Sony a5000 Mirrorless di Tahun 2024

Sony a5000 Mirrorless di Tahun 2024
Sony a5000 Mirrorless di Tahun 2024

Sony a5000 Adalah Kamera Mirrorless Yang Masih Eksis Hingga Sekarang Di Kalangan Konten Kreator, Fotografer Maupun Videografer. Body kamera yang kecil serta lensa kit yang ada dalam paket pembelian. Serta di bekali dengan sensor cmos apsc 20 megapixels. Hal ini menjadikan kamera ini menjadi primadona di masanya. Jika di bandingkan dengan jajaran Sony alpha lainnya, Sony a5000 jauh ketinggalan di bandingkan dengan generasi terbaru. Namun bagi pemula dengan budget pas – pasan, kamera ini pilihan terbaik dengan beberapa keunggulan yang di tawarkannya. Memang, unit baru kemungkinan sudah tidak tersedia lagi di pasaran untuk seri Sony a5000, jika ada pasti unit tersebut sangat terawat. Di beberapa toko, bahkan ada yang menjual dengan harga 2 jutaan hanya body kamera nya saja tanpa lensa kit. Dengan budget 3 jutaan hingga 4 jutaan, Anda dapat meminang kamera mirrorless compact ini di berbagai marketplace online atau pun di toko fisik.

walaupun dengan budget 3 jutaan Anda masih bisa mendapat opsi lain kamera mirrorless compact dari brand terkenal lain seperti Canon atau pun Fujifilm, Anda tetap tidak menemukan kecepatan autofocus yang lebih baik dari Brand Sony di range harga tersebut. Dengan usia kamera yang akan genap 10 tahun di 2024 mendatang. Kami akan membahas kelayakan Sony a5000 Mirrorless di Tahun 2024.

Sebelum masuk ke pembahasan keunggulan maupun kelemahan kamera ini berdasarkan workflow di tahun 2024. Kami akan menginformasikan spesifikasi singkat dari kamera ini.

Spesifikasi Sony a5000

Spesifikasi adalah alasan utama kenapa seseorang memilih untuk membeli kamera. Melalui artikel ini kami akan jelaskan secara singkat spesifikasi dari kamera mirrorless ini. Spesifikasi Sony a5000 sendiri membawa sensor dengan tipe apsc CMOS dengan resolusi 20 Megapixels. Dengan resolusi tersebut, kamera ini menghasilkan ketajaman foto yang cukup baik dalam kondisi cukup cahaya. Mode perekaman AVCHD juga tertanam di dalam Sony a5000, sehingga kamera ini juga dapat menghasilkan perekaman video hingga FullHD 60 fps. Pada sektor image processing, kamera mirrorless ini mengandalkan BIONZ X image processing yang mampu melakukan foto beruntun dengan kecepatan hingga 3 fps.

Untuk rentang ISO, kamera ini memiliki rentang sensitifitas ISO mulai dari 100 hingga 16000 dan dapat di setting ke mode auto. Kemudian untuk rentang shutter speed, kamera ini mampu menangkap cahaya mulai dari 30 detik hingga 1/4000 detik. Tersedia juga mode BULB jika Anda ingin menggunakan slow shutter sesuai keinginan. Pada sisi autofocus, Sony a5000 menggunakan tipe deteksi kontras dengan 25 titik fokus. Menjadikan kamera ini sangat leluasa dalam menemukan titik fokus jika dalam keadaan cukup cahaya.

Sayangnya, tidak terdapat viewfinder pada kamera ini. Di sematkan layar LCD 3 inci pada body kamera ini yang bisa di flip ke depan serta diatur tingkat kecerahan layarnya. Tak lupa, Sony a5000 dilengkapi lensa kit dengan focal length 16 – 50mm serta bukaan lensa f3.5 – 5.6 Optical Image Stabilization. Kamera ini dilengkapi dengan flash dan mic internal. Tidak terdapat konektor hotshoe pada body kamera. Jika Anda memiliki lensa lain dengan tipe E – mount, maka Anda dapat mengganti lensa Sony a5000 sesuai kebutuhan.

Keunggulan Berdasarkan Workflow yang akan di Jalani

Berdasarkan spesifikasi yang di bawa kamera ini. Berikut adalah Keunggulan Kamera Mirrorless Sony a5000 bagi Anda yang ingin belajar dan menggunakannya pada Tahun 2024.

