Shorinji Kempo Ilmu Bela Diri Berasal Dari Jepang

Shorinji Kempo Ilmu Bela Diri Berasal Dari Jepang
Shorinji Kempo Ilmu Bela Diri Berasal Dari Jepang

Shorinji Kempo Sebuah Pelatihan Suatu Ilmu Bela Diri Yang Berasal Dari Negara Jepang Dan Sangat Populer Di Indonesia. Kempo seringkali di gunakan sebagai istilah umum untuk seni bela diri tradisional Jepang atau Cina. Seni bela diri ini melibatkan teknik pukulan, tendangan, kuncian, dan penggunaan senjata. Beberapa variasi dari seni bela diri ini melibatkan gerakan yang bersifat formal dan ritual. Di Jepang kempo dapat merujuk kepada seni bela diri tradisional yang melibatkan pukulan dan tendangan, seperti Kenpo atau Kempo Karate. Setiap aliran memiliki teknik khas dan pendekatan tersendiri terhadap pelatihan. Pada negara Cina istilah kempo juga kung fu atau gongfu mencakup berbagai gaya seni bela diri tradisional seperti Kung Fu. Kung Fu mencakup berbagai disiplin seperti Tai Chi, Wing Chun, Shaolin Kung Fu, dan lainnya.

Kadang-kadang istilah kempo di gunakan untuk merujuk kepada sistem seni bela diri yang mencampurkan berbagai teknik dari tradisi yang berbeda, menciptakan suatu pendekatan yang lebih modern. Ini dapat melibatkan gabungan teknik pukulan, tendangan, kuncian, dan penggunaan senjata. Di luar konteks seni bela diri istilah kempo juga dapat di gunakan secara lebih umum untuk merujuk kepada disiplin atau keterampilan dalam berbagai bidang, seperti bisnis atau seni. Shorinji Kempo adalah sebuah seni bela diri Jepang yang mencakup unsur-unsur pukulan, tendangan, kuncian, dan latihan pernapasan. Sistem ini juga mengajarkan nilai-nilai moral dan filosofi yang kuat. Pelatihan tersebut di dirikan oleh Doshin So pada tahun 1947 di Jepang. Nama Shorinji berasal dari biara Buddha Shaolin Shorinji di ucapkan Shaolin dalam bahasa Mandarin sementara Kempo berarti jalan bela diri dalam bahasa Jepang.

Maka untuk itu kami akan membahas Shorinji Kempo tersebut kepada anda dan mengetahuinya sebagai ilmu bela diri. Sehingga dengan begitu bisa untuk mempertahan diri dari serangan para musuh. Dan anda bisa untuk memperhatikan artikel berikut ini.

Sejarah Awal Mengenai Shorinji Kempo

Shorinji Kempo memiliki sejarah yang berakar pada visi Doshin So, seorang pendiri yang menggabungkan unsur-unsur seni bela diri tradisional Jepang dengan nilai-nilai moral dan filosofi. Maka dengan ini kami akan berikan kepada anda Sejarah Awal Mengenai Shorinji Kempo tersebut. Ilmu kepelatihan ini di dirikan oleh Doshin So (1911-1980) seorang biksu Buddha Zen yang juga memiliki latar belakang dalam seni bela. Ia mendirikan Shorinji Kempo pada tahun 1947 di kota Tadotsu, Prefektur Kagawa Jepang. Nama Shorinji di ambil dari biara Buddha Shaolin yang terkenal karena  seni pelatihan tersebut. Doshin So membentuk pelatihan ini dengan keyakinan bahwa seni bela diri seharusnya tidak hanya tentang kekuatan fisik, tetapi juga tentang pengembangan moral dan spiritual. Filosofi dasarnya mencakup konsep Kongo Zen yang menekankan prinsip-prinsip seperti keadilan, kasih sayang, keberanian, dan pengabdian pada kesejahteraan masyarakat.

Kemudian pada tahun 1948 Doshin So mendirikan organisasi Shorinji Kempo yang di sebut Kongo Zen Sohonzan Shorinji.  Organisasi ini sudah terbentuk dengan tujuan untuk mempromosikan seni pelatihan, nilai-nilai moral, dan kontribusi positif pada masyarakat. Pelatihan ini berkembang pesat dan mendapatkan popularitas di Jepang dan luar negeri. Lalu tahun 1955, Doshin So mengirimkan instruktur Shorinji Kempo ke luar negeri untuk memperkenalkan seni bela diri ini ke dunia internasional. Sejak itu, Shorinji Kempo telah menjadi populer di banyak negara, dengan organisasi-organisasi resmi di seluruh dunia. Doshin So meninggal pada tahun 1980 namun warisan dan visinya tetap hidup melalui praktik atau ajaran ilmu tersebut. Organisasi sekarang ini terus berkembang di seluruh dunia, dan latihan seni bela diri ini terus diwariskan kepada generasi berikutnya.

