Jajanan Jadul Eksis Hingga Sekarang

Jajanan Jadul Eksis Hingga Sekarang

Jajanan Jadul Eksis hingga sekarang dapat kita jumpai di sekitar kita dan membuat kita bernostalgia dengan momen zaman dulu. Jajanan pada zaman dahulu memang menyuguhkan makanan atau minuman dengan rasa yang memorable atau susah di lupakan. Makanan pada zaman dahulu juga memiliki kenikmatan yang khas dengan sedikit bahan pengawet. Berbeda dengan jajanan zaman sekarang yang sudah banyak menggunakan pengawet. Jajanan jadul yang berkesan biasanya adalah jajanan yang kita konsumsi saat kita masih kecil. Apalagi di era 90-an yang masih minim pengaruh teknologi sehingga banyak memori indah bersama teman-teman karena seringnya bermain di luar. Contohnya seperti bermain permainan tradisional, mengikuti persami (Perkemahan Sabtu Minggu), sampai membeli jajanan di depan sekolah atau di sekitar rumah. Setiap memori tersebut masih terkenang dengan jelas di kepala walaupun umur sudah tidak muda lagi.

Walaupun masih ada yang menjual jajanan jadul, jajanan jadul tetap menjadi jajanan yang keberadaannya agak langka. Hanya beberapa pedagang saja yang masih membuat dan menjualnya di pasaran. Kadang jika kita lihat, penjual yang dahulu berjualan di depan sekolah kita juga masih berjualan jajanan jadul juga di tempat yang sama. Oleh karena itu seringkali timbul rasa kangen dengan suasana sekolah saat membeli jajanan jadul tersebut dan menyicipinya. Selain kenangannya, Jajanan Jadul Eksis karena harganya yang murah meriah dengan rasa yang enak. Jajanan yang di jual menggunakan gerobak ini memang mempunyai rasa yang enak dan khas di lidah. Tak heran jika baik anak-anak maupun orang dewasa sangat menyukai jajanan jadul. Namun perlu di perhatikan juga kebersihan dari jajanan yang kita beli ya! Jangan sampai jajan sembarangan dengan tidak memperhatikan kebersihan dan kandungan dari jajanan yang kita konsumsi.

Jajanan jadul yang banyak di sukai anak-anak maupun orang dewasa bisa berupa cemilan yang gurih atau manis maupun es yang menyegarkan. Berikut beberapa Jajanan Jadul Eksis yang bikin kamu kangen dengan masa kecilmu!

1. Telur Gulung Sebagai Jajanan Jadul Eksis

Telur Gulung tergolong mudah untuk di jumpai hingga sekarang. Banyak pedagang yang masih menjajakan telur gulung di gerobak pinggir jalan sebagai cemilan di siang hingga malam hari. Cemilan yang terbuat dari telur ini sangat di sukai oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini di karenakan rasanya yang gurih dan empuk ketika masuk ke dalam mulut. Harga jajanan ini juga masih tergolong murah yaitu Rp.1.000,00 per tusuk. Beberapa tahun yang lalu telur gulung di banderol dengan harga Rp.500.00. Masih tergolong murah bukan?

Dengan cara pembuatannya yang mudah, sudah banyak di temui resep telur gulung di berbagai sosial media. Oleh karena itu kita dapat membuat sendiri jajanan ini di rumah loh! Oleh karena itu Telur Gulung Sebagai Jajanan Jadul Eksis hingga sekarang dan masih banyak peminatnya.

2. Gulali Lolipop Jajanan Jadul Yang Manis

Gulali lolipop ini tergolong sangat unik dan merupakan favorit anak SD. Mengapa demikian? Karena gulali lolipop ini bentuknya bermacam-macam dan lucu. Pedagang gulali lolipop akan membuat bentuk lolipop bermacam-macam sesuai dengan permintaan pembeli. Contoh bentuk yang sering di buat seperti bentuk bintang, hati, bunga, ayam, hingga kelinci. Gulali Lolipop Jajanan Jadul Yang Manis ini pun di jual dengan harga yang murah dengan warna yang bermacam-macam pula. Gulali lolipop juga pada umumnya menggunakan pemanis alami dan bukan pemanis buatan.

