Sensasi Mandi Air Panas Di Dekat Candi Borobodur Magelang

Sensasi mandi air panas
Sensasi mandi air panas
Sensasi Mandi Air Panas Di Dekat Candi Borobodur Magelang

Sensasi Mandi Air Panas Di Dekat Candi Borobudur Magelang Yang Memanjakan Seluruh Badan. Pemandian air panas Umbul Banyuroso terletak di Magelang. Wisata pemandian air panas ini berada di sekitaran Candi Borobudur. Setelah berwisata menyusuri sejarah candi borobudur, pastinya badan terasa capek dan pegal-pegal. Wisata pemandian air panas ini cocok menjadi pilihan untuk memanjakan badan.

Siapa yang tak suka berendam di air panas. Tentunya berandam di dalam air panas akan merefreshkan kembali otot kamu yang tegang. Tak hanya orang tua saja, faktanya semua kalangan dari anak-anak hingga remaja suka akan wisata pemandian air panas ini.

Pemandian air panas ini merupakan pemandian dari sumber mata air alami yang ada di sekitaran Candi Borobudur. Sumber mata air ini di kelola dengan baik oleh warga setempat dan di jadikan sebagai tempat wisata pemandian air panas. Tak hanya di kunjungi oleh wisatawan lokal, banyak juga wisatawan asing yang berkunjung ke tempat pemandian air panas ini.

Pemandian air panas Umbul Banyuroso ini berada tepat di Dusun Kasuran Desa Sumberarum Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Tak jauh dari wisata candi borobudur, wisata pemandian air panas ini ramai di kunjungi wisatawan. Akses jalan yang mudah juga membuka peluang wisatawan untuk datang kemari.

Cukup dengan HTM Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan Rp. 7.000 untuk anak-anak, kamu sudah dapat menikmati sensasi mandi air panas di dekat candi borobudur ini. Meskipun dengan HTM yang sangat terjangkau, fasilitas pemandian air panas ini sudah cukup bagus. Terdapat beberapa bangunan gazebo untuk tempat duduk dan menyimpan barang serta jumlah kamar mandi yang cukup banyak untuk ganti pakaian.

Senasi mandi air panas tentunya terasa kurang jika perut kamu kosong. Tak perlu khawatir, wisata pemandian air panas ini juga menyediakan cemilan seperti mendoan, indomie, dan minuman hangat yang dapat menambah sensasi kenikmatan setelah mandi air panas.

Mitos Pemandian Air Panas Umbul Banyuroso

Tak hanya menghilangkan pegal-pegal di badan. Beredar mitos pemandian air panas Umbul Banyuroso dapat menghilangkan penyakit gatal-gatal pada kulit. Sumbernya yang berada dekat dengan candi borobudur, tentunya pemandian ini menjadi salah satu peninggalan nenek moyang. Secara turun temurun, para warga sekitar mempercayai bahwa air panas umbul banyuroso dapat menyembuhkan penyakit. Faktanya banyak warga yang mengalami penyakit gatal-gatal yang kemudian sembuh setelah mandi di pemandian air panas ini.

Di lansir dari PVMBG Kabupaten Magelang yang mengambil sampel air pemandian untuk uji lab. Air panas pemandian ini mengandung sulfur yang dapat menyembuhkan penyakit kulit khususnya gatal-gatal. Kandungan sulfur atau belerang pada air panas ini bermanfaat bagi tubuh, terutama kulit. Hal ini di karenakan belerang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat memperbaiki permasalahan kulit.

Banyak warga sekitar bahkan pengunjung yang datang untuk berobat di wisata pemandian air panas ini. Biasanya mereka berendam di pagi atau sore hari untuk menghilangkan penyakit gatal-gatalnya. Namun kamu tak perlu khawatir karena pemandian ini menyediakan beberapa kolam.

Air panas yang mengandung belerang ini berbau sedikit menyengat karena merupakan aliran alami dari gunung berapi. Kandungan sulfur di dalamnya dapat berubah menjadi senyawa asam sulft dan sulfida yang berguna untuk kesehatan. Makannya setelah berendam di air panas ini tubuh akan terasa ringan dan pegal-pegal hilang.

