5 Rekomendasi Gunung Di Jawa Yang Cocok Untuk Pemula

5 rekomendasi gunung
5 rekomendasi gunung
5 Gunung Di Jawa Yang Cocok Untuk Pemula

5 Rekomendasi Gunung Di Jawa Yang Cocok Untuk Pemula Dengan Ketinggian Di Bawah 3.000 Mdpl Dengan Trek Landai. Mendaki gunung merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Setelah kesibukan sehari-hari yang melanda mendaki gunung dapat menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat. Kamu dapat mengajak kerabatmu untuk melepaskan penat bersama.

Tentu menjadi hal yang seru bukan. Menikmati keindahan alam di sertai dengan udara yang sejuk akan menambah keseruan. Banyak yang mengatakan bahwa mendaki adalah aktivitas yang akan membuat candu. Faktanya, tak sedikit orang yang kecanduan melakukan pendakian. Pastinya untuk melakukan pendakian membutuhkan berbagai persiapan.

Mendaki gunung akan menjadi menyenangkan jika tidak terjadi halangan apapun. Untuk kamu yang belum pernah melakukan pendakian, jangan ragu untuk mendaki. Simak terus, artikel ini akan sangat membantu kamu yang belum pernah melakukan pendakian dan terdapat 5 rekomendasi gunung untuk pemula.

Tentunya dalam mendaki gunung membutuhkan berbagai persiapan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Dalam melakukan pendakian, banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Memilih jenis gunung yang tepat menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Yang mana kita tahu setiap tempat memiliki karakteristik yang berbeda. 

Baru-baru ini jalur pendakian ramai di penuhi oleh para pendaki pemula. Mereka tertarik menikmati keindahan alam yang di sajikan selama perjalanan pendakian. Tak hanya itu, semakin banyaknya content creator yang mengangkat tema gunung menjadikan orang-orang tertarik untuk melakukan pendakian. 

Pulau Jawa sendiri merupakan pulau yang di kelilingi oleh beberapa gunung. Banyak pilihan gunung yang bisa kamu jadikan sebagai opsi untuk melakukan pendakian. Untuk kamu sebagai pendaki pemula perlu memperhatikan jalur atau trek gunung yang akan kamu lewati. Sebaiknya pendaki pemula memilih lokasi dengan trek atau jalur pendakian yang landai agar tubuh tidak kaget. Berikut ini adalah 5 rekomendasi gunung di jawa yang cocok untuk pendaki pemula.

5 Rekomendasi Gunung Untuk Pendaki Pemula

Pastinya sebagai pendaki pemula perlu mempersiapkan banyak hal sebelum melakukan pendakian. Pemilihan tempat, jalur, dan waktu pendakian tentunya harus sangat di persiapkan. Untuk pendaki pemula sebaiknya mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi. Sebagai pemanasan untuk melihat kondisi tubuh pendaki. Berikut ini adalah 5 rekomendasi gunung untuk pendaki pemula

Gunung Andong

Gunung andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl yang pastinya sangat cocok untuk pendakian pemula. Kamu cukup melakukan pendakian selama 2 sampai 3 jam saja untuk sampai ke puncak gunung ini. Terdapat 6 basecamp yang saling berdekatan untuk menuju gunung ini. Basecamp gunung andong terletak di Girirejo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang.

Gunung Prau

Gunung prau memiliki ketinggian 2.590 mdpl. Yang mana gunung ini cocok di jadikan sebagai tempat pendakian untuk pendaki pemula. Meskipun dengan ketinggian di bawah 3.000 mdpl namun keindahan alam yang di sajikan gunung ini tentunya tak mengecewakan. Gunung prau sendiri berada di Jl Raya Wonosobo – Dieng. Terdapat 5 jalur pendakian gunung prau. Untuk pemula di sarankan memilih jalur pendakian via dieng karena memiliki jalur atau trek yang landai di bandingkan yang lain. 

Gunung Kembang

Gunung kembang dapat menjadi rekomendasi untuk para pendaki pemula. Terletak di Wonosobo, tak jauh dari gunung prau, gunung juga menyajikan view keindahan alam yang tak kalah menarik. Gunung kembang memiliki ketinggian 2.320 mdpl. 

