Ulasan Sebab Hal Di Tolaknya Pengungsi Rohingya Di Aceh

                                              Ulasan Sebab Hal Di Tolaknya Pengungsi Rohingya Di Aceh

Ulasan Sebab Hal Di Tolaknya Pengungsi Asal Rohingya Ini Kini Menjadi Pembicaraan Publik Indonesia Yang Sedang Terjadi Di Aceh. Baru baru ini saja telah menjadi kabar hangat yang datang dari Aceh di mana kini datangnya pengungsi asal Rohingya. Hal ini pun menyita perhatian warganet yang ada di internet akan tragedi yang sedang viral ini. Terkait kabarnya di media sosial hal ini membuat banyak pro dan kontra akan Ulasan Sebab Hal pendapat banyak netizen Indonesia yang berpendapat mengenai hal ini. Di ketahui dari media informasi yang di dapatkan pengungsi asal rohingya tersebut tiba di aceh pada pukul 02.00 WIB. Tepatnya pada hari Minggu (19/11/2023) dengan pengungsi yang berdatangan tersebut mencapai ratusan orang banyaknya.

Hal ini dapat di buktikan dengan keberadaan mereka yang berada datang ke kecamatan Ganda Pura yang ada di Bireuen yakni salah satu kota yang terletak di Aceh. Setibanya mereka di hari tersebut mereka berpencar ke dalam 4 desa. Yang mana kami kabarkan ada di Lhok Mambang, Samuti Rayeuk, Samuti Krueng dan Blang Rheu. Di sampaikan juga terkait pernyataan tersebut di benarkan oleh Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto. Dalam wawancara tersebut ia mengatakan bahwasannya masyarakat baru mengetahui keberadaan pengungsi asal Rohingya tersebut sekitar pukul 02.30 WIB. Setelah para warga setempat melihat adanya orang asing berjalan secara berkelompok menyusuri jalan di desa. Kemudian setelahnya maka warga setempat tersebut melaporkan hal itu ke kepala desa dan tentunya perangkat desa. Agar dapat segera di proses dan di ketahui pasti apa Ulasan Sebab Hal mereka datang lebih lanjut.

Kronologi Ulasan Sebab Hal Akan Rohingya Yang Harus Mengungsi

Di sini kami kami memberikan kepada anda Kronologi Ulasan Sebab Hal Akan Rohingya Yang Harus Mengungsi sebelum mengupasnya lebih dalam. Di mana di ketahui pada informasi yang jelas akurat terpercaya bahwa orang berkewarganegaraan asal rohingya ini mengungsi karena adanya konflik di negara mereka. Konflik yang terjadi di sana tentunya sudah berjalan dari tahun 1991 sampai dengan sekarang yang semakin memanas. Hal ini lewat garis besar yang bisa kita tarik kesimpulan yaitu konflik yang sudah berkaitan dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Bukan hanya sekedar konflik biasa pada etnis seperti pada umumnya, hal inilah yang menjadi penyebab utama akan banyaknya pengungsi rohingya yang memilih keluar dari negara mereka sendiri. Secara terang terangan hal itu di sampaikan pula oleh pemerintahan Myanmar sendiri yang melakukan hal diskriminasi tersebut.

Alasan sebab adanya konflik pada Rohingya ini di temukan berupa perbedaan status antar mereka,terjadinya pemerkosaan yang tidak di usut. Selain dari itu di temukan alasan lainnya yaitu status akan kewarganegaraan mereka yang tidak di akui oleh Myanmar. Sehingga memunculkan masalah di mana adanya diskriminasi akan budaya mereka, terjadinya ketimpangan di tengah lingkungan  sosial. Serta di ketahui akan puncaknya konflik yang kian memanas di Myanmar itu di beritakan secara internasional. Namun sayangnya hal itu tidak menghasilkan perubahan yang signifikan maupun hal yang sedikit meredam konflik pada negara itu pula. Sehingga menyebabkan warna rohingya itu sendiri memutuskan untuk keluar dari wilayah mereka dan mencari tempat tinggal di negara lainnya sebagai bentuk kehidupan yang baru. Meskipun demikian hal ini tidak di anggap positif oleh beberapa negara yang mengetahuinya dan memilih untuk berdiam dan menganggapnya bukan suatu hal yang harus di urusi.

