Peringatan Pahlawan Nasional 2023 Yang Harus Selalu Kita Ingat

Peringatan Pahlawan Nasional 2023 Yang Harus Selalu Kita Ingat

Peringatan Pahlawan Nasional Merupakan Momen Penting Dalam Menumbuhkan Rasa Hormat Terhadap Jasa Pahlawan Serta Menerapkannya Dalam Kehidupan. Sejarah terbentuknya negara Indonesia memanglah sangat panjang. Oleh sebab itu kita sebagai warga negara yang baik harus senantiasa menjaga keutuhan negara salah satunya dengan memiliki jiwa nasionalisme serta patriot. Mendedikasikan segala sesuatu yang ada bukan hanya untuk mementingkan kepentingan sendiri namun juga dengan memikirkan banyak pihak lainnya. Bertepatan dengan Peringatan Pahlawan nasional inilah kita sedikit mengulik kisah sejarah dan juga hanya sekedar mengingat perjuangan pahlawan. Yang mana di maksud telah mengabdikan dirinya demi memperjuangkan kemerdekaan republik indonesia yang tercinta ini. Dengan demikian yuk bersama kita simak beberapa informasi mengenai beberapa pahlawan dari indonesia agar menambah pengetahuan kita lebih dalam.

Kami telah merangkum beberapa informasi untuk memperingati Peringatan Pahlawan yang ada sebagai berikut ini. Sungguh bangga pastinya memiliki gelar pahlawan yang menjadi tahta tertinggi dalam membangun bersama untuk memperjuangan negara sendiri yang tercinta. Harus di akui dan juga di berikan penghargaan terhadap tindakan tindakan mereka yang berjuang bersama demi membebaskan para rakyat indonesia dari bangsa penjajah yang membuat banyak rakyat menderita. Menguasai tanah yang bukan milik mereka dan mempekerjakan rakyat tanah itu sendiri menjadi budak mereka sungguh merupakan suatu tindakan yang memilukan. Oleh sebab itu kita sebagai warga bangsa negara yang baik harus memperhatikan dengan bijak hal hal yang dapat kita teladani. Yang kemudian utuk kita terapkan sikap perjuangan mereka dalam kehidupan sehari hari sesuai dengan konsep perjuangan pahlawan itu sendiri.

Biografi Singkat Beberapa Daftar Pahlawan Indonesia

 

1.RA Kartini (1879-1904)

Raden Ajeng Kartini lahir pada 21 April 1879 Jepara. Jawa Tengah. Kartini bersekolah sampai sekolah dasar karena saat itu berlaku tradisi pingitan bagi gadis perempuan. Kartini hobi membaca majalah dan buku sehingga pikirannya terbuka mengetahui kondisi wanita Eropa yang bebas mengenyam pendidikan. Untuk itu ia mendirikan sekolah bagi perempuan di Jepara muncul. Pada 17 September 1904, ia meninggal setelah melahirkan putra pertamanya di usia 25 tahun. Kumpulan surat Kartini diterbitkan dalam “Door Duisternis tot Liehr” (Habis Gelap Terbitlah Terang).

2.Ki Hajar Dewantara (1889-1959)

Bernama asli R.M. Suwardi Suryaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889. Mengenyam pendidikan di ELS (sekolah dasar Belanda). Ia mendirikan sekolah Taman Siswa pada 3 Juli 1929. Dalam sekolah itu, ia berusaha menanamkan rasa kebangsaan kepada para muridnya. Setelah era kemerdekaan, ia menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan. Beliau meninggal dunia pada 26 April 1959 di Yogyakarta.

3.Pangeran Diponegoro (1785-1855)

Raden Mas Ontowiryo. Ia lahir pada 11 November 1785 di Yogyakarta. Putra dari Sultan Hamengkubuwono III. Tekadnya menentang Belanda muncul karena mereka mencampuri urusan kerajaan. Sejak itu, ia sering terlibat dalam pertempuran melawan penjajah. Meninggal di sana pada 8 Januari 1855.

4.Pattimura (1783 -1817)

Bernama Thomas Matulessy lahir di Ambon pada 1783. Ketika belanda menguasai Maluku kekayaan mereka dirampas dan berikutnya dipaksa bekerja rodi. Oleh karena itulah perlawanan terjadi di bawah pimpinan Pattimura. Atas perjuangannya, ia ditetapkan sebagai pahlawan sesuai SK Presiden Republik Indonesia No. 087/TK/Tahun 1973.

