Tahapan Stek Bunga Mawar Agar Lebih Cepat Tumbuh

Tahapan Budidaya Bunga Mawar Agar Cepat Tumbuh
Tahapan Budidaya Bunga Mawar Agar Cepat Tumbuh

Tahapan Stek Bunga Mawar Agar Lebih Cepat Tumbuh Yaitu Dengan Pemberian ZPT. Siapa di sini yang tidak suka dengan bunga mawar. Bentuknya yang cantik menjadikan bunga ini menjadi bunga yang paling banyak di gemari oleh semua orang. Tak hanya bentuknya yang cantik, bunga ini juga memiliki warna yang menarik, di antaranya merah, pink, orange, hingga kuning. Keindahan bunga mawar mempunyai pesona yang sangat kuat.

Bunga mawar biasanya identik dengan simbol cinta dan kasih sayang. Faktanya, bunga mawar kerap di berikan pada saat perayaan valentine. Perbedaan warna pada bunga mawar mempunyai makna atau arti yang berbeda pula. Bunga mawar merah melambangkan cinta sedangkan bunga mawar putih melambangkan kemurnian atau ketulusan.

Dilansir dari Guinness Book of World Records, bunga mawar adalah spesies tanaman yang di tanam dan di peruntukan sebagai dekorasi atau hiasan. Hingga pada saat ini bunga ini banyak di manfaatkan untuk dekorasi acara ulang tahun atau pernikahan. Baru-baru ini bunga mawar juga merambah menjadi buket bunga yang di berikan pada saat wisuda atau hari-hari penting lainnya. 

Tak hanya itu, setelah di kaji lebih dalam lagi ternyata bunga mawar memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga di manfaatkan untuk pembuatan produk kecantikan atau skincare. Yang mana kita ketahui juga vitamin C bagus untuk kulit.

Nah, banyak sekali manfaat dari bunga mawar ini ya. Pasti di antara kalian belum tahu cara membudidayakan bunga mawar yang tepat. Tahapan untuk membudidayakan bunga mawar ini ternyata cukup mudah. Kamu tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan alat dan bahan karena budidaya bunga mawar sangat simple. Untuk kamu yang ingin membudidayakan bunga mawar simak terus artikel ini ya.

Sebelum kita bahas mengenai tahapan stek bunga mawar, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai syarat tumbuh atau lingkungan yang sesuai dengan kriteria dari bunga mawar.

Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Tahapan awal yang harus di perhatikan dalam budidaya bunga mawar salah satunya adalah menyediakan lingkungan tumbuh yang baik untuk bunga mawar. Lingkungan tumbuh yang baik merupakan kunci penunjang dalam pertumbuhan tanaman. Bunga mawar akan lebih cepat tumbuh jika lingkungannya mendukung. Lingkungan tumbuh yang baik harus sesuai dengan syarat tumbuh bunga mawar. Syarat tumbuh bunga mawar adalah kecocokan tempat tumbuh bunga mawar agar dapat tumbuh dengan optimal. Nah di bawah ini merupakan syarat tumbuh bunga mawar

  • memiliki curah hujan rata – rata 1500 – 3000 mm/th
  • ketinggian tempat adalah di antara 560 – 800 mdpl 
  • suhu udara minimum 16 – 18 derajat C dan maksimum 28 – 30 derajat C
  • keutuhan sinar matahari sebesar 5 – 6 jam/hari
  • jenis tanah yang di gunakan adalah tanah latosol dan andosol berpori
  • tanah yang di gunakan adalah tanah liat berpasir yang subur dan memiliki drainase dan aerasi yang baik
  • tanah mengandung bahan organik yang tinggi
  • pH tanah berkisar antara 5,5 – 7,0

Penyediaan lingkungan tempat tumbuh yang sesuai dengan syarat tumbuh bunga mawar akan menunjang pertumbuhan bunga mawar itu sendiri. Teknik dan perawatan yang tepat akan mempercepat pertumbuhan bunga mawar. Setelah lingkungan tempat tumbuh sesuai dengan syarat tumbuh bunga mawar. Hal yang perlu di perhatikan selanjutnya adalah teknik atau cara stek yang benar. Nah berikut adalah cara stek bunga mawar agar lebih cepat tumbuh. 

