Negara Iran Negri Dengan Keindahan Kisah 1001 Malam

Negara Iran
Negara Iran
Negara Iran Negri Dengan Keindahan Kisah 1001 Malam

Negara Iran Yang Sebelumnya Dikenal Persia Memiliki Sejarah Yang Sangat Panjang Mencakup Berbagai Periode Seperti Kekaisaran Achaemenid. Maka Iran memiliki salah satu tempat terpanas di dunia, yaitu Taman Pasir Laut, yang juga di kenal sebagai “Desert of Lut.” Suhu di daerah ini dapat mencapai lebih dari 70 derajat Celcius. Kaligrafi Persia, yang juga di kenal sebagai “Nasta’liq,” adalah seni tulisan tangan yang indah dan rumit, sering di gunakan dalam sastra, sastra, dan seni visual. Dan Isfahan, salah satu kota terbesar di Iran. Maka di sebut sebagai “setengah dunia” karena keindahan arsitektur dan taman-tamannya yang luar biasa Negara Iran.

Qom, sebuah kota di Iran, merupakan pusat pendidikan agama dan di kenal sebagai rumah bagi salah satu perguruan tinggi Islam tertua di dunia, Howze Hye ‘Ilmiah. Maka keramik Gereh, atau Gerash, adalah teknik tradisional pembuatan keramik di Iran yang di wariskan selama berabad-abad, menghasilkan karya seni yang unik dan berwarna-warni. Dan Iran adalah rumah bagi Puncak Damavand, gunung tertinggi di Negara Iran dan Timur Tengah, yang menjadi tujuan pendakian populer bagi para pecinta alam. Maka kota Meybod terkenal karena bangunannya yang menarik dan teratur, membentuk siluet seekor buaya ketika di lihat dari udara. Dengan bazaar Tabriz di Iran di anggap sebagai salah satu bazaar terbesar di dunia dan di akui sebagai Warisan Dunia UNESCO. Bazaar ini memiliki sejarah yang panjang dan mencakup luas area.

Salah Satu Bazaar Tertua Di Dunia Yang Masih Aktif

Bazaar Tabriz di Iran adalah salah satu bazaar tertua dan terbesar di dunia, yang memancarkan kekayaan sejarah dan keunikan budaya. Dan maka Bazaar Tabriz di akui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia pada tahun 2010. Pengakuan ini mencerminkan pentingnya bazaar sebagai pusat kegiatan ekonomi dan budaya. Maka kemudian dari pada itu di perkirakan berusia lebih dari seribu tahun, Bazaar Tabriz adalah Salah Satu Bazaar Tertua Di Dunia Yang Masih Aktif dan menjadi pusat kehidupan sosial dan ekonomi di kota. Bazaar ini memiliki arsitektur yang mempesona dengan kubah-kubah, gerbang-gerbang indah, dan lorong-lorong yang teratur. Maka setiap bangunan dan kubah memiliki detail artistik yang mencerminkan keahlian konstruksi tradisional.

Selama berabad-abad, Bazaar Tabriz menjadi pusat perdagangan dan pertukaran di kawasan ini. Berbagai jenis barang di perdagangkan di sini, termasuk tekstil, barang-barang kerajinan tangan, rempah-rempah, dan barang antik. Dan kemudian dari pada itu bazaar Tabriz dahulu merupakan bagian dari Jalur Sutra, yang menghubungkan Timur Tengah dan Eropa. Banyak pedagang dan wisatawan melintasi bazaar ini dalam perjalanan mereka. Salah satu keunikan Bazaar Tabriz adalah keberadaan berbagai toko karpet dan kilim. Tabriz di kenal sebagai pusat pembuatan karpet berkualitas tinggi, dan bazaar menjadi tempat untuk membeli dan menjual karya seni tenunan. Dan di tengah-tengah Bazaar Tabriz terdapat Masjid Mozaffariyeh yang indah. 

