Fungsi Lain Google Drive Yang Tak Banyak Di Ketahui

fungsi google drive
Fungsi Lain Google Drive Yang Tak Banyak Di Ketahui

Fungsi Lain Google Drive Yang Tak Banyak Di Ketahui Orang Dan Tentunya Sangat Bermanfaat Untuk Memudahkan Pekerjaanmu. Ternyata google drive tak hanya berfungsi untuk menyimpan file dokumen atau foto saja. Ada banyak fungsi lain yang dapat kamu manfaatkan dari google drive. Banyak yang tidak tahu fitur-fitur lain yang dapat berfungsi dari google drive ini. Tentunya fitur-fitur ini akan banyak membantu dan memudahkan pekerjaan kamu.

Akses google drive yang mudah membuat aplikasi ini banyak di gunakan oleh semua kalangan. Pastinya semua smartphone dapat dengan mudah mengakses aplikasi ini. Biasanya orang-orang memanfaatkan aplikasi ini untuk menyimpan foto-foto atau dokumen penting. Dengan memori google drive yang cukup banyak membuat aplikasi ini menjadi pilihan anti ribet untuk mencadangkan file-file nya.

Cukup dengan mendaftarkan email saja, kamu sudah dapat menikmati manfaat dari google drive ini. Memback up foto maupun video ke dalam google drive banyak di lakukan orang agar memori handphone nya tidak penuh. Google drive menjadi pilihan untuk mengosongkan memori handphone.

Namun, untuk beberapa orang memori ini di rasa kurang sehingga tak sedikit orang yang membuat akun baru untuk menyimpan file di google drive. Banyak di temui muda-mudi yang membuat akun kedua bahkan ketiga untuk memanfaatkan fitur penyimpanan google drive ini.

Ternyata masih banyak manfaat lain dari google drive yang dapat kita akses dengan mudah. Selama ini kita tahu bahwa fungsi dari google drive adalah untuk menyimpan foto maupun dokumen atau file-file penting saja. Tak banyak yang tahu fungsi-fungsi lain dari google drive. Banyak fitur lain dari google drive yang dapat memudahkan pekerjaan kamu, salah satunya adalah untuk berbagi file. Dalam artikel ini akan membahas tentang fungsi lain dari google drive yang belum banyak di ketahui orang. Pastinya setelah mengetahui fungsi ini pekerjaan kamu akan semakin mudah. Mari simak baik-baik fungsi lain dari google drive.

Fungsi Lain Dari Google Drive

Biasanya orang memanfaatkan google untuk menyimpan foto atau file-file saja. Tak banyak yang tahu manfaat lain dari aplikasi ini. Berikut merupakan fungsi lain dari google drive

Selain untuk membackup foto dan file-file, ternyata google drive juga dapat di gunakan untuk memback up chat whattsapp. Pada saat ganti smartphone, agar chat whattsapp mu tidak hilang, kamu dapat memback up nya di google drive. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuka pengaturan whatssapp lalu pilih cadangakan chat. Sambungkan akun google drive kamu untuk menyimpan chat tersebut.

Selanjutnya, tak banyak tahu bahwa aplikasi ini dapat di gunakan untuk berbagi file tanpa mengirim file. Kamu hanya perlu mengupload file yang kamu pilih lalu buat file tersebut dapat di lihat atau di akses oleh semua orang. Tentunya ini akan sangat memudahkan dan membantu kamu dalam bekerja sama dengan tim kamu. Kamu tidak perlu mengirimkan file kepada tim kamu secara satu persatu. Dengan fitur ini, semua tim kamu dapat dengan mudah mengakses file dokumen yang sedang kalian kerjakan.

Dengan google drive, kamu juga bisa menyimpan catatan secara online. Bekerja sama dengan fitur google yang lainnya, kamu dapat membuat dan mengedit catatan melalui google document yang mana nantinya akan otomatis tersimpan di google drive. Semua file dokumen akan terbackup di google drive asalkan kamu menggunakan akun yang sama.

Aplikasi google drive juga dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan link browsing yang kamu butuhkan. Google drive dapat dengan mudah menyimpan link tersebut tanpa kamu copy paste. Caranya adalah dengan memasang eksistensi google drive pada chrome kamu. Kamu hanya perlu klik ikon segitiga lalu pilih save link to google drive.

Tentunya semua fitur yang ada di google drive akan sangat membantu kamu dalam menjalankan pekerjaan. Kamu dapat mengakses google drive dengan sangat mudah asalkan kamu mempunyai akun pada google drive. Berikut ini adalah cara membuat akun pada google drive

Cara Membuat Akun Google Drive

Cara membuat akun google drive sangat mudah sekali. Hanya dengan memasukan akun google atau alamat email kamu sudah dapat masuk ke google drive. Begitu banyak manfaat yang di berikan google drive untuk meringankan pekerjaanmu.

Syarat membuat akun google drive adalah kamu harus memiliki email yang aktif. Sebelumnya, kamu harus membuat akun email di google terlebih dahulu. Akun email harus di pastikan aktif dan dapat berfungsi dengan baik. Setelah mempunyai akun google melalui alamat email, kamu dapat dengan mudah untuk masuk ke google drive.

Buka laman google drive melalui laptop dan pilih login melalui email. Masukkan alamat email yang telah kamu miliki dengan benar. Tunggu beberapa saat lalu kamu akan berada di beranda google drive. Jika menggunakan smartphone, kamu perlu menginstal aplikasi google drive terlebih dahulu. Caranya tak jauh berbeda dengan menggunakan web di laptop. Kamu cukup memilih login melalui email dan masukan alamat email kamu dengan benar. Setelah itu kamu dapat menikmati fitur-fitur yang di miliki oleh google drive.

Keunggulan Google Drive

Selain memiliki banyak manfaat yang berfungsi memudahkan pekerjaan, google drive juga memiliki banyak keunggulan. Oleh karena itu, google drive sangat di gemari oleh semua orang. Hampir semua orang yang memiliki smartphone memiliki google drive di dalamnya. Tak heran aplikasi ini menjadi aplikasi wajib semua orang.

Ada banyak keunggulan dari aplikasi ini, di antaranya adalah kemudahan mengakses aplikasi. Aplikasi ini dapat di akses di mana saja dan kapan saja asalkan kamu memasukkan alamat email dengan benar. Dalam keadaan darurat kamu dapat mengakses google drive melalui laptop atau smartphone milik teman atau rekan kerjamu. Kamu dapat login google drive menggunakan alamat email kamu di perangkat orang lain dan kamu dapat mengakses file yang ada di dalam google drive milikmu.

Google drive juga dapat di akses lebih dari satu perangkat. Kamu dapat mengakses google drive baik di laptop maupun di smartphone secara bersamaan. Satu akun google drive dapat login di beberapa perangkat asalkan memasukan alamat email yang sama. Sehingga kamu tak perlu bolak balik login google drive dari laptop maupun dari smartphone.

Selain itu, kamu juga dapat mengelompokkan dokumen sesuai dengan jenisnya. Dengan mengelompokkan dokumen ke dalam file yang sejenis tentunya akan semakin memudahkan pekerjaanmu. Selain itu, adanya fitur pencarian di google drive juga akan sangat membantumu menghemat waktu. Kamu dapat mencari file dengan mudah hanya berdasarkan kata kunci pada file kamu. Cukup ketik kata kunci tersebut lalu google drive akan memfilter file yang sedang kamu cari.

Nah itu dia berbagai keunggulan google drive.

Back To Top
Exit mobile version