Bahan Skincare Yang Di Rekomendasikan Untuk Kulit Berminyak

Bahan Skincare Yang Di Rekomendasikan Untuk Kulit Berminyak
Bahan Skincare Yang Di Rekomendasikan Untuk Kulit Berminyak
Bahan Skincare Yang Di Rekomendasikan Untuk Kulit Berminyak

Bahan Skincare Yang Di Rekomendasikan Untuk Kulit Berminyak Dan Bahan Yang Harus Di Hindari Oleh Kulit Berminyak. Kulit wajah yang berminyak menjadi musuh utama orang-orang. Bagaimana tidak, jika di sentuh, wajah kita terasa seperti ladang minyak, hal ini menimbulkan jerawat dan bruntusan di wajah. Kulit berminyak membuat kita sangat sulit jika mengaplikasikan tabir surya atau riasan. Karena tabir surya akan membuat wajah kita semakin berminyak. Riasan juga akan cepat luncur jika kita memiliki kulit wajah yang berminyak, dan terkadang ada riasan yang sulit menempel di wajah kita. Namun, bahan-bahan tertentu terbukti bisa menimbulkan stres di kulit wajah kita.

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak maka kamu harus menghindari Bahan Skincare yang bisa memancing kelenjar minyak yang terlalu aktif. Ada dua jenis faktor yang mempengaruhi kulit wajah kamu menjadi berminyak yaitu penyebab stres internal dan eksternal. Faktor internal seperti kadar hormon berlebih. Kesehatan Usus yang kurang baik akibat dari makanan yang kurang sehat. Pori-pori terbuka, hal ini bisa di sebabkan jika wajah kamu berada di suhu yang panas. Faktor eksternal seperti Iklim yang keras yaitu terlalu panas atau terlalu dingin. Penggunaan produk perawatan kulit yang salah dan mengandung Bahan Skincare yang tidak sesuai dengan kebutuhan wajah kamu. Tidak menggunakan pelembab, pelembab berfungsi mengunci minyak di wajah. Mandi air panas secara berlebihan dan juga Polusi di sekitar.

Bahan Skincare Yang Tepat Untuk Kulit Berminyak

Bukan berarti tidak ada Bahan Skincare Yang Tepat Untuk Kulit Berminyak yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran, di antaranya sebagai berikut:

  • ASAM SALISILAT

Asam salisilat adalah asam Beta-Hydroxy (BHA) yang merupakan exfoliant kimia. Ini adalah bahan yang larut dalam minyak dan ini bekerja sangat baik untuk jenis kulit berminyak untuk menyamarkan pori-pori. Jika kamu memiliki jerawat yang bermunculan atau kulit kusam maka kamu hanya memerlukan asam salisilat dengan kandungan yang rendah. Asam Salisilat berasal dari Ekstrak Kulit Pohon Willow dan sangat aman untuk di gunakan.

  • EMOLIEN

Emolien pada dasarnya adalah mentega dan minyak yang berasal dari tumbuhan. Mereka bekerja sebagai pengisi dan lebih ringan dari Oklusif. Untuk kulit berminyak, kamu bisa memadukan Emollient dengan Humektan. Cara kerjanya di sini ialah, Humektan menarik kelembapan dari kulit dan Emolien dapat bekerja sama secara efisien untuk mempertahankannya. Pilihlah minyak seperti minyak Sea buckthorn, Primrose, Rosehip, Hemp seed, Grapeseed, dan Argan yang memiliki lebih banyak kandungan asam linoleat dan tidak mengandung bahan comedogenic.

  • CLAY MASK

Jenis clay tertentu dapat di aplikasikan pada kulit kamu tergantung pada jenis kulit kamu. Jika kamu memiliki kulit yang sangat berminyak maka kamu dapat memilih masker Bentonite Clay. Jika kulit kamu menjadi berminyak dari waktu ke waktu, Anda bisa memilih masker Red Clay. Saat menggunakan clay mask, pastikan kamu tidak memakainya terlalu lama karena dapat membuat kulit kering jika di gunakan terlalu lama. 10-15 menit adalah waktu yang tepat untuk mengoleskan masker pada kulit kamu untuk mendetoksifikasi dan menghilangkan kelebihan minyak.

Kandungan Yang Tepat Untuk Kulit Berminyak

Bukan berarti tidak ada Kandungan Yang Tepat Untuk Kulit Berminyak yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran, di antaranya sebagai berikut:

  • RETINOL

Retinol cocok untuk semua orang. Jika kamu berusia pertengahan dua puluhan maka ini bahan yang tepat untuk kamu. Retinol sangat multifungsi dan kulit kamu akan menjadi sehat jika menggunakannya dengan cara yang benar. Retinol adalah Vitamin A yang dapat di peroleh dari tumbuhan maupun sintetis. Bahan ini termasuk dalam kelompok yang di sebut Retinoid dan cocok di gunakan jika kamu baru mulai menggunaka Vitamin A dalam perawatan kulit. Bahan ini merupakan vitamin anti penuaan yang kuat dan juga membantu kamu melakukan pergantian sel. Jika kamu memiliki bekas jerawat, hiperpigmentasi, pori-pori membesar, kulit berminyak, kulit kering, atau kusam, Retinol akan mengatasi semua masalah tersebut.

