Olahraga Yoga Di Rumah Dengan Gerakan Sederhana

Olahraga Yoga Di Rumah Dengan Gerakan Sederhana
Olahraga Yoga Di Rumah Dengan Gerakan Sederhana
Olahraga Yoga Di Rumah Dengan Gerakan Sederhana

Olahraga Yoga Di Rumah Dengan Gerakan Sederhana Yang Bisa Kamu Coba Untuk Menjaga Kesehatan Fisik Dan Mental. Bukan hanya sekedar latihan fisik, Olaraga Yoga merupakan latihan tubuh dan pikiran secara menyeluruh. Ada beberapa latihan khusus, yang di sebut gerakan, di kombinasikan dengan cara pernapasan yang khusus dan juga prinsip saat melakukan meditasi adalah landasan utama yoga. Jika suatu gerakan memberi rasa sakit atau ternyata terlalu sulit, ada modifikasi dan variasi yang bisa dil akukan untuk membantu kamu. Alat yang membantu sepertiselimut, balok, dan juga tali pengikat bahkan kursi, bida di gunakan untuk membantu kamu dalam melakukan gerakan tersebut dan mendapat manfaat yang maksimal.

Olahraga Yoga bukanlah hal yang mudah dan belum tentu bisa di lakukan oleh siapa saja. Latihan yoga yang baik untuk kamu tergantung dari tujuan pribadi dan kebutuhan yang kamu inginkan. Yoga memiliki manfaat yang banyak dan sangat luas. Biasanya, olahraga yoga dengan teratur dan sesuai anjuran bisa membantu menjaga kesehatan persendian dan juga punggung. Memperbaiki postur tubuh yang di rasa berbeda secara menyeluruh. Bisa membantu merenggangkan dan juga memperkuat otot. Dan terakhir bisa membantu meningkatkan keseimbangan tubuh kamu.

Ketika kita melakukan yoga, kita juga sedang belajar mengendalikan fokus kita. Fokus yang di hasilkan dari latihan yoga bisa membantu mengatur pernapasan kamu yang dapat menenangkan seluruh tubuh kamu. Ini juga menjadikan kamu lebih bisa memperhatikan seluruh tubuh kamu dengan baik dan membantu kamu bergerak lebih lihai dan mudah. Jika kita rajin melakukan yoga, badan kita akan terasa ringan dan fleksibel. Hal ini karena gerakan-gerakan yoga membantu kamu merileksesikan seluruh tubuh kamu dengan baik.

Manfaat Olahraga Yoga

Manfaat Olahraga Yoga sangat banyak sekali untuk kesehatan fisik dan mental kita, manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi Nyeri Punggung; Jika kamu rutin melakukan yoga minimal seminggu sekali atau lebih ternyata bisa mengurangi nyeri pada punggungmu. Karena ketika kita yoga seluruh badan kita akan melakukan perenggangan.
  • Memperkuat Tulang; Dalam sebuah penelitian, orang yang rajin melakukan yoga terbukti mengalami kenaikan kepadatan tulang mereka di tulang bagian pinggul dan bagian belakang mereka. Jauh lebih efektif ji di bandingkan dengan orang-orang yang harus rajin ke dokter untuk memperkuat tulang mereka.
  • Meningkatkan Keseimbangan: Sudah di buktikan oleh atlet pria selama 10 minggu mengikuti kelas yoga, mereka menjadi lebih seimbangan daripada atlet yang tidak melakukan yoga. Karena yoga membantu mereka memusatkan fokus menjadi satu titik.
  • Mencegah Penurunan Mental: Dalam sebuah penelitian, orang yang menggunakan kombinasi meditasi dan yoga jika di bandingkan dengan tes otak empunyai pemikiran yang jauh lebih baik mengenai tes memori visuospasial, yaitu ingatan yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan juga kemampuan mengingat yang tinggi untuk mengetahui objek dan menjelajahi dunia.
  • Mengurangi Stres: Sebuah penelitian mengatakan bahwa gerakan yoga dapat membantu mengurangi tekanan dalam hidup, mental dan juga gejala stres psikologis yang di akibatkan oleh pikiran dan juga fisik yang terkait. Meringankan Depresi: Olahraga Yoga terbukti meringankan depresi yang di alami seseorang. Karena olahraga yoga memfokuskan pikiran kita kepada hal-hal positif yang mententramkan jiwa. Maka dari itu olahraga yoga ini sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental, juga dapat di lakukan oleh siapa saja.