  • Layar dapat di flip ke depan. Layar seperti ini akan memudahkan Anda dalam mengatur komposisi objek ketika sedang melakukan pengambilan foto atau video pada mode selfie.
  • Autofocus yang masih terbilang cepat memberikan pengalaman terbaik saat pengambilan foto maupun video. Bagi Anda yang senang dengan konten street photography atau sekedar vloging, Anda tidak perlu khawatir missfocus. Hal ini terjadi berkat bantuan 25 titik fokus yang dibawa oleh Sony a5000. Namun dengan catatan, kondisi yang cukup cahaya.
  • Kamera ini mampu mengambil gambar dengan berbagai format seperti format RAW, RAW & JPEG, FINE, serta standar. Keberagaman format yang dapat di pilih seperti ini memudahkan Anda dalam menyesuaikan tipe file seperti apa yang cocok untuk projek yang Anda kerjakan.
  • Baterai dengan kapasitas 1020 mAh. Walaupun dengan kapasitas yang terbilang kecil, baterai kamera ini mampu memotret kurang lebih 400 foto. Dengan mode perekaman video fullHD 60 fps, kamera ini mampu melakukan perekaman kurang lebih 1 jam 30 menit. Dengan catatan kamera di gunakan ketika baterai full hingga habis.
  • Lensa dapat di ganti – ganti. Mounting di kamera ini membawa tipe E – mount yang mana pilihan lensa pada tipe mounting ini sangat banyak. Mulai dari tipe lensa manual berkisar 800 ribuan hingga lensa prime prime dari Sony itu sendiri seperti jajaran lensa G Master. Banyaknya pilihan lensa tersebut, membuat Anda dapat menyesuaikan kebutuhan pada proyek yang Anda kerjakan.

Kekurangan Berdasarkan Workflow yang akan di Jalani

Kamera ini tentu memiliki kekurangan mengingat kamera Sony a5000 akan genap 10 Tahun pada 2024 mendatang. Berikut kami informasikan Kekurangan Berdasarkan Workflow yang akan di Jalani

  • Layar LCD 3 inci. Selain keunggulannya yang dapat di flip ke depan. Nyata nya layar kamera ini tidak membawa fitur touchscreen. Kepadatan layar hanya 460k dots membuat warna dari hasil foto maupun video di kamera ini berbeda dari yang di tampilkan di layar lcd jika di bandingkan dengan hasil setelah di import ke hp, laptop maupun di pc.
  • Tidak di lengkapi dengan viewfinder. Body yang ringkas tentu akan mengorbankan banyak hal seperti tidak hadirnya viewfinder pada body kamera ini. Pengalaman mengambil foto maupun video akan terganggu jika Anda menggunakan Sony a5000 di bawah terik matahari.
  • Selain viewfinder, hal lain yang Sony korbankan demi mempertahankan keringkasan kamera ini yaitu tidak di lengkapinya hotshoe. Meskipun Sony a5000 sudah di lengkapi flash internal pada body kamera. Namun dengan ketidak-hadiran hotshoe, beberapa pengguna mengalami kesulitan ketika ingin menggunakan flash tambahan.
  • Kemampuan low light kurang mumpuni. Di bekali dengan megapixel tinggi tak membuat kamera ini mampu menangkap foto maupun video pada kondisi kurang cahaya. Kamera ini memiliki rentang ISO optimal dari 100 hingga 1000. Dengan kemampuan low light yang kurang mumpuni ini, menjadikan autofocus pada kamera ini tidak secepat jika pada kondisi cukup cahaya.
  • Perekaman audio hanya mengandalkan mic internal. Bagi Anda yang menggunakan kamera ini untuk konten videografi seperti vlog, podcast, atau short-movie. Anda akan kesulitan dalam proses produksi karena kamera ini hanya mengandalkan mic internal untuk perekaman audio. Anda tetap bisa menggunakan mic eksternal yang terpisah dari video, dan hal ini yang membuat beberapa pengguna pemula merasa kesulitan ketika proses editing.
Sony a5000 Mirrorless Worth to Buy di Tahun 2024

Jika di lihat dari penjelasan di atas, kelebihan dan kekurangan pada kamera ini seperti saling mengisi satu sama lain. di satu sisi kamera dengan harga 3 jutaan ini memiliki autofocus yang masih cepat, layar yang dapat di flip ke depan, kemampuan baterai yang cukup baik, hingga berbagai pilihan format file foto maupun video. Di sisi lain, Sony a5000 mirrorless memiliki kekurangan yang cukup mengganggu workflow Anda ketika menggunakannya. Meski begitu, apakah Sony a5000 Mirrorless Worth to Buy di Tahun 2024?

Jika Anda berniat membeli kamera ini untuk belajar fotografi, segitiga exposure, komposisi ataupun hanya sekedar menyalurkan hobi. Kamera ini akan cocok dengan Anda mengingat body kamera Sony a5000 yang ringan dan compact sehingga tidak sulit untuk dibawa – bawa. Jika Anda membeli kamera dengan fokus utama memulai untuk menjadi freelancer di bidang fotografi maupun videografi. Anda harus lebih mempertimbangkan kemungkinan yang akan mengganggu workflow Anda berdasarkan kekurangan yang ada. Namun, jika Anda merasa permasalahan tersebut akan sangat mengganggu kegiatan produksi Anda untuk kebutuhan professional. Maka kamera ini tidak worth to buy bagi Anda di tahun 2024. Kami lebih menyarankan Anda untuk sedikit bersabar dan menabung untuk mendapatkan kamera jajaran Sony Alpha lainnya seperti Sony a5100 di rentang harga 4 jutaan. Dan juga, Sony a6000 di rentang harga 5 – 6 jutaan yang menurut kami beberapa fitur yang di bawahnya merupakan deal breaker jika di bandingkan dengan Sony a5000.

Back To Top
Exit mobile version