  • NIACINAMIDE

Niacinamide adalah Vitamin B3 yang larut dalam air yang menjadi solusi sempurna untuk kulit berminyak. Jika penyebab kulit berminyak kamu adalah dehidrasi kamu sangat cocok menggunakan ini. Niacinamide bekerja sangat baik untuk mempertahankan kelembapan, mengatur produksi minyak, dan mencerahkan kulit kamu. Ini adalah bahan serbaguna yang dapat di gunakan dalam rutinitas pagi dan petang dan juga dapat di pasangkan dengan sebagian besar bahan skincare lainnya. Untuk kulit berminyak, pelembap yang mengandung Niacinamide dapat bekerja sangat baik untuk memperkuat dan melindungi kulit. 

Yang Harus Di Hindari Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa menjadi lebih parah jika kamu menggunakan bahan-bahan ini secara khusus. Bukan berarti bahan-bahan tersebut buruk, tetapi tidak cocok untuk jenis kulit berminyak, Yang Harus Di Hindari Kulit Berminyak yaitu sebagai berikut:

  • SCRUB

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, faktor eksternal yang dapat memperparah pori-pori hingga menghasilkan minyak berlebih. Hal ini terjadi ketika pelindung pada kulit rusak. Penghalang kulit terdiri dari kelembapan dan lipid yang cukup. Kelebihan atau kekurangannya dapat menyebabkan rusaknya penghalang. Scrub fisik bisa menyebabkan itu. Butir-butir dalam scrub fisik dapat mengiritasi kulit, bahkan menimbulkan ruam, yang menyebabkan kulit menjadi merah dan berminyak. Jika kamu ingin melakukan eksfoliasi maka pilihan terbaik adalah asam salisilat, seperti yang di sebutkan sebelumnya.

  • OKLUSIF

Oklusif sangat berat pada kulit. Jika kamu menggunakannya dalam jumlah sedikit, mungkin cocok, tetapi untuk kulit yang sangat dehidrasi. Untuk jenis kulit berminyak, dehidrasi ekstrem bukanlah suatu hal yang perlu di khawatirkan. Oklusif bekerja dengan membuat lapisan kulit di bagian atas membuat kelembapan jadi terperangkap. Untuk kulit berminyak dan sensitif, ini berarti pori-pori di wajah berminyak dan tersumbat.

  • MINYAK WAJAH TERTENTU

Jika minyaknya mengandung lebih dari 60% asam oleat atau Omega 9 maka kemungkinan besar akan menyumbat pori-pori. Pilihlah dengan baik minyak wajah yang kaya akan asam linoleat atau Omega 6. Itu karena asam lemak Omega 6 merupakan bahan penting dalam membangun Ceramide yang melembabkan kulit kamu dan bisa melindunginya. 

Perawatan Kulit Yang Tepat

Kamu harus melakukan Perawatan Kulit Yang Tepat untuk wajah berminyak kamu, karena setiap permasalahan kulit memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Cobalah cara-cara perawatan kulit sebagai berikut:

  • DOUBLE CLEANSING

Jika kamu menggunakan riasan atau terkena banyak polusi, maka kamu wajib melakukan double cleansing pada wajah kamu. Pembersihan ganda atau double cleansing pada dasarnya membantu memberikan kelembutan pada kulit kamu dan menghilangkan semua kotoran secara menyeluruh. 

  • MENGGUNAKAN NIACINAMIDE

Niacinamide bisa mengencangkan kulit, membantu mengatur produksi minyak pada kulit dan juga menghidrasi kulit. Saat kamu mengaplikasikan skincare atau kulit yang lembap dan terhidrasi, kemungkinan besar skincare kamu akan terserap lebih baik. Sublime merekomendasikan Lacuna Light Niacinamide Skin Balancing Glow Tonic. Mengandung Witch Hazel, Niacinamide, Alga Merah, Vitamin C, dan Air Mawar untuk mencerahkan kulit kamu

  • MENGGUNAKAN ANTIOKSIDAN 

Gunakan serum yang kaya antioksidan dan mampu menyejukkan pori-pori. Ini akan memastikan kulit kamu tidak akan berminyak. Antioksidan akan mencegah faktor eksternal mengiritasi kulit kamu. Bahan-bahan seperti Vitamin C, Centella Asiatica, atau Niacinamide dapat menenangkan, mencerahkan dan memberikan dosis Antioksidan yang baik pada kulit sebagai Bahan Skincare.

Back To Top