Tips Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Tips Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Wajah
Tips Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Tips Ampuh menghilangkan bruntusan di wajah merupakan tips yang akan membantu kalian dalam menghilangkan maupun mencegah bruntusan membandel di wajah. Bruntusan merupakan jerawat kecil yang timbul akibat penumpukan komedo sehingga menyebabkan pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran maupun minyak berlebih. Bruntusan juga menyebabkan tekstur kulit yang tidak merata karena bentuknya seperti bintik-bintik kecil yang menonjol di atas permukaan kulit. Kemudian, bruntusan memiliki banyak jenis dan biasanya berbeda reaksinya pada setiap jenis kulit. Contohnya seperti bruntusan yang menyebabkan rasa gatal yang intens pada beberapa orang. Apakah bruntusan wajar? Ya, bruntusan merupakan kondisi yang wajar bagi setiap orang selama bruntusan tersebut tidak dalam kondisi yang terlalu parah seperti rasa gatal yang tak tertahankan. Pada umumnya bruntusan sering terjadi pada remaja yang sedang mengalami pubertas. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon yang mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi sebum dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Meskipun begitu, bruntusan di nilai cukup mengganggu bagi sebagian orang.

Bruntusan umumnya muncul di beberapa area tertentu pada wajah seperti di dahi, pipi, hidung, maupun di dagu ataupun yang sering kita sebut dengan area T-zone. Tidak hanya jenis kulit berminyak saja yang sering terkena bruntusan, semua jenis kulit juga dapat terkena bruntusan dengan penyebab yang berbeda. Faktor penyebab timbulnya bruntusan juga bervariatif seperti pola hidup yang kurang sehat, obesitas, keturunan, kesalahan dalam memakai skincare, dan lain-lain. Awalnya banyak orang yang mengira bahwa penyembuhan bruntusan hanya dengan cara menggunakan skincare. Padahal banyak cara efektif dan praktis yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bruntusan di wajah loh! Cara praktis yang di muat dalam artikel ini dapat di lakukan setiap hari, di manapun dan kapanpun. Tips ini juga harus dilakukan secara rutin dan konsisten agar hasilnya maksimal di kulit kita. Oleh karena itu artikel yang memuat Tips Ampuh menghilangkan bruntusan di wajah ini merangkum beberapa tips yang bervariatif dan efektif untuk mencegah bruntusan.

Tips Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Wajah Tanpa Perawatan

Berikut kami informasikan Tips Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Wajah Tanpa Perawatan.

  • Atur pola tidur

Tips yang pertama dapat di mulai dengan mengatur pola waktu tidur. Waktu yang cukup untuk tidur merupakan tips yang paling pertama dan paling utama untuk mencegah bruntusan di wajah. Coba cek pola tidur Anda apakah sudah sesia dengan yang di Anjurkan atau belum. Waktu yang di anjurkan untuk tidur adalah 7 sampai 9 jam di setiap malamnya. Kurang tidur juga menyebabkan stres yang sangat berpengaruh pada horon yag menyebabkan sebum berlebih sehingga menyebabkan bruntusan. Kemudian makanan dan minuman yang mengakibatkan susah tidur juga harus di hindari agar pola tidur kita tetap terjaga. Oleh karena itu, menjaga pola tidur meruakan cara efektif untuk menghilangkan bruntusan pada wajah.

  • Hindari Stres

Stres yang berlebih ternyata dapat mengakibatkan bruntusan loh. Hal ini di karenakan saat kita stres, tubuh akan melepaskan CRH (Corticotropin Releasing Hormone) yang memperbanyak produksi sebum sehingga memicu bruntusan muncul di wajah terutama di dahi. Oleh karena itu kita harus melakukan kegiatan efektif untuk mengurangi stres seperti melakukan hal yang kita sukai, istirahat yang cukup serta melakukan yoga secara teratur. Cara ini di nilai efektif untuk menghempaskan stres dari tubuh kita. Jangan biarkan stres hinggap di tubuh kita ya!