6 Pokok Sebab Hal Rohingya Yang Meninggalkan Negara Mereka

Dengan penjelasan yang singkat serta padat dalam 6 Pokok Sebab Hal Rohingya Yang Meninggalkan Negara Mereka. Berikut kami jabarkan untuk membuat anda menyimaknya dengan seksama dengan media info berita yang sedang hangat ini.

  1. Status yang Berbeda

Mereka sendiri di anggap dengan pandangan sebagai imigran ilegal di Myanmar. Etnis Rohingya ini merupakan penduduk beragama Islam yang minim tinggal di Myanmar. Di mana lokasi mereka tepatnya ada pada provinsi Arakan atau yang di kenal dengan nama (sekarang Rakhine atau Rakhaing).

  1. Pemerkosaan Ma Thida Htwe

Permulaan adanya kejadian yaitu ketika terjadinya pemerkosaan yang di lakukan oleh 3 pemuda asal dari etnis mereka sendiri kepada seorang gadis asal dari desa Thabyechaung dengan nama Ma Thuda Htwe (27 tahun) yang bekerja menjadi tukang jahit. Di sertai adanya penahanan namun tidak transparan sehingga terjadinya perselisihan antara dua etnis itu.

  1. Bukan Kelompok Etnis Myanmar

Di ketahui pada UU Kewarganegaraan di tahun 1982 oleh Myanmar yang di beritahukan bahwa Rohingya bukanlah warga bagian dari mereka. Dan juga tindakan tidak manusiawi lewat Operasi Nagamind tahun 1990. Hingga akhirnya mereka tidak memiliki koneksi untuk mengakses pendidikan, kesehatan maupun pekerjaan yang layak. 

  1. Diskriminasi Budaya oleh Pemerintah

Ejekan atas mereka dengan sebutan bengal, muslim arakan, dsb juga seruan untuk memusuhi mereka selalu gembor di lakukan. Hal ini beralasan atas kecemburuan di karenakan populasi muslim rohingya yang terus meningkat beberapa tahun terakhir, sehingga mereka kerap juga mendapatkan penindasan.

  1. Ketimpangan Sosial

Pemerintahan Myanmar yang melakukan penyitaan tanah secara paksa di lakukan kepada etnis rohingya. Demi mewujudkan perumahan yang di bangun khusus untuk agama Buddha serta menggantikan tempat suci etnis rohingya. Yang di ganti dengan peninggalan akan agama buddha, biara, asrama biksu, dan keuntungan lainnya semata untuk agama Buddha.

  1. Puncak Konflik saat Diberitakan secara Internasional pada bulan Juni-Agustus 2012

Rangkaian Alasan Sebab Hal Penduduk Aceh Menolak Menerima Etnis Rohingya

Datangnya etnis rohingya tersebut bukanlah kali pertama sejak mereka terjadinya konflik melainkan sudah kesekian kalinya dan berlangsung juga di Malaysia dan negara lainnya. Namun di ketahui di balik hal miris ini adanya dampak negatif yang di timbulkan dari datangnya mereka yang menetap di negara tujuan mereka mengungsi. Hal itu di sampaikan oleh beberapa negara sehingga banyak menuai pro dan juga kontra. Berikut kami paparkan Rangkaian Alasan Sebab Hal Penduduk Aceh Menolak Menerima Etnis Rohingya. Di ketahui dari kepolisian yang mencoba menelaah tragedi ini di ungkap warga Aceh sendiri memiliki alasan penolakan akan etnis rohingya tersebut di wilayah mereka.

Di mana kami telusuri bahwa mereka sendiri tidak memiliki penampuan akan hadirnya etnis rohingya yang datang ke wilayah mereka. Dan setelah di cari lebih lanjut bahwasannya pengungsi asal dari etnis rohingya sebelumnya yang telah di terima sangat bertentangan dengan norma kehidupan adat aceh itu sendiri. Salah satu alasan terkuatnya yakni bangsa dari etnis mereka yang kerap tidak menjaga kebersihan di wilayah tempat tujuan mereka mengungsi. Sehingga memberikan tanggapan negatif atas etnis tersebut dan menghindari terjadinya kekacauan lebih dalam. Namun hal ini masih dalam penelitian lebih dalam oleh pihak kepolisian setempat dan menjadi gagasan dalam upaya pemerintahan untuk menangani permasalahan etnis atas Ulasan Sebab Hal.

Back To Top
Exit mobile version