Karpet Persia terkenal di seluruh dunia karena keindahan desain dan kualitasnya. Maka pakaian tradisional Iran mencakup jubah panjang yang di sebut “chador,” serta pakaian tradisional seperti “sari” dan “salwar kameez.” Salah satu bagian terkenal dari Bazar Tabriz adalah “Aranmehr,” yang merupakan kawasan pedagang tekstil. Berbagai jenis kain dan pakaian tradisional Persia dapat di temukan di sini. Maka bazaar Tabriz bukan hanya tempat untuk berbelanja, tetapi juga menjadi pusat pertemuan dan sosialisasi bagi penduduk setempat. Pedagang dan pembeli sering berkumpul di toko-toko dan kafe-kafe di bazaar untuk berbincang dan bertukar cerita

Kemudian Dari Pada Itu Maka Bahasa Resmi Negara Iran Adalah Bahasa Persia (Farsi)

Iran adalah sebuah negara di wilayah Timur Tengah yang memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang sangat mendalam. Kemudian Dari Pada Itu Maka Bahasa Resmi Negara Iran Adalah Bahasa Persia (Farsi). Sastra Persia memiliki tradisi yang sangat panjang, dengan karya-karya klasik seperti “Shahnameh” karya Ferdowsi, “Divan-e-Hafez” karya Hafez, dan puisi sufi oleh Rumi. Maka kemudian dari pada itu seni kaligrafi Persia, juga di kenal sebagai “Nasta’liq,” adalah seni tulisan tangan yang rumit. Dan indah yang sering di gunakan dalam naskah sastra dan seni visual. Maka iluminasi atau iluminasi juga di terapkan pada naskah sastra dan tulisan tangan. Selanjutnya arsitektur Iran mencerminkan warisan sejarah yang kaya. Maka terutama dalam bentuk masjid-masjid megah seperti Masjid Nasir al-Mulk di Shiraz dan Masjid Sheikh Lotfollah di Isfahan.

Dan juga istana-istana kuno seperti Persepolis juga menunjukkan keindahan dan kecanggihan arsitektur Iran. Selanjutnya juga adalah musik tradisional Iran melibatkan alat musik seperti santur, tar, setar, dan ney. Salah satu genre musik terkenal Iran adalah musik klasik Persia yang di wariskan selama berabad-abad. Dan tari-tarian tradisional Iran mencakup gerakan-gerakan yang indah dan simbolik. Tariannya sering kali di sertai dengan musik tradisional dan di adakan dalam rangkaian upacara dan festival. Maka Iran memiliki berbagai festival dan upacara tradisional yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan budaya. Nowruz, atau Tahun Baru Iran, adalah salah satu festival terpenting yang di rayakan di seluruh negeri.

Dengan kesenian dan kerajinan tangan seperti kerajinan keramik, kerajinan perak, dan pembuatan karpet sangat berkembang di Iran. Desain dan warna pakaian sering kali mencerminkan identitas regional dan budaya. Iran memiliki tradisi filsafat dan pemikiran yang panjang, dengan tokoh-tokoh besar seperti Avicenna (Ibnu Sina) yang memberikan kontribusi signifikan pada bidang kedokteran, matematika, dan filsafat.

Kebab ayam Yang Dimarinasi Dengan Safron Dan Bumbu-Bumbu Lainnya

Kuliner Iran menawarkan kekayaan rasa dan aroma yang khas, di warnai dengan rempah-rempah dan bahan-bahan segar. Berikut adalah beberapa hidangan khas Iran yang patut di coba:

Hidangan ini terdiri dari nasi yang di masak hingga renyah (chelo) dan daging kebab, biasanya di sajikan dengan mentega atau saus tomat dan sayuran. Kebab ayam Yang Dimarinasi Dengan Safron Dan Bumbu-Bumbu Lainnya, kemudian di panggang atau di bakar. Dan dengan di sajikan dengan nasi dan tomat. Maka sup atau semur dengan bahan dasar kenari dan biji delima, yang biasanya disajikan dengan ayam atau daging. Rasanya manis, asam, dan gurih. Dan kemudian nasi yang di masak dengan kunyit, telur, dan yogurt, kemudian di kukus atau di panggang hingga membentuk lapisan renyah. Dapat di sajikan dengan daging atau ayam. Selanjutnya semur hijau yang terdiri dari sayuran hijau seperti daun ketumbar, prei, dan bawang, serta daging (biasanya daging domba atau daging sapi).

Sup kacang dan sereal dengan tambahan daun bawang dan sayuran, di sajikan dengan reshteh (mi bulat). Maka daun anggur yang di isi dengan campuran nasi, daging cincang, dan rempah-rempah. Ada juga varian dolma yang terbuat dari daun kubis atau luffa. Dan berbagai jenis terong yang di panggang, di cincang, dan di campur dengan tomat, telur, dan bawang. Rasanya kaya dan lezat. Maka terong yang di hancurkan dan di masak bersama dengan daging cincang, membentuk hidangan yang lembut dan lezat Negara Iran.

Back To Top