Wanita Berpengaruh Dunia 2023 Versi Majalah Forbes

Wanita Berpengaruh Dunia 2023 Versi Majalah Forbes
Wanita Berpengaruh Dunia 2023 Versi Majalah Forbes

Wanita Berpengaruh Dunia 2023 Versi Majalah Forbes Terdapat 100 Daftar Nama Wanita Hebat Dari Seluruh Dunia Di Dalamnya. Pada Selasa 5 Desember 2023 The World’s Most Powerful Women 2023 di rilis oleh Majalah Forbes. Urutan nama ini memang selalu di rilis tiap tahunnya oleh Forbes yang mencakup tokoh di seluruh dunia. Daftar tokoh wanita yang di rilis di tahun ini merupakan yang ke-20 kalinya dan berisi nama 100 Wanita Berpengaruh di Dunia selama 2023. Forbes sendiri merupakan majalah ekonomi dan bisnis yang tersohor di Amerika Serikat dan di dirikan pada tahun 1917 oleh B.C Forbes. Sesudah kematiannya, pada 1954, majalah ini terkenal di tangan putra kedua nya yang bernama Malcom Forbes (1917-1990). Saat ini perusahaan Forbes di kelola oleh Steve Forbes dan saudara-saudaranya. Forbes pertama kali di terbitkan di Indonesia oleh PT. Wahana Mediatama pada tahun 2010 yang lalu.

Majalah Forbes terkenal karena sering merilis daftar orang-orang terkaya di dunia serta daftar perusahaan-perusahaan tersukses di dunia. Daftar yang mereka rilis seeperti Forbes 500 dengan perusahaan terkaya di dunia, World’ Richest People (daftar orang terkaya di dunia), serta Forbes 400 (pengusaha terkaya di dunia). Tahun ini Forbes merilis The World’s Most Powerful Women 2023 dengan banyak tokoh wanita hebat di dalamnya. Para wanita hebat ini berasal dari berbagai penjuru dunia. Salah satunya adalah Taylor Swift yang berhasil masuk ke daftar 5 besar Wanita Berpengaruh di Dunia 2023. Selanjutnya terdapat pula nama Rihanna dan Beyonce di daftar bergengsi tersebut. Kemudian terdapat juga beberapa tokoh wanita hebat dari Indonesia yaitu Sri Mulyani dan Nicke Widyawati. Seperti yang kita ketahui bahwa Sri Mulyani merupakan Menteri Keuangan Indonesia sementara Nicke Widyawati merupakan bos perusahaan BUMN Indonesia yaitu Pertamina.

Berikut beberapa fakta di balik daftar nama 100 Wanita Berpengaruh Dunia Selama 2023 yang telah penulis rangkum.

1. Metode Penilaian Daftar Forbes Wanita Berpengaruh Dunia 2023

Moira Forbes, Wakil Presiden Eksekutif Forbes menjelaskan bahwa para wanita di dalam daftar bergengsi tersebut melakukan perubahan di tengah situasi dunia yang sedang tidak stabil. Mereka terbukti dapat melakukannya dengan menggunakan pengaruh mereka. Metode Penilaian Daftar Forbes Wanita Berpengaruh Dunia 2023 menerapkan 4 penilaian yang di nilai dari para kandidat. Empat metrik penilaian ini berupa media, kekayaan, dampak, serta jangkauan pengaruh para tokoh wanita tersebut.

Daftar pada tahun ini menunjukkan perubahan yang cukup jelas di mana tokoh terkenal industri hiburan berada di peringkat atas bersama pebisnis dan politisi dunia. Penghargaan majalah Forbes tahun ini pun terdiri dari 6 kategori yaitu teknologi, media dan hiburan, bisnis, politik dan kebijakan, keuangan, serta filantropi.

2. Peringkat Teratas Wanita Berpengaruh Dunia 2023 Versi Forbes

Pada umumnya daftar The World’s Most Powerful Women 2023 terdiri para wanita yang menjadi pemimpin dari berbagai bidang. Peringkat pertama The World’s Most Powerful Women 2023 jatuh kepada Presiden Komisi Eropa yang bernama Ursula Von Der Leyen. Di ketahui Ursula Von Der Leyen dulunya pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan Jerman dan ia lahir di Belgia. Sekarang ia menjabat sebagai Presiden Komisi Eropa sejak tahun 2019. Ia merupakan perempuan pertama yang menduduki jabatan tinggi tersebut.

Kemudian pada peringkat kedua terdapat Presiden Bank Sentral yaitu Eropa Christine Lagarde yang berasal dari Jerman. Ia juga di kenal sebagai perempuan pertama yang memimpin Bank Sentral Eropa serta Organisasi Dana Moneter Internasional (IMF).

