim juga akan lolos dari M5 Wildcard. M5 akan menampilkan kawasan Eropa untuk keempat kalinya sejak absen di Kejuaraan Dunia M4 terakhir. Jumlah natural qualifier MPL Malaysia juga di kurangi menjadi satu. Alih-alih punya slot sendiri, Brazil kini masuk ke kawasan Amerika Latin untuk berpeluang masuk ke dua tim regional peserta kejuaraan dunia. Juara Dunia bertahan di ECHO Filipina tidak akan menyelesaikan gelar juara berturut-turut karena mereka tersingkir oleh Blacklist International di Grand Final Bawah MPL Filipina Musim 12.

Babak Grup : 2 – 7 Desember 2023

  • 16 tim akan di bagi menjadi 2 grup.
  • Single Round Robin, semua pertandingan di mainkan di Bo3.
  • 2 tim teratas dari masing-masing grup akan maju ke Babak Knockout.
  • 2 tim terbawah dari setiap grup akan tersingkir dari turnamen.

Babak Knockout : 9 – 17 Desember 2023

  • 8 tim dari Babak Grup akan bermain di braket eliminasi ganda.
  • Semua Pertandingan akan di mainkan di Bo5 kecuali Grand Final.
  • Grand Final akan di mainkan di Bo7.

Tim-tim Yang Berpartisipasi

Tim-tim Terkenal Yang Berpartisipasi termasuk ONIC Esports, SeeYouSoon, RRQ Akira dan Team SMG kembali ke panggung dunia dari kampanye Kejuaraan Dunia mereka sebelumnya. Khususnya, ONIC Esports dan RRQ Akira kembali setelah M4 dan Tim SMG dan SeeYouSoon kembali setelah M3. Di tengah format baru Kejuaraan Dunia MLBB, dua tim terkemuka di AP Bren dan Burmese Ghouls membuat comeback yang luar biasa setelah kampanye M2 mereka. AP Bren, adalah Juara Dunia MLBB M2, mengalahkan Burmese Ghouls dalam prosesnya. Sebelumnya di kenal sebagai Bren Esports, Juara Dunia M2 memiliki pemain populer seperti Carlito “Ribo” Ribo Jr., Allan “Lusty” Jr., Ralph “Coco” Sampang, dan superstar ECHO dan juara dunia dua kali Karl “KarlTzy” Nepomuceno.

Setelah kemenangan mereka atas Blacklist International, juara dunia M2 seperti Angelo Kyle “Pheww” Arcangel dan Charles “FlapTzy” Canon kembali ke panggung internasional bersama Pelatih Juara Dunia M2 Francis “Ducky” Glindro. Sedangkan Burmese Ghouls kembali membawa roster baru dengan wajah baru selain squad M2. Tim yang kembali dari Kejuaraan Dunia MLBB sebelumnya termasuk Blacklist International, ONIC Esports dan RRQ Akira sementara tim baru seperti Geek Fam Indonesia, Bigetron Sons, HomeBois, Team Flash, Triple Esports, Fire Flux Esports, TheOhioSaudara dan sebagian besar tim wildcard akan kembali bagian dari kejuaraan dunia pertama mereka.

AP Bren menandai kembalinya sebagai Juara Dunia M2 bersama Burmese Ghouls yang merupakan lawan final mereka di seri yang di sebutkan di atas, Blacklist International kembali untuk Dunia ketiga berturut-turut setelah memenangkan M3 dan runner-up untuk M4. SeeYouSoon dan Tim SMG kembali sejak M3 dan Deus Vult kembali sejak M1.

Wild Card

Turnamen M5 Wild Card merupakan turnamen kualifikasi MLBB M5 World Championship, sebuah turnamen esports Mobile Game Mobile Legends: Bang Bang. Kejuaraan Dunia M5 adalah edisi pertama yang menyertakan babak wild card. Dua tim teratas akan lolos ke turnamen utama.

Grup Wildcard : Pada tanggal 23-25 ​​November 2023

  • 8 tim akan secara acak di undi menjadi 2 grup.
  • ‘Single Round Robin’, semua pertandingan di mainkan di Bo1.
  • 2 tim paling atas dari setiap grup akan bermain di Pertandingan Crossover.
  • 2 tim paling bawah dari setiap grup pemain akan tersingkir dari turnamen.

Pertandingan Crossover : Pada tanggal 26 November 2023

  • Juara pertama akan langsung bertanding di Bo5 melawan juara kedua dari grup lainnya.
  • Pemenang di setiap pertandingan akan langsung maju ke Babak Grup.
  • Yang kalah akan langsung tersingkir.
Draw

Pada tanggal 3 November, mekanisme Group Draw di umumkan untuk Turnamen M5, bukan turnamen Wild Card. Ada tiga pool tim: Pool 1, Pool 2, dan Pool 3. Pool 1 berisi juara dan runner-up MPL Filipina dan MPL Indonesia Season 12 di AP Bren, ONIC Esports, Blacklist International, dan Geek Fam. Selanjutnya, Pool 2 berisi delapan juara dari berbagai wilayah antara lain Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Turki. Pool 3 menampilkan Deus Vult, Bigetron Sons, dan dua tim wildcard yang lolos.

Pengundian Grup mengikuti tiga prinsip utama:

  • Prinsip A : Semua Tim dari wilayah yang sama tidak dapat di masukkan ke dalam grup yang sama;
  • Prinsip B : Semua Tim dari Pool 1 tidak akan diundi ke dalam grup yang sama. Semua Tim dari Pool 3 tidak akan di masukkan ke dalam grup yang sama;
  • Prinsip C : Urutan Gambar Serpentine akan di ikuti: ABCD-ABCD-ABCD-ABCD.

Pengundian Grup di barengi dengan Konferensi Pers pada tanggal 4 November 2023. Tamu Istimewa Gerald “Dlar” Trinchera dan Jonard “Demonkite” Caranto di undang sebagai Bintang Tamu pada acara Kejuaraan Dunia tersebut.

Back To Top