Freelance Voice Over Dan Serba Serbi Yang Menghasilkan

Freelance Voice Over
Freelance Voice Over Dan Serba Serbi Yang Menghasilkan

Freelance Voice Over Yang Menghasilkan Cuan Lebih Di Era Sandwich Bagi Generation Z Dengan Serba Serbinya Di Dalamnya. Seperti yang menjadi kebanyakan masalah utama pada kalangan mahasiswa untuk berjuang demi memenuhi kebutuhan hidup di selang waktu perkuliahan. Tak hanya menambah cuan atau menambah pemasukan, namun freelance juga menambah pengalaman bagi para mahasiswa untuk bekerja nantinya. Tentu ada banyak sekali pengalaman yang bisa mahasiswa ambil dari pengalaman dari freelance bagi para sandwich generation. Tidak hanya itu saja, mahasiswa yang bekerja sambil meluangkan waktu bekerja menjadi freelance akan lebih bisa mengatur waktu. Menjadikan batu loncatan bagi para mahasiswa yang nantinya akan bekerja nantinya.

Dan salah satunya yang menjadi batu loncatan atau terkhusus bagi mahasiswa yang ingin berpenghasilan di tengah gencarnya keperluan sebagai mahasiswa. Maka salah satunya dari pekerjaan freelance voice over yang juga sangat menguntungkan bagi mahasiswa. Yang tentu menjadi solusi pekerjaan sampingan untuk anda mahasiswa yang mencari pekerjaan paruh waktu.

Apalagi saat ini yang talent voice over juga sangat di butuhkan untuk di era yang serba menggunakan digital seperti ini. Menjadi kebutuhan bagi para perusahaan yang bergerak di bagian televisi dan sebagian. Hal ini menjadi sebuah peluang bagi para mahasiswa untuk mencari tambahan dan memiliki skill di bidang suara yang unik. Untuk itu, menjadi freelance voice over juga menjadi salah satu rekomandasi yang juga perlu di pertimbangan bagi mahasiswa. Apalagi talent di Indonesia juga banyak sekali berbakat dan perlu untuk di coba.

Penyiaran merupakan hiburan lewat media elektronik atau juga bisa di katakan proses penyampaian informasi. Dan salah satunya dengan menggunakan teknik penyiaran, yaitu menjadi talent freelance voice over.

Namun tidak semudah yang di bayangkan, menjadi talent VO juga tidak mudah. Tentu di perlukan teknik-teknik yang harus di pelajari dan terus di latih. Guna untuk menghasilkan karakter suara yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa Voicer Over itu ?

Voice Over (VO) merupakan suara tidak hadir secara fisik karena bekerja di belakang layar. Pekerjaan freelance ini di gunakan untuk memberikan informasi apa saja untuk menambahkan kejadian apa saja yang sedang terjadi. Terlebih teknik produksi berupa perekaman suara untuk keperluan-keperluan tertentu seperti acara televisi, acara dokumenter, iklan, video game dan masih banyak lainnya.

Menjadi Seorang talent VO biasanya memiliki kemampuan untuk mengubah gaya suara sesuai kebutuhan, intonasi, dan nada dari talent.

Voice over juga berperan membawa pesan yang jelas dan tentunya menghibur.  Terlebih alur voice over biasanya di atur dengan kenyataan sebenarnya.

Berikut ketentuan mengenai menyangkut voice over:

  1. Adanya keterbatasan dengan videonya dan juga dengan datanya
  2. Informasi berita mengikuti flow dengan waktu tayangnya
  3. Dan sangat mempunyai keterbasan waktu yang kurang lebih 35 detik -60 detik

 

Tentu bagi sebagian anda atau mahasiswa punya skill dengan suara yang enak di dengar. Pekerjaan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang menyukai hal-hal berbau speaking namun malu untuk berbicara di publik. Terlebih jumlah dari talent VO dari Indonesia sendiri juga belum banyak ada dan belum banyak peminatnya.

Namun seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, perlu teknik-teknik bagi calon talent VO yang ingin menekuni pekerjaan ini. Selain peminatnya belum banyak, menghasilkan yang bisa di hasilkan juga cukup besar. Bahkan lebih besar dari pekerjaan lain yang tidak freelance.

