Sony Playstation 5 Pro Di Kabarkan Rilis September 2024

Sony Playstation 5 Pro Di Kabarkan Rilis September 2024
Sony Playstation 5 Pro Di Kabarkan Rilis September 2024

Sony Playstation Di Rumorkan Akan Merilis Seri Terbaru Console Gaming Mereka Setelah Perilisan PS 5 Di Tahun 2020. Seri terbaru konsol ini dapat di katakan masih berada di jajaran seri PS 5. Namun, dengan menambahkan emblem Pro sehingga menjadi PS 5 Pro, apakah konsol ini memiliki upgrade spesial dari PS5 reguler? Kabar perilisan ini di bagikan pertama kali di forum ResetEra. Penerus konsol ini di kabarkan hadir dengan GPU yang di sebut Viola. Microarsitektur AMD RDNA3 yang di rancang oleh AMD dengan fabrikasi 4NP TSMC yang mampu menampilkan 30WGP saat di aktifkan sepenuhnya. Untuk CPU, frekuensi puncak dapat mencapai 4,4 Ghz dengan arsitektur processor AMD Zen2. Untuk masalah memori, PS 5 Pro ini di kabarkan akan menggunakan RAM dengan kapasitas 16GB DDR6 dengan kecepatan bandwidth hingga 576GBps. Rumor perilisan yang di beredar ternyata lebih cepat dari rumor sebelumnya yang mengatakan Sony akan merilis Console Gaming ini pada November 2024.

Beberapa media mengatakan keunggulan yang di bawa Sony Playstation 5 Pro ini terdapat pada ray tracing serta memori yang lebih tinggi. Sehingga kemampuan tersebut akan menghasilkan performa yang ingin di capai konsol sebelumnya yaitu 4K 30Fps yang stabil. Lagi lagi, rumor ini semakin di perkuat dengan Rockstar Games yang mengupload teaser Grand Theft Auto 6 yang akan di rilis tahun 2025 mendatang. Desain PS 5 Pro akan mengusung filosofi desain Trinity yang berfokus pada peningkatan performa ray tracing, penyimpanan, hingga peningkatan kinerja. Hal ini tentu akan memberikan angin baru bagi para gamers. Karena beberapa game tidak dapat di jalankan dalam mode maksimal karena di batasi oleh perangkat yang “nanggung”. Di tambah dengan ukuran game yang semakin besar, serta game open world yang membutuhkan peforma ray tracing yang baik. Kehadiran gaming konsol ini akan memberikan dampak besar bagi para gamers khususnya gamers streaming.

Sony Playstation Merilis PS 5 Pro Alih Alih PS 6

Dalam arsip dokumen hukum tentang perselisihan antara FTC dan Microsoft yang membahas akuisisi Activition Blizzard. Di temukan oleh IGN bahwa baik Sony Playstation maupun XBox tidak di harapkan untuk meluncurkan generasi terbaru dari konsol mereka hingga tahun 2028. Hal ini menyebabkan Sony Playstation Merilis PS 5 Pro Alih Alih PS 6. Karena update generasi pertengahan terdengar lebih masuk akal selama jeda antara PS 5 dengan apa yang banyak orang sebut sebagai PS 6.

PS 5 Pro mungkin akan melakukan hal yang sama seperi PS 4 Pro. Dengan mengemas Dualsense serta Game Libraries yang sama namun dengan peningkatan performa yang menargetkan pengalaman bermain di resolusi 4K. Dengan kemungkinan tersebut, PS 5 Pro sejatinya menjadi iterasi dari PS 5 dan bukan PS 6.

Beberapa rumor liar terkait PS 5 Pro yang beredar seperti Developer Kit konsol ini telah di distribusikan ke pengembang. Kemudian, konsol ini akan di bundling dengan GTA 6 yang akan di rilis. Dan rumor yang paling liar mengatakan jika Sony Playstation 5 Pro ini di tingkatkan untuk dapat memainkan game dengan resolusi hingga 8K.

