Rasa Depresi Dan Cara Mengatasinya

Rasa Depresi Dan Cara Mengatasinya
Rasa Depresi Dan Cara Mengatasinya

Rasa Depresi Dan Cara Mengatasinya menggunakan metode-metode yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penyakit mental dan emosi sangat beragam. Mulai dari fobia umum atau rasa takut yang tak masuk akal terhadap hewan maupun benda mati dan hidup. Hingga gangguan yang dapat memicu orang yang mengalaminya untuk menyakiti dirinya sendiri ataupun mengakhiri hidupnya. Wujud terkecil dari gangguan emosi nyaris umum terjadi pada hampir semua orang. Hal itu di anggap sebagai bagian yang tak terhindari dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa orang yang tidak mengalami peristiwa apa-apa sewaktu mereka merasa sedang tertekan, gelisah, atau Rasa Depresi daripada biasanya. Ada beberapa di antaranya yang tidak mengalami rasa dingin atau perut mual. Banyak orang beranggapan saat-saat terburuk Rasa Depresi adalah ketika rasa gelisah menjadi memuncak atau perasaan yang menjadi tidak menentu. Dan yang terakhir adalah orang-orang yang mengalami gangguan akut atau Rasa Depresi yang berlebihan.

Gangguan depresi berat memiliki ciri khas yaitu perasaan yang sedih sangat mendalam dan hampir menghancurkan individu. Kondisi ini sering di picu oleh kejadian yang menimbulkan rasa gelisah, namun tidak mudah menangani situasi ini, penderita depresi bisa terperosok ke dalam kesedihan dan kehampaan yang bisa membuat penderita mengalami keputusasaan. Kondisi ini biasanya di sertai dengan susah untuk beristirahat, mengalami gangguan tidur dan juga makan. Penderita depresi di penuhi rasa keputusasaan dan tidak berguna, cenderung mengalami kecemasan dan menyalahkan diri sendiri.

Dalam beberapa hal, depresi di gambarkan sebagai gangguan mental dan juga emosi. Penderita depresi yang parah akan kehilangan gairah hidupnya sehingga dia gagal memperhatikan kehidupannya sehari hari. Dia lebih banyak menarik diri dari kehidupan sehari-hari dan membatasi hubungan sosial. Penderita merasa di hantui oleh masa lalu dan takut akan masa depannya. Dia merasa gagal sepenuhnya dan bahkan yakin bahwa Tuhan mengabaikannya. Penderita depresi berat kehilangan kontak dengan Tuhan, sama halnya dengan kehidupan realitas. 

Mengatasi Rasa Depresi Ringan

Sejumlah tindakan dan langkah untuk melawan dan Mengatasi Rasa Depresi Ringan dalam kehidupan tanpa harus ke psikiater. Depresi ringan biasanya adalah perasaan sedih sementara yang bersifat ringan dan normal serta bisa menyerang semua orang akibat suatu masalah atau gagal dalam memenuhi ekspetasi. 

1. Menemukan Bakat dan Minat; Penting untuk menemukan bakat dan minat yang sangat kita sukai, sehingga hal tersebut bisa menjadi hal positif yang dapat kita tekuni. Jika kita mempunyai minat dan bakat dalam suatu hal, kita merasa bahwa kehidupan kita menjadi lebih berwarna.

2. Berbesar Hati dan Bersikap Baik; Berbesar hati untuk menerima semua yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Kemudian percaya bahwa apa yang kita terima adalah hal paling baik yang kita dapatkan. Bersikap baik kepada sesama, karena kebaikan sekecil apapun pasti akan di balas Tuhan dengan kebaikan-kebaikan lainnya.

3. Bersikap Jujur Pada Diri Sendiri; Berani bersikap jujur kepada diri sendiri dan berhenti menjadi orang yang tidak enakan. Biasanya orang cenderung menyenangkan orang lain karena merasa tidak enak dan juga takut orang lain akan tersinggung. Padahal kebahagiaan orang lain bukan menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia, beranilah untuk menolak atau berkata tidak kepada orang lain.

4. Berpikir Positif; Berpikiran positif setiap saat akan membawa dampak yang positif juga bagi kehidupan kita sehari-hari. Jika kita berpikiran positif terhadap apapun, maka apapun yang terjadi kedepannya kita anggap sebagai hal terbaik yang terjadi dalam hidup kita.

