Mengenal Edible Flower, Bunga Yang Dapat Di Makan

Mengenal Edible Flower, Bunga Yang Dapat Di Makan
Mengenal Edible Flower, Bunga Yang Dapat Di Makan

Mengenal Edible Flower Yaitu Bunga Yang Dapat Di Konsumsi Dan Memberikan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa bunga merupakan bagian dari tumbuhan yang sangat cantik dan biasanya di pakai sebagai hiasan. Namun tahukah kamu adanya istilah edible flower? Edible flower merupakan sebuah istilah yang di pakai untuk menyebut bunga yang bisa di makan. Pernahkah kamu melihat taburan bunga yang menghiasi piring makanan? Apakah kamu pernah melihat bunga melati di dalam seduhan teh? Jenis bunga tersebut lah yang di sebut dengan istilah edible flower. Hal ini berarti bahwa bunga tidak hanya di pakai sebagai hiasan namun dapat di olah menjadi minuman, makanan ataupun pelengkap di dalam makanan. Jenis edible flower pun dapat di olah menjadi jeli, salad, sirup, cuka, saus maupun manisan. Kemudian jenis bunga ini juga dapat di tambahkan ke minuman sebagai pelengkap serta menambah aroma dan cita rasa minuman tersebut.

Bagi bangsa Romawi, Yunani kuno dan Cina, mengonsumsi bunga bukanlah hal yang baru. Faktanya bangsa-bangsa tersebut telah menggunakan bunga sebagai obat, bahan makanan serta hiasan sejak zaman dahulu. Namun perlu di ketahui bahwa tidak semua bunga dapat di konsumsi. Terdapat beberapa bunga saja yang termasuk ke dalam edible flower dan aman untuk di olah menjadi makanan atau minuman.

Seperti apakah rasa bunga? Kamu dapat mencoba menambahkan edible flower ke dalam makanan atau minuman kamu agar merasakan sendiri manfaat serta rasanya. Aroma dari edible flower juga dapat membuat makanan atau minuman menjadi lebih nikmat. Selain itu, tampilan dari makanan atau minuman akan menjadi lebih indah dan menarik karena di hiasi bunga yang cantik. Tenang saja karena edible flower sangat aman untuk di konsumsi dan tidak menyebabkan masalah pencernaan.

Berikut beberapa jenis bunga yang bisa di makan agar kita lebih Mengenal Edible Flower yang kaya akan manfaat.

1. Mengenal Edible Flower, Mawar

Mengenal Edible Flower, Mawar sebagai salah satu jenis bunga yang bisa di konsumsi. Terdapat 150 jenis mawar di dunia dan semua jenis mawar tersebut dapat di konsumsi. Akan tetapi, rasa berbagai jenis mawar juga memiliki perbedaan. Cara untuk memilih bunga mawar yang bisa di makan dapat di ketahui dari aromanya. Jika mawar memiliki aroma yang sedap, maka kemungkinan rasanya juga nikmat.

Namun perlu di ketahui bahwa kita hanya dapat mengonsumsi kelopak dari bunga mawar saja karena batang serta daunnya tidak aman untuk di konsumsi. Rasa dari kelopak bunga mawar sedikit manis dengan aroma bunga yang khas dan segar. Uniknya, terdapat rasa seperti perpaduan antara buah apel hijau dan juga stroberi.

Kemudian kelopak bunga mawar dapat di konsumsi baik secara mentah maupun di olah terlebih dahulu. Kelopak bunga mawar dapat di campurkan ke dalam jus buah, urap sayur, selai, sup rempah dan hidangan lainnya. Di ketahui bahwa bunga mawar memiliki khasiat yang sangat bermanfaat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Terdapat penelitian tahun 2017 dari Avicenna journal of phytomedicine yang memaparkan bahwa senyawa yang terdapat di dalam minyak mawar dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi kecemasan.

