Capsule Wardrobe Jadi Trend Di Kalangan Anak Muda

Capsule Wardrobe Jadi Trend Di Kalangan Anak Muda
Capsule Wardrobe Jadi Trend Di Kalangan Anak Muda

Capsule Wardrobe Jadi Trend Di Kalangan Anak Muda, Ini Adalah Trend Yang Sangat Inspiratif Bagi Kamu Yang Mau Hemat Pakaian. Penggunaan kata “kapsul” yang berarti “kecil dan padat” adalah penggunaan kata khas Amerika yang muncul pada tahun 1938 menurut Kamus Bahasa Inggris Oxford.Capsule Wardrobe adalah koleksi pakaian minimalis yang dapat di padukan dengan berbagai cara untuk menutupi berbagai pakaian dan acara. Tujuannya adalah untuk memiliki pakaian yang cocok untuk segala acara tanpa harus memiliki item pakaian yang berlebihan. Hal ini biasanya di lakukan dengan membeli apa yang di anggap sebagai barang “kunci” atau “pokok” dengan warna yang serasi. Ini telah menjadi subjek beberapa serial televisi populer dan muncul secara luas di media mode Inggris dan Amerika.

Capsule Wardrobe muncul di publikasi Amerika pada awal tahun 1940-an sebagai koleksi kecil pakaian yang di rancang untuk di kenakan bersama-sama dengan warna dan garis yang selaras. Susie Faux, pemilik butik “Wardrobe” di London, menghidupkan kembali istilah tersebut pada tahun 1970-an. Menurut Faux, Capsule Wardrobe merupakan kumpulan berbagai item pakaian utama yang tidak akan ketinggalan zaman. Contohnya celana panjang, rok dan mantel, dan kemudian dapat di lengkapi dengan pakaian musiman. Biasanya, Faux menyarankan bahwa lemari pakaian kapsul wanita berisi setidaknya “2 pasang celana panjang, satu gaun atau rok, satu jaket, satu mantel, satu rajutan, dua pasang sepatu, dan dua tas”.

Desainer Amerika Donna Karan mempopulerkan ide ini ketika pada tahun 1985, ia merilis koleksi kapsul berpengaruh yang terdiri dari tujuh pakaian kerja yang dapat di ganti-ganti. Saat koleksinya debut, ia menampilkan delapan model yang hanya mengenakan bodysuit dan celana ketat hitam . Para model kemudian mulai menambahkan item pakaian seperti rok bungkus, celana panjang, dan gaun, untuk menunjukkan gaya berpakaiannya yang dapat di ganti-ganti.

Aturan Umum Capsule Wardrobe

Di bawah ini adalah Aturan Umum Capsule Wardrobe yang di berikan secara luas dan dapat kamu coba dalam kehidupan sehari-hari:

  • Pilih skema warna. Hal ini biasanya melibatkan pemilihan satu atau dua warna dasar yang cocok dengan apa pun, seperti hitam, putih, coklat, abu-abu, atau biru tua. Barang-barang seperti celana panjang, tas atau mantel akan di beli dalam nuansa warna-warna tersebut, sehingga dapat di padukan dengan barang lain di lemari. Setelah memilih warna dasar, pilih satu atau dua warna aksen yang lebih terang dari warna dasar, dan serasi satu sama lain. Ini biasanya di gunakan untuk barang-barang seperti atasan, gaun, atau aksesori; setelah skema warna di tetapkan, semua barang di lemari harus dapat di pertukarkan, karena warna dari barang-barang tersebut selalu saling melengkapi.
  • Pertimbangkan bentuk tubuh Anda. Beberapa potongan pakaian lebih bagus di bandingkan yang lain.
  • Pertimbangkan warna kulit Anda. Seperti halnya potongan pakaian, beberapa warna lebih cocok di bandingkan warna lain, baik untuk warna kulit maupun bentuk tubuh. Jika warnanya di pilih dengan baik, kemungkinan besar barang tersebut akan tetap di sukai.
  • Pilih bentuk dan pola klasik. Meskipun beberapa potongan dan pola pakaian sudah ketinggalan zaman, ada pula yang di anggap ‘klasik’ karena tidak ketinggalan jaman. Sebaiknya pilih pakaian klasik untuk lemari kapsul, karena pemakainya ingin menyimpannya selama beberapa tahun.
  • Pilih kain berkualitas tinggi. Karena ide lemari pakaian kapsul adalah untuk memiliki beberapa item pakaian yang dapat di kenakan dengan berbagai cara, setiap item akan sering di pakai. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pakaian yang di buat dengan baik dan tetap terlihat bagus meskipun sudah di pakai.
  • Fokus pada gaya pribadi kamu dan pilih pakaian yang kamu sukai dan nyaman, daripada mengikuti setiap trend mode .