Pada peringkat ketiga terdapat nama Kamala Harris yang di kenal sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. Kamala Harris di kenal sebagai wanita pertama serta orang kulit hitam pertama dan orang Amerika keturunan India pertama yang menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat.

Selanjutnya peringkat ke-empat di duduki oleh Giorgia Meloni sebagai Perdana Menteri Italia. Ia juga merupakan wanita pertama yang menjabat sejak Oktober 2022 sebagai perdana menteri di Italia.

3. Taylor Swift Masuk 5 Besar The World’s Most Powerful Women 2023

Taylor Swift berhasil menduduki peringkat ke-5 mengikuti beberapa tokoh wanita hebat lainnya seperti Kamala Harris, Wakil Presiden AS di peringkat ketiga. Peringkat Taylor Swift di nilai meningkat jauh dari tahun lalu di mana ia menduduki peringkat 79. Pada daftar bergengsi ini, Taylor Swift menempati posisi teratas dalam Most Powerful Women dalam kategori Media dan Entertainment.

Per Oktober 2023 yang lalu, Taylor Swift resmi menyandang gelar sebagai miliarder. Hal ini di karenakan ia memiliki harta yang di taksir mencapai US$1,1 Miliar atau Rp. 16,9 Triliun di umurnya yang 33 tahun. Pencapaian ini menjadikan Taylor Swift sebagai musisi pertama yang menjadi miliarder dengan penampilannya serta karya lagunya. Di ketahui juga bahwa Taylor Swift memiliki harta kekayaan meliputi lebih dari US$500 juta dari hasil royalti serta tour konser. Kemudian di tambah lagi dengan US$500 juta dari katalog musiknya. Tak heran jika Taylor Swift Masuk 5 Besar The World’s Most Powerful Women 2023.

Taylor Swift di sebut-sebut mengalahkan Oprah Winfrey dalam Most Powerful Women di kategori yang sama. Oprah Winfrey menduduki posisi pada peringkat ke-31. Posisi Oprah Winfrey di nilai turun dari tahun 2021 yang pada saat itu berada di peringkat ke-23. Selain itu, nama Rihanna dan Beyonce Knowles juga terdapat di dalam daftar 100 Wanita Berpengaruh di Dunia tahun ini versi majalah Forbes. Rihanna di ketahui berada di peringkat ke-74 sementara Beyonce berada di peringkat 36.

4. Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk Daftar The World’s Powerful Women 2023

Indonesia turut bangga dengan dua tokoh wanita hebat dari Indonesia yang masuk ke dalam daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia. Dua wanita hebat dari Indonesia tersebut adalah Sri Mulyani dan Nicke Widyawati. Seperti yang kita ketahui bahwa Sri Mulyani merupakan Menteri Keuangan Indonesia dan menempati urutan ke-47. Sementara itu Nicke Widyawati merupakan Direktur Utama Perusahaan Pertamina dan menempati posisi ke-51. Pada tahun 2022 yang lalu mereka berdua telah masuk ke daftar wanita paling berpengaruh di dunia dan tahun ini mereka kembali menempati posisi tersebut.

Sri Mulyani merupakan Menteri Keuangan Indonesia yang menjabat pada tahun 2005 sampai 2010. Ia juga di ketahui sempat menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Kemudian Sri Mulyani juga merupakan wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana di Bank Dunia. Sejak 2019, ia kembali lagi menjadi Menteri Keuangan Indonesia dan menjabat dari 2019 sampai 2024. Reformasi terhadap layanan perpajakan di Indonesia juga pernah di lakukan oleh Sri Mulyani. Oleh karena pencapaian tersebut, Sri Mulyani menerima penghargaan sebagai Menteri Terbaik Dunia dari KTT Pemerintah Dunia pada tahun 2018 yang lalu.

Sementara itu Nicke Widyawati menjadi wanita Indonesia kedua yang masuk ke dalam daftar bergengsi majalah Forbes tersebut. Nicke Widyawati di ketahui merupakan CEO dan juga direktur utama dari perusahaan Pertamina. Kemudian ia juga merupakan wanita kedua yang menjadi direktur perusahaan BUMN tersebut. Kemudian Nicke Widyawati juga pernah menjadi ketua gugus tugas saat Indonesia menjadi tuan rumah Presidensi G20 2022.

Tidak heran Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk Daftar The World’s Powerful Women 2023 karena pencapaian mereka yang luar biasa.

Itu dia beberapa daftar Wanita Berpengaruh Dunia versi Majalah Forbes di Tahun 2023. Semoga semakin banyak lagi kita temui daftar bergengsi tentang Wanita Berpengaruh Dunia.

Back To Top
Exit mobile version