2. Bunga Telang

Bunga Telang merupakan salah satu jenis edible flower yang telah populer di kalangan masyarakat. Telah banyak orang yang mengetahui khasiat dari bunga yang satu ini dan mengonsumsinya. Bunga telang adalah jenis tanaman dengan kelopak bunga yang dominan berwarna ungu kebiruan dan putih. Kemudian bunga telang ini juga tumbuh secara merambat dan mudah tumbuh secara liar di daerah perkebunan serta sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Ternyata Bunga Telang secara tradisional dapat di manfaatkan menjadi obat mata serta pewarna alami pada produk makanan. Hal ini di karenakan bunga telang akan memberikan warna ungu kebiruan yang sangat menarik dan mempercantik makanan. Warna ungu kebiruan pada bunga telang ternyata berasal dari senyawa antosianin yang mempunyai aktivitas antioksidan di dalamnya.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa air seduhan bunga telang dapat di gunakan sebagai pewarna alami serta dapat di tambahkan ke dalam pembuatan produk makanan serta minuman. Contohnya yaitu dapat di tambahkan ke dalam sirup, roti, es krim, minuman, serta biskuit karena bunga telang di anggap sebagai sumber antioksidan alami. Kemudian penelitian ini juga menjelaskan bahwa bunga telang mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi jika bunga telang di rebus selama 30 menit.

3. Bunga Kembang Sepatu

Jenis edible flower yang satu ini mudah di temui di daerah dengan iklim tropis dan juga subtropis di seluruh dunia. Varietas Bunga Kembang Sepatu yang paling populer adalah rosela atau yang di sebut juga dengan Hibiscus sabdariffa. Bunga ini memiliki banyak warna seperti kuning, putih, merah muda dan juga merah. Jenis bunga ini ternyata juga dapat di makan langsung dari tanamannya.

Kemudian bunga ini dapat diolah untuk menjadi jamu, selai, teh ataupun hidangan pecal sayur. Uniknya, bunga kembang sepatu di percaya dapat di jadikan sebagai obat karena khasiat yang terdapat di dalamnya. Salah satu manfaat bunga kembang sepatu yang populer adalah mengurangi kadar kolesterol dan juga tekanan darah.

4. Lavender

Bunga Lavender merupakan bunga yang berasal dari kawasan Mediterania dan bagian utara Afrika. Jenis bunga ini sangat cantik dengan warna violet dan ukuran yang kecil. Lavender terkenal karena memiliki aroma yang khas dan di percaya dapat memberikan efek yang menenangkan. Oleh karena itulah lavender sering di tambahkan ke dalam berbagai makanan karena memiliki warna dan aroma yang khas. Biasanya bunga ini di tambahkan ke dalam teh herbal, rempah, minuman manis dan juga bumbu kering.

Kemudian, lavender cocok juga jika di padukan dengan makanan yang bercita rasa manis dan asam seperti buah beri, jeruk, rosemary dan juga cokelat. Masukanlah bunga ini secara sedikit demi sedikit jika ingin memasukkan bunga ini ke dalam masakan. Lavender akan memberikan rasa dan aroma yang unik dan nikmat.

5. Chamomile

Salah satu jenis bunga yang dapat di makan selanjutnya adalah Chamomile. Ternyata chamomile adalah bunga yang selalu di gunakan sebagai pengobatan tradisional serta bahan memasak selama berabad-abad. Bunga Chamomile memiliki bentuk yang mirip dengan aster walaupun ukurannya jauh lebih kecil. Jenis bunga ini dapat memberikan sedikit rasa manis dan aroma pada makanan maupun minuman. Khasiat pada bunga Chamomile juga sangat bermanfaat yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi kecemasan.

Di sarankan untuk mengeringkan bunga dan daun Chamomile terlebih dahulu sebelum di masak. Namun bunga ini juga dapat di sajikan dengan kondisi segar. Selain itu, bunga Chamomile juga dapat di olah menjadi makanan yang di panggang, sirup, serta makanan penutup lainnya.

Itu dia beberapa jenis edible flower yang dapat di konsumsi dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu cobalah untuk mengonsumsi jenis bunga yang telah di jabarkan di atas agar mendapatkan khasiat serta lebih Mengenal Edible Flower.

Back To Top
Exit mobile version