Gunung Bismo

Memiliki ketinggian 2.365 mdpl gunung bismo terletak di Dieng. Jalur pendakian di gunung ini tergolong jalur pendakian yang ringan dan sangat cocok untuk pemula. Cukup dengan 2 jam saja kamu sudah dapat mencapai puncak gunung bismo.

Gunung Merbabu

Urutan ke 5, terdapat gunung merbabu yang memiliki ketinggian yang cukup tinggi yaitu 3.145 mdpl. Gunung merbabu via selo sering di sebut gunung wisata lantaran jalur pendakian yang tidak begitu terjal di bandingkan dengan jalur lainnya. Kamu perlu menempuh kurang lebih 7-8 jam untuk mencapai puncak. 

Perlengkapan Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Pendakian

Untuk melakukan pendakian gunung tentunya banyak yang perlu kamu persiapkan. Berikut ini merupakan perlengkapan yang perlu kamu siapkan untuk pendakian

Dalam melakukan pendakian kamu perlu membawa perlengkapan yang dapat menunjang aktivitasmu selama melakukan pendakian. Perlengkapan yang harus di siapkan adalah carier atau tas gunung. Selanjutnya kamu harus menyiapkan tenda beserta matras sebagai tempat untuk kamu beristirahat.

Tentunya dalam melakukan pendakian kamu membutuhkan makanan yang menunjang. Perlengkapan makan dan masak harus kamu siapkan sebelum melakukan pendakian. Pastikan kamu membawa kompor, nesting, piring, dan logistik yang mencukupi. Logistik atau makanan yang kamu bawa harus makanan yang dapat bertahan lama dan tidak mudah busuk. Makanan yang biasa di bawa oleh para pendaki adalah sarden, indomie, dan telur. Jangan lupa membawa susu atau kopi untuk minuman hangat. 

Selain itu kamu juga harus membawa jaket, baju ganti, dan mantel untuk melindungi tubuh mu dari cuaca yang tidak menentu. Tak lupa kamu juga harus membawa senter atau head lamp jika kamu melakukan pendakian pada malam hari. 

Tak kalah penting, kamu harus membawa identitas diri mu untuk melakukan registrasi di basecamp sebelum melakukan pendakian. Identitas yang dapat kamu gunakan di antaranya adalah KTP, KTM, atau SIM. Namun ini semua tergantung dari pihak basecamp masing-masing. Setiap basecamp memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Oleh karena itu kamu harus lebih memperhatikan syarat registrasi sebelum melakukan pendakian. 

5 Tips Agar Pendakianmu Menyenangkan

Tentunya untuk mendapatkan pendakian yang menyenangkan, perlunya persiapan yang ekstra juga. Beberapa tips ini dapat kamu lakukan agar pendakianmu tidak menjadi pendakian yang gagal. Khusunya teruntuk kamu pendaki pemula agar tidak kecewa dalam pendakian pertamamu. Berikut ini 5 tips agar pendakianmu menyenangkan 

  • Pastikan badan kamu dalam kondisi fit. Pendakian gunung merupakan aktivitas yang cukup menguras energi. Oleh karena itu sebelum melakukan pendakian pastikan bahwa badan kamu dalam kondisi tidak sakit.
  • Lakukan pemanasan sebelum pendakian. Sebaiknya sebelum melakukan pendakian kamu melakukan olahraga seperti jogging untuk mengatur nafas pada saat pendakian sehingga tubuh tidak kaget selama pendakian. 
  • Tentukan waktu pendakian yang tepat. Waktu pendakian sebaiknya di lakukan pada saat musim kemarau agar lebih aman. Terlebih untuk pendaki pemula, musim hujan memiliki risiko yang cukup tinggi untuk melakukan pendakian gunung. Biasanya pada saat musim hujan akan terjadi badai di shelter atau di puncak.
  • Pastikan kamu membawa semua peralatan yang di perlukan selama melakukan pendakian. Tenda, senter, baju hangat, alat masak, alat makan, air minum, dan makanan yang cukup harus kamu persiapkan dan pastikan tidak tertinggal. Dengan begitu pendakian mu akan aman.
  • Terakhir, pilihlah teman pendakian yang seru. Apalagi untuk kamu pendaki pemula, memilih teman pendakian yang cocok tentunya akan membuat pendakian pertamamu menjadi terkesan. Pastikan teman pendakianmu adalah teman yang klop denganmu agar kamu tidak menyesal melakukan pendakian. 
Back To Top