Strategi Tidur Yang Baik Untuk Tubuh Kita

Strategi Tidur Yang Baik Untuk Tubuh Kita
Strategi Tidur Yang Baik Untuk Tubuh Kita

Strategi Tidur Yang Baik Untuk Tubuh Kita, Karena Tidur Itu Penting Bagi Kesehatan Fisik Dan Psikis Setiap Orang. Menjalankan Strategi Tidur yang baik penting bagi setiap orang yang menginginkan tidur yang menyegarkan dan baik untuk kesehatan fisik dan psikisnya setiap hari. Memang ada ratusan Strategi Tidur. Beberapa di antaranya telah terbukti secara ilmiah, sementara sebagian masih berupa anekdot, dan sebagian yang lain hanya omong kosong.

Apa yang cocok dan berhasil baik bagi seseorang sering tidak cocok bagi orang lain. Oleh karena itu, kamu bebas untuk mencobanya, yang penting adalah jangan terlalu cemas tentang tidur kamu. Beberapa malam kurang tidur tidak akan merusak hidup kamu. Oleh karena itu, santai sajalah. Coba beberapa hal dan lihat apa yang cocok untuk kamu. Setiap malam, satu di antara empat orang menderita insomnia. Kamu pun tentunya tidak kebal terhadap pengalaman yang tidak menyenangkan dan membuat kamu putus asa karena tidak dapat tidur. Kamu menderita insomnia jika dalam pola tidur kamu terdapat salah satu atau lebih dari gejala-gejala berikut ini:

  • Kamu tidak mampu tidur ketika kamu ingin sekali untuk tidur.
  • Tidurmu terputus-putus dan terganggu.
  • Kamu bangun terlalu pagi namun masih kurang tidur.

Berikut ini adalah saran-saran khusus untuk menjamin tidur yang benar- benar berfaedah, mengurangi kemungkinan insomnia, dan menjamin kesegaran tubuh di siang hari;

Kurangi Stres Sebagai Strategi Tidur

Kurangi Stres Sebagai Strategi Tidur yang baik. Tidur yang baik pada malam hari sangat di pengaruhi oleh kejadian pada siang hari. Untuk semua orang, kecuali bayi dan orang tua, salah satu penyebab insomnia yang paling umum adalah stres. Dalam masyarakat yang aktif selama dua puluh empat jam, stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Ahli endokrinologi asal Australia, Hans Selye, mengatakan bahwa mati adalah satu-satunya keadaan yang bebas stres. Meskipun kita sama sekali tidak bisa menghindari stres, hal ini bisa di atasi. Kendalikan hidup kamu. Fokuskan pada bagian yang penting, misalnya kehidupan keluarga. Pikirkan segala sesuatu terlebih dahulu sebelum kamu bingung dan marah. Ingatlah dua aturan manajemen stres yang sederhana ini; Aturan 1 Jangan mudah cemas tentang hal-hal kecil. Aturan 2 Ingat, semua Itu adalah hal-hal kecil. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengelola stres yang kamu hadapi dan bisa kamu coba:

  • Duduk dengan tenang dalam posisi yang nyaman.
  • Tutup mata kamu dan kendurkan otot, mulai dari kaki hingga muka kamu. Tetaplah relaks.
  • Tarik napas perlahan melalui hidung. Ketika kamu mengembuskan napas, dengan tenang katakan sepatah kata seperti, “Satu”.
  • Teruskan hingga sepuluh hingga dua puluh menit. Ketika selesai, duduklah dengan tenang sementara mata kamu tertutup selama beberapa menit, dan bukalah mata kamu selama beberapa menit sebelum berdiri
  • Lakukan “respons relaksasi” yang di temukan oleh Dr. Benson sekali atau dua kali sehari, tetapi tidak dalam beberapa jam setelah makan karena pencernaan bisa mengganggu relaksasi.

Beberapa menit merasakan kedamaian dan ketenangan setiap hari, sikap mental yang positif, aktif berolahraga dan menyalurkan hobi, banyak tertawa, dan di temani oleh orang yang di cintai akan mengurangi ketegangan. Orang yang tegang tidak dapat tidur dengan nyenyak, sementara orang yang santai dapat tidur pulas. Jadi, bersantailah.