Tahapan Stek Bunga Mawar

Untuk mendapatkan hasil stek bunga mawar yang optimal maka perlu memperhatikan teknik atau cara yang tepat. Berikut ini cara stek bunga mawar

Mungkin beberapa dari kalian belum tahu apa itu stek. Stek merupakan perbanyakan tanaman vegetatif dengan menggunakan batang tanaman yang di gunakan sebagai bahan tanam. Bunga mawar sendiri merupakan salah satu tanaman yang dapat di stek batangnya. 

Pertama, siapkan media tanam. Media tanam menggunakan jenis tanah yang sudah di sebutkan pada syarat tumbuh bunga mawar di atas ya teman-teman. Media tanam untuk bunga mawar biasanya campuran dari tanah, pupuk organik, dan sekam padi dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Jika media tanam sudah siap lanjut siapkan bahan tanam.

Kedua, siapkan bahan tanam. Bahan tanam yang di gunakan adalah batang dari tanaman mawar. Gunakan batang tanaman mawar yang sehat dan subur. Batang yang di ambil adalah batang yang sedikit berkayu berwarna coklat.

Ketiga, potong batang dengan gunting kurang lebih 20-30 cm. Potong pangkal batang yang akan di tanam dengan kemiringan 45°. Tujuan dari pemotongan miring ini adalah untuk mencegah pembusukan serta agar permukaan batang lebih luas.

Keempat, rendam pangkal batang ke larutan zat pengatur tumbuh (ZPT) akar. Banyak ZPT akar di antaranya Growtone atau Rootone F selama kurang lebih 15 menit. Konsentrasi larutan ZPT adalah 2 gr per 50 ml air atau di sesuaikan dengan kemasan merk masing-masing. Penggunaan ZPT ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan akar agar lebih cepat tumbuh. 

Kelima, ambil batang dari ZPT dan di angin-anginkan sebentar lalu tancapkan pangkal batang ke dalam media tanam kurang lebih 5 cm. Siram media tanam dengan air secukupnya. Letakkan di tempat yang teduh untuk mengurangi penguapan. 

Selama pemeliharaan tanaman stek, belum di lakukan pemupukan karena akarnya belum tumbuh. Stek yang baik bisa di lihat dari munculnya tunas pada bekas tumbuhnya daun atau ketiak daun. Biasanya dapat di lihat pada hari ke 5-7. 

Perawatan Stek Bunga Mawar

Selanjutnya, tahapan terakhir dalam stek bunga mawar adalah perawatan. Jika sudah memenuhi lingkungan tempat tumbuh dan teknik stek bunga mawar yang baik dan benar, langkah selanjutnya yaitu perawatan. Batang bunga mawar yang telah di stek dan di tancapkan kedalam media tanam tidak akan hidup jika di biarkan begitu saja. Oleh karena itu memerlukan perawatan agar dapat tumbuh dengan optimal. Nah berikut ini merupakan perawatan stek bunga mawar

Penyiraman

Penyiraman di lakukan secara rutin 2 kali sehari. Jika pada saat musim hujan penyiraman bisa menyesuaikan. Penyiraman ini bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah dan pelarutan unsur hara agar lebih mudah terserap oleh akar. Kekurangan atau kelebihan penyiraman akan menghambat pertumbuhan bunga mawar. 

Pemangkasan

Pemangkasan daun dan batang tanaman harus rutin di lakukan pada saat tanaman sudah mulai tumbuh rimbun karena dapat menjadi persaingan dan menghambat pertumbuhan. Perawatan ini di lakukan 3 minggu sekali atau di sesuaikan dengan kondisi tanaman.

Penyiangan Gulma

Penyiangan gulma yang tumbuh di sekitar bunga mawar bertujuan untuk mengurangi persaingan antara bunga mawar dan gulma dalam menyerap nutrisi. Pembasmian gulma di lakukan 1 minggu sekali atau menyesuaikan kondisi.

Pemupukan

Awal pemupukan pada tanaman bunga mawar di lakukan pada saat berumur 7-21 hari. Pemupukan menggunakan pupuk organik cair yang di larutkan ke dalam air. Lalu di semprotkan pada bagian bawah daun tanaman bunga mawar. Pemupukan di lakukan 1 minggu sekali. 

Tentunya sangat mudah bukan stek bunga mawar. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti beberapa tahapan.

Back To Top
Exit mobile version