Terlebih dengan semakin canggihnya dunia digital dan banyaknya terbit konten-konten berbobot yang membutuhkan voice over. Menjadi peluang bagi mahasiswa yang mempunyai skill dan teknik dalam menekuni voice over ini.

Apalagi bagi mahasiswa mengharuskan membayar sesuatu dengan biaya pribadi. Biasa yang kita kenal dengan sandwich generation. Untuk menghasilkan beberapa menghasilkan guna memenuhi kebutuhan pribadi maupun yang tidak bersangkutan dengan dirinya. Menjadi salah satu talent voice over menjadi pilihan tepat. Terlebih banyaknya mahasiswa yang sangat berbakat di bidangnya.

Fungsi Menjadi Talent Voice Over

Seperti yang telah di kutip oleh Glints, fungsi secara spesifik dari voice over ini merupakan suatu hal yang beragam atau bervariatif dan lebih tergantung dari pada jenis video- video yang menyertainya.

Dalam info komersial, iklan, dan video promosi, kegunaan voice over tak lain untuk memberikan informasi tambahan tentang suatu produk atau layanan.

Terlebih dengan film maupun acara-acara televisi yang sering menggunakan Talent Voice Over untuk menceritakan hal-hal atau point penting dari sebuah penyampaian informasi. Tentu informasi akan jauh lebih di pahami bagi penikmat film ataupun acara-acara televisi.

Terlebih sementara itu, siaran berita maupun film dokumenter untuk menggunakan voice over untuk konteks ataupun komentar pada video dan gambar yang sudah di sediakan.

Maka dari itu pentingnya ada voice over untuk meraih informasi lebih jelas dengan berbagai dokumentasi di dalamnya. Menjadi hal yang sangat berguna sekali dan salah satu pekerjaan yang perlu terus di asah. Bagi pemula yang sudah mempunyai skill namun tetap saja membutuhkan waktu dan teknik-teknik untuk menjadi seorang voice over.

Namun bagi talent VO tentu harus mampu menyesuaikan cara menyampaikan makna atau pesan nantinya akan di sampaikan sesuai dengan isi konten dan jenis terkait. Agar nantinya tidak terjadi misscom dan tidak menyampaikan informasi yang kurang tepat. Pastikan juga bagi voice over menyampaikan naskah atau informasi dengan tepat. Talent voice over juga harus mempunyai nada intonasi, emosional dan intonasi yang sesuai. Maka penyampaian akan lebih mudah di mengerti dan di rasakan bagi para pendengarnya.

Untuk itu di perlukan pendalaman dan latihan yang cukup untuk menekuni konten yang akan di isi dengan voice over. Agar emosional, nada dan intonasi menjadi hal yang juga di rasakan oleh talent voice over. Maka dari itu di perlukan waktu yang juga cukup untuk merasakan seluruh nada, emosional dan intonasi yang tepat.

Kelebihan Dan Kelemahan Voice Over

Tentu suatu pekerjaan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua kembali kepada masing-masing dan menyikapi suatu pekerjaan tersebut. Seperti yang telah di lansir kompas.com adapun Kelebihan Dan Kelemahan Dari Voicer Over yaitu :

Berikut merupakan beberapa kelebihan dari industri voice over :

  1. Waktu kerja yang sangat fleksibel
  2. Pekerjaan yang dapat menghasilkan uang lebih hanya dengan part time
  3. Tidak ada aturan berseragam dan lain yang resmi
  4. Terlebih dengan lingkungan kerja yang nyaman dengan studio yang tenang dan tentu berekspresi akan jauh lebih bebas.

Dan tentu di balik kelebihan tentu ada kelemahan untuk menjadi talent VO, karena industri ini juga tetap mempunyai beberapa kekurangan. Dan berikutlah sejumlah kekurangan industri menjadi talent voice over :

  1. Sudah menjadi kewajiban melindungi suara agar selalu sehat
  2. Tentu membangun karir yang juga lama
  3. Penghasilan sesuai apa yang di kerjakan atau bisa di katakan tidak tetap

Namun tetap saja menjadi talent voice over apalagi dengan sudah mempunyai skill suara merdu. Akan sangat perlu di coba bagi mahasiswa gen z untuk mencoba Freelance Voice Over.

Back To Top
Exit mobile version