Tanaman Liar Yang Menjinakkan Penyakit

Tanaman Liar Yang Menjinakkan Penyakit
Tanaman Liar Yang Menjinakkan Penyakit

Tanaman Liar Tentu Sangat Dapat Menghilangkan Estetika Kebun Rumah Pribadi Karena Tanaman Ini Tumbuh Di Tempat Yang Tak Di Inginkan. Tak hanya itu, tanaman ini pun kerap di sebut gulma karena menjadi hama bagi tanaman lain. Istilah gulma lebih sering kita dengar oleh para budi daya tanaman sebagai penyebutan jenis tumbuhan yang tak di inginkan ini. Keberadaan gulma ini dapat menurunkan hasil pertanian karena mengganggu pertumbuhan akibat kompetisi. Cara berfotosintesis tanaman gulma secara keseluruhan memenangkan setiap proses. Hal ini yang membuat jenis tanaman hama ini cepat menyebar ke seluruh lahan budi daya tumbuhan. Di lain sisi batasan persepsi terhadap gulma terbagi menjadi dua hal, bersifat teknis dan plastis. Dalam hal ini, sifat teknis gulma berkaitan dengan proses dari produksi tumbuhan pertanian. Kemudian, sifat plastis yang mana batasan ini tidak bersifat mengikat pada suatu spesies tanaman saja. Batasan tersebut yang menjadi pegangan dalam menentukan suatu tanaman apakah bersifat gulma atau berguna.

Seperti contoh sifatnya yang plastis, yang mana dalam keadaan dan kondisi tertentu suatu tanaman yang berguna dapat menjadi gulma. Hal tersebut terjadi karena pertumbuhan yang di luar kendali serta merugikan tanaman lain di sekitarnya yang berada di dalam satu lingkungan ekosistem. Dan juga, berlaku sebaliknya yang mana tumbuhan yang masyarakat anggap sebagai gulma justru memiliki kegunaan dan manfaat pada ekosistem di sekitar area tumbuhnya.

Seperti, tanaman monokultur jagung yang di sela selanya di tumbuhi kacang kedelai pada sistem tumpang sari. Yang mana tanaman kedelai yang tumbuh tersebut dapat di anggap sebagai gulma. Meskipun begitu, beberapa tumbuhan yang memang di kenal masyarakat sebagai gulma seperti alang alang. Pada artikel kali ini, kami akan membahas dan menginformasikan kepada Anda beberapa tumbuhan liar yang dapat menjadi obat. Mungkin tanaman jenis ini tumbuh di sekitar pekarangan rumah Anda, namun kami akan membahas sedikit tentang manfaat lain dari tanaman liar.

Tanaman Liar Juga Dapat Menyuburkan Tanah

Untuk menyuburkan tanah umumnya masyarakat menggunakan pupuk kimia atau bahkan pupuk organik. Namun, Tanaman Liar Juga Dapat Menyuburkan Tanah sebagai bagian dari sifat aslnya. Hal tersebut di karenakan tumbuhan ini menyediakan fosfor, kalium, dan nitrogen serta kumpulan air dan mineral untuk kesuburan tanah.

Dengan pemilihan yang cermat, tumbuhan dapat melakukan tugas seperti memberikan tambahan bahan organik ke tanah. Hal tersebut membuat tanah tercegah dari erosi serta membuat pemecahan pada kepadatan tanah liat. Seperti contoh, tanaman liar yang menutupi suatu bidang lahan perkebunan yang akan di pakai kembali untuk tanaman baru. Kemudian tanaman tersebut di bersihkan dengan cara di tebas, lalu membiarkannya di tanah. Kegiatan tersebut bukan tanpa sebab dan bukan karena rasa malas dari si penebang. Melainkan, karena hal tersebut justru menghasilkan bahan organik yang akan di serap tanah hingga membuat tanah hidup, subur, dan di re-vitalisasi.

Aturan penting dalam menjaga kebun atau tanah tetap subur ialah dengan tidak membiarkannya gundul terus menerus. Meskipun tanah belum di gunakan untuk berkebung, baiknya membiarkan beberapa tumbuhan hidup liar di tanah perkebunan. Hal tersebut di karenakan, jika tanah atau perkebunan berada dalam kondisi gundul untuk waktu yang cukup lama. Maka paparan sinar matahari akan mengeringkan tanah yang menyebabkan unsur hara dan bakteri dan kehidupan tanah di dalamnya akan mati.