Kabar perilisan ini mendapat berbagai reaksi tanggapan. Meskipun masih bocoran dan rumor, beberapa reaksi mengungkapkan ketidakpuasan terhadap penggunaan processor yang tetap menggunakan Zen 2. Mereka yang bereaksi seperti ini berharap Sony akan memakai processor setidaknya Zen 3. Pertimbangan mengapa tidak Zen 4 di karenakan proses manufaktur untuk processor ini mungkin masih lama. Sehingga tidak tepat waktu untuk di gunakan di PS 5 Pro. Masih dalam reaksi terhadap penggunaan processor, beberapa beranggapan bahwa Zen 2 sudah cukup. Hal ini karena Zen 2 di kabarkan di tune up hingga 4,4 Ghz seperti pernyataan di atas. Sehingga kemudian hal tersebut dapat memberi peningkatan pada sektor ray tracing dan peforma yang ingin di capai di Sony Playstation 5 Pro ini.

Kesan Pertama Yang Di Berikan

Selain harapan dari microsoft yang belum menginginkan generasi terbaru dari gaming konsol ini. Pasti terdapat alasan lain yang dapat kita yakini bahwa Sony Playstation akan mengembangkan update yang signifikan pada PS 5 Pro. Sehingga perancangan update internal yang di berikan dapat lebih menyasar pada beberapa sektor gamers. Kemungkinan besar yang terjadi ialah ketika PS 5 Pro telah di rilis. Yang mana tahun tersebut akan menjadi tahun di mana PS 4 akan tertinggal. Tetapi untuk PS 5, kami rasa masih ada beberapa tahun lagi untuk mencapai potensi kinerja maksimalnya.

Kesan Pertama Yang Di Berikan bahwa konsol ini mungkin di pasarkan bagi para gamers yang ingin memiliki pengalaman bermain dengan resolusi tinggi. Karena konsol ini seperti di rancang untuk pemain yang memiliki tingkat antusias yang tinggi untuk kekuatan dalam bermain. Karena konsol ini merupakan penyegaran dalam generasi pertangahan, kedua konsol PS 5 dan PS 5 Pro ini dapat berdampingan dalam ekosistem bermainnya. Hal ini dapat di pastikan karena pada generasi sebelumnya juga di lakukan demikian. Memungkinkan pengguna PS 4 dan PS 4 Pro dapat bermain bersama karena tidak dapat perbedaan yang signifikan karena masih dalam satu generasi.

Maka dari itu, sangat kecil kemungkinan jika PS 5 Pro menawarkan fitur ekslusif yang melebihi dari PS 5. Namun, seperti penjelasan di atas, kemungkinan terbaiknya ialah konsol ini akan memiliki struktur komponen internal yang lebih kuat dari PS 5. Seperti generasi sebelumnya, seluruh game yang tersedia di PS 5 akan dapat di jalankan dengan baik bahkan lebih baik. Dengan controller terbaru Sony Dualsense, menjadi kombo yang pas untuk pengalaman bermain game. Namun tak hanya itu, kabar Sony akan merilis seri update dari controller pada PS 5 Pro juga mencuat. Di kabarkan Dualsense Edge High Class akan hadir bersamaan dengan PS 5 Pro ini.

Worth It Di Beli Atau Cukup Di PS 5 Saja

Namun, di karenakan controller ini termasuk kedalam pengontrol premium Sony, kami tak dapat memastikan apakah controller ini akan sepaket dengan penjualan konsolnya. Kemungkinan terbesarnya ialah, Sony akan menjual controller ini secara terpisah dengan konsolnya. Tentu hal ini memiliki arti bahwa setiap fitur premium yang ada di tiap generasi konsol ini memiliki pasar pada para gamers yang bersemangat.

Dari sisi virtual game, Sony terlihat sangat antusias dan cukup ahli di bidang VR atau virtual reality. Dengan rumor ini, banyak yang berharap jika perangkat virtual reality Sony akan support untuk tahun tahun mendatang. Banyak juga yang berharap jika Sony mesti mengeluarkan PS VR seri 2 untuk mendukung pengalaman bermain di Sony Playstation 5 Pro. Namun, pembahasan di artikel ini masih dalam batasan rumor yang beredar. Sony sendiri masih belum terlihat memberikan penjelasan terkait rumor yang beredar seputar konsol tersebut. Maka dari itu, kami juga belum dapat memastikan kepada Anda apakah konsol ini Worth It Di Beli Atau Cukup Di PS 5 Saja. Akan tetapi, pengalaman bermain terbaik selalu hadir di setiap generasi seri konsol Sony Playstation.

Back To Top
Exit mobile version