Hingga saat pengetikan terakhir ini pada tahun 2022, Shorinji Kempo tetap menjadi salah satu seni bela diri yang aktif dan tersebar luas di berbagai negara. Dan yang mengikutinya semakin banyak saja dalam melakukan pelatihan tersebut. Karena banyak yang menyukai dari cara latihan ketika melawan musuh. 

Masuknya Ke Indonesia Pelatihan Kempo

Shorinji Kempo pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an. Perkembangan Shorinji Kempo di Indonesia terkait dengan usaha pengenalan dan penyebaran oleh para praktisi dan instruktur yang tertarik dengan filosofi dan teknik seni bela diri ini. Beberapa langkah yang umumnya terjadi dalam Masuknya Ke Indonesia Pelatihan Kempo.

Pengenalan Shorinji Kempo di Indonesia sering di mulai dengan kunjungan instruktur Shorinji Kempo dari negara-negara yang telah memiliki tradisi pelatihan yang mapan. Mereka biasanya memberikan demonstrasi, workshop, dan pelatihan kepada para seniman bela diri dan masyarakat yang tertarik. Lalu setelah demonstrasi dan pelatihan awal beberapa individu yang tertarik dengan pelatihan ini. Kemudian dapat membentuk kelompok atau klub di tingkat lokal. Kelompok ini menjadi tempat bagi mereka untuk belajar bersama dan mengembangkan keanggotaan. Para pendiri kelompok pelatihan ini biasanya akan melibatkan diri dalam pelatihan rutin. Dan bertukar pengalaman dengan instruktur atau seniman bela lain yang memiliki pengalaman dalamnya tersebut. Ini membantu membangun komunitas yang kuat di dalam negara tersebut.

Hubungan antara praktisi bela diri di Indonesia dengan organisasi internasional latihan juga memainkan peran penting. Pertukaran pelatih, seminar internasional, dan acara lainnya dapat membantu memperkuat koneksi dan memastikan bahwa Shorinji Kempo di Indonesia tetap konsisten dengan ajaran global. Seiring berjalannya waktu, komunitas ini di Indonesia mungkin berkembang menjadi organisasi resmi dengan struktur kepengurusan yang terorganisir. Ini dapat mencakup pembentukan dewan pengurus, pendaftaran resmi, dan partisipasi dalam kegiatan internasional. Perkembangan Latihannya di Indonesia sangat bergantung pada antusiasme dan komitmen para praktisi dan instruktur di tingkat lokal. Oleh karena itu, sejarah masuknya  Latihan kempo ke Indonesia melibatkan upaya kolaboratif dari berbagai pihak yang berbagi minat dalam seni bela diri ini. 

Latihan Dasar Dari Shorinji Kempo

Latihan dasar dalam Shorinji Kempo melibatkan berbagai teknik, gerakan, dan konsep yang menjadi fondasi seni bela diri ini. Dan kami akan menjelaskannya kepada anda secara mudah. Berikut ini adalah sebuah Latihan Dasar Dari Shorinji Kempo:

Kihon Dosa gerakan dasar seperti langkah dan posisi kaki yang membentuk fondasi teknik. Lalu juga Kihon Kata serangkaian gerakan tetap yang melibatkan kombinasi pukulan, tendangan, dan blokade. Memasuki selanjutnya Gyokiho latihan pernapasan yang di lakukan dalam posisi duduk atau berdiri untuk meningkatkan kesadaran dan kontrol pernapasan. Zazen meditasi duduk yang membantu mengembangkan konsentrasi, ketenangan pikiran, dan kekuatan batin. Teknik Kontrol Sendi latihan untuk menguasai teknik kuncian yang melibatkan pengendalian dan penahanan lawan dengan memanipulasi sendi-sendi tubuh. Kansetsu Waza teknik kuncian yang fokus pada persendian dan memberikan kontrol atas lawan.

Dan kami telah menjelaskannya kepada anda pastinya mulai dari sejarah dan latihan dasar tersebut. Maka kami telah menjelaskan kepada anda tentang Shorinji Kempo.

Back To Top
Exit mobile version