Yang mana dalam dunia perkebunan sangat di perlukan kehidupan tanah, bakteri maupun unsur hara nya. Tentu akan memberikan cost yang lebih besar jika membuka lahan dengan membersihkannya hingga gundul untuk memulai perkebunan. Karena para petani akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli dan menyebarkan pupuk karena dampak dari penggundulan di atas. Namun hal tersebut sangat jarang terjadi, umumnya petani di Indonesia tidak sebodoh itu melakukan hal sembrono berkaitan dengan perkebunan. Meskipun setelah pembersihan lahan hingga gundul langsung di tanami oleh tanaman kebun, dapat di lihat jika gulma yang di tebas tetap dibiarkan di atas tanah.

Lantas, Penyakit Apa Yang Dapat Diobati

Kita telah mengetahui alasan di balik sisa tanaman yang habis di tebas tetap di biarkan di atas tanah. Lantas, Penyakit Apa Yang Dapat Diobati oleh tumbuhan liar serta bagaiamana cara menemukannya dan apa namanya.

Yang pertama adalah tanaman Anting anting. Tumbuhan ini selalu menjadi yang pertama terbesit di masyarakat khususnya di zaman dulu ketika terluka atau mengalami pendarahan. Karena tanaman ini dapat menghentikan mimisan, mempercepat luka menjadi kering hingga menghentikan pendarahan. Tanaman ini dapat di temui di sekitar pinggiran jalan, selokan dan tanah lembab. Ciri ciri tanaman ini seperti namanya. Tanamannya seperti perdu, dan memiliki bunga warna hijau yang menggantung layaknya mutiara di telinga.

Selanjutnya adalah ciplukan. Tanaman ini banyak di jumpai di area perkebunan dengan bentuk tumbuh seperti semak semak kecil hingga mencapai tinggi 1 meter. Daun dan buahnya berwarna hijau, yang apabila telah matang buah dari ciplukan akan beubah warna menjadi kuning. Manfaatnya terletak pada daun ciplukan yang berkhasiat untuk mengobati bisu, borok, diabetes bahkan asma.

Yang ketiga ialah rumput teki. Tumbuhan ini menurut peneliti obat obatan, dapat di jadikan sebagai obat herbal karena umbi umbiannya kaya akan senyawa Tannin. Senyawa ini berkhasiat sebagai anti mikroba serta dapat menjadi anti peradangan. Hal tersebut memberi keterangan bahwa rumput teki dapat di gunakan untuk mengasi nyeri saat menstruasi dan peradangan gigi. Namun, meskipun tumbuhan ini dapat di jadikan sebagai obat herbal dan di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Maka akan menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, alergi hingga ke masalah pencernaan.

Yang terakhir adalah alang alang. Tanaman ini tumbuh sangat subur di padang liar yang memiliki daun yang lumayan tajam. Bagian yang di gunakan dari tumbuhan ini untuk obat adalah akarnya. Akar alang alang dalam pengobatan China di gunakan sebagai obat pereda demam. Selain itu, alang alang juga berkhasiat untuk mengatasi panas dalam dan sariawan.

Kesimpulan

Tentu masih banyak tumbuhan liar yang dapat di jadikan obat berbagai penyakit. Namun sama halnya seperti obat obatan modern, meskipun berasal dari tumbuhan tak menutup kemungkinan untuk bebas dari efek samping. Meskipun tumbuhan yang di sebutkan di atas tumbuh subur di sekitar area tinggal atau kebun Anda. Kami menyarankan bagi Anda untuk tetap selalu menjaga kesehata dan keselamatan, sehingga dapat meminimalisir penggunaan obat modern maupun obat herbal yang berasal dari tumbuhan ini. Kesimpulan dari artikel ini, tumbuhan jenis ini akan bermanfaat pada saat kondisi genting yang membuat Anda membutuhkan penanganan cepat.

Namun sepertinya saat ini, masyarakat lebih tenang untuk memberikan pengobatan untuk penyakit yang di derita ke Rumah Sakit. Seingga informasi tentang hal seperti ini hanya sebatas informasi untuk di ketahui saja. Dan, sampai di situ saja informasi dari kami yang dapat di sampaikan tentang penyakit yang dapat di obati oleh Tanaman Liar.

Back To Top
Exit mobile version