5. Jangan Mencemaskan Semua Hal; Banyak sekali orang yang merasa cemas dan panik ketika di hadapkan dengan suatu masalah. Cobalah berkata kepada diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja bila kita di hadapkan dengan suatu masalah. Jika kita bersugesti bahwa masalah kita akan selesai dengan mudah, maka hal itu benar-benar akan terjadi, hal ini merupakan sugesti dari alam bawah sadar kita.

Mengatasi Dari Diri Sendiri

Sering kali kita melibatkan orang lain atau sebuah lembaga untuk mengatasi rasa depresi yang kita alami, namun hal yang paling penting adalah Mengatasi Dari Diri Sendiri. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Berhenti Insecure Terhadap Orang Lain; Sering kali kita merasa insecure terhadap pencapaian yang di miliki oleh orang lain. Kita menganggap bahwa diri kita sangat tertinggal jauh karena kita membandingkan apa yang kita miliki dengan orang lain. Padahal setiap orang memiliki prosesnya masing-masing dan kita juga sedang berproses. Cobalah untuk berbahagia dengan pencapaian orang lain, kemudian jadikan itu motivasi untuk kita mencapai apa yang kita mau.

2. Berhenti Hidup di Masalalu; Kita merasa bahwa kejadian-kejadian di masalalu yang membentuk kehidupan kita yang sekarang. Sehingga kita hanya hidup di masalalu dan berharap bahwa kita bisa mengubah saat itu. Jadikanlah masalalu sebagai sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi kehidupan kita dan jangan sampai kita mengulangi kesalahan kita di masalalu.

3. Jangan Berlarut-larut dalam Kesedihan; Berlarut dalam kesedihan berkepanjangan sangat tidak baik bagi mental dan kesehatan. Orang yang berlarut dalam kesedihan biasanya adalah orang yang belum mampu menerima suatu hal yang terjadi dalam hidupnya. Mulailah menerima semua kesedihan yang terjadi dalam hidup kita, bangkit dengan melakukan hal-hal kecil yang membuat kita bahagia. Percaya bahwa di balik kesedihan pasti akan ada kebahagiaan yang akan datang.

4. Bertanggungjawab Terhadap Diri Sendiri; Diri kita bukanlah tanggung jawab orang lain dan juga orang tua kita. Kitalah yang bertanggungjawab terhadap diri kita sendiri dan semua kejadian yang terjadi dalam hidup kita. Bila kita gagal dalam suatu hal, atau merasa ada yang salah, tanyakan kembali ke diri sendiri sebab semua itu bisa terjadi. Kemudian perbaiki hal tersebut, ini merupakan bentuk tanggungjawab terhadap diri sendiri.

Berdoalah Terus Menerus

Berdoalah Terus Menerus dan bicara dengan Tuhan melalui doa-doa yang selalu kita panjatkan bisa menjadi terapi sprilitual kita. Apapun yang terjadi dalam hidup kita, terwujud ataupun tidak terwujud, tetaplah panjatkan doa kepada yang maha kuasa. Kita tidak pernah tau doa mana yang akan di kabulkan nanti, berdoalah sepanjang hari, sepanjang tahun dan seumur hidup. Tiap bait-bait doa yang kita panjatkan memiliki harapan besar untuk di kabulkan.

Banyak orang yang menyalahkan Tuhan atas setiap kejadian yang terjadi dalam hidup, mereka merasa bahwa Tuhan tidak adil karena Tuhan tidak mengabulkan doa mereka. Percayalah bahwa Tuhan sedang menyiapkan banyak hal baik untukmu dan dia mengabulkan doamu di saat kamu benar-benar membutuhkannya. Jadi jika kamu merasa dalam keadaan yang mundur, bersabarlah, mungkin Tuhan sedang meletakkanmu di busurnya, menarikmu jauh ke belakang, agar saat kamu di lepaskan, kamu memiliki daya dorong yang kuat untuk mencapai sasaran. Tingkatkan ibadahmu dan lihatlah bagaimana tuhan mengubah seluruh hidupmu, kemudian hidupmu akan lebih baik dari Rasa Depresi.

Back To Top
Exit mobile version