Olahraga Agar Tubuh Menjadi Bugar

Olahragalah Agar Tubuh Menjadi Bugar. Olahraga meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru di samping itu, mengurangi stres, kecemasan, dan insomnia. Olahraga juga meningkatkan tingkat endorfin kamu. Endorfin adalah pengangkat suasana hati alami yang di produksi oleh otak sebagai akibat dari latihan fisik. Endorfin mengurangi rasa sakit, mengendurkan otot, menekan nafsu makan, dan menghasilkan perasaan sehat secara umum. Hasilnya, tidur menjadi lebih nyenyak, lebih efisien, dan lebih tenteram. Olahraga yang efektif meliputi, antara lain, jalan cepat, lari, berenang, tenis, dansa, ski, bola basket, atau olahraga aerobik. Lakukan olahraga atau pelatihan secara teratur. Untuk orang yang biasanya duduk terus-menerus, mendaki tangga menuju kantor pun sudah merupakan peningkatan.

Olahraga meningkatkan suhu tubuh inti. Penurunan suhu tubuh berikutnya pada saat tidur, lima atau enam jam setelah latihan yang melelahkan, menyebabkan kantuk dan tidur nyenyak. Para atlet dan orang-orang yang bugar secara fisik tidur lebih nyenyak daripada yang bukan atlet. Jangan lakukan aerobik yang berat atau aktivitas yang memerlukan otot yang lain selama tiga jam menjelang waktu tidur. Pengerahan tenaga fisik merangsang pengeluaran adrenalin. Waktu terbaik untuk berlatih adalah akhir sore atau tengah hari.

Latihan pagi berpengaruh kecil terhadap kualitas tidur pada malam harinya. Jika kamu harus berlatih pada pagi-pagi sekali, jangan lakukan dengan mengorbankan tidur yang dibutuhkan, pastikan kamu mulai tidur tepat waktu untuk memenuhi waktu tidurmu. Regangkan tubuh kamu sebelum tidur, tetapi jangan terlalu berat. Gerakkan lengan kamu dengan meliuk-liukkannya, dan cobalah lemaskan otot leher kamu dengan menggoyangkan kepala pelan-pelan ke kiri dan kanan. Cara latihan yang efektif akan memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi reaksi tekanan darah kamu terhadap stres, dan juga mengurangi ketegangan serta kegelisahan. Semua ini akan membuat tidur semakin nyenyak.

Makanan Yang Tepat

Ada beberapa kontroversi tentang hubungan antara apa yang kamu makan dan bagaimana kamu tidur. Secara umum, untuk sehat di butuhkan Makanan Yang Tepat. Dan orang yang sehat akan tidur lebih nyenyak.

  • Makanlah sayuran dan buah-buahan, serta roti dari gandum yang tidak disosoh, nasi, pasta, ikan, dan daging juga unggas. Batasi jumlah konsumsi lemak dan hindari makanan gorengan.
  • Nikmatilah makan pagi yang sehat secukupnya, makan siang yang banyak, dan makan malam yang ringan.
  • Makan protein pada makan malam, seperti ikan, ayam, atau sayur-sayuran tertentu akan mengurangi rasa lapar pada malam hari. Jangan makan dalam jumlah banyak pada empat atau lima jam menjelang waktu tidur. Meskipun makanan yang banyak akan membuat kamu segera merasa mengantuk pada awalnya, kamu mungkin terbangun pada malam hari. Kemudian kamu menjadi semakin gemuk dengan makan terlambat. Keterlambatan makan berarti keterlambatan membakar kalori sebelum kalori tersebut mulai merusak.
  • Jauhi makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan, menghasilkan gas, atau mulas. Acar, bawang putih, makanan yang berlemak atau banyak bumbunya harus di hindari pada malam hari. Jika kamu sensitif terhadap monosodium glutamat (MSG), kamu akan mengalami insomnia.
  • Jika kamu lapar pada waktu tidur, makanan ringan tinggi karbohidrat dan rendah protein akan menenangkan perutmu dan membantu kamu tidur.
  • Beberapa tumbuhan, misalnya varelian dapat di pakai sebagai “teh” pengantar tidur di sertai madu. Tumbuhan jenis ini berfungsi sebagai obat penenang yang dapat membantu kamu tidur dan tidak mudah terbangun. Ramuan teh lain yang tidak mengandung kafeina adalah kamomil, jeruk, dan primros malam.
  • Vitamin dan mineral tertentu, seperti kalsium dan magnesium, secara alami menimbulkan rasa santai yang dapat membantu kamu tidur dengan nyenyak dan ini juga merupakan Strategi Tidur.
Back To Top
Exit mobile version