  • Jaga Cairan Tubuh

Air putih sangat berpengaruh dalam mencegah bruntusan timbul di wajah. Kurangnya asupan air pada tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika dehidrasi, kulit otomatis menjadi lebih kering dan mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum. Selain itu konsumsi air yang cukup dapat mengatur insulin serta kadar gula darah dalam tubuh sehingga produksi minyak juga dapat terkelola dengan baik. Hal ini jelas akan menurunkan risiko timbulnya jerawat bruntusan. Untuk mencegah terjadinya bruntusan kita harus memastikan asupan cairan dalam tubuh tercukupi dengan minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap hari.

Tips dengan Perawatan

Selanjutnya ialah Tips dengan Perawatan untuk menghindari bruntusan di bawah ini.

  • Skincare dengan Cara dan Kandungan yang Tepat

Kesalahan dalam menggunakan skincare sering kali mengakibatkan bruntusan di wajah. Tips dengan Perawatan kali ini yaitu menggunakan skincare dengan cara yang benar dapat mengurangi risiko munculnya bruntusan. Cara yang tepat untuk menggunakan skincare seperti jangan berlebihan melakukan eksfoliasi, jangan memakai skincare berlapis dengan kandungan yang tidak bisa di gabungkan, jangan menggunakan facial wash terlalu sering, dan lain-lain. Pemakaian skincare berbahan dasar minyak (oil based) pada kulit yang berminyak dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga timbul komedo. Maka dari itu pilihlah produk skincare yang berbahan dasar air (water based) dan non comedogenic agar wajah kita terhindar dari bruntusan yang disebabkan oleh komedo.

Selain itu, memakai produk skincare anti jerawat yang berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya bruntusan. Skincare anti jerawat memang di formulasikan secara khusus untuk mencegah produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Menjadikan kulit mengering dan mengabikatkan produksi sebum meningkat. Pastikan kandungan skincare dan cara penggunaannya sudah tepat sebelum di aplikasikan pada kulit Anda.

  • Mejaga Kebersihan Benda di Sekitar

Sudahkah kita membersihkan benda di sekitar kita? Faktanya benda yang kotor dan jarang dibersihkan di sekitar kita dapat menyebabkan bakteri menempel pada wajah. Hal ini terjadi saat adanya kontak langsung antara benda-benda dengan kulit wajah kita. Contohnya seperti sarung bantal yang belum di ganti ataupun layar handphone yang kurang di jaga kebersihannya. Sarung bantal yang jarang diganti dapat menimbulkan bruntusan di pipi karena di permukaan sarung bantal yang jarang diganti terdapat tumpukan sel kulit mati, bakteri, serta minyak yang berasal dari kulit dan rambut kita yang menempel. Begitu pun dengan layar handphone. Oleh karena itu kita harus menjaga kebersihan benda di sekitar kita terutama benda yang di rasa sering menempel pada wajah kita untuk mencegah penyebaran bakteri pemicu bruntusan.

Kesimpulan

Beberapa tips di atas merupakan solusi dari beberapa faktor timbulnya bruntusan yang sering terjadi di sekitar kita. Sebagian besar tips di atas berkaitan erat dengan pola hidup sehat yang harus kita jalani setiap harinya. Menjaga pola tidur, menjaga kebersihan diri serta barang pribadi yang memiliki kontak langsung ke wajah. Kemudian mengonsumsi air yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit serta keseimbangan hormon. Hingga pada tahap penggunaan produk perawatan wajah yang sesuai dengan tipe kulit. Kesimpulan yang dapat di ambil ialah, pola hidup yang sehat sangat berpengaruh pada setiap organ pada tubuh kita termasuk kulit wajah kita. Oleh karena itu pola hidup yang sehat adalah kunci dari menghilangkan bruntusan dengan perawatan maupun tanpa perawatan dengan Tips Ampuh.

Back To Top
Exit mobile version