Pastinya kamu akan merasakan sensasi yang nikmat pada saat berendam di pemandian air panas ini.

Sensasi Alam Yang Di Suguhkan Pemandian Air Panas Umbul Banyuroso

Tak hanya sensasi mandi air panas saja, ternyata pemandian air panas umbul banyuroso juga menyuguhkan pemandangan alam yang mengelokkan mata. Berada di kawasan pedesaan membuat wisata pemandian air panas ini memiliki suasana yang asri. Sungguh perpaduan yang cocok bukan, menikmati pemandangan yang asri sembari berendam di air panas. 

Sensasi alam yang di suguhkan pemandian air panas umbul banyuroso memang sangat menarik. Bangunan kolam pemandian di kelilingi oleh pepohonan yang menyejukkan hati dan pikiran. Masih banyak pepohonan asri di sekitar wisata air panas ini. Tak heran, pada saat pagi atau sore hari akan terdengar suara kicauan burung yang merdu. Di tambah lagi udara pedesaan yang masih sangat sejuk dapat membuat badan rileks setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Pastinya setelah berendam dan menikmati udara segar tubuh kamu akan terasa lebih bugar. 

Pemandian air panas umbul banyuroso terkenal dengan patung gajahnya yang berada di tepi kolam yang memancurkan air panas. Tekanan yang kuat dari pancuran tersebut memuat pengunjung yang berada di bawahnya seperti merasakan pijatan pada tubuhnya. Meskipun hanya terdapat 1 patung gajah, namun patung gajah ini memiliki 5 pancuran yang memancarkan air panas ke dalam kolam. Hal ini semakin menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pemandian air panas umbul banyuroso ini. Di jamin kamu bakal ketagihan jika sudah mencobanya.

Sensasi berendam di pemandian air panas umbul banyuroso memang unik dan berbeda. Tak sedikit pengunjung yang datang kembali setelah merasakan sensasi kenikmatan setelah berendam di air panas ini. Para pengunjung akan kembali lagi dalam jangka waktu yang singkat. Biasanya pengunjung datang setiap 2 minggu sekali untuk memanjakan badan dan pikirannya di pemandian air panas umbul banyuroso ini. Kenikmatan air panas yang merendam tubuh dan pemandangan asri yang di suguhkan pemandian ini membuat para pengunjung akan kembali lagi berwisata dengan sensasi mandi air panas

Pemandian Air Panas Umbul Banyuroso Mendatangkan Rejeki Bagi Warga Sekitar

Tentunya, dengan di kelola nya wisata pemandian air panas ini akan mengundang wisatawan asing untuk datang kemari. Dengan begitu, pemandian air panas ini dapat menjadi sumber rejeki bagi warga sekitar pemandian. Terkelolanya pemandian air panas menjadi tempat wisata mendatangkan dampak positif untuk warga setempat.

Di ketahui, pemandian air panas ini di kelola oleh warga setempat. Tentunya hal ini dapat menjadi pemasukan untuk warga setempat. Di lansir dari salah satu warga di sana, pemandian air panas umbul banyuroso yang ramai di kunjungi wisatawan membuat banyak warga setempat mendapatkan pekerjaan. Tak sedikit warga yang menjajakan minuman di sekitar area wisata pemandian. Beberapa ibu rumah tangga juga menjual makanan di warung-warung sekitar pemandian air panas umbul banyuroso ini. Jika kamu berkunjung kesini, jangan lupa mampir ke warung-warung ya.

Bahkan warga yang tak punya pekerjaan menjadi mempunyai pekerjaan setelah adanya tempat wisata ini. Beberapa warga mendapatkan pekerjaan sebagai tukang parkir di wisata pemandian air panas umbul banyuroso ini. Dengan tarif parkir yang cukup terjangkau, terkelolanya wisata ini dapat menjadi pemasukan untuk warga sekitar. 

Oleh karena itu, pemandian air panas umbul banyuroso mendatangakan rejeki bagi warga sekitar.

Back To Top