Tips Tetap Sehat Di Musim Hujan

Tips Tetap Sehat Di Musim Hujan
Tips Tetap Sehat Di Musim Hujan

Tips Tetap Sehat Di Musim Hujan Akan Menjaga Kita Tetap Sehat Dari Segala Penyakit Yang Menyerang Di Musim Penghujan. Beberapa hari belakangan sering terjadi hujan di beberapa kota di Indonesia. Perubahan cuaca yang terjadi cukup ekstrem karena setelah terik matahari timbullah hujan yang cukup deras. Cuaca yang berubah cukup ekstrem ini bisa menyebabkan tubuh menjadi rentan dari berbagai penyakit. Hal ini di karenakan lingkungan lembab dengan suhu yang rendah pada musim hujan bisa menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit. Sistem imun pada tubuh kita juga dapat menurun karena lingkungan musim hujan sehingga menyebabkan kemungkinan infeksi virus ataupun bakteri. Virus dan bakteri dapat berkembang biak di musim hujan karena lingkungan yang lembab dan dingin. Produktivitas sehari-hari bisa menurun karena terserang penyakit dan badan tidak fit. Maka dari itu menerapkan cara menjaga menjaga kesehatan di musim hujan sangat penting untuk menghindari penyakit.

Musim hujan di Indonesia umumnya terjadi di Bulan Oktober hingga Maret. Sedangkan musim kemarau umumnya terjadi di bulan April hingga Desember. Musim hujan biasanya di tandai dengan meningkatnya curah hujan pada suatu wilayah. Sementara itu, musim hujan memiliki kelebihan dan kekurangan juga. Selain menyebabkan penyakit, curah hujan yang tinggi secara terus menerus juga dapat menimbulkan banjir serta longsor. Meskipun begitu, musim hujan juga bermanfaat untuk pertanian serta daerah yang kesulitan mendapatkan air bersih. Sementara itu musim pancaroba merupakan masa peralihan antara musim penghujan dan musim kemarau. Cuaca yang berubah ekstrem biasanya juga terjadi di masa pancaroba ini. Oleh karena itu sebelum musim hujan datang kita harus memiliki persiapan untuk menghadapi musim hujan, terutama persiapan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Banyak cara yang bisa di lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit selama beraktivitas di musim hujan.

Simak beberapa Tips Tetap Sehat yang harus kamu terapkan agar tubuh tetap fit di musim hujan.

Tips Tetap Sehat Dengan Minum Air Putih

Tips Tetap Sehat Dengan Minum Air Putih yaitu dengan menjaga asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh tetap harus di lakukan walaupun sedang musim hujan. Pasalnya jika kita dehidrasi, tubuh kita akan lebih rentan terserang penyakit yang biasanya muncul di musim hujan, contohnya seperti influenza. Selain itu dengan meminum air putih dapat membantu tubuh membersihkan sisa-sisa proses metabolisme dan racun pada tubuh. Maka dari itu kita harus tetap mengonsumsi air putih 8 gelas per hari dan memakan buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi untuk mencegah dehidrasi. Selain itu jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan air putih yang kita minum sehingga aman untuk di konsumsi ya!

Lakukan Aktivitas Fisik Dengan Rutin

Musim hujan memang membuat kita ingin bermalas-malasan di tempat tidur karena suhunya yang dingin dan sejuk. Namun, tips selanjutnya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat di musim hujan adalah Lakukan Aktivitas Fisik Dengan Rutin. Aktivitas yang di maksud misalnya adalah olahraga fisik yang dapat kita lakukan di rumah. Selain itu dengan berolahraga saat musim hujan dapat menjaga sirkulasi darah khususnya sel darah putih yang berperan penting dalam imunitas tubuh. Dengan melakukan olahraga fisik di rumah, sistem imun tubuh kita juga akan meningkat sehingga dapat mencegah risiko datangnya penyakit ketika musim hujan.

Penuhi Kebutuhan Istirahat

Selain berolahraga di rumah, kita juga harus tetap Penuhi Kebutuhan Istirahat selama musim hujan. Sebenarnya tidak hanya di musim hujan saja namun di setiap musim dan setiap saat kita harus tetap mencukupi kebutuhan istirahat tubuh. Tidurlah dengan durasi yang di anjurkan yaitu selama 7-8 jam setiap malam agar imun tubuh tetap terjaga dan dalam kondisi yang tetap optimal. Tentunya hal ini akan mencegah kita dari berbagai penyakit yang datang ketika musim hujan.

Jangan Makan Sembarangan

Kita harus menghindari makanan yang sembarangan yaitu makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Selain kebersihannya yang kurang di jaga, kandungan dari makanan ini juga kurang baik untuk kesehatan. Akibatnya tubuh lebih mudah terserang penyakit pada musim hujan. Penyakit yang sering menyerang jika makan sembarangan biasanya adalah sakit perut atau diare karena kandungan makanan yang kurang bersih. Oleh karena itu Jangan Makan Sembarangan untuk menghindari terjangkit penyakit pada musim hujan.

Konsumsi Asupan Vitamin C dan Vitamin D

Vitamin C di kenal dengan salah satu vitamin yang bagus untuk menjaga sistem imun pada tubuh. Oleh karena itu kita harus memakan makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti brokoli, jeruk, stroberi, apel, dan juga sayur bayam. Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C, kita juga bisa mendapatkan asupan Vitamin C dari suplemen Vitamin C. Suplemen vitamin C dapat kita jumpai di apotek atau toko obat terdekat dengan berbagai harga yang variatif. Dengan suplemen Vitamin C di pastikan Konsumsi Asupan Vitamin C kita akan terpenuhi.

Selain vitamin C, vitamin D juga di butuhkan oleh tubuh terutama saat musim hujan. Kebutuhan harian vitamin D tergantung pula dengan usia dan kondisi tubuh yaitu 400-800 iu. Kita dapat memperolah vitamin D dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D. Contohnya seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna dan juga kuning telur. Kemudian kita juga dapat memperoleh vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi.

Konsumsi Makanan Yang Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi harus kita makan setiap hari dengan mencukupi 4 sehat 5 sempurna. Kurangi memakan makanan siap saji yang mengandung banyak pengawet. Makanan yang bergizi akan menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan ternutrisi serta meningkatkan imun tubuh. Selain itu memakan makanan dengan gizi yang seimbang juga dapat memenuhi kebutuhan makro dan mikro nutrien tubuh dengan baik. Risiko penyakit yang datang pada sat musim hujan menjadi berkurang dengan Konsumsi Makanan Yang Sehat Dan Bergizi. Jadi jangan lupa untuk selalu memakan makanan yang sehat dan bergizi seimbang ya!

Menjaga Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh merupakan salah satu hal yang sangat utama. Selama musim hujan pastikan kita selalu mencuci tangan dengan bersih untuk mencegah virus serta kuman menempel di tangan. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan maupun sesudah makan, setelah beraktivitas, dan juga setelah menggunakan toilet. Kemudian pastikan kuku kita juga bersih karena di khawatirkan terdapat bakteri atau kuman yang masih menempel pada kuku. Bakteri atau kuman yang menempel pada kuku bisa pindah ke makanan yang kita makan jika kita tidak mencuci tangan sebelum makan. Oleh karena itu kita harus tetap Menjaga Kebersihan Tubuh kita di manapun dan kapanpun.

Menjaga tubuh agar tetap sehat selama musim hujan memang sangat penting agar tubuh tetap fit di musim yang dingin ini. Semoga kita semua tetap sehat dan selalu menerapkan Tips Tetap Sehat.

Back To Top
Exit mobile version