Kelas Yoga

Hal terpenting yang harus di lakukan ketika memulai latihan yoga atau kebiasaan kesehatan baru lainnya. Kunci suksesnya adalah melakukannya secara rutin. Mulailah dari yang kecil dan mudah di atur. Yoga dapat di lakukan di rumah, namun bagi pemula penting untuk mencoba satu atau dua kelas yang di ajarkan oleh instruktur berpengalaman. Secara privat atau berkelompok, untuk memastikan kamu melakukan latihan yoga dengan aman. Berikut Kelas Yoga yang bisa kamu ikuti: 

  • Yoga Hatha: Kebanyakan gaya yoga yang di ajarkan saat ini adalah bentuk hatha yoga. Merupakan istilah umum yang merujuk pada bagian fisik yoga, bukan filosofi atau meditasi yoga. Kelas yoga Hatha kemungkinan besar merupakan kombinasi pose dan latihan pernapasan. Namun sulit untuk mengetahui apakah kelas tersebut menantang atau lembut. Tanyakan kepada sekolah atau guru untuk mengetahui lebih lanjut tentang tingkat kelas yang di jelaskan hanya sebagai Hatha yoga.
  • Yoga Ashtanga: Ini adalah gaya yoga yang menantang yang berpusat pada serangkaian rangkaian yoga progresif. Secara tradisional, di praktikkan oleh siswa sendiri di bawah bimbingan seorang guru. Jika kamu berpikir yoga bukanlah olahraga, kamu belum mencoba kelas Ashtanga. Kelas mencakup pose lanjutan seperti keseimbangan lengan dan inversi termasuk headstand dan shoulder stand. Siswa pemula sangat di sarankan untuk belajar dengan guru yang berpengalaman. Kelas Ashtanga juga sering kali mencakup ajaran filosofi yoga.
  • Power Yoga: Seperti namanya, power yoga adalah gaya yoga menantang yang bertujuan untuk membangun kekuatan. Kelas-kelas ini akan mencakup pose dan inversi tingkat lanjut seperti headstand dan handstand yang membutuhkan banyak kekuatan.
  • Vinyasa atau Aliran: Kelas-kelas ini biasanya terdiri dari rangkaian pose yoga yang mengalir cukup energik. tergantung pada levelnya, pose tingkat lanjut, seperti keseimbangan lengan, headstand, shoulder stand, dan handstand. Banyak kelas vinyasa memiliki musik pengiring yang di pilih guru.

Kelas Yoga Online

Jika kamu tidak menemukan kelas yoga di sekitar tempat tinggalmu, atau kelas yoga tersebut berada sangat jaih dari rumahmu. Kamu bisa mencoba Kelas Yoga Online, ini sama saja dengan kelas yoga seperti biasanya, namun kamu menggunakan perangkat pintar dirumah dan melakukan yoga sendirian. Berikut rekomendasi kelas yoga online yang bisa kamu ikuti:

  • Gaia : Gaia menawarkan streaming kelas yoga tanpa batas, dengan banyak guru, termasuk instruktur populer seperti Rodney Yee dan Patricia Walden. Kamu dapat memilih kelas berdasarkan durasi, gaya, guru, level, dan fokus. Situs komprehensif ini juga memiliki seri khusus untuk pemula, pelancong, atlet, dan penurunan berat badan. 
  • YogaGlo : Seperti Gaia, YogaGlo menawarkan beragam gaya dan guru yoga, ada lebih dari 3.500 kelas yang di tawarkan, mulai dari lima menit hingga dua jam. Dan seperti Gaia, kelas meditasi dan filosofi yoga juga di tawarkan. Yoga Studio : Aplikasi ini di rancang untuk memberi kamu pengalaman yoga optimal di ponsel kamu. kamu tidak memerlukan akses ke internet setiap saat karena kamu mengunduh kelas dan ukuran unduhannya tetap kecil. Situs ini memiliki lebih dari 60 kelas berdurasi 15 hingga 60 menit dan panduan pose.
  • Curvy Yoga Studio : Situs ini, di pimpin oleh Anna Guest-Jelley, pendiri Curvy Yoga, di maksudkan untuk menjadi portal yoga yang ramah bagi semua ukuran tubuh. Dengan fokus memberikan petunjuk tentang cara memodifikasi pose yoga jika kamu kelebihan berat badan. Akses ke praktik langsung mereka dan perpustakaan eBook mini tentang berbagai topik mulai dari cara mendirikan studio yoga di rumah hingga cara memulai latihan meditasi dan Olahraga Yoga.
Back To Top