3. Leker Dengan Toping Beragam

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan yang satu ini? Jajanan Jadul Eksis hingga sekarang yang sering di jumpai di mana saja baik di sekitar sekolah maupun di sekitar rumah. Tekstur dari leker ini sangat tipis serta garing yang memberikan sensasi krispi dan gurih saat masuk ke dalam mulut. Adapun leker ini terdiri dari beberapa toping atau isian yang beragam. Contohnya seperti isian meses coklat, pisang, kacang, selai strawberry, hingga keju parut. Oleh karena itu jajanan ini cukup manis dan banyak peminatnya. Bahkan Leker Dengan Toping Beragam ini bisa kamu buat sendiri di rumah karena caranya cukup gampang loh!

4. Es Serut Yang Segar

Jajanan satu ini menjadi favorit anak-anak di kala cuaca sedang panas. Pasalnya es serut ini sangat segar dan memiliki rasa yang cukup manis. Es Serut Yang Segar ini juga berwarna warni sehingga menarik perhatian anak-anak. Sempat ada isu yang beredar kalau pewarna es serut ini menggunakan zat yang berbahaya. Namun ternyata pedagang es serut yang biasa di jual di gerobak depan sekolah menggunakan sirup coco pandan yang aman untuk di konsumsi anak-anak. Cara pembuatan jajanan ini juga unik karena dengan es balok yang di serut dan di cetak menggunakan batok kelapa sehingga bentuknya bulat. Lalu di taruh sirup dengan berbagai jenis rasa dan warna.

5. Aneka Gorengan Penyelamat Lapar

Aneka gorengan yang di jual di gerobak depan sekolah memang sangat menggiurkan. Cemilan ini bisa menjadi penyelamat kelaparan saat istirahat maupun pulang sekolah. Aneka gorengan ini terdiri dari beberapa jenis sehingga pembeli tinggal memilih saja sesuai dengan selera mereka. Biasanya aneka gorengan tersebut terdiri dari sosisl yang di potong spiral, bakso, tempura, nugget, serta sosis yang di gulung dengan mie. Jajanan ini juga sangat murah dengan harga Rp.1.000,00 per tusuk, sudah termasuk saus sambal sebagai pelengkapnya. Dengan harga Rp.5.000,00 kita sudah mendapatkan 5 tusuk Aneka Gorengan Penyelamat Lapar.

6. Es Kulkul Yang Sehat

Baru-baru ini es kulkul menjadi Jajanan Jadul Eksis di sosial media. Banyak yang membuka usaha es kulkul karena keberadaannya eksis kembali di masa sekarang. Es ini memiliki banyak peminat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pasalnya es ini sehat untuk di konsumsi karena terbuat dari buah-buahan yang di celupkan ke saus coklat. Buah-buahan yang di pakai untuk membuat es ini yaitu buah-buahan yang mengandung banyak air. Contohnya seperti pisang, bengkoang, pepaya, melon, strawberry, anggur, dan lain-lain. Namun pada umumnya pisang merupakan buah yang di rasa paling pas untuk di buat menjadi es kulkul.

Di zaman sekarang, saus yang di sajikan juga bervariasi selain saus coklat yaitu tiramisu, matcha, strawberry, vanila, dan juga taro. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu yang hanya menggunakan saus coklat saja. Es Kulkul Yang Sehat ini juga di sajikan dengan toping yang bervariasi juga seperti oreo, meses coklat atau warna warni, kacang, dan lain-lain. Selain itu harga es kulkul juga masih tergolong murah dengan harga Rp.2.000,00 per tusuknya sesuai dengan jenis buah yang di pilih. Harga tersebut sudah termasuk topping dan saus yang di sajikan.

Itu dia beberapa jajanan jadul yang masih eksis sampai sekarang! Di jamin ketagihan dan kangen dengan momen jadul jika kamu menyicipinya lagi. Yuk rasakan lagi kenangan jadul dengan menyicipi lagi Jajanan Jadul Eksis.

Back To Top
Exit mobile version