Manfaat Lemari Kapsul

Selain sebagai trend yang sedang viral akhir-akhir ini, banyak juga Manfaat Lemari Kapsul atau capsule wardrobe ini yang bisa menguntungkan kamu, manfaatnya sebagai berikut:

  • Membuat Berpakaian Menyenangkan dan Mudah

Bayangkan ketika kamu membuka lemari, dan mencintai semua yang ada di dalamnya. Sekarang, bayangkan, apa pun pilihan kamu, pakaian kamu akan serasi dengan mudah.

  • Ramah Lingkungan

Tahukah kamu bahwa, rata-rata, kita hanya memakai 20% dari apa yang kita miliki, dan kita membuang 80 pon pakaian setiap tahunnya? Itu merupakan pemborosan. Karena capsule wardrobe hanya terdiri dari barang-barang yang kamu sukai. Kamu akan memakai lebih banyak dari apa yang kamu miliki, dan kamu pasti ingin menyimpan barang-barang kamu lebih lama. Ketika kita membeli lebih sedikit dan memakainya lebih lama, kita menurunkan permintaan produksi pakaian, yang berdampak positif terhadap lingkungan.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Banyak orang yang tidak percaya diri saat mengenakan pakaian, atau mencoba hal baru. Karena semua bagian dari capsule wardrobe saling berkaitan, maka tidak ada kesalahan. kita pasti akan terlihat dan merasa bergaya. Dan ketika kita menyukai penampilan kita, kepercayaan diri kita dalam semua bidang kehidupan kita meningkat.

  • Menghemat Uang

Capsule Wardrobe menggunakan lebih sedikit barang, jadi lebih sedikit yang harus di beli secara keseluruhan. Namun tetap berpegang pada capsule wardrobe membuat kita tidak perlu membeli pakaian yang hanya akan kita pakai sekali atau dua kali atau bahkan tidak sama sekali.

  • Menghemat Waktu

Kita tidak akan menghabiskan waktu berjam-jam mencari di toko atau online, mencoba mencari tahu apa yang akan di beli. Capsule wardrobe menggunakan palet warna tertentu, yang mempersempit fokus kita. Setelah kita mempertajam pilihan yang lebih sedikit, membuat keputusan menjadi lebih mudah dan lebih cepat

Cara Membuat Lemari Kapsul

Cara Membuat Lemari Kapsul kamu dengan 2 langkah yang sederhana, dapat kamu coba sekarang juga loh, yuk simak sebagai berikut:

  • Rapikan lemari pakaian Anda

Langkah pertama dalam membangun lemari pakaian kapsul minimalis adalah mengeluarkan barang-barang dari lemari pakaian kamu saat ini yang tidak di pakai lagi. Melakukan hal ini membuat kamu membereskan kekacauan sehingga kamu dapat fokus membangun lemari kapsul dengan barang-barang yang kamu sukai. Menyumbangkan, menjual, atau mendaur ulang barang-barang. Contohnya: Tidak cocok , tidak di sukai, memiliki barang yang sama, terkena noda, rusak dan tidak dapat di perbaiki lagi

  • Pilih pakaian lemari kapsul inti

Setelah kamu melakukan penyortiran, sekarang saatnya memilih pakaian yang ingin kamu masukkan ke dalam lemari pakaian kapsul kamu dari yang tersisa. Saat melakukan ini, carilah dasar-dasar kualitas yang fungsional dan serbaguna. Pakaian fungsional yang praktis, berguna, dan sesuai dengan gaya hidup kamu saat ini. Pakaian serbaguna yang mudah di padukan dengan pakaian lain, dapat di tata dengan berbagai cara, dan di kenakan dalam konteks berbeda. Saat mengevaluasi item berdasarkan fungsinya, pikirkan tentang bahan, berat, atribut fisik item (seperti panjang, siluet, dan model lengan). Kemudian pikirkan betapa mudahnya membersihkan dan merawatnya. Saat mengevaluasi keserbagunaan suatu pakaian, pertimbangkan betapa mudahnya pakaian tersebut di padukan. Kemudian cocokkan dengan potongan, warna, dan pola lain dan apakah kamu dapat memakainya ke acara yang berbeda atau di musim yang berbeda. Sekarang kamu sudah bisa memulai dan menata Capsule Wardrobe.

Back To Top
Exit mobile version