Dari info di atas tersebutlah kita dapat mengetahui Biografi Singkat Beberapa Daftar Pahlawan Indonesia yang akan semakin menambah wawasan kita. Sebagai bentuk menghargai perjuangan yang telah mereka lakukan dan juga mengenang sedikit jasa mereka dalam membangun mendirikan republik indonesia ini.

Penerapan Sikap Kepahlawan Pada Peringatan Pahlawan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Setelah kita mengetahui beberapa informasi mengenai beberapa pahlawan yang ada di Indonesia ini. Tentu kita bisa mengambil banyak sikap positif yang ada untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari hari sampai mengembangkan sikap tersebut terhadap keturunan kita. Agar senantiasanya tetap terjaga kehormatan banga republik indonesia yang tercinta ini. Dengan demikian berikut Penerapan Sikap Kepahlawan Pada Peringatan Pahlawan Dalam Kehidupan Sehari-Hari :

  • – Bersikap jujur dengan berani mengatakan atau bertindak segala sesuatu dengan kekuatan yang penuh karena ini berkaitan dengan kepercayaan orang lain terhadap kita.
  • – Gigih dalam mengejar cita cita yang mana di maksud kita juga harus optimis dalam meraih sesuatu dan bukan malah sebaliknya.
  • – Mengedepankan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dengan arti membuang sikap egois kita sendiri di atas keperluan banyak pihak yang tersangkut.
  • – Sebelum mengambil keputusan senantiasa bermusyawarah dan bermufakat demi keputusan yang adil.
  • – Bertanggung jawab penuh atas apa yang di berikan sebagai bentuk menjaga amanah dan juga kepercayaan yang sudah di beri.
  • – Sangat menjunjung tinggi persatuan yang ada.
  • – Mencintai tanah air republik indonesia dengan sepenuh hati sesuai yang telah di gambarkan oleh para pahlawan.
  • – Memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap segala sesuatu perbedaan tanpa menghakimi maupun menjelekkan yang justru akan berujung pada perpecahan.
  • – Menghormati terhadap segala sesuatu tanpa memandang status sosial maupun hal lain sebagainya yang akan membentuk karakter adab dan sikap kita ke arah yang baik.
  • – Membela kebenaran tidak lain tidak bukan memiliki arti akan menegakkan suatu keadilan yang harus di dapatkan mutlak untuk siapapun.

Hakikat Peringatan Pahlawan Nasional Yang Sesungguhnya

 

Menurut (Nur Fatin, 2018) pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya bagi pembangunan dan kemajuan bangsa negara Indonesia. Kurang Lebih seperti itulah definisi Hakikat Peringatan Pahlawan Nasional Yang Sesungguhnya yang harus kita ketahui sebagai tambahan pengetahuan warga negara bangsa indonesia yang baik. Hari Pahlawan itu sendiri bertepatan jatuh pada tanggal 10 NOVEMBER setiap tahunnya yang telah di putuskan oleh pemerintah kita sendiri. Menerapkannya tidak hanya dalam pribadi individu namun juga menciptakannya dalam lingkungan sosial, sekolah, pekerjaan, dan masih banyak lagi yang bisa kita tanamkan dengan sesegera mungkin.

Info berikutnya yang bisa kami tampilkan kepada anda bahwa gelar pahlawan itu sendiri ada dalam beberapa jenis penjabaran seperti halnya yakni ada Pahlawan Proklamator, Pahlawan Kemerdekaan Nasional, Pahlawan Revolusi, Pahlawan Kebangkitan Nasional. Oleh sebab itu sebagai hasil penjabaran yang telah di lakukan kita semua harus menerapkannya ke dalam kehidupan kita sendiri sebagai bentuk kepedulian terhadap semua pahlawan yang ada. Kita harus senantiasa menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia yang tercinta ini dengan sebaik mungkin kalau bukan dari kita dari siapa lagi bukan. menjaga kelestarian dan juga memiliki jiwa berkebangsaan yang tinggi merupakan hal yang harus tidak boleh kita biarkan lewat begitu saja. Walaupun telah merdeka tetap keutuhan bangsa serta negara ini merupakan hal yang harus di miliki oleh semua warga negara. Demikianlah hal hal yang bisa anda ketahui sedikit banyaknya dalam hal sebagai bentuk menghargai jasa para pahlawan dalam Peringatan Pahlawan.

Back To Top
Exit mobile version