Efektifitas Membaca Dan Cara Meningkatkannya

Efektifitas Membaca Dan Cara Meningkatkannya
Efektifitas Membaca Dan Cara Meningkatkannya

Efektifitas Membaca Dan Cara Meningkatkannya Bagi Orang-Orang Yang Merasa Tidak Punya Banyak Waktu Untuk Membaca. Kebanyakan orang yang efektif telah lama mengetahui bahwa pengetahuan adalah kunci dari kekuasaan. Selanjutnya mereka juga sadar bahwa untuk mempertahankan keefektifan tersebut, mereka harus tetap memperoleh informasi atas perubahan-perubahan serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia dan industri atau dalam profesi mereka.

Mereka harus mampu mengimbangi perkembangan terhadap suatu hal dan kemudian menyesuaikan diri seperlunya. Maka dari itu, sudah jelas persoalannya bukan terletak pada cara menemukan sesuatu yang dapat di baca, namun bagaimana waktu yang singkat ini kita gunakan untuk Efektifitas Membaca.

Sekarang ini merupakan zaman informasi yang berlebihan. Terlalu sedikit waktu dan terlalu banyak barang cetak yang saling bersaing untuk memperoleh perhatian kita. Kunci terpenting bagi Efektifitas Membaca dapat di ringkas dalam sebuah kata selektif. Efektifitas Membaca, seperti hal-hal lainnya, berprinsip pada mengerjakan sesedikit mungkin tetapi memperoleh hasil yang lebih baik dari pada mengerjakan lebih banyak dan lebih cepat.

Jika kamu mempunyai kemampuan membaca dengan kecepatan rata-rata dua ratus lima puluh kata tiap menit dengan pengertian untuk tidak membaca seratus ribu kata pada buku yang baru saja kamu miliki, maka kamu akan menghemat waktu baca kamu sebesar enam jam empat puluh menit. Dengan menggunakan tehnik membaca yang selektif, kamu dapat membuat keputusan yang cepat untuk menentukan apakah kamu harus membacanya atau tidak, atau bagian mana dari suatu buku yang harus di baca.

Beberapa Cara Untuk Meningkatkan Efektivitas Membaca

Ada Beberapa Cara Untuk Meningkatkan Efektivitas Membaca yang dapat kamu lakukan, yaitu sebagai berikut:

  • Evaluasilah bacaan kamu dengan selalu mengingat pada tujuan-tujuan membaca sesuatu, tanyakan kepada diri kamu. Sebelum membaca, “Apakah bacaan ini dapat mendorong saya untuk lebih maju dalam mencapai tujuan saya?” jika tidak, jangan baca buku tersebut.
  • Carilah penalaran, gagasan, serta pokok yang penting dalam bahan bacaan tersebut. Bacalah pokok kalimat dari setiap paragraf. Apakah bermanfaat? Jika tidak, beralihlah ke paragraf berikutnya. Jika kamu melihat sebuah buku, lihatlah dengan cepat informasi pada sampulnya, daftar isi, kata pengantar, indeks dan tanda pengenal pengarang. kamu dapat dengan cepat melihat apakah ada sesuatu yang berguna bagi kamu atau tidak. Bila kamu hanya melihat satu bagian atau bab yang berguna, bacalah dan sisihkan buku tersebut.
  • Kurangi beban bacaan kamu sampai pada hal-hal yang di perlukan saja. Bila kamu memerlukan informasi pada bab-bab berikutnya untuk menjaga diri agar tetap memperoleh informasi tetapi tidak mempunyai waktu yang cukup, limpahkan bahan bacaan tersebut kepada teman kamu. Pada gilirannya mereka dapat menggaris bawahi pokok-pokok bacaan yang penting atau membuat ringkasan bagi kamu. Dengan demikian, kamu dan mereka akan tetap memperoleh informasi yang cukup.
  • Bila kamu membaca sebuah buku atau laporan yang akan kamu gunakan untuk acuan lagi, sebaiknya garis bawahi pokok-pokok yang penting. Bila suatu saat kamu harus mengacu pada bacaan tersebut, waktu yang di gunakan untuk membaca ulang akan menjadi sangat berkurang di bandingkan dengan waktu membaca kamu pertama kali.
  • Jangan biarkan bacaan kamu menumpuk. Tentukan untuk membacanya menurut tanggal tertentu atau singkirkan. Sebaiknya pikirkan bahan bacaan seperti kamu memikirkan film yang sedang di putar di gedung bioskop setempat. Setelah tanggal tertentu, film itu akan berhenti di putar, tetapi pada suatu saat pasti akan di putar kembali.

Kecepatan Untuk Meningkatkan Efektifitas Membaca

Kamu membutuhkan Kecepatan Untuk Meningkatkan Efektifitas Membaca kamu, walaupun hal ini hampir tidak sepenting prinsip selektif. Banyak kursus membaca cepat bermunculan yang menjamin kamu dapat mengurangi waktu membaca kamu seperti halnya sebuah alat masak “oven microwave” yang mampu mengurangi waktu memasak. Kebanyakan orang yang menuntut dapat membaca dengan kecepatan beribu-ribu kata setiap menit, pada kenyatannya hanya membaca sepintas saja dan tidak memperoleh pemahaman.

Meskipun kemampuan mereka untuk memahami dan menyimpan apa yang mereka baca selama selang waktu tertentu tidak sebanding dengan peningkatan kecepatan membaca yang mereka peroleh. Namun, pada umumnya, kursus membaca cepat memang dapat meningkatkan kemampuan membaca kamu secara nyata.

Beberapa hal yang di ajarkan dalam kursus membaca cepat sebenarnya dapat kamu lakukan sendiri. Contohnya seperti mengambil satu frase dalam satu saat dan bukannya satu kata dalam satu saat. Paksalah diri kamu untuk membaca sepintas dengan lebih cepat dan lakukan pembacaan itu dengan daerah pkamungan mata yang lebih luas. Jangan melakukan pembacaan ulang. Paksakan untuk terus membaca. Awalnya terlihat agak kaku, tetapi akhirnya kecepatan membaca kamu pasti akan meningkat.

Dengan menerima tantangan untuk menurunkan kegiatan pekerjaan tulis-menulis, kamu akan dapat meningkatkan efektifitas kamu dalam membaca. Bacalah buku sepenting mungkin dan lindungilah diri kamu dari segala bentuk buku yang mutlak sangat tidak di perlukan. Bersikaplah selektif. Ciptakan kebiasaan positif untuk menangani buku-buku dan tingkatkan efektifitas kamu dengan meningkatkan ketrampilan membaca dan menulis. 

Mengatur Tempat Untuk Meningkatkan Efektifitas Membaca

Jika kamu benar-benar membutuhkan tempat yang nyaman untuk membaca, kamu bisa mulai Mengatur Tempat Untuk Meningkatkan Efektifitas Membaca kamu. Buatlah tempat senyaman mungkin untuk kamu membaca dengan waktu yang lama. Akhir pekan adalah waktu yang paling baik untuk membaca di tempat ternyaman kamu. Selanjutnya ikutilah prosedur berikut:

  • Buatlah daftar untuk semua barang yang tersisa yang ada di atas meja dan susunlah menurut urutan kepentingannya. Lalu pertimbangkan kepentingan masing-masing barang, tanyakan pada diri kamu “Hal terburuk apakah yang akan terjadi bila saya membuang barang Ini? Bila jawabannya tidak begitu buruk, buanglah barang tersebut dan letakkan buku-buku bacaan penting kamu.
  • Pertimbangkan semua barang yang tidak di buang dan kemudian letakkan buku-buku yang sangat penting saja di atas meja. Buku-buku yang tidak segera di baca sebaiknya di simpan di tempat lain, seperti di dalam lemari arsip atau rak buku.
  • Buatlah sistem kearsipan dengan menggunakan laci yang dalam, dengan memberi label nama yang tersusun dengan baik agar mudah dan dapat cepat di ambil kembali pada saat di perlukan. Selanjutnya, tinjaulah semua buku di meja kamu secara berkala dan simpanlah buku yang masih baru dan penting. Lebih dari sembilan puluh persen dari buku-buku yang sudah berumur lebih dari setahun, biasanya tidak pernah di baca lagi.
  • Untuk mempermudah proses informasi buku yang di baca dan tidak di baca, ambilah dua buah tempat penumpuk arsip satu untuk menyimpan buku yang baru dan satu lagi untuk menyimpan buku yang sudah pernah di baca atau sedang di baca. Kemudian, buku yang masih belum selesai di baca dapat di tumpuk di atas laci meja, namun tetap harus di beri tanda bacaan akhirnya, hal ini juga dapat meningkatkan Efektifitas Membaca